Sponsors Link

15 Cara Menjadi Pribadi yang Menyenangkan dan Menarik

Sponsors Link

Masing masing manusia memiliki tipe kepribadian yang berbeda- beda. Tipe kepribadian yang paling banyak disukai oleh orang yaitu tipe pribadi yang menyenangkan. Arti menyenangkan bisa menjadi sangat luas. Menyenangkan memiliki arti dapat diterima oleh orang di sekitarnya dan disukai oleh orang lain. Menjadi orang dengan tipe pribadi yang menyenangkan akan memiliki banyak teman, banyak relasi, dan dimudahkan segala urusannya karena banyak orang yang bersedia membantu.

ads

Orang dengan tipe menyenangkan pada umumnya supel, mudah bergaul, dan easy going atau sederhana. Orang dengan tipe ini memiliki kemampuan menjadi orang yang menyenangkan sudah dari bawaan, namun tidak ada salahnya apabila kita ingin belajar menjadi orang yang menyenangkan dan merubah kepribadian kita menjadi lebih baik.

Berikut ini adalah beberapa Cara Menjadi Pribadi yang Menyenangkan yang bisa Anda lakukan :

  1. Tunjukkan Minat pada Orang Lain

Perhatikan hal hal kecil terkait lawan bicara Anda. Berikan komentar baik padanya seakan menunjukkan perhatian atau minat yang lebih padanya. Berikan respon dengan pertanyaan – pertanyaan singkat yang memancing cerita bagi lawan bicara yang sedang berbincang- bincang. Pasang ekspresi wajah dan senyuman yang menunjukkan ketertarikan Anda untuk mendengarkan cerita dari lawan bicara. Gunakan nada yang antusias. Hindari sikap cuek dan tidak peduli.

baca juga : Teori Psikologi Kepribadian

  1. Seringlah Memberikan Pujian

Semua orang suka dipuji yang baik- baik. Memiliki sikap percaya diri memang baik, namun percaya diri yang berlebihan pun juga tidak baik. Sikap percaya diri yang berlebihan menganggap diri sendiri dapat melakukan banyak hal yang hebat, akan mengurangi rasa kebanggaan kita pada orang lain. Hargai usaha keras orang lain dan berikan pujian karena sudah berusaha. Setiap orang memiliki target hidup yang berbeda- beda dan belum tentu target Andalah yang paling baik. Bersikaplah menghargai orang lain dan berikan pujian pada mereka sebagai ungkapan perhatian dan juga dukungan.

baca juga : Tipe Kepribadian Manusia

  1. Jadilah Pendengar yang Baik

Menjadi pendengar yang baik lebih mulia daripada menjadi seorang yang aktif berbicara. Pendengar yang baik adalah sosok yang paling dibutuhkan oleh semua orang. Dengarkanlah cerita atau obrolan dengan lawan bicara dengan baik tanpa memotong pembicaraannya jika tidak perlu. Jangan memberikan penilaian atau nasehat jika tidak diminta.

baca juga :

  1. Jadikan Orang Lain merasa Dirinya Penting

Tunjukkanlah sikap dan ucapan yang menghormati orang lain. Anggap orang lain sebagai orang penting yang Anda hormati setiap saat. Ucapkan maaf apabila Anda terlambat atau membuatnya menunggu terlalu lama. Tepatilah janji, berikan alasan yang pantas apabila Anda berhalangan untuk bertemu.

baca juga : Big Five Personality

  1. Selalu Menyapa Orang dengan Menyebutkan Namanya

Jika orang lain mengetahui dan memanggil nama, akan ada perasaan sengan dan mengenal yang lebih dekat. Umumnya orang tidak suka namanya dipanggil dengan salah, sehingga hindari kemungkinan keliru. Tanyakan terlebih dahulu jika Anda ragu. Usahakan menyebutkan namanya ketika berinteraksi. Menyebutkan nama seseorang akan terdengar lebih baik daripada hanya dengan kata sapaan seperti ibu atau bapak saja.

baca juga :

  1. Bersikap Ramah

Keramahan merupakan salah satu bagian dari sopan santun. Kita sudah diajarkan untuk menjadi orang yang ramah kepada orang lain. Orang juga akan sangat senang jika menerima keramahan dari orang lain. Keramahan membuat orang merasa betah berinteraksi dengan Anda.

baca juga : Psikologi Kepribadian

  1. Lakukan Kontak Mata

Saat berkomunikasi atau berbincang dengan orang lain, salah satu cara agar lawan bicara merasa dihargai adalah dengan menatap matanya. Kontak mata menunjukkan ketulusan hati dan perhatian yang lebih terhadap lawan bicara, sehingga lawan bica menjadi lebih senang dan nyaman saat berinteraksi dengan Anda.

baca juga : Kepribadian Ganda

  1. Berempati dengan Tulus

Ketika ada yang sedang terkena musibah, sebaiknya Anda bersikap empati. Anda harus menunjukkan keinginan diri untuk menolong. Jangan merasa bahwa Anda tidak perlu menolong karena orang lain mungkin tidak membutuhkan pertolongan Anda.

  1. Hindari Penggunaan Kata- kata yang Mencela atau Mengkritik

Tidak ada orang yang suka diremehkan. Umumnya orang juga tidak suka kelemahannya diketahui banyak orang dan dipermalukan. Hal hal yang bersifat menurunkan harga diri seseorang akan berdampak negatif untuk Anda. Hal semacam itu juga bisa memunculkan pertengkaran antara kedua belah pihak.

baca juga : Kepribadian Ambivert

  1. Bersikap Asertif

Setiap orang memiliki pemikirannya masing- masing dan tidak harus menuruti atau berjalan sesuai alur yang ada. Apabila ada suatu hal yang tidak cocok dengan diri Anda, boleh Anda mengucapkan tidak pada hal tersebut.

Orang tidak harus selalu berkata iya namun juga boleh berkata tidak pada beberapa hal. Jangan takut untuk berbeda dengan orang lain apabila hal tersebut Anda yakini benar.

Perbedaan tidak selalu buruk, apabila ada rasa saling pengertian maka perbedaan tidak akan menimbulkan konflik. Orang dengan sikap asertif akan lebih dihargai daripada tipe orang yang selalu menurut.

baca juga :

  1. Selalu Berfikir Positif

Berfikir positif dinyatakan dapat mengurangi tingkat stres. Menjadi orang yang selalu berfikir positif itu adalah sesuatu yang menyenangkan. Pikiran positif akan disertai dengan perbuatan positif pula. Orang- orang dengan pikiran positif juga akan lebih diterima dalam komunitasnya dan banyak teman.

baca juga :

  1. Sering Tersenyum

Menjadi orang yang murah senyum. Bukan berarti selalu tersenyum tanpa sebab, namun senyum yang menunjukkan keramahan dan kebaikan hati Anda. Selalu tersenyumlah pada orang yang Anda kenal, orang yang lebih tua. Tentu Anda juga harus mampu menggunakan senyum di waktu dan tempat yang tepat. Senyum membuatmu menjadi orang yang santai dan orang lain akan senang mendekati Anda.

baca juga :


  1. Dapat Menjaga Rahasia dan Bisa Dipercaya

Menjadi seorang teman yang bisa dipercaya merupakan hal baik yang tidak semua orang bisa. Ketika seseorang bercerita tentang kisah hidupnya yang cukup rahasia dan meminta Anda untuk tidak menceritakannya ke siapapun, maka Anda harus bisa menepati janji dan menjaga rahasia tersebut.

baca juga :

  1. Berteman dengan Semua Orang Tidak Pilih- pilih

Cara Menjadi Pribadi yang Menyenangkan yang lain adalah tidak pilih – pilih teman. Orang memang memiliki banyak karakter individu yang berbeda- beda. Tidak semua orang baik dan juga tidak semua orang buruk. Jangan pilih- pilih teman, bertemanlah dengan siapa saja asalkan orang tersebut baik dan tidak menularkan dampak buruk pada diri Anda. Orang baik juga akan dikelilingi oleh orang – orang baik juga. Jangan memilih teman hanya karena latar belakang keluarga, ekonomi, atau latar belakang lainnya. Asalkan orang tersebut baik, maka sebaiknya anda tidak pilih- pilih.

baca juga : Kognitif, Afektif, Psikomotorik

  1. Humoris/ Suka Bercanda

Poin terakhir ini sangat membantu Anda menjadi orang yang menyenangkan. Orang yang menyenangkan akan lebih banyak bercanda dan tertawa lepas. Orang dengan banyak humor juga dianggap menyenangkan karena bisa membuat orang lain tertawa. Tidak semua orang memiliki bakat untuk melucu, namun Anda yang tidak memiliki bakat itu tidak perlu pesimis. Anda hanya perlu untuk merilekskan pikiran Anda dan tahu kapan harus serius dan kapan harus bercanda. Jangan enggan untuk tertawa bersama orang lain dengan lepas.

baca juga :

Menjadi orang yang menyenangkan memang tidak mudah, namun juga bukan hal yang sulit. Tidak semua orang memiliki karakteristik seperti diatas dan disebut sebagai orang yang menyenangkan. Namun Anda bisa berlatih, Anda bisa melakukan intropeksi diri pada diri Anda terhadap apa yang dirasa kurang baik dan merubah sikap dan perilaku menjadi sosok yang menyenangkan.

Menjadi orang yang menyenangkan, mendatangkan cinta dan kasih sayang dari banyak orang. Orang yang menyenangkan pasti memiliki banyak teman, kegiatannya berjalan lancara karena banyak yang mau membantu, dan dirinya selalu bahagia. Orang orang yang melihat sosok seperti diatas juga akan tertular virus kebahagiaan dan merasa senang berteman dengannya.

Banyak hal baik yang menguntungkan jika kita mampu menjadi orang yang menyenangkan untuk orang lain desekitar kita. Jadilah orang yang menyenangkan, dengan merubah perilaku Anda sesuai dengan poin- poin diatas. Menjadi orang yang menyenangkan juga membuat hidup Anda lebih tenang dan bahagia. Menjadi orang yang memiliki pengaruh positif bagi orang lain disekitar kita merapakan hal yang baik.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :