Sponsors Link

Karakter Phlegmatis – Kelebihan – Kekurangan

Sponsors Link

Pada dasarnya menurut ilmu psikologi, watak manusia terdiri dari 4, salah satunya yaitu Karakter Phlegmatis. Tipe kepribadian ini setidaknya terdapat skeitar 30-35% dari jumlah populasi di dunia. Karakter ini memang tidak menyenangi bila terjadi konflik. Sehingga mereka akan melakukan hal apapun yang diperintahkan padanya meskipun tidak menyukainya. (baca: Psikologi Remaja)

ads

Mereka sangat mencintai kedamaian, baginya kedamaian merupakan hal segalanya bagi diri mereka. Jika terdapat masalah, mereka akan berusaha untuk mencari solusi yang damai tanpa harus membuat terjadinya pertengkaran. Bahkan mereka rela untuk mengalami sakit atau kerugian, asalakan masalah yang ada cepat selesai. (baca juga: Faktor Penyebab Kenakalan Anak)

Mereka adalah pendengar yang sabar dan tentu saja membuat orang-orang di sekitarnya merasa senang di dekatnya. Kebanyakan orang merasa tenang bila berhadapan dengan si plegmatis ini, karena mereka memang tak banyak menuntut serta mau menerima apa adanya. Kebutuhan dasar dari karakter plegmatis adalah penghargaan dari orang-orang lainnya. Namun  terkadang berhadapan dengan orang-orang plegmatis juga dapat membuat anda menjadi serba salah. Mereka terkadang perlu dimotivasi agar dapat maju dan bergerak. Nah berikut ini kekurangan dan kelebihan Karakter Phlegmatis. (baca juga: Cara Membentuk Karakter Anak Usia Dini)

Kelebihan Karakter Phlegmatis

Mereka mudah sekali untuk bergaul dengan orang-orang lainnya, sikapnya pun tenang, santai, dan tak suka berdebat menjadi daya tarik tersendiri bagi orang lain. Sehingga tak heran bila dirinya memiliki banyak teman dalam lingkungannya. (baca juga: Cara Meningkatkan Prestasi Belajar)

  1. Meskipun tak banyak bicara, namun mereka lebih bijaksana dibandingkan kepribadian lainnya.
  2. Mudah untuk diajak damai dan rukun karena memang sifatnya yang cinta kedamaian. Bahkan mereka mampu menjadi penengah yang baik. (baca juga: Kecerdasan Interpersonal)
  3. Karakter plegmatis sangat kuat pada hal-hal dalam bidang administratif atau birokratif.
  4. Orang yang ingin segalanya terorganisir dengan baik dan tidak berantakan.
  5. Senang melakukan hal yang sama berulang-ulang setiap waktunya tanpa merasa bosan. Hal ini karena memang mereka suka aktivitas yang membuatnya nyaman. (baca: Kepribadian Ganda)
  6. Sangat cocok bagi mereka bekerja sebagai akuntan, guru, dan pekerjaan lainnya yang membutuhkan skill tersebut. (baca juga: Cara Mendidik Anak Hiperaktif)
  7. Sifatnya konservatif, mereka suka berpegang pada suatu hal yang mereka yakini akan berhasil.
  8. Pendengar yang baik, mereka akan mendengarkan semua hal yang anda ceritakan padanya. (baca juga: Big Five Personality)
  9. Memiliki sifat peduli dan simpatik yang tinggi. Sehingga mereka tidak akan pernah tega melihat kondisi teman-teman di sekitarnya yang mengalami kesulitan. (baca juga: Tahap Perkembangan Emosi Anak)
  10. Mereka mampu bekerja dibawah tekanan. Sehingga pekerjaan dengan kondisi tekanan tinggi pun sangat cocok baginya. (baca juga: Tipe Kepribadian Manusia)
  11. Dalam memecahkan masalah, mereka lebih mencari solusi yang mudah dan tidak sulit dilakukan. (baca juga: Hambatan Perkembangan Anak)
  12. Dapat menyembunyikan emosi yang dimilikinya, baik sedih maupun senang semuanya dapat ditutupi dengan baik.  (baca juga: Teori Psikologi Kepribadian)
  13. Tidak suka menyinggung perasaan orang lainnya. (baca juga: Kepribadian Ambivert)
  14. Meskipun pendiam, namun dirinya memiliki sifat humoris yang cukup tinggi. (baca juga: Fakta Kepribadian Anak Bungsu)
  15. Sabar dalam segala kondisi yang dihadapinya. Tak pernah mengeluh dan mencari solusi atas masalah yang dihadapinya. (baca juga: Teori Psikoanalisis Klasik)
  16. Sebagai seorang teman dan kekasih, mereka akan sangat setia dengan orang-orang di sekitarnya. Beruntunglah anda jika memiliki kekasih plegmatis. (baca juga: Prospek Kerja Untuk Lulusan Psikologi)
  17. Senang melihat dan mengawasi orang-orang di sekitarnya. (baca juga: Cabang Cabang Psikologi)
  18. Jika menjadi orang tua, mereka akan selalu berusaha untuk meluangkan waktu demi anak-anaknya.
  19. Mereka dapat diandalkan dalam kondisi apapun. (baca juga: Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini)
  20. Mereka sangat sopan dan memiliki aturan yang baik dalam lingkungan pertemanannya. Sehingga tak heran jia teman-temannya pun menyukai karakter plegmatis ini.  (baca juga: Teori Psikososial Erikson)

Kekurangan Karakter Phlegmatis

Meskipun terlihat hidupnya sangat seimbang, namuan kenyataannya terkesan flat dan biasa biasa saja. Tak ada antusias serta gairah dalam kehidupannya. (baca juga: Cara Mengatasi Anak Yang Malas Belajar)

  1. Walau tak senang terlibat konflik, namun akhirnya orang-orang dengan karakter plegmatis lebih senang menghindari masalah dan bukan menghadapi masalah. Bahkan terkadang mereka akan lari dari tanggung jawab yang ada. (baca juga: Hakikat Manusia Dalam Perspektif Psikologi)
  2. Mereka tak suka didesak oleh orang-orang lainnya. Mereka lebih menginginkan kehidupannya yang tenang dan damai. (baca juga: Konsep Diri Dalam Ilmu Psikologi)
  3. Sering menunda dan menggantungkan masalah sehingga berharap masalah tersebut dapat selesai seiring dengan waktu yang berjalan. (baca juga: Trauma Psikologis)
  4. Tidak menyukai perubahan atau kegiatan baru, mereka lebih senang dan nyaman dengan kegiatan yang ada saat ini. Sehingga membuat dirinya tak maju karena seakan berjalan di tempat.
  5. Sulit untuk berkompromi, hal ini karena dirinya merasa benar. Bahkan terkadang timbul sikap keras kepala dalam dirinya. (baca juga: Teori Cinta Stenberg)
  6. Lebih suka berperan menjadi penonton dibandingkan terlibat dalam suatu hal. (baca juga: Perilaku Abnormal)
  7. Sulit untuk bergerak karena kurang memotivasi diri sendiri, sehingga terkadang butuh bantuan orang lainnya untuk memotivasi orang-orang plegmatis. (baca juga: Persepsi Dalam Psikologi)
  8. Sifatnya pemalu dan pendiam, bahkan terlalu pemalu. Sehingga mereka enggan menonjolkan diri di dalam lingkungannya. Mereka memang menyukai keramaian dan kesenangan, asalkan tidak berpusat pada diri mereka sendiri. (baca juga: Psikologi Cinta)
  9. Tidak menyukai hal-hal yang bersifat kejutan. Mereka senang bila hidup mereka tenang-tenang saja dan berjalan sesuai dengan kecepatan yang tetap. (Baca: Psikologi Konseling)
  10. Selalu merasa takut dan khawatir tentang hal-hal di hidupnya. (baca juga: Psikologi Perkembangan)
  11. Karena cenderung terlalu simpatik, akhirnya membuat diri mereka kurang begitu tegas ketika menjadi pemimpin.

Nah itu tadi beberapa Karakter Phlegmatis beserta kelebihan dan kekurangan dari orang-orang dengan karakter plegmatis. Peran plegmatis memang sangatlah penting, karena mereka lah yang paling bijak diantara semua karakter yang ada. Menjadi pribadi yang plegmatis tentu akan sangat disenangi banyak orang, namun tetap berusaha untuk menjadi yang terbaik dan jangan hanya berdiam diri di satu tempat saja. Bagaimana? apakah anda termasuk ke dalam karakter plegmatis atau tidak? semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi anda.

Sponsors Link
, , , ,