Sponsors Link

12 Prospek Kerja untuk Lulusan Psikologi di Masa Depan

Sponsors Link

Penting bagi Anda yang menginginkan kuliah ataupun yang sudah menempuh pendidikan psikologi untuk mengetahui prospek kerja lulusan psikologi. Lulusan psikologi sering disebut dengan psikolog yaitu orang yang mempelajari tentang kejiwaan dan perilaku manusia sebagai sesuatu yang saling berkaitan dan merupakan respon individu dengan lingkungannya.

ads

Psikologi dibagi menjadi beberapa keilmuan di dalamnya yaitu psikologi sosial, psikologi klinis, psikologi perkembangan dan psikologi industri. Psikologi merupakan jurusan yang banyak diminati terutama oleh perempuan. Banyak yang belum mengetahui prospek lulusan psikologi nantinya dapat bekerja dimana saja selain menjadi psikolog praktisi yang lebih banyak dikenal lewat media elektronik.

Ternyata lulusan psikologi memiliki banyak prospek pekerjaan yang bagus dan menjanjikan. Berikut beberapa pekerjaan yang membutuhkan atau bisa dilakukan oleh lulusan psikologi :

1. HRD (Human Resources Development)

HRD merupakan pekerjaan yang paling banyak membutuhkan lulusan psikologi. HRD merupakan bagian dari sebuah perusahaan baik negeri maupun swasta yang pekerjaannya berkaitan dengan sumber daya manusia yang ada di perusahaan. HRD juga memiliki beberapa sebutan lainnya seperti HR (Human Resources), HC (Human Capital), HRD, HRM (Human, Resources Management). HRD juga dibagi menjadi bidang bidang berikut ini:

  • HR Operation: Bidang ini berkaitan dengan operasional karyawan. Contohnya terkait absensi, pengobatan karyawan.
  • CB (Compensation and Benefit): Bidang ini berkaitan dengan bonus bonus untuk karyawan dan juga penggajian.
  • Recruitment: Bidang ini berkaitan dengan penerimaan karyawan melalui wawancara dan tes psikologi.
  • Organization Development (OD): Bidang ini berkaitan dengan bidang pengembangan organisasi atau perusahaan dengan ide-ide atau kreasi baru untuk meningkatkan performance management.
  • Training and Development (TD): Bidang ini berkaitan dengan training atau pelatihan untuk pengembangan SDM.

Baca juga : psikologi pendidikan – Fobia Sosial

2. Konselor

Konselor bertugas dengan memberikan konseling. Jika pada perusahaan maka konseling diberikan untuk karyawan yang membutuhkan. Konselor juga diperlukan di LSM yang menangani remaja, anak, atau gender. Seorang konselor melakukan konseling bagi orang yang membutuhkan masukan atau pendapat tentang hidupnya, masalah pribadi, pekerjaan, dan banyak hal.

Baca juga : psikologi perkembangan – psikologi keluarga

3. Psikolog

Psikolog ini harus memenuhi kualifikasi jenjang S2 psikologi dan mengambil jurusan psikologi klinis sehingga bisa mendapatkan gelar psikolog. Psikologi klinis dibagi juga untuk dewasa, anak, pendidikan, industri dan sosial. Psikolog banyak digunakan oleh industri pemerintah, swasta bahkan militer.

Lulusan S1 psikologi hanya berwenang menjadi penguji pada tes psikologi namun yang berwenang mengeluarkan hasil dan yang mengawasi, mengatur tes psikologi tersebut adalah seorang psikolog. Psikolog klinis juga bisa bekerja di Rumah Sakit. Seorang psikolog yang bekerja di rumah sakit menangani konseling para pasien yang memiliki masalah kejiwaan atau hambatan perkembangan mental pada anak.

Baca juga: Big Five Personality – Psikologi Remaja

4. Guru Bimbingan Konseling

Setiap sekolah memiliki guru BK untuk menangani masalah siswa- siswa yang bermasalah dan memberikan konseling. Pada umumnya peran guru BK dilakukan oleh seseorang dengan dasar pendidikan guru. Namun lulusan psikologi juga mungkin untuk bisa mencoba pekerjaan ini meskipun pada sekolah-sekolah tertentu mungkin tidak membutuhkan. Sekolah sekolah yang memiliki tingkatan tinggi dan berada di kota, mungkin membutuhkan lulusan psikologi untuk menjadi guru BK. Namun kebanyakan guru BK tidak harus dari psikologi.

Baca juga: Kecerdasan Interpersonal – Kecerdasan Emosional dalam Psikologi

5. Dosen Psikologi

Prospek Kerja untuk Lulusan Psikologi lainnya yang sering terlupakan yaitu menjadi dosen psikologi. Menjadi dosen minimal harus lulusan S2.

Jadi jika Anda berkuliah di jurusan psikologi dan ingin menjadi dosen, harus melanjutkan ke jenjang S2 terlebih dahulu. Peluang menjadi dosen sangatlah besar apalagi di universitas swasta.

Menjadi dosen juga tidak membatasi pilihan Anda terhadap peminatannya, meskipun Anda memiliki psikologi klinis, industri, sosial, perkembangan atau yang lainnya Anda tetap bisa menjadi dosen yang sesuai. Jika Anda memiliki passion untuk mengajar, menjadi dosen adalah pilihan yang tepat.

Baca juga: Psikologi Diagnostik – Psikologi Komparatif

ads

6. Peneliti

Menjadi seorang peneliti membutuhkan niat dan passion. Apabila Anda suka membuat penelitian atau punya banyak pengalaman penelitian di waktu S1 dan S2 kemungkinan besar menjadi seorang peneliti sangat cocok untuk Anda. Seorang peneliti bisa S1 atau S2. Anda bisa melamar dan bekerja di lembaga penelitian seperti LIPI. Bisa juga bekerja di instansi pemerintah yang berkaitan dengan kebijakan publik atau kepuasan pelanggan jika di swasta.

Baca juga:

7. Terapis Anak Berkebutuhan Khusus

Jika Anda tertari pada anak berkebutuhan khusus misalnya seperti anak dengan autis, anda bisa bekerja di LSM atau sekolah sekolah anak berkebutuhan khusus. Tugas terapis anak berkebutuhan khusus ini adalah mengamati perkembangan anak dan meningkatkan kemandiriannya yang sesuai.

Anak autis atau berkebutuhan khusus lainnya selalu memiliki kendala dalam tumbuh kembangnya tidak seperti anak normal. seorang terapis disini juga berperan dalam memaksimalkan fuungsi anak sebagaimana mestinya untuk tumbuh dan berfungsi dengan baik sebagai manusia. Pekerjaan ini butuh kesabaran dan kepedulian.

Baca juga :

8. Guru Sekolah Kepribadian

Seorang lulusan psikologi kebanyakan menjadi lebih sensitif terhadap setiap respon manusia di sekelilingnya. Lulusan psikologi pandai dalam menilai reaksi dan respon manusia yang terwujud dalam tingkah laku.

Dengan bekal ini Anda bisa menjadi guru sekolah kepribadian yang bertujuan memperbaiki atau membentuk kepribadian seseorang agar bisa menjadi lebih percaya diri, lebih berpenampilan baik di hadapan publik dan menjadi sosok yang baik saat dilihat oleh publik. Sekolah kepribadian banyak diminati oleh orang orang yang akan menjadi pemimpin.

Baca juga: Teori Psikososial Erikson – Teori Cinta Stenberg

9. Research and Development (RD)

RD ini merupakan bidang dimana pekerjaannya yaitu melakukan penelitian dan pengembangan produk yang akan dipasarkan pada konsumen. Tipe pekerjaan ini ada di perusahaan perusahaan teknologi atau penghasil produk. Misalnya pada perusahaan gadget Samsung, dilakukan research terlebih dahulu pada beberapa konsumen setelah menggunakan produk.

Research ini memperhatikan banyak aspek termasuk perilaku penggunaan konsumen dan efek yang terjadi pada konsumen termasuk kepuasan. Sehingga lulusan psikologi sangat dibutuhkan disini. Hasil dari respon yang diberikan konsumen akan dijadikan masukan untuk memperbaiki produk sebelum di produksi lebih besar dan di distribusikan lebih luas lagi agar kualitas barang menjad sesuai dengan keinginan konsumen.

Baca juga: Tipe Kepribadian Manusia – Konsep Diri Dalam Psikologi

10. Konselor Karir

Konselor karir bertugas memberikan konseling pada orang yang akan memilih pekerjaan atau bingung akan berkuliah atau menempuh pendidikan apa yang sesuai dengan dirinya. Di negara negara maju konselor karir ini banyak diminati misalnya untuk membantu klien mempertimbangkan sebuah pekerjaan yang sesuai dengan klien, selain itu juga membantu klien untuk cara sukses wawancara kerja, teknik bertahanan dari tekanan pekerjaan, pembuatan CV yang menarik, dan sebagainya.

Baca juga : Cabang – cabang psikologi – Kode Etik Psikologi

11. Psikolog Forensik

Lulusan psikologi juga dibutuhkan dalam bidang ketahanan dan hukum. Psikologi forensik berkaitan dengan membantu penyelidikan dan interogasi tersangka kasus kriminal atau tindak kejahatan. Lulusan psikologi di bidang ini dituntut untuk jeli dalam mengamati perilaku tersangka dan setiap kata kata hasil interogasi. Kemampuan analisa ini perlu secara mendalam untuk mendapatkan hasil yang maksimal sehingga lulusan yang baik untuk pekerjaan ini lebih baik yang sudah S2 dengan wewenang mengeluarkan hasil analisa.

Baca juga: Teori Belajar dalam Psikologi – Teori Psikologi Kepribadian

12. Psikolog Olahraga

Psikolog olahraga biasanya digunakan untuk menerangkan orang lulusan psikologi yang bekerja di lingkungan atlet. Misalnya di sekolah atlet. Pekerjaan yang ditawarkan adalah menjadi konselor para atlet atau calon atlet untuk memberikan konseling terkait kejiwaan dan kemampuan fisik yang harus dimiliki oleh seorang atlet berkelas. Konselor mengajarkan tentang optimisme tidak pantang menyerah, mengendalikan tekanan sebelum dan selama pertandingan, dan bagaimana menyikapi kekalahan atau kemenangan.

Baca juga:

13. Trainer

Trainer adalah pekerjaan yang berkaitan dengan pelatihan. Untuk menjadi trainer, para lulusan psikologi bisa terlebih dahulu mengikuti lembaga training atau memilih personal training. Training yang didapat berkaitan dengan motivasi, pengembangan diri, baik dalam suatu kelompok atau sebuah organisasi.

14. Relawan ( Pekerja Sosial)

Menjadi relawan atau pekerja sosial harus memiliki kemauan dan jiwa sosial yang tinggi untuk melayani. Menjadi relawan dibutuhkan di beberapa LSM atau NGO yang tersebar di beberapa wilayah Indonesia.

15. Pelobi

Pekerjaan pelobi seringkali dianggap sepele. Namun dalam aplikasinya, Pelobi memiliki andil besar untuk kelangsungan negosiasi dalam suatu kesepakatan. Misalnya saat ingin bernegosiasi dalam sebuah proyek baru dalam bisnis, psikologi berperan menjadi individu yang menyampaikan informasi terkait latar belakang partner negosiasi. (Baca juga : Psikologi sosial)

16. Staff Ahli

Staff ahli biasanya sangat dibutuhkan di berbagai perusahan juga pemerintahan. Untuk menjadi staff ahli, biasanya harus terlebih dahulu memiliki kompetensi dan pengalaman di bidang tersebut sekalipun dirinya masih fresh graduate.

17. Psikolog Forensik

Psikolog Forensik sangat dibutuhkan dalam bidang hukum. Bekerja sama dengan dokter forensik, psikolog forensik membantu sebuah penyelidikan kasus kriminal. Penyelidikan kriminal membutuhkan analisa mendalam karena berkaitan dengan kebenaran dibalik peristiwa. Memahami pola dan perilaku manusia menjadi aspek yang penting dalam pekerjaan ini. (Baca juga : Teori Belajar Behavioristik)

18. Psikolog Klinis

Psikolog klinis dikhususkan untuk membantu individu yang memiliki gangguan mental. Hal ini dibutuhkan untuk mengembalikan individu tersebut kembali menjadi orang yang mampu beradaptasi dengan lingkungan dan menjalani hidup normal sebagai makhluk sosial. (Baca juga : Psikologi anak)

19. Guru PAUD, TK, SD

Salah satu syarat atau kualifikasi apabila ingin menjadi seorang Guru PAUD, TK dan SD salah satunya adalah seseorang yang berasal dari jurusan Psikologi dengan program studi yang sudah memiliki terakreditasi. Hal ini ditentukan berdasarkan peraturan Menteri Pendidikan Nasional No 16 Tahun 2007 tentang standar kualifikasi akademik dan kompetensi guru bahwa. Oleh karena itu, profesi ini dijadikan sebuah alternatif sebagai pilihan karir di masa depan. (Baca juga :Konsep diri dalam psikologi)

20. Penulis Buku

Penulis buku tentang psikologi belum terlalu banyak di Indonesia. Oleh karena itu, pekerjaan ini tidak bisa dipandang sebelah mata. Masih banyak buku – buku psikologi yang berasal dari terjemahan, padahal, setiap toko buku cenderung mengelompokkan buku berdasarkan kategori. Hal ini bisa menjadi salah satu peluang bagi anda yang ingin berbagi ilmu tentang psikologi. (Baca juga: Psikologi konseling)

Sponsors Link

Prospek Kerja di Bidang Psikologi

Salah satu Prospek Kerja untuk Lulusan Psikologi yaitu menjadi psikolog bidang olahraga. Psikologi mengatasi masalah maslah emosional, pengembbangan diri, mencari solusi untuk maslah masalah. Psikologi menyajikan tantangan yang unik dalam pekerjaan dengan kemampuan menganalisan dan menilai kepribadian seseorang. Psikologi banyak sekali diminati.

Di Amerika profesi psikolog diharapkan berkembang 12%. Peminatan terhadap industri industri kepada lulusan psikologi juga sangat besar. Hanya saja untuk kekhususannya bisa disesuaikan lagi dengan passion setiap orang. Banyaknya perusahan peminat jurusan psikologi tentu meningkatkan ekspektasi pada profesi ini. Tentu hal tersebut nantinya juga akan berjalan seiringan dengan jumlah gaji yang akan didapatkan dan posisi yang cukup tinggi.

baca juga :

Psikologi dibagi menjadi bidang bidang yang lebih khusus sesuai dengan minat dan pekerjaan yang akan dilakukan. Psikologi pada dasarnya mempelajari tentang kejiwaan dan perilaku manusia sehingga selalu dibutuhkan dimana saja. Hampir semua perusahaan saat ini menggunakan lulusan psikologi untuk mengatus dan menganalisa calon pegawai melalui tes psikologi.

Tes psikologi bisa melalui tes tertulis ataupun wawancara. Pewawancara dengan lulusan psikologi biasanya memiliki trik trik tersendiri dalam menilai seseorang dengan jawaban yang sulit ditebak. Setiap kata-kata yang keluar dari pewawancara biasnya memiliki kriteris tertentu yang bisa diukur dengan jelas dan menggambarkan sosok calon pegawai tersebut sehingga karyawan yang nantinya diterima oleh perusahaan adalah yang terbaik. Pekerjaan ini butuh kejelian dan sangat banyak dibutuhkan.

Demikian, penjelasan terkait Prospek Kerja untuk Lulusan Psikologi.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Ilmu Psikologi