Sponsors Link

15 Cara Mengatasi Susah Tidur di Malam Hari Efektif

Sponsors Link

Tidur adalah cara tubuh manusia memulihkan energi yang telah terpakai ketika seharian melakukan berbagai aktivitas. Waktu tidur yang teratur sangat penting, karena berguna untuk mengistirahatkan tubuh yang lelah. Namun terkadang tidaklah mudah untuk tidur di malam hari, walaupun Anda benar – benar ingin beristirahat. Sulit tidur di malam hari sering dikaitkan dengan istilah insomnia. Insomnia adalah kondisi yang kompleks dimana seseorang sulit untuk tertidur atau tetap tertidur nyenyak, dan ketika terbangun di antara waktu tidur malam sangat sulit untuk tidur kembali walaupun tidak ada hal yang menghalangi untuk kembali tidur.

ads

Orang yang mengalami kesulitan tidur seringkali merasa tidak puas dengan aktivitas tidurnya dan mengalami beberapa gejala seperti merasa lelah yang amat sangat, kekurangan energi, sulit berkonsentrasi, gangguan mood, dan penurunan kinerja di kantor maupun di sekolah. Masalah sulit tidur merupakan kasus yang umum terjadi pada orang dewasa, dan kekurangan waktu tidur dapat menyebabkan stres, deprasi, bahkan beberapa masalah medis yang dapat mempengaruhi kesehatan dan kehidupan sosial.

 

Bagaimana mengatasi kesulitan tidur di malam hari?

Jangan remehkan kesulitan tidur yang dialami terutama jika hal tersebut telah berlangsung selama beberapa waktu tanpa ada perbaikan sama sekali terhadap kebiasaan tidur Anda. Untuk memperbaiki kebiasaan tidur yang terganggu, dan cara mengatasi susah tidur di malam hari, Anda bisa melakukan beberapa hal berikut ini:

  1. Hindari atau kurangi waktu tidur siang

Jika sulit tidur di malam hari, biasanya Anda akan tergoda untuk tidur siang walaupun sebentar, namun hal itu justru dapat mengakibatkan Anda semakin sulit tidur pada malam harinya. Kalaupun Anda terpaksa tidur siang, batasi waktu tidur hanya selama tiga puluh menit dan jangan tidur setelah jam tiga sore. Cukup tidur akan membuat Anda tahu cara menjadi pribadi yang menyenangkan dan menarik.

  1. Menata kamar agar menjadi tempat tidur yang nyaman

Lingkungan tempat Anda tidur juga dapat mempengaruhi kemampuan untuk tidur dengan nyenyak. Jadikan kamar tidur Anda sebagai tempat yang nyaman untuk tidur dan beristirahat. Perhatikan suhu, pencahayaan, sirkulasi udara, kebersihan dan juga tata letak barang – barang di kamar Anda. Begitu juga gangguan seperti suara – suara, bau tidak sedap dan lainnya yang dapat diminimalisir untuk memastikan Anda dapat tidur dengan nyenyak setiap malam. Tipe kepribadian manusia yang berbeda antara satu sama lain juga akan turut mempengaruhi cara penataan ruangan, karena itu aturlah kamar Anda sesuai selera. (baca: Tipe Kepribadian Melankolis)

  1. Menangani stress yang berdampak pada insomnia

Kesulitan tidur bisa juga disebabkan oleh stress yang dialami. Karena itulah sangat penting untuk menangani stres Anda dengan baik agar dapat kembali kepada jadwal tidur Anda yang biasanya. Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi stress, misalnya menulis jurnal tentang masalah Anda, membuat ritual sebelum tidur, dan melakukan latihan relaksasi otot seperti yoga, menyempatkan diri untuk melakukan hobi, dan lainnya. Hal – hal tersebut dapat mendukung perbaikan kondisi psikologi kepribadian manusia dalam kesehariannya. (baca: Tipe Kepribadian MBTI)

  1. Melakukan akupunktur

Akupunktur atau tusuk jarum dapat membantu mengelola stres dengan mengatur hormon di dalam tubuh, dan menurunkan tingkat stress dapat menghasilkan pola tidur yang lebih baik.Dengan demikian akupunktur juga dapat menjadi cara mengatasi suash tidur di malam hari. Akupunktur juga dapat membantu pelepasan hormon melatonin yang dapat membantu tidur lebih nyenyak serta tubuh lebih rileks karena membantu mengurangi ketegangan otot.

baca:

  1. Jaga kadar cairan tubuh

Ketika kekurangan cairan tubuh, manusia akan merasa lebih mudah lelah karena darah mengental dan memaksa jantung untuk bekerja lebih keras memompa aliran darah ke seluruh tubuh. Air putih sebanyak dua liter atau delapan gelas sehari adalah jumlah asupan cairan yang dibutuhkan tubuh menurut dokter, dan tidak termasuk cairan lain seperti minuman kemasan, air soda, susu, dan lainnya. Anda akan melihat tanda apabila tubuh kekurangan cairan jika air seni berubah warna dari bening menjadi kuning agak gelap. Jangan tunggu sampai merasa haus baru meminum air, sebaiknya minum air putih secara teratur dalam sehari.

baca:

ads
  1. Menjaga Pola Makan

Sedikit asupan karbohidrat dan protein pada siang hari yang dilakukan setiap beberapa waktu sekali akan membantu Anda untuk tetap terjaga dan segar di siang harinya. Anda juga perlu memperhatikan pentingnya sarapan yang akan memberikan energi untuk menjalani aktivitas sehari – hari. Menjaga asupan serat untuk tubuh juga merupakan salah satu cara yang baik untuk mempertahankan stamina tubuh. Contohnya, cemilan sehat seperti granola, yogurt, buah beri, apel, dan selai kacang.

  1. Batasi asupan kafein

Mungkin membatasi asupan kafein akan menjadi sedikit sulit untuk Anda yang menggemari teh dan kopi, namun hasilnya akan berpengaruh kepada waktu tidur Anda. Sebaiknya hindari mengonsumsi kafein pada sore hari, dan batasi konsumsinya hingga dua gelas per hari. Walaupun dalam satu kemasan menyatakan bahwa kopi tersebut tidak mengandung kafein, namun pada kenyataannya tidak seratus persen bebas kafein. Minuman energi juga mengandung jumlah kafein yang signifikan, karena itu tidak bisa dijadikan pengganti kopi.

baca:

  1. Hindari alkohol

Beberapa orang menghubungkan alkohol dengan kesenangan dan sebagai sarana pelepas stress, akan tetapi pada kenyataannya alkohol adalah sumber depresan yang malahan akan membuat seseorang makin merasa depresi dan gelisah, sulit tidur dan mudah terbangun saat malam hari. Kecerdasan interpersonal dan kecerdasan emosional dalam psikologi seseorang tidak akan berkembang dengan bantuan alkohol, justru sebaliknya mengonsumsi alkohol yang menjurus berlebihan akan menurunkan kemampuan seseorang untuk lebih cerdas secara emosional.

  1. Mulailah berolahraga

Kesempatan untuk tidur pada malam hari akan meningkat apabila Anda menyempatkan diri untuk berolah raga setidaknya tiga puluh menit dalam sehari dan maksimal lima jam sebelum waktu tidur malam. Berolah raga dapat mengisi sel – sel  tubuh Anda dengan oksigen dan melepaskan neuro transmitter dan hormon endorphin yang membantu tubuh menjadi lebih rileks.

  1. Relaksasi

Melakukan aktivitas lain yang juga dapat membantu tubuh untuk lebih santai dan otot menjadi rileks dapat membantu Anda untuk lebih mudah tertidur pada malam hari. Misalnya, mandi air panas, mendengarkan musik sambil beraktifitas, melakukan yoga, meditasi untuk memahami hakikat manusia dalam perspektif psikologi, dan lain – lain kegiatan yang dapat mengurangi akibat depresi kepanjangan pada seseorang.

  1. Perbanyak aktivitas di luar ruangan

Dibutuhkan udara segar untuk mendapatkan pikiran yang jernih, dan pikiran yang jauh dari stres adalah cara mengatasi suah tidur di malam hari. Karena itulah jika memungkinkan Anda dapat meluangkan waktu untuk mencari udara segar di sela – sela melakukan aktifitas di siang hari. Anda bisa membuka jendela rumah, ataupun berjalan – jalan ke luar gedung kantor jika telah merasa penat.

baca:

Sponsors Link

  1. Lebih fokus dalam pekerjaan

Kurang tidur akan mempengaruhi performa pekerjaan serta kegiatan sehari – hari, karena itu usahakanlah untuk lebih fokus dalam pekerjaan dan mengurangi adanya gangguan atau pengalih perhatian baik dari diri sendiri maupun dari lingkungan dan orang lain. Hal ini perlu dilakukan untuk mencegah kehilangan fokus dalam pekerjaan dan mempermudah pencapaian tujuan pekerjaan Anda. Lakukan tips sukses di usia muda yang Anda ketahui namun tanpa pengharapan yang terlalu tinggi agar tidak menimbulkan stres.

  1. Jaga Pikiran Positif

Pikiran negatif akan mempengaruhi kondisi tubuh dan membuat Anda merasa stres serta cepat lelah. Sangat penting untuk tetap menjaga pikiran pada arah yang positif sebagai cara mengatasi susah tidur pada malam hari dan karenanya tidak membuat Anda mengalami sulit tidur atau sulit beristirahat karena terganggu dengan berbagai pikiran buruk. Cara agar selalu berpikir positif dapat mencegah Anda menjadi stres dan depresi yang berakibat pada susah tidur malam.

  1. Tetapkan waktu tidur setiap harinya

Keteraturan adalah kunci dari keberhasilan untuk tidur nyenyak. Jika kita terbiasa tidur pada waktu yang sama dan dengan durasi sama setiap harinya, tubuh pun akan terbiasa dan mudah menyesuaikan diri ketika sudah memasuki waktu tidur. Usahakan untuk mempertahankan hal tersebut karena menetapkan jadwal tidur merupakan bagian dari upaya memperbaiki kualitas tidur kita.

  1. Kurangi aktivitas di malam hari

Terlalu lelah juga merupakan salah satu penyebab seseorang mengalami sulit tidur di malam hari. Salah satu cara mengatasi susah tidur di malam hari adalah dengan mengurangi aktivitas yang berlebihan menjelang waktu tidur. Anda perlu mengatur waktu sedemikian rupa agar bisa tidur pada waktu yang tepat.

Jika berbagai upaya sudah Anda lakukan dan tidak dapat membantu cara mengatasi susah tidur di malam hari, mungkin ada baiknya jika Anda mengambil langkah untuk berkonsultasi dengan dokter ahli untuk mencari bantuan yang profesional. Berkonsultasi dengan dokter juga dapat membuat Anda mengetahui penyebab yang pasti dari kesulitan tidur tersebut, apakah karena masalah klinis ataukah karena masalah psikologis.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Ilmu Psikologi