Sponsors Link

15 Cara Menghilangkan Sifat Egois dalam Diri

Sponsors Link

Sifat egois tentu saja merupakan hal buruk yang tak boleh anda pelihara. Sebagai makhluk sosial, tentu saja kita membutuhkan bantuan dari orang lainnya agar dapat hidup lebih baik. Namun terkadang sifat individu manusia yang ingin mementingkan diri sendiri bisa muncul dalam diri kita, hal ini lah yang dinamakan sifat egois dan ingin menang sendiri. Orang yang egosi terkadang tak mampu untuk memahami pikiran dan perasaan orang lain. Dan bahkan hal ini bisa merugikan diirnya sendiri kedepannya. (baca: Kecerdasan Interpersonal)

ads

Sebagai makhluk yang berkelompok, tentu saja anda harus membuang jauh-jauh sifat egois di dalam diri kita. Menghilangkan sifat egois bukanlah hal yang mudah namun jika anda mengetahui caranya, anda bisa dengan mudah menghilangkan sifat tersebut dalam diri anda. Berikut ini cara menghilangkan sifat egois yang efektif. (baca juga: Akibat Depresi Kepanjangan)

1. Ketahui Dahulu Penyebabnya

Untuk menghilangkan sifat egois di dalam diri kita, hal pertama yang harus anda lakukan adalah mencari tahu penyebab dan sumber dari sifat egois tersebut. Biasanya orang-orang yang bersifat egois dikarenakan rasa takut yang muncul di dalam dirinya. Takut akan kalah, takut tidak diperhatikan, takut tersaingi, dan masih banyak lainnya. Terkadang pula sifat egois tersebut berasal dari rasa empati yang tidak dimilikinya.

2. Berpikir Secara Logis

Mulailah untuk berpikir secara logis. Jangan terlalu memaksakan kehendak yang anda inginkan. Cobalah untuk berpikir secara real tentang kondisi dan keadaan yang sebenarnya. Hal ini akan sangat mempengaruhi sifat egois dalam diri anda. Berpikir logis mampu membuat sifat egois berkurang dalam diri anda. (baca juga: Cara Menghilangkan Kecemasan)

3. Tumbuhkan Rasa Empati

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, penyebab egois bisa disebabkan karena kurangnya rasa empati yang dimiliki seseorang. Jika seperti itu, tentu saja anda harus mulai menumbuhkan rasa empati dalam diri anda. Mulailah untuk mau mendengarkan orang lain. Hal tersebut dapat membantu anda untuk menumbuhkan empati dalam diri anda. Empati akan membuat anda dapat bersikap lebih tenang dan dewasa. (baca: Jenis Emosi)

4. Jangan Membandingkan 

Kebanyakan orang yang egosi selalu tidak puas dengan dirinya dan berusaha untuk membandingkan dengan orang lain. Hal ini dikarenakan sikap iri hati yang dimilikinya. Sehingga jika anda ingin membuang sifat egois tersebut, maka berhenti lah untuk membandingkan diri sendiri dengan orang lain. Belajarlah untuk menerima keadaan diri sendiri.

5. Selalu Berpikir Positif Pada Orang Lain

Pikiran yang selalu negatif tentang orang lain akan membuat sifat egois tersebut muncul, sehingga akan membuat anda lebih mendahulukan diri sendiri dibandingkan orang lain. Sehingga untuk menghilangkan sifat egois tersebut, tentunya anda harus tanamkan pikiran positif dalam diri anda. Kesampingkan segala pikiran negatif jika belum terbukti kebenarannya. (baca: Fobia Sosial)

6. Berpikir Dahulu Sebelum Bertindak

Kematangan dalam berpikir akan sangat menunjukkan kualitas dan kedewasaan seseorang. Untuk itu, sebelum bertindak tentunya anda harus berpikir terlebih dahulu mengenai hal baik dan buruk jika anda melakukan hal tersebut. Setiap tindakan yang anda lakukan perlu dipikirkan hati hati agar tak menciptakan masalah. (baca juga: Gejala Penyakit Alzheimer)


7. Mencoba Lebih Ramah

Orang-orang egois sangat jarang memperlihatkan sikap ramah dalam diri mereka. Mereka hanya fokus pada diri sendiri sehingga tak menyadari bagaimana dirinya bersikap dengan orang lain. Untuk itu, mulailah untuk bersikap ramah dan sering tersenyum pada orang lain. (baca: Karakter Phlegmatis)

8. Belajar Membantu Orang Lain

Semua orang tentunya memiliki masalah masing-masing. Untuk itu, jarang bila seseorang memikirkan masalah orang lainnya. Hal ini bisa menjadi bentuk keegoisan tersendiri. Untuk itu, belajarlah membantu untuk meringankan beban orang lain meskipun diri sendiri sedang sibuk. Hal ini selain mengurangi sifat egois dalam diri anda, juga dapat membahagiakan orang-orang di sekitar anda. (baca: Kepribadian Ganda)

9. Tahan Emosi

Emosi bukanlah hal yang baik untuk disimpan di dalam hati. Orang-orang egois, seringkali tak bisa menahan emosi yang terpendam dalam dirinya saat dia merasakan tak nyaman dengan sesuatu. Tentu saja emosi ini akan membuat hubungan anda dan teman-teman anda mulai merenggang. Untuk itu, sebisa mungkin tahan emosi anda meskipun dalam kondisi buruk sekalipun. Menyelesaikan masalah dengan menggunakan emosi tak akan pernah berhasil. (baca juga: Cara Membentuk Karakter Anak Usia Dini)

10. Bersikap Dewasa

Sifat egois sangat erat kaitannya dengan sifat kekanak-kanakan. Sehingga untuk menghilankan sifat egois di dalam diri anda, mulailah untuk menghilangkan sifat kekanak-kanakan tersebut. Egois akan terus tumbuh di dalam diri anda jika anda tetap mempertahankan pola pikir anak-anak dan sama sekali belum dewasa. (baca:Kepribadian Ambivert)

11. Introspeksi

Cara lainnya yang dapat membantu menghilangkan sifat egois dalam diri kita adalah mencoba untuk berintrospeksi diri. Renungkan lah sikap anda saat ini, apakah sikap tersebut menguntungkan atau malah merugikan orang lain. Introspeksi akan membuat anda menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Dengan begitu lambat laun, sifat egois akan hilang sedikit demi sedikit. (baca juga: Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini)

12. Menambah Wawasan

Banyak-banyaklah mencari informasi yang dapat menambah wawasan anda, tentu saja informasi tersebut adalah hal yang dapat berguna untuk anda nantinya. Dengan menambah pengetahuan, tentu saja akan membuat anda tidak berpikir dari sudut yang sempit saja. Hal ini pula yang membuat diri anda bisa menjadi pribadi dengan pemikiran yang lebih terbuka. Pemikiran yang sempit dan hanya dari satu sisi saja akan membuat anda menjadi pribadi yang egois dan ingin menang sendiri. (baca: Perilaku Abnormal)

13. Bersikap Sabar

Pemicu sikap egois dalam diri seseorang bisa dikarenakan sulitnya untuk bersikap sabar. Terkadang orang-orang egois merasa tidak sabar untuk segera mendapatkan apa yang diinginkan, sehingga membuatnya sering mendahulukan diri sendiri untuk hal tersebut.Bersikap sabar dan menahan diri akan membantu anda untuk menghilangkap sikap egois dalam diri kita. Untuk itu, tanamkan selalu sifat sabar meskipun dalam kondisi tersulit sekalipun. (baca: Cabang Cabang Psikologi)

14. Jadi Pendengar Yang Baik

Cobalah untuk menjadi pendengar yang baik untuk orang lain. Hal ini akan memberikan keuntungan dan manfaat dalam kehidupan anda. Dari mendengarkan orang lain, anda bisa memetik pelajaran penting dalam untuk kehidupan anda. Dengan begitu sifat egois akan lambat laun berkurang dalam diri anda.

15. Berlapang Dada

Untuk menghilangkan sikap egois dalam diri kita, cobalah untuk menjadi pribadi yang terbuka. Yang dimaksudkan dengan terbuka disini adalah mau menerima kritik, saran, serta nasehat yang dapat digunakan untuk memperbaiki diri. (baca: Kode Etik Psikologi)

Nah itu tadi beberapa cara menghilangkan sifat egois di dalam diri kita. Tentu saja sifat tersebut harus anda buang jauh-jauh karena hanya akan merugikan anda saja nantinya. Smeoga informasi diatas bermanfaat untuk anda.

Sponsors Link
, , , ,




Oleh :
Kategori : Kepribadian