Sponsors Link

15 Cara Mengatasi Anak Susah Belajar yang Paling Efektif

Sponsors Link

Salah satu kesulitan orang tua dalam mengurus anak adalah ketika anak-anak sangat susah untuk belajar. Banyak faktor yang menyebabkan anak menjadi susah belajar, mulai dari kebiasaan buruk di rumah, kurangnya minat, dan masih banyak lainnya. Hal ini jika dibiarkan terus menerus tentunya akan membuat anak anda menjadi malas dan bahkan tertinggal pelajaran di sekolah.

ads

Tentunya hal seperti ini tak diinginkan oleh setiap orang tua, untuk itu wajib bagi orang tua untuk menumbuhkan kembali rasa minat belajar anak sehingga nantinya anak-anak akan lebih senang dalam belajar. Nah cara-cara di bawah ini cukup ampuh untuk mengatasi anak susah belajar. (baca juga: Prospek Kerja Untuk Lulusan Psikologi)

1. Ciptakan Suasana Belajar yang Hening

Bagi anda yang memiliki anak yang memiliki kesulitan dalam berkosentrasi, maka anda bisa membantu anak anda untuk membuat suasana rumah menjadi hening terlebih lagi pada saat waktu belajar dimulai. Anda bisa mematikan seluruh media seperti tv, radio, dan hal-hal lainnya yang dapat menganggu ketenangan dalam belajar. Beberapa anak memiliki kesulitan ketika harus belajar dalam kondisi yang ramai. Cara ini juga efektif membantu bagi anak-anak yang sedang menjalani terapi terlambat berbicara. (Baca: Pola Asuh Anak Usia Dini)

2. Buat Waktu Khusus Tanpa Membuat Anak Merasa Terikat

Anda juga bisa menyediakan waktu khusus untuk anak-anak belajar. Lakukan hal ini sedari anak-anak masih kecil agar terbiasa. Anda dapat membiarkan anak anda untuk memilih sendiri waktu belajar yang memang sesuai dengan apa yang mereka inginkan. Sehingga pengaturan waktu belajar ini mengikuti keinginan sang anak. Hal ini karena terkadang mood anak dapat berubah sewaktu-waktu, sehingga hal ini sangat efektif mencegah rasa bosan untuk belajar. Dengan cara ini pula anak tidak akan tertekan ketika belajar di rumah. (baca juga: Psikologi Diagnostik)

3. Sediakan Ruangan Khusus

Selain menyediakan waktu dan suasana yang khusus, tentunya anda perlu untuk menyediakan ruangan yang khusus digunakan untuk anak-anak belajar. Hal ini dapat membantu menaikkan semangat belajar mereka. Caranya pun sangat mudah, anda hanya perlu mengatur space khusus di dalam kamar anak. Kemudian, hiasi dengan perabotan seperti meja, kursi, dan rak buku. Buat suasana di dalam ruangan tersebut menyenangkan dan serasa mengunjungi sebuah perpustakaan. Anda juga bisa menambahkan hal-hal menarik lainnya di dalam ruangan yang sesuai dengan kesukaan anak anda. (Baca: Penyebab Kenakalan Anak)

4. Sediakan Peralatan Belajar yang Disukainya

Dengan menyediakan peralatan-peralatan belajar yang menyenangkan dan disukai anak anak, tentunya akan membuat semangat belajar nya semakin tinggi. Jangan memberikan anak anda peralatan tulis yang tidak mereka senangi. Lebih baik biarkan anak memilih sendiri hal apa yang mereka sukai. Mulai dari warna dan bentuk peralatan, berikan kebebasan pada anak untuk memilihnya. Cara ini akan sangat efektif untuk meningkatkan semangat belajar anak-anak anda. (baca: Cara Mengatasi Anak Pemarah)

5. Bantu Anak Memilih Materi

Terkadang kebanyakan anak-anak yang baru masuk ke sekolah dasar tidak mengerti tentang hal apa yang mereka akan pelajari di sekolah. Hal ini lah yang terkadang membuat anak menjadi malas untuk belajar karena mereka sendiri tidak mengerti tentang hal yang yang harus mereka pelajari serta cara untuk mempelajarinya. Sehingga peran orang tua lah yang sangat membantu di dalam kondisi ini. Bantulah anak untuk memilih materi belajar mereka, jika perlu anda juga bisa memberikan poin penting terhadap materi yang dipelajari anak anak.

6. Dampingi Anak Ketika Belajar

Tak hanya membantu untuk memilih materi saja, namun anda juga perlu selalu mendampingi anak saat belajar. Dengan begitu anak akan merasa diperhatikan oleh orang tua. Hal ini sangat mempengaruhi perkembangan psikologi anak sehingga mendorongnya untuk lebih semangat dalam belajar. Ajari anak dengan penuh kesabaran dan ciptakan suasana belajar yang tidak membosankan. (Baca: Cara Meningkatkan Prestasi Belajar)

7. Berikan Waktu Istirahat

Break terhadap belajar juga termasuk Cara Mengatasi Anak Susah Belajar. Terkadang anak-anak akan merasa bosan dan lelah jika terus menerus dipaksa untuk belajar. Jika kondisi ini diteruskan maka hasil belajar anak anda tidak dapat maksimal. Malah akan membuat anak lelah dan bosan untuk belajar. Sebaiknya berikan waktu istirahat yang cukup pada anak sehingga pikiran dan fisiknya dapat segar kembali. Cara ini lebih baik dibandingkan harus menyuruh anak untuk belajar terus menerus.

8. Berikan Pujian Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Anak

Tentunya di dalam sekolah, ada saja hal-hal yang dapat membuat anak mengalami tekanan-tekanan berat, entah itu tes, persaingan, dan hal-hal lainnya yang membuat anak merasa tidak percaya diri. Untuk mengatasi hal ini maka anda juga bisa mencoba untuk memberikan pujian pada anak. Sehingga kepercayaan diri mereka meningkat dan semangat dalam menghadapi hal tersebut.

Anda juga bisa memberikannya reward jika anak anda mendapatkan nilai bagus di sekolah. Memberikan pujian yang sesuai dengan porsi akan membantu anak untuk dapat semangat dan percaya diri pada kemampuan mereka. (baca: Cara Menjadi Pribadi yang Menyenangkan)

9. Jangan Memaksa Saat Kondisi Anak Frustasi

Saat anak merasa tertekan karena hal-hal tertentu seperti tidak ingin belajar atau sulit mempelajari sesuatu maka jangan paksakan kondisi anak untuk belajar. Jangan biarkan kondisi frustasi ini terus menerus terjadi, hal ini membuat anak akan malas belajar bahkan memiliki emosi yang tidak stabil. Untuk itu penting bagi orang tua agar mengetahui ketika anak sedang mengalami stress atau tertekan.  (baca juga: Trauma Psikologis)

10. Membiasakan Bertanya Dengan Baik

Jangan biasakan diri anda untuk membentak anak ketika dia mengalami kegagalan. Cobalah untuk membangun kondisi hubungan yang dekat dengan anak. Anda bisa mencoba menanyakan dengan baik hal-hal apa yang mereka pelajari di sekolah, termasuk penyebab ketika anak menjadi malas belajar. Dengan begitu akan memudahkan anda untuk mengatasi kondisi anak yang susah belajar. (baca juga: Teori Psikoanalisis Klasik)

11. Berikan Pengertian Jika Salah Itu Bukan Hal Yang Buruk

Terkadang beberapa orang tua menuntut anak dengan berlebihan ketika sudah masuk sekolah. Hal ini tentu saja menjadi beban bagi anak karena harus menjadi yang paling sempurna. Akibatnya anak akan merasa takut, marah, dan tertekan ketika mengalami kegagalan di sekolah. Sebagai orang tua, tentu saja anda harus memberikan pengertian bila kesalahan tersebut tidak apa- apa. Katakan pada anak anda jika anda tak merasa marah ataupun sedih. (baca juga: Hambatan Perkembangan Anak)

12. Ceritakan Pengalaman Anda

Anda bisa mencoba untuk menceritakan pengalaman belajar anda pada anak-ana anda. Berikan bayangan kepada anak-anak anda bagaimana cara anda belajar pada saat masih kecil. Hal ini akan membantu anak lebih semangat dalam belajar meskipun melewati hal-hal sulit selama sekolah. (Baca: Cara Mengenali Potensi Diri)


13. Berikan Motivasi Pada Anak

Salah satu Cara Mengatasi Anak Susah Belajar yaitu dengan memberi motivasi. Meskipun waktu anda disibukkan dengan pekerjaan yang membuat anda jarang bertemu atau berinteraksi dengan anak, namun usahakan untuk selalu dapat memberikan motivasi pada anak-anak anda. Hal ini tentunya akan membuat anak lebih bersemangat serta merasa diperhatikan oleh anda. (baca: Fakta Kepribadian Anak Bungsu)

14. Ketahui Jika Kondisi Anak Sakit

Terkadang anak-anak yang tiba-tiba susah untuk belajar sebenarnya sedang sakit sehingga membuatnya malas. Untuk itu, penting bagi orang tua untuk peka terhadap kondisi anak, terutama jika memang sedang sakit. (baca juga: Tips Sukses Di Usia Muda)

15. Cari Informasi Perkembangan Anak Dari Guru

Jika rasa malas nya dalam belajar sudah terlampau parah, maka anda bisa mencoba untuk menanyakan kondisi anak pada guru di sekolah. Namun satu hal yang perlu anda perhatikan, jangan sampai membuat anak merasa marah dan malu terhadap tindakan anda ini. Anda bisa bertanya tentang segala hal yang dilakukannya di sekolah hingga hubungan anak anda terhadap teman-teman lainnya. (baca juga: Tipe Kepribadian MBTI)

Nah itu tadi beberapa Cara Mengatasi Anak Susah Belajar. Tentunya peran orang tua sangat penting untuk membantu kesusahan anak dalam belajar. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi anda.

Sponsors Link
, , , ,




Oleh :
Kategori : Psikologi Anak