Sponsors Link

15 Cara Memaafkan Diri Sendiri dari Kesalahan Masa Lalu

Sponsors Link

Apakah anda pernah melakukan kesalahan besar ? hingga anda merasa bahwa anda melakukan hal yang fatal atau menyebabkan efek yang berbahaya di waktu selanjutnya ? Semua orang pasti melakukan kesalahan, yang berbeda hanya porsi dan juga tingkatan serta waktu masalah tersebut. Selain itu hal yang berbeda lainnya adalah semua masalah kembali pada masing-masing pribadi dalam menghadapinya.

ads

Ada yang merasa bahwa ia tak sanggup menyelesaikan masalah hidupnya padahal tidak terlalu berat, padahal ada juga yang bisa melalui dengan aman dan sangat baik padahal masalahnya tinggi. Berbicara mengenai masalah salah satu yang paling sulit adalah cara memaafkan diri sendiri. Lantas bagaimana trik yang tepat untuk memaafkan diri sendiri yaitu :

1). Tidak Ada yang Sempurna

Umumnya beberapa orang yang tidak bisa memaafkan diri sendiri karena mereka cenderung memiliki sifat perfeksionis. Padahal faktanya memang tidak ada manusia yang sempurna dan bisa melakukan berbagai hal dengan mulus. Bahkan tak jarang manusia mengambil jalan yang salah, namun tidak memaafkan diri sendiri bukan solusi yang tepat. Dimana anda dengan teguran kesalahan justru tidak berubah atau tidak menerapkan apa arti hikmah dan juga proses. Perlu diingat bahwa tidak ada yang sempurna jadi cara memaafkan diri sendiri yang baik adalah poin pertama.

baca juga:

2). Gali Potensi Diri

Menggali potensi diri bisa menjadi solusi selanjutnya untuk anda yang ingin memaafkan diri sendiri. Tapi apa hubungan antara potensi dengan memaafkan rasanya bukan jawaban yang tepat. Maka jika anda berpikir seperti itu berarti salah. Anda bisa menyibukan diri dengan banyak hal yang bisa meningkatkan kemampuan dan kreativitas anda.

Kemampuan dan kreativitas merupakan cara diri untuk menghargai anugrah yang ada dalam tubuh, dalam arti lain anda berusaha menghibur diri dengan menaikan potensi atau nilai plus yang justru bisa membahagiakan anda nantinya. Terus gali potensi diri karena prosesnya memang lama menemukan apa sebenarnya potensi diri kita yang sebenarnya, namun jika sudah menemukan anda tinggal meneruskan kehidupan dengan baik. Semakin pikiranmu terbuka, semakin lapang dadamu untuk memaafkan dirimu sendiri.

baca juga:

3). Teman adalah Segalanya

Terkadang beberapa orang tidak bisa memaafkan diri sendiri akibat kesalahan fatal pada orang lain. Hal ini juga menyebabkan rasa penyesalan yang dalam namun tidak bisa meminta maaf karena berbagai faktor. Nah anda bisa melihat lingkungan dan sekeliling anda. Terutama jika anda berbuat salah pada orang yang tidak mungkin ditemui lagi seperti halnya yang sudah pergi jauh atau sudah meninggal. Tidak mungkin seumur hidup anda tidak bisa berkembang dan juga tidak bisa meneruskan kehidupan seperti biasanya. Salah satu caranya adalah melihat teman disekeliling anda.

Mungkin satu dua orang membuat anda merasa menyesal dan akhirnya merasa bahwa kesalahan anda sangat besar dan tidak bisa memaafkannya. Padahal jika anda masih memiliki teman dan lingkungan masih bersikap baik pada anda, maka tidak ada alasan untuk tidak memaafkan diri sendiri. Selain itu, adanya teman yang lain bisa menjadi bukti tersendiri bahwa anda bisa memaafkan diri sendiri.

Baca juga :

Sponsors Link

4). Orang Lain Melakukan Juga

Bukan hanya anda yang melakukan kesalahan di dunia ini, rasanya semua orang punya salah. Jangan terlalu dipikirkan apa kesalahan tersebut dan terkadang kenapa tidak bisa memaafkan diri sendiri karena seringkali berpikiran negatif yang akhirnya tersugesti dengan buruk. Jika hal ini terjadi sampai kapanpun anda tidak bisa memaafkan diri sendiri. Pikirkan bagaimana caranya agar tidak mengulanginya di masa depan.

baca juga:

5). Jangan Terikat Masa Lalu

Setiap orang yang pernah melakukan kesalahan wajib berubah dan juga mengevaluasi diri sendiri. Agar tidak jatuh ke lubang yang sama maka anda harus mengingat apa kesalahan anda agar tidak melakukannya dua kali. Namun bukan terikat pada masa lalu sehingga langkahmu tersendat. Sambil mengintrospeksi diri dan mengevaluasi diri anda juga tetap harus meninggalkan masa lalu tanpa melupakan seara berlebihan.

6). Menghukum Diri Terlalu Berat Sama Dengan Bodoh

Identiknya setiap orang melakukan kesalahan maka harus mengalami hukuman agar jera. Setiap melakukan kesalahan terutama di sekolah pasti dihukum sesuai dengan permasalahnnya. Namun menghukum diri terlalu berat apa fungsi dan tujuannya ? adanya hukuman agar diri kita jera dan tidak melakukan kesalahan bukan justru membuat mental diri anda menjadi mundur dan bermasalah hanya karena kesalahan. Semua bisa menjadi lebih baik, bukan menjadi lebih buruk.

7). Ambil Hikmahnya

Seringkali poin ini mudah diucapkan namun sulit dilakukan, terutama jika anda memiliki kesalahan yang besar dan juga berat. Mengambil pelajaran dari apa yang sudah Anda lakukan terutama efek dari kesalahan tersebut. kesalahan yang Anda lakukan adalah pelajaran yang mungkin tidak pernah dipelajari dimanapun, bahkan setiap orang memiliki pelajaran yang berbeda-beda. Cobalah untuk menggali mengapa Anda bisa melakukannya.(baca juga: Sikap Pria Yang Disukai Wanita)

Ambil hikmah dari kejadian tersebut. Bayangkan bila situasi tersebut kembali terjadi. Apa yang Anda lakukan agar Anda tidak mengulang kesalahan yang sama. Buat perencanaan. Dan pastikan Anda sekarang melangkah dengan benar.

8). Anggap Tantangan Baru

Ketika anda berusaha namun ternyata masih belum bisa memaafkan diri, kita akan sulit mencoba hal baru. Jika Anda melakukan kesalahan dalam menjalin hubungan, sudah jelas bahwa anda akan mengalami masalah atau kesulitan untuk bisa memulai hubungan baru lagi. Jika ingin menaklukan tantangan yang baru, maka memaafkan diri Anda.

baca juga:

ads

9). Akui Itu Kesalahan Anda

Faktor sulit memaafkan diri sendiri sebenarnya banyak, namun apa yang paling banyak ? Anda yang sulit mengakui kesalahan dan akhirnya mencoba menghindar atau mengingkari kesalahan yang sudah anda lakukan. Padahal berbeda cerita jika anda memang mengakuinya dan mengikhlaskan bahwa anda pernah melakukan kesalahan tersebut. Terimalah semua itu dan ikhlaskan. Kembalikan semua itu kepada Yang Maha Agung.

10). Pengampunan Itu Ada

Percaya jika anda memaafkan orang lain maka kehidupan lebih tenang dan juga berkualitas, padahal anda mungkin yang diminta maafkan atau anda yang tidak memiliki salah. Nah kenapa tidak melakukan pada diri sendiri ? rasanya bagaimanapun anda bisa menjadi pribadi yang lebih baik dengan menyeimbangkan hidup anda antara baik dan buruk, benar dan salah dan sebagainya.

baca juga:

11). Usir Kemarahan

Seringkali sulit memaafkan diri sendiri karena rasa benci yang besar dan marah kepada diri sendiri. Malu juga bisa menjadi emosi yang sering mengganggu dan menyebabkan sulitnya memaafkan diri sendiri. Jika Anda merasa tersinggung atas perbuatan orang lain, usir kemarahan tersebut dengan metode atau hal positif. Sama halnya dengan memaafkan diri sendiri, coba cari hal lain untuk mengusir kemarahan di hati karena benci pada diri sendiri.

12). Ukur Kemampuan Diri

Mengukur kemampuan diri termasuk salah satu cara tidak langsung memaafkan diri sendiri. Terkadang karena tidak ingin mengecewakan ambisi atau idealis diri anda memaksakan dan akhirnya di ujung anda merasa tidak mampu dan merasa gagal atau merasa tidak berguna. Padahal anda mungkin melakukan hal yang diluar kemampuan anda sendiri. Bukan berarti anda tidak mampu atau tidak bisa bekerja dan lainnya.

baca juga:

13). Jujur pada Diri Sendiri

Ada situasi dan kondisi di mana diri kita tidak bisa melakukan hal-hal tertentu dan setiap orang berbeda-beda. Ada hal yang memang menjadi keharusan, namun hal lainnya adalah pilihan. Bedakan ini dengan jelas dan jangan siksa diri dengan selalu berkata “ya” atas semua harapan dan permintaan, terutama dari orang lain. Jujur pada diri sendiri agar anda bisa menilai sejauh mana dan sebagaimana diri anda dengan baik untuk bisa melakukan hal-hal seperti goals, tujuan, ambisi dan lainnya.

baca juga:

14). Hati dan Pikiran Terkadang Berbeda

Apakah anda tahu bahwa hati dan pikiran terkadang bertolak belakang ? walaupun hati Anda terus merasa sedih dan bersalah, coba sekali lagi renungi dengan kepala jernih. Terutama untuk anda yang perempuan karena selalu terbawa perasaan dan sejenisnya.  . Walau sulit, pikirkan hal-hal positif dan hikmah yang bisa diambil dari pengalaman buruk Anda. Jadi jangan terus menyalahkan diri sendiri dan coba maafkan diri anda.

15). Anda Bukan Penjahat

Anda bisa melakukan kesalahan tanpa satu niat jahat pun, karena pada dasarnya penjahat tidak akan merasa menyesal atau bersalah kecuali sudah berubah menjadi lebih baik. Maka sadari bahwa anda bukanlah penjahat, tidak ada lagi alasan untuk tidak bisa memaafkan diri sendiri. Hargai diri anda dengan cara memaafkan diri sendiri, karena dasarnya memang ada perbedaan yang dalam antara berbuat salah dan menjadi orang jahat.

Baca juga:

Sponsors Link
, , , ,