Sponsors Link

15 Cara Mudah Bergaul Bagi Orang Pendiam Efektif

Sponsors Link

Beberapa orang terkadang memiliki sifat yang pendiam sehingga membuatnya kesulitan untuk mencari teman. Sifat pendiamnya ini bisa disebabkan oleh banyak faktor, misalnya saja kurang percaya diri, pemalu, kepribadian yang tertutup dan masih banyak lainnya. Jika sifat ini terus dibiarkan, maka tentu saja akan menganggu hubungan sosial anda dengan orang-orang lain di lingkungan anda. (baca: Kepribadian Ambivert)

ads

Padahal seperti yang anda ketahui jika sebagai manusia, kita tentunya membutuhkan bantuan dari orang lain di dalam kehidupan kita. Terlebih lagi di jaman yang global yang memiliki persaingan ketat seperti ini akan membuat anda tak dapat meraih kesuksesan yang anda harapkan karena hubungan atau relasi dengan orang lain yang sangat kurang. (baca: Cara Menjadi Pribadi yang Menyenangkan)

Merubah sifat tentunya bukan hal yang mudah, namun bukan berarti tidak dapat anda lakukan. Bagi anda yang memiliki kepribadian yang pendiam, tak ada salahnya jika anda mencoba cara mudah bergaul bagi orang pendiam di bawah ini agar dapat dengan mudah memiliki teman dan relasi. (baca: Psikologi Remaja)

1. Berpikiran Positif

Untuk merubah kepribadian (baca: Psikologi Kepribadian) pendiam anda tersebut, tentunya anda harus mengubah pola pikir anda terlebih dahulu. Terkadang sifat pendiam muncul karena ketakutan ataupun ketidak percayaan diri yang anda miliki. Untuk itu, tanamkan dalam diri anda untuk selalu berpikir positif baik untuk diri anda sendiri maupun lingkungan anda. Dengan pola pikir positif, anda dapat dengan mudah untuk bergaul dengan teman-teman lainnya di sekitar anda.

2. Bangun Kepercayaan Diri

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, orang-orang yang pendiam terkadang memiliki kepercayaan diri yang kurang di dalam dirinya sehingga membuatnya tak mudah untuk berkomunikasi dengan orang-orang lain di sekitarnya. Jika anda memang ingin bergaul dengan mudah, maka tentu saja anda harus membangun kepercayaan diri di dalam diri anda. (baca: Cara Mengenali Potensi Diri)

Banyak cara yang bisa anda lakukan untuk membangun kepercayaan diri tersebut, anda bisa bicara kepada diri anda sendiri jika anda adalah orang yang pemberani dan dapat berbicara dengan baik. Yakinkan dalam diri anda jika anda bukanlah orang yang susah dalam hal bergaul. (baca juga: Karakater Phlegmatis)

3. Berhenti Memikirkan Kekurangan Yang Anda Miliki

Setiap orang tentunya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Tak ada orang yang sempurna di dunia ini. Jadi kekurangan yang anda miliki tak dapat dijadikan alasan pendiam anda. Cobalah untuk menerima diri anda apa adanya. Jika bisa, jadikan kekurangan tersebut sebagai sebuah kelebihan yang tak dimiliki orang lainnya. Menutup kekurangan yang anda miliki hanya akan membuat anda semakin terpuruk dan rendah diri.

4. Memperluas Pergaulan

Cobalah untuk memperluas pergaulan yang anda miliki, bergaul lah dengan orang-orang yang memiliki kepercayaan diri yang tinggi. Dari sanalah anda bisa mempelajari cara-cara mereka untuk menjalani kehidupan sosial sehari ahrinya. Bagaimana cara berkenalan dengan teman baru, menyikapi sebuah masalah, cara memperlakukan orang yang baik dan lainnya bisa anda tiru dan anda praktekkan dalam kehidupan anda. (baca: Kecerdasan Interpersonal)

5. Cari Sahabat Yang Dapat Mensupport Anda

Cobalah untuk mendekati teman-teman yang menurut anda bisa memberikan energi positif bagi anda. Bangunlah persahabatan yang baik dan cobalah untuk mempelajari hal-hal positifi dalam diri teman anda tersebut. Sehingga anda bisa belajar bagaimana cara berkomunikasi yang baik sebelum nantinya anda bergaul dengan lebih banyak orang. (baca: Tips Sukses di Usia Muda)

Sponsors Link

6. Bersikap Tenang

Terkadang banyak kasus dimana orang-orang pendiam memiliki pengendalian diri yang kurang, terutama jika dirinya sedang dalam situasi asing dan tertekan. Mereka akan merasa takut, cemas, salah tingkah, dan hal-hal lainnya yang menunjukkan ketekanan mereka. Hal tersebut sebenarnya dapat diatasi dengan mudah asalkan anda dapat berpikiran rileks dan tenang terlebih dahulu.

Buang semua pikiran negatif dalam pikiran anda jika orang-orang sedang memperhatikan anda. Yakinkan dalam diri anda jika semuanya berjalan dengan biasa dan hal-hal negatif tersebut hanya ada di dalam pikiran anda. (baca: Kecerdasan Emosional dalam Psikologi)

7. Bangun Rasa Empati Pada Orang Lain

Ketika anda mulai mengenal banyak orang, cobalah untuk mulai membangun rasa empati pada orang-orang di sekitar anda. Jangan ragu untuk bertanya sesekali mengenai kabar mereka. Berikan pertolongan dan bantuan bagi teman anda yang memang membutuhkan. Bangun kekeluargaan di dalam persahabatan yang anda jalin.

Baca:

8. Perhatikan Penampilan Anda

Mulailah untuk memperhatikan penampilan anda ketika berada di luar rumah. Ubahlah penampilan anda sebaik dan semaksimal mungkin yang dapat membangun kepercayaan diri anda. Sehingga nantinya anda tidak akan merasa takut ataupun malu jika bertemu dengan orang-orang yang anda kena. (baca: Tipe Kepribadian Manusia)

9. Jangan Terlalu Cuek

Ketika sedang berkumpul dengan teman-teman and alainnya, usahakan untuk tidak terlalu cuek. Sikap cuek ini lah yang dapat membuat orang-orang enggan mendekati dan berteman dengan anda. Lakukan interaksi-interaksi dengan yang lainnya. Tak perlu obrolan serius, anda cukup dengan senyum, menyapa, dan menyalami yang lainnya. Sehingga membuat anda akan terlihat lebih ramah dan menyenangkan bagi orang lain. Jika memang anda membutuhkan waktu sendiri, anda bisa mencoba bergabung di harilainnya dengan teman-teman anda atau anda bisa menyapa mereka melalui pesan-pesan singkat. (Baca: Tipe Kepribadian MBTI)

10. Jangan Ragu Membuat Lelucon

Jangan ragu untuk melontarkan humor-humor yang lucu ketika anda sedang berkumpul bersama teman-teman anda. Humor anda bisa saja membuat teman-teman anda tertawa menikmatinya. Dari tertawa ini lah biasanya obrolan akan mudah terjadi dan menyenangkan. Yang perlu anda perhatikan adalah, jangan membuat humor dengan nada yang mengejek yang malah membuat anda terlihat sombong. (baca: Jenis Emosi)

11. Sering Mencoba Hal Baru

Seringlah untuk mencoba hal-hal baru yang akan membuat wawasan anda menjadi lebih luas, terutama dalam hal kehidupan. Dari pembelajaraan ini lah anda bisa memiliki pemahaman jika semua orang adalah sama. Sehingga anda pun juga bisa menjadi seperti ornag-orang lainnya. Dan tak ada alasan yang dapat mendukung anda untuk terus merasa minder. (baca: Tipe Kepribadian Melankolis)

Sponsors Link

12. Jujur Pada Teman-Teman Anda

Meskipun anda orang yang pendiam, namun jangan sesekali berbohong dengan keadaan yang anda miliki pada temanpteman anda. Orang yang berbohong tentu saja akan sellau melakukan kebohongan-kebohongan selanjutnya. Jika teman-teman anda mengetahuinya, maka akan membuat teman anda kecewa dan anda tidak akan bisa mendapatkan kepercayaan kembali. Untuk itu, usahakan untuk jujur mengenai keadaan anda sebenarnya. Dengan bersikap jujur membuat anda akan menemukan teman-teman sejati anda.(baca: Teori Psikologi Perkembangan)

13. Tak Perlu Memiliki Teman Yang Begitu Banyak

Jika sikap pendiam anda memang sulit untuk dirubah, maka tak perlu memaksakan diri anda untuk mencari teman sebanyak mungkin. Yang anda butuhkan hanya teman-teman yang dapat mensupport anda kapanpun dan bagaimanapun kondisi anda. Percuma saja anda memiliki banyak teman, namun anda tak bisa menikmati dunia anda sendiri. (baca: Kepribadian Ganda)

14. Manfaatkan Dunia Maya

Saat ini jaman semakin modern dan membuat perkembangan teknologi semakin maju. Anda bisa memanfaatkan hal ini untuk bersosialisasi dengan teman-teman lainnya. Bersosialisasi sebenarnya dapat anda lakukan dimanapun dan kapanpun anda butuhkan. Gunakan sosial-sosial media saat ini untuk mendapatkan banyak teman.

15. Jujur Pada Diri Sendiri

Tak hanya berbuat jujur pada orang lainnya, anda juga perlu jujur pada diri anda sendiri. Jangan memaksakan bila dirasa anda tak mampu untuk melakukannya. Lakukan saja hal-hal yang dapat membuat anda bahagia.

Nah itu tadi beberapa penjelasan mengenai Cara Mudah Bergaul Bagi Orang Pendiam. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi anda.

Sponsors Link
, , , ,