Sponsors Link

15 Cara Agar Selalu Berpikir Positif dalam Hidup

Sponsors Link

Kehidupan terus berputar baik yang membahagiakan maupun menyedihkan, hal baik maupun hal yang buruk, anugerah ataupun masalah dan hal-hal lainnya yang tidak pernah disangka sebelumnya. Bagi beberapa orang yang memiliki kepribadian (Baca: Tipe Kepribadian Melankolis) cukup kompleks dan rumit, menghadapi siklus kehidupan sering kali jadi masalah terbesar dan pekerjaan rumah yang harus diselesaikan setiap harinya. Tak jarang mereka merasa depresi atau tertekan jika menghadapi kehidupannya sehari-hari (Baca: Akibat Depresi Kepanjangan)

ads

Berpikir positif merupakan salah satu cara yang digunakan oleh beberapa orang agar bisa menerima apa yang mereka hadapi. Bukan hanya pasrah tidak berdaya, namun pikiran positif dianggap membawa semangat hidup dan membantu kita berpikir lebih jernih lagi. Namun bagaimana membangkitkan pikiran positif pada diri kita ?

  1. Bersyukur

Seringkali banyak orang merasa bahwa hidupnya amatlah buruk, dengan adanya sugesti tersebut menjadikan seseorang justru memang benar-benar terpuruk dan menderita. Padahal apa yang mereka dapati sebenarnya lebih baik dibandingkan orang lain atau mungkin orang disekitarnya. (baca: Teori Psikologi Kepribadian)

Bersyukur bisa membantu kita untuk berpikir lebih positif. Apa yang kita dapatkan dianggap cukup dan dipenuhi rasa berterima kasih, terutama kepada keluarga orang terdekat dan tentu saja Tuhan. Jangan selalu melihat keatas atau melihat keadaan orang lain yang lebih dari kita. Bisa saja dibagian luar mereka lebih baik namun dibagian dalam justru kitalah yang lebih baik. (baca: Cabang – Cabang Psikologi)

  1. Tersenyum

Tersenyum merupakan cara selanjutnya agar bisa mendapatkan pikiran yang lebih positif baik dalam bersikap maupun dalam menghadapi hidup. Dengan tersenyum, maka anda bisa menularkan kebahagian dan rasa senang pada orang lain. Faktanya tersenyum ketika anda sedih atau mengalami kesedihan, bisa mensugestikan diri anda menjadi lebih baik dan menghilangkan rasa sedih lebih cepat. Untuk itulah mengapa tersenyum bisa menambah rasa positif. (baca: Psikologi Sosial)

  1. Melihat Sisi Baik

Apabila kita selalu melihat sisi negatif dari setiap masalah apakah bisa selesai atau bisa membuat anda lebih jernih pikirannya ? sebagian orang mungkin akan mengatakan, jangan terlalu berpikir positif jika anda tidak ingin tertipu atau bermasalah. Namun jika selalu berpikir negatif bagaimana anda bisa melihat hal baik dari berbagai permasalahan.

Dengan melihat sisi baik maka anda bisa memiliki pikiran yang lebih positif dan tidak terbebani. Layaknya pisau jika anda melihat satu sisi maka tidak akan berguna, namun jika melihat sisi yang lain meskipun tajam dan bisa melukai. Namun pisau sangat berguna untuk memotong benda dan memasak. Seperti itulah pikiran positif muncul jika mencoba melihat sisi baiknya. (baca: Persepsi dalam Psikologi)


  1. Disiplinkan Diri

Hal yang paling sulit dilakukan manusia adalah mengatur dan memimpin dirinya sendiri. Banyak orang yang mengalami rasa bersalah jika terlalu memaksakan diri, ada juga orang yang tidak mempedulikan dirinya dan membiarkan diri bertindak sesuka hati.  (baca: Kecerdasan Interpersonal)

Padahal nantinya orang tersebut akan mengalami masalah yang tidak pernah ditebak karena kurangnya disiplin diri. Jika anda ingin menunjukan atau membuat pikiran lebih positif cobalah untuk mengatur diri sendiri, dengan begitu anda juga bisa melihat potensi dan hal baik apa yang anda miliki. Jika hidup dengan teratur dan juga disiplin.

  1. Istirahat

Istirahat merupakan obat dari segala hal yang membuat anda menjadi buruk atau menjadi jelek. Salah satunya anda yang sering berpikir negative dan sering menilai buruk akan orang lain.

Ketika memiliki masalah memforsir diri untuk mencari jawaban saat itu juga justru membuat anda pusing dan juga tertekan.

Hal ini bertentangan dengan cara bagaimana agar bisa berpikir positif. Cobalah untuk berpikir positif dengan mengistirahatkan diri dan juga pikiran. Rileks kan diri sesaat agar bisa menghadapi waktu selanjutnya dengan pikiran lebih segar dan juga lebih positif. (baca: Teori Belajar dalam Psikologi)

  1. Berkumpul dengan Orang Positif

Berkumpul dengan orang-orang yang berpikiran positif bisa membawa anda menjadi pribadi yang lebih bijak dan melihat berbagai hal dari sisi positif. Seperti perumpamaan yang biasa dikatakan, bahwa angsa akan berkumpul dengan angsa dan buaya akan berkumpul dengan buaya.

Hal tersebut sudah menjadi hukum alam, dimana seorang makhluk hidup akan berkumpul dan merasa nyaman dengan sesamanya. Andapun bisa melihatnya dari para hewan ataupun tumbuhan. Jika berada dilingkungan buruk maka anda akan terbawa buruk, sedangkan jika berada diantara orang positif maka anda akan ikut berpikir positif. (baca: Hakikat Manusia dalam Prespektif Psikologi)

  1. Hilangkan Drama

Mereka yang merasa hidupnya selalu buruk atau bermasalah pasti mereka yang menyukai hidup berdrama. Dengan hidup berlebihan maka anda seperti mendramatisir kehidupan yang sebenarnya tidak seburuk dan semenyeramkan itu. (baca: Kode Etik Psikologi)

Sedangkan apa yang anda lihat dalam kehidupan jika selalu berpikir negatif maka akan tersugesti pada diri anda. Kemudian hidup anda akan benar-benar seperti drama. Berada dengan mereka yang memiliki kehidupan drama meracuni anda menjadi seseorang yang berpikiran negatif, secara psikologi mereka yang mendrama cenderung mengacak-acak hidup sendiri. (baca: Kognitif, Afektif, dan Psikomotorik)

Baca:

  1. Merubah yang Tidak Mungkin Menjadi Mungkin

Bagaimana anda menghadapi hal yang tidak mungkin ? jika tidak memiliki pikiran positif maka mereka akan menghindari hal yang tidak mungkin. Seperti halnya anda yang menghadapi pekerjaan yang rasanya tidak mungkin anda kerjakan, jika mengubah menjadi mungkin maka akan membantu anda menumbuhkan pikiran positif dan yakin anda bisa melakukannya. Dibanding yang menganggap hal tersebut tidak mungkin dan akhirnya anda tidak bisa mengerjakan tugas apapun. (baca: Kepribadian Ambivert)

  1. Berbuat Baik

Berbuat baik akan membantu anda dalam membuka pikiran mengenai dunia atau orang lain. Terkadang kita memiliki pemikiran negatif dan melihat bagian luar saja, misalnya penampilan ataupun melihat dari apa yang biasa orang lain tunjukan. Namun kita tidak tahu seperti apa hati orang lain. Dengan berbuat baik, orang lain akan menghormati dan menghargai kita sama seperti yang kita lakukan pada mereka. Karena itulah berbuat baik bisa menjadikan pikiran yang lebih positif datang pada diri kita.

  1. Atur Bahasa/Bicara

Ketika bahasa yang digunakan sehari-hari ataupun bukan sehari-hari terdengar kasar dan sembarangan lantas bagaimana pendapat anda ? apalagi jika bahasa tersebut didengar oleh anak-anak (Baca: Gangguan Mental Pada Anak) atau remaja  (Baca: Psikologi Remaja) yang masih senang mengenal hal-hal yang sebenarnya buruk untuk mereka. Hal ini bisa membawa dampak yang buruk dan pikiran yang lebih negatif. Atur bahasa dan cara bicara anda agar membawa pikiran lebih positif.

  1. Temukan Kebahagiaan

Apa yang membuat anda bahagia? jika ada hal yang membuat anda senang dan selalu berpikir positif mengapa tidak dipilih ? terkadang sebagian orang memilih jalan yang sebenarnya mereka tahu akan menderita atau hal yang tidak mereka sukai. Semakin lama kita memilih hal yang tidak diinginkan maka pikiran akan mengarah ke hal yang negatif. (baca: Psikologi Kepribadian)

Sehingga cobalah untuk mendengar kata hati dan juga memilih segala hal yang anda sukai, namun ketika keinginan sudah berada di tangan anda juga jangan lupa diri dan terus menggali potensi atau menggali apa yang membuat anda jauh semakin positif. Kita juga bisa menemukan kebahagiaan pada kekasih, anak, orang tua dan siapapun yang kita sayang.

Baca:

  1. Lingkungan yang Mendukung

Bagaimana mau berpikir positif jika anda mungkin tinggal di kota dengan hiruk pikuk yang setiap harinya sibuk. Anda tidak bisa mengistirahatkan pikiran dan juga fisik anda. Untuk meningkatkan pikiran positif, sekali-kali biarkan anda tinggal dan menikmati waktu di lingkungan yang nyaman dan juga tentram. Agar anda bisa merefresh atau menyegarkan pikiran dan ide anda dan berpikir kearah yang lebih positif, bukan stress, tekanan, depresi atau hal-hal yang mengganggu anda (Baca: Depresi dalam Psikologi).


  1. Bertemu Orang Tercinta

Nyatanya sering bertemu orang yang anda cintai bisa membantu berpikir lebih positif dan pikiran lebih tenang. Mereka yang menyayangi anda bisa memberikan anda kasih sayang serta perhatian lebih terutama ketika anda sedang menghadapi masalah. Jika ditinjau dari sisi Psikologi, bersama orang yang dicintai sangatlah penting untuk membahagiakan diri dan membawa pikiran menjadi ke energi yang lebih baik.

Baca:

  1. Maknai Apapun Kegiatannya

Memaknai apapun yang anda lakukan bisa mendorong pikiran positif lebih banyak. Karena dengan mengambil makna dari apa yang anda lakukan, anda tidak membuang waktu dan tidak menjadikan hidup anda seperti sia-sia ataupun membosankan. Apalagi anda yang memiliki banyak masalah atau tidak terima akan satu dua hal kejadian dalam hidup anda.  (baca: Kecerdasan Emosional dalam Psikologi)

  1. Ingat Tuhan

Terakhir mungkin yang paling diyakini oleh mereka yang percaya akan adanya Tuhan. Keyakinan dan iman bisa membawa anda ke arah yang lebih positif dari berbagai hal. Tentunya dengan terus belajar dan mendekatkan diri pada Tuhan, anda lebih bisa memahami makna positif dari kehidupan tanpa takut terjerumus atau menghadapi masalah dengan baik. (baca: Psikologi Abnormal)

Demikian penjelasan terkait bagaimana dan apa saja Cara Agar Selalu Berpikir Positif yang bisa diterapkan dalam kehidupan sehari – hari.

Sponsors Link
, , , ,




Oleh :