Sponsors Link

15 Cara Menghilangkan Kebiasaan Buruk dalam Diri

Sponsors Link

Tentunya setiap orang memiliki kebiasaan kebiasaan buruk yang akhirnya merugikan diri sendiri dan orang lain di sekitarnya. Banyak cara yang dilakukan untuk menghilangkan kebiasaan buruk tersebut, namun karena sudah menjadi kebiasaan menyebbakan hal tersebut susah untuk dihilangkan dan diatasi. Sebenarnya menghilangkan kebiasaan buruk merupakan hal yang mudah bila memang anda sudah memiliki niat dan tekad yang kuat untuk merubahnya. Nah dibawah ini ada beberapa cara menghilangkan kebiasaan buruk yang bisa anda gunakan. (baca juga: Big Five Personality)

ads

1. Mencari Tahu Pemicunya

Cara Menghilangkan Kebiasaan Buruk yang pertama adalah mencari tahu pemicunya. Pertama kali yang harus anda lakukan adalah dengan mencari tahu terlebih dahulu apa yang menjadi pemicu dari kebiasaan kebiasaan buruk yang anda lakukan. Beberapa penelitian menyebutkan jika cara efektif mengontrol kebiasaan buruk adalah jika anda mengetahui penyebab serta hal hal yang memicu kebiasaan buruk tersebut. Setelah mengetahuinya, anda hanya perlu menghindari segala hal yang memicu terjadinya kebiasaan buruk tersebut. Sehingga membuat anda dapat mengambil keputusan yang tepat untuk selanjutnya. (baca juga: Cara Menghilangkan Trauma Pada Anak)

2. Tentukan Tujuan Dan Motivasi

Ketika anda sedang berusaha untuk menghilangkan kebiasaan buruk yang anda lakukan, maka cobalah untuk menentukan tujuan positifnya serta motivasi nya terlebih dahulu. Kedua hal tersebut akan menjadi alasan yang sangat kuat untuk mendukung keberhasilan anda dalam mengupayakan agar kebiasaan kebiasaan buruk tersebut menghilang. Dengan adanya tujuan dan motivasi, anda bisa mengetahui langkah apa yang akan anda lakukan selanjutnya.

Baca:

3. Miliki Niat dan Tekad Yang Kuat

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, modal yang paling utama untuk menghilangkan segala kebiasaan buruk yang ada adalah dengan niat dan tekad yang kuat dalam diri kita. Jika kedua hal tersebut anda miliki, maka hal tersebut akan mudah terwujud. Hal apapun yang tidak diniatkan biasanya akan cenderung gagal, sehingga kuatkan dulu niat dan tekad dalam diri anda. (baca juga: Fakta Kepribadian Anak Bungsu)

4. Jauhi Hal Hal Yang Memicu Kebiasaan Tersebut

Cobalah untuk memahami hal hal apa saja yang memicu kebiasaan buruk tersebut, setelah anda mengerti kemudian cobalah untuk menjauhinya. Misalnya saja, jika anda ingin berhenti untuk berperilaku boros dan berubah ke gaya hidup yang hemat, maka kurangi kebiasaan kebiasaan untuk jalan jalan ke mall ataupun shopping. (baca juga: Peran Keluarga Dalam Pendidikan Anak)

5. Sibukkan Dengan Hal Hal Yang Positif

Kebiasaan kebiaasan buruk adalah hal yang negatif, maka untuk melawannya anda harus memenuhi pemikiran anda dengan hal hal yang positif. Untuk itu biasakan diri untuk untuk memikirkan dan melakukan sesuatu yang positif, dengan begit akan menjauhkan hal hal negatif dalam diri anda. Kebiasaan positif ini juga akan sangat baik untuk kesehatan dan kehidupan anda selanjutnya. (baca juga: Cara Membentuk Karakter Anak Usia Dini)

6. Buatlah Komitmen

Cara lainnya yang dapat menghilangkan kebiasaan buruk adalah dengan membuat komitmen. Komitmen ini akan sangat tergantung dari diri anda sendiri. Dalam psikologi, hal ini akan sangat berpengaruh besar di dalam menghentikan segala kebiasaan buruk yang anda lakukan. Orang orang yang memiliki komitmen kuat akan lebih mudah menjalankan hal yang menjadi keinginannya. (baca juga: Tahap Perkembangan Emosi Anak)

7. Alihkan Fokus Anda

Saat anda memiliki keinginan untuk melakukan kebiasaan kebiasaan buruk tersebut, cobalah untuk memfokuskan pikiran anda pada hal hal yang lebih menarik lainnya. Namun ingat, jangan sembarangan mengalihkan fokus, alihkan pada hal yang menarik dan tidak sembarangan untuk mengalihkan kebiasaan buruk anda. (baca juga: Prospek Kerja Lulusan Psikologi)

8. Mencoba Hal Baru

Mencoba hal hal baru yang belum pernah anda pelajari sebelumnya akan membantu menghilangkan kebiasaan buruk yang sudah menjadi keseharian anda. Bisa jadi hal hal tersebut nantinya akan menjadi kebiasaan baru anda yang lebih positif. (baca juga: Cara Menghilangkan Kecemasan)

Baca:

9. Lakukan Perubahan Kecil

BJ Fogg, psikologi di Stanford University menyarankan jika kebiasaan kebiasaan kecil yang anda lakukan akan menjadi pendekatan yang baik untuk menghilangkan kebiasaan buruk anda. Anda bisa memulai dengan hal hal kecil, dan kemudian setiap waktunya tambah kebiasaan tersebut menjadi kebiasaan. Misalnya saja, anda mulai membaca 1 buku untuk satu minggu, kemudian anda tinkatkan menjadi 1 buku untuk 3 hari, dan selanjutnya. (baca juga: Cara Agar Selalu Berpikir Positif)

10. Tulislah Rencana

Cara Menghilangkan Kebiasaan Buruk selanjutnya adalah buat rencana. Untuk meninggalkan kebiasaan buruk, anda bisa menuangkan segala rencana rencana yang akan anda lakukan kedepannya ke dalam bentuk tulisan. Anda bisa menulis pada kertas atau pada jurnal harian anda. Menulis hal hal yang positif akan membuat anda lebih berkeinginan untuk melupakan kebiasaan buruk dan menggantinya dengan hal hal baru yang lebih positif. (baca juga: Psikologi Perkembangan)

Baca juga:

11. Jangan Malu Untuk Meminta Bantuan

Beberapa orang terkadang terlalu mengandalkan diri sendiri untuk mengatasi kebiasaan buruk yang mereka miliki. Namun sebagai makhluk sosial, anda tetap membutuhkan bantuan orang lain dalam hidup anda. Cobalah untuk meminta bantuan dan dukungan pada orang lain, terutama pada orang orang terdekat anda. Dengan hal tersebut, maka untuk mengubah kebiasaan buruk menjadi hal yang baik bukanlah hal yang sulit dilakukan. Anda bisa curhat dan bercerita pada teman ataupun keluarga anda untuk membantu mendapatkan motivasi serta solusi terkait dengan kebiasaan buruk tersebut. (baca juga: Teori Nativisme)

12. Belajar Dari Kesalahan Diri Sendiri

Cara lainnya yang bisa anda lakukan adalah dengan belajar dari kesalahan kesalahan yang merugikan diri anda sendiri. Dengan anda menerima serta merasakan kerugian tersebut, maka anda bisa segera meninggalkan kebiasaan kebiasaan buruk tersebut. Ingatlah segala kesalahan yang pernah anda lakukan, jangan sampai anda melakukan kesalahan tersebut untuk kedua kalinya.

baca:

13. Beri Reward Pada Diri Anda

Anda bisa memberi hadiah pada diri anda sendiri saat anda berhasil mengalami kemajuan seperti yang anda inginkan. Hadiah ini bisa menjadi apresiasi dari proses panjang yang anda lalui untuk menghilangkan kebiasaan buruk tersebut. Hadiah ini juga bisa digunakan untuk semakin memacu diri anda untuk dapat berusaha lebih keras dalam menghilangkan kebiasaan buruk yang ada.

Baca juga:


14. Berjanji Pada Diri Sendiri

Cara Menghilangkan Kebiasaan Buruk terakhir adalah Berjanjilah pada diri sendiri jika anda memang ingin merubah kebiasaan buruk tersebut menjdi hal hal positif yang akan menguntungkan anda kedepannya. Dengan cara ini akan membuat kualitas hidup anda menjadi meningkat. Anda juga harus berjanji pada diri sendiri agar melakukannya tanpa dorongan ataupun paksaan dari orang lainnya. Segala hal tersebut harud dimulai dari diri anda sendiri.

Baca juga:

15. Jangan Jadikan Kebiasaan Buruk Sebagai Sebuah “kebiasaan”

Jika anda memiliki sebuah kebiasaan buruk, maka jangan menjadikannya sebagai kebiasaan yang terus menerus anda lakukan. Dengan mengatakan jika kebiasaan buruk tersebut adalah sebuah kebiasaan akan membuat kebiasaan itu akan melekat kuat pada diri anda. Untuk itu, anggap saja hal tersebut merupakan sebuah hal yang ingin anda hilangkan dalam hidup anda.  (baca juga: Konsep Diri Dalam Psikologi)

Nah itu tadi beberapa Cara Menghilangkan Kebiasaan Buruk yang anda miliki. Semoga informasi diatas bermanfaat untuk anda.

Sponsors Link
, , , ,