Sponsors Link

Fungsi dan Manfaat Belajar Psikologi Perkembangan Manusia

Sponsors Link

Psikologi perkembangan memiliki banyak sekali manfaat yang memang perlu kita ketahui, apalagi untuk anda yang memang sudah berkecimpung pada dunia pendidikan. Apabila kita artikan secara umum, psikologi perkembangan merupakan salah satu cabang dalam ilmu psikologi yang di dalamnya lebih banyak membahas mengenai perilaku seseorang dan juga emosional makhluknya. Hal ini juga terjadi mulai dari manusia dilahirkan sampai dengan mati. Sehingga memang tidak mengherankan apabila setiap manusia yang ada juga memiliki respon yang berbeda- beda saat dilakukan perlakukan sama.

ads

Dalam psikologi perkembangan bisa kita lakukan pengambilan contoh saat melihat orang dewasa dan anak- anak yang tengah menangis, pastinya memiliki respon yang berbeda- beda. Salah satunya bisa kita lihat dari penafsiran rasa bahagia dan juga kesedihan orang dewasa dan anak- anak yang memiliki perbedaan cukup mencolok. Selain mempelajari mengenai adanya respon dan perilaku, dalam psikologi perkembangan juga banyak mengulas tentang mental manusia yang cukup banyak disebut- sebut para psikolog. Dalam hubungan perkembangan emosional dalam psikologi pendidikan juga memiliki pengaruh yang cukup banyak. Diantaranya fungsi yang bisa kita dapatkan dalam mempelajarinya:

• Dalam psikologi perkembangan dapat menjelaskan adanya kemampuan untuk menjelaskan mengenai bagaimana dan apa saja yang bisa kita dapatkan dalam melihat pola perilaku dan tingkah laku yang terjadi.
• Dapat lebih memprediksi untuk meramalkan dan juga Mengapa hubungan tingkah laku tersebut bisa terjadi.
• Hal- hal yang berhubungan dengan pengendalian adalah dalam mengendalikan tingkah laku seseorang yang memang sesuai dengan apa yang diharapkan.

Dalam pengetahuannya, psikologi memang memiliki banyak peran dan juga fungsi yang cukup penting. Salah satunya yang bisa kita lihat adalah komponen kesehatan jiwa yang bisa kita dapatkan di dalamnya. Dalam psikologi perkembangan selain kita bisa membahas mengenai ilmu yang di dalamnya berkaitan dengan bagian psikologi juga termasuk didalamnya yaitu psikologi khusus. Dimana dalam hal ini mempelajari banyak sekali psikologi khusus. Seperti tingkah laku setiap individu dan juga perkembangan yang bisa disimpulkan secara sederhana dan mengenai masalah macam- macam gangguan jiwa.

Manfaat Dalam Mempelajari Psikologi Perkembangan

• Dalam hal ini kita bisa lebih paham mengenai tingkah laku setiap individu yang sesuai dengan tingkat perkembangannya. Dalam hal ini dapat kita ketahui juga kapan seseorang individu tersebut bisa mengetahui perkembangan apa yang diberikan di dalamnya dan hal- hal apa saja yang harus kita persiapkan nanti.

• Dengan mempelajari banyak mengenai psikologi perkembangan juga diharapkan kita mampu lebih paham mengenai diri sendiri dan juga adanya individu yang pada umumnya jauh lebih baik. sehingga bisa mengembangkan dan melakukan pembinaan dalam kehidupan yang lebih positif. Dimana adanya tuntutan guru dan juga bantuan dalam perkembangan fisik maupun psikis anak nantinya yang jauh lebih optimal. Adanya tujuan dan juga cara serta strategi belajar yang dilakukan untuk melihat seberapa besar tingkat intelektual anak dan kita juga bisa lebih paham mengenai hal kebenaran dan cara pembentukan perilaku yang menghindarkan diri kita salah paham pada anak.

• Ada banyak hal yang bisa kita dapatkan lagi, diantaranya bisa lebih berguna untuk bisa membedakan metode dalam pengajaran dan perilaku kita sehari- hari. Apalagi dalam tujuan psikologi perkembangan dalam pendidikan yang lebih memahami adanya hal- hal yang harus diperhatikan.

• Dengan mempelajari psikologi perkembangan juga kita bisa lebih mendapatkan pengetahuan mengenai cara atau bagaimana memberikan reason yang tepat pada perilaku anak.

• Psikologi perkembangan juga bisa membantu kita untuk lebih paham cara memberikan respon yang terbaik dan juga setiap orang tua maupun masyarakat bisa lebih paham mengenai dirinya sendiri pada usia tertentu.

• Dalam psikologi perkembangan juga kita akan jauh lebih mudah untuk melewati adanya masa- masa perkembangan kehidupan sampai dengan menuju dewasa.

Perkembangan apabila kita artikan merupakan sebuah proses perubahan yang terjadi diantara perubahan tersebut juga ada hal- hal yang berkaitan dengan diri orang lain secara terus menerus. Dalam perkembangan ini kita akan terus bergerak dan secara tidak langsung namun pasti. Setiap hari dan terus menerus mengalami pertumbuhan dan perubahan sampai ada akhirnya menuju kematian.


Beberapa manfaat lainnya yang bisa kita dapatkan dalam mempelajari psikologi perkembangan diantaranya:

• Ada sebagian besar pengajar dalam psikologi yang bisa sangat berguna untuk bisa membedakan adanya metode mengajar dan juga perilaku yang terjadi pada diri kita sehingga dididik secara kemampuan dan juga harus mengetahui setiap cara perubahan yang terjadi.

• Dengan mempelajari psikologi perkembangan kita bisa lebih mendapatkan banyak pengetahuan mengenai acara bagaimana memberikan respon pada perilaku anak nantinya.

• Psikologi perkembangan membantu kita untuk lebih paham dengan diri sendiri.

• Dapat lebih mengetahui mengenai hal apa saja yang diharapkan dari orang tua dan juga masyarakat mengenai hal apa saja yang mereka harapkan.

• Untuk diri pribadi kita bisa lebih paham mengenai cara melewati setiap masa pergantian yang menuju kedewasaan dirinya.

• Kita juga akan lebih paham bagaimana cara membangun rasa empati sesama manusia, karena biasanya hal ini memang merupakan hal yang tidak mudah, apalagi kebanyakan orang emang sudah gagal dalam membangun ras empati yang dimiliki, rasa saling memahami pun pada akhirnya hanya menjadi sebuah wacana saja. Dengan psikologi perkembangan juga mampu membuat rasa empati yang tinggi, Karena setiap manusia itu butuh proses dalam melakukan hal apapun.

• Lebih paham mengenai mengalahkan ego dan pemahaman dengan diri sendiri yang ke arah lebih positif, karena memang tidak ada cara lain yang bisa dilakukan selain saling memahami sesama manusia. Sehingga dalam mempelajari psikologi perkembangan kita jauh lebih paham mengenai cara memandang diri sendiri yang lebih positif.

• Pemahaman mengenai kecerdasan emosi memang sudah sering kita lakukan, salah satunya ketika mempelajari psikologi perkembangan, dimana kecerdasan emosional merupakan salah satu hal yang penting di dalam diri kita, secara garis besar kita akan jauh lebih paham kualitas da juga potensi yang kita miliki setelah mempelajarinya. Apalagi yang namanya kecerdasan emosional juga merupakan salah satu hal yang wajib diajarkan dalam dunia psikologi. Ketahui pula cara mengobati gangguan jiwa yang dialami oleh seseorang.

Sponsors Link
, , , , , ,