Sponsors Link

15 Cara Menjaga Hubungan Jarak Jauh Agar Harmonis

Sponsors Link

Hubungan jarak jauh atau yang sering dikenal sebagai LDR (Long Distance Relationship) merupakan hubungan yang dijalani pasangan namun terpaut jarak yang cukup jauh. Hubungan jarak jauh ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor, mulai dari tempat kuliah, kerja, ataupun domisili yang berbeda. Hal ini sering terjadi di awal hubungan ataupun di tengah-tengah perjalanan sebuah hubungan. Karena komitmen yang kuat pada awalnya, sehingga membuat banyak pasangan yang akhirnya memutuskan untuk tetap melanjutkan hubungan tersebut meskipun harus dengan jarak yang berjauhan. (baca juga: Tipe Kepribadian MBTI)

ads

Tentu saja menjalankan hubungan jarak jauh berbeda dengan hubungan pada umumnya. Sehingga tentunya diperlukan kiat-kiat khusus agar hubungan jarak jauh ini tetap dapat berjalan harmonis seiring dengan berjalannya waktu. Nah berikut ini beberapa cara menjaga hubungan jarak jauh.

1. Kuatkan Keyakinan Satu Sama Lain

Salah satu modal yang sangat diperlukan untuk menjalin hubungan jarak jauh adalah keyakinan dari hati masing-masing. Mau tidak mau, anda dan pasangan harus memiliki sifat keras kepala  dan pendirian yang kuat jika hubungan yang anda jalani ini adalah pilihan yang tepat. Selain itu, anda juga harus meyakinkan hati anda jika pasangan anda merupakan orang yang tepat untuk anda tunggu. Dengan adanya keyakinan itu, maka sebuah hubungan dapat kuat dan mampu terus berjalan. (baca juga: Tipe Kepribadian Melankolis)

2. Jangan Sampai Putus Komunikasi

Untuk menjaga hubungan jarak jauh agar tetap terjaga, tentu saja anda harus menjaga komunikasi dengan pasangan. Anda bisa menggunakan sms atau telepon sebagai media komunikasi anda. Apalagi jaman modern seperti saat ini, banyak sekali aplikasi-aplikasi yang bisa anda gunakan untuk mempermudah komunikasi anda. Sering sering lah melakukan komunikais tersebut, hal ini dikarenakan saat berjauh tentu saja waktu tersebut akan berkurang. Namun jangan pula terlalu sering melakukannya karena hanya akan membuat bosan saja. Utamakan kualitas dibandingkan kuantitas. (baca: Akibat Depresi Kepanjangan)

3. Sering Sharing Hal Apapun Dengan Pasangan

Hal ini merupakan bentuk komunikasi yang bisa anda lakukan dengan pasangan anda. ANda bisa menanyakan tentang kegiatan sehari-hari pasangan anda. Dengan sharing segala sesuatu dengan pasangan anda, akan membuat satu sama lainnya menjadi lebih dekat daripada sebelumnya. (baca: Depresi dalam Psikologi)

4. Hindari Pikiran Negatif

Seringkali orang-orang yang menjalankan LDR terpengaruh dengan pikiran-pikiran negatif yang kenyataannya sebenarnya tak ada. Pikiran negatif hanya akan membuat pertengkaran-pertengkaran yang sebenarnya bisa saja tidak terjadi. Untuk itu, jangan sekali kali membiarkan pikiran negatif tersebut mempengaruhi anda.Hal ini hanya akan semakin memperburuk hubungan anda yang sidah dibatasi dengan jarak yang jauh. (baca: Gangguan Mental Pada Anak)

5. Saling Percaya

Hubungan bisa berjalan dengan baik jika satu sama lainnya memiliki kepercayaan yang kuat. Setiap hubungan tentunya selalu mengalami masa masa yang sulit, namun dengan mempercayai pasangan anda akan membuat hubungan dan diri anda sendiri menjadi lebih tenang dalam menghadapinya. Jangan gampang terhasut dengan cerita-cerita negatif mengenai pasangan anda tanpa pengklarifikasian terlebih dahulu. Namun kepercayaan tersebut juga harus diselingi dengan logika.

Baca juga:

Sponsors Link

6. Tetaplah Romantis dan Tunjukkan Rasa Sayang Anda

Meskipun hubungan yang anda jalani merupakan hubungan jarak jauh, namun bukan berarti anda tak perlu bersikap romantis. Anda tetap perlu menunjukkan rasa sayang yang anda miliki kepada pasangan anda.

Tak perlu berlebihan, cukup menunjukkan kata-kata semangat untuk pasangan anda dapat membuat pasangan anda bahagia menjalani hari-harinya. (baca: Jenis Emosi)

7. Saling Jujur dan Terbuka Satu Sama Lainnya

Sudah menjadi hal yang wajar jika dalam hubungan jarak jauh memiliki waktu komunikasi yang terbatas satu sama lainnya. Untuk itu sangat disayangkan jika anda memiliki komunikais yang terbatas namun tidak mau saling jujur dan terbuka satu sama lainnya. Hubungan jarak jauh yang anda lalui tentunya harus membuat anda dan pasangan bisa lebih jujur satu sama lainnya. Dengan hal ini, tentu saja akan membuat anda dan pasangan dapat menghargai waktu yang anda miliki bersama. (baca: Trauma Psikologis)

8. Jangan Menyepelekan Hal-Hal Kecil

Terkadang hal-hal kecil di dalam hubungan LDR dapat menyebabkan pertengkaran yang akan mempengaruhi hubungan anda. Untuk itu, jangan sesekali menyepelekan hal kecil karena anda pikir tidak akan berdampak apa-apa di kemudiannya. (baca: Fobia Sosial)

9. Hindari Sifat Cemburuan

Hal lainnya yang seringkali menyebabkan permasalahan di dalam hubungan, tak terkecuali bagi yang sedang menjalankan hubungan jarak jauh. Cemburu memang merupakan hal yang wajar saja terjadi. Untuk itu, jika anda merasakannya, cobalah untuk mengatakannya langsung dengan pasangan anda. Jangan menjadikan hal ini sebagai penyebab sifat anda yang menjadi menyebalkan yang tentu saja membuat pasangan menjadi jenuh. (baca: Faktor Penyebab Kenakalan Anak)

10. Jangan Bersikap Egois

Seringkali hubungan jarak jauh membuat banyak orang menjadi lebih sensitif dan sering meluapkan marahnya dan menjadikannya pribadi yang egois. Tak hanya bagi wanita namun pria juga akan mengalami hal ini. Namun ingatkan diri anda jika sikap egois tersebut hanya akan membuat keretakan di dalam hubungan anda saja.

11. Saling Memahami

Seringkali pada kasus-kasus hubungan jarak jauh yang berakhir hanya dikarenakan masalah-masalah kecil yang sebenarnya bisa diatasi dengan mudah. Namun  karena tidak adanya rasa saling memahami satu sama lain akhirnya membuat hubungan tersebut kandas di tengah jalan. Untuk itu, tanamkan diri masing masing untuk saling memahami pasangan, baik dari kesibukan, kegiatan dan lainnya. (baca: Teori Psikologi Perkembangan)

12. Kirim Hadian Kepada Pasangan

Saat pasangan anda sedang berulang tahun namun anda tak bisa merayakan bersama secara langsung, anda masih tetap dapat membuatnya bahagia di hari nya tersebut dengan mengirimkan hadiah atau bingkisan kepada pasangan anda. Tak perlu yang mahal, namun bisa membuat pasangan melihat usaha anda sudah cukup membahagiakan. Anda juga bisa mengirimkannya di hari hari lainnya, tak harus selalu di hari ulang tahunnya. (baca: Tahap Perkembangan Emosi Anak)

13. Manfaatkan Kesendirian Untuk Hal-Hal Bermanfaat

Seringkali kendala pasangan LDR adalah melihat pasangan-pasangan lainnya yang dapat menghabiskan waktu bersama. Namun jangan sampai hal tersebut membuat anda terhanyut yang dapat menyebabkan konflik di dalam hubungan. Untuk itu, manfaatkan waktu-waktu sendiri anda untuk melakukan hal lainnya yang bermanfaat untuk anda.  (baca: Cara Mengenali Potensi Diri)

Sponsors Link

14. Jadwalkan Waktu Pertemuan

Buatlah komitmen tentang waktu dan jadwal anda untuk bertemu pasangan. Sesuaikan dengan kesibukan anda dan pasangan anda, bisa 1 bulan sekali, 2 bulan sekali, dan lainnya. Dengan pertemuan tentu saja akan mengobati rasa rindu anda masing masing yang membuat suasana semakin menyenangkan. (baca: Cara Mendidik Anak Hiperaktif)

15. Sabar

Menjalin hubungan jarak jauh memang bukanlah hal yang mudah, namun jika anda berkomitmen kuat tentu saja hal itu bisa anda jalani dengan mudah. Kunci utamanya adalah sabar, dengan kesabaran anda bisa menjalani semua halangan dan rintangan dengan mudah. (baca: Cara Membentuk Karakter Anak Usia Dini)

Nah itu tadi beberapa cara menjaga hubungan jarak jauh agar tetap dapat berjalan harmonis seiring dengan berjalannya waktu. Semoga informasid di atas dapat bermanfaat untuk anda.

baca juga:

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Psikologi Cinta