Sponsors Link

14 Cara Membahagiakan Diri Sendiri

Sponsors Link

Sebagai manusia kita diciptakan untuk memiliki berbagai perasaan, layaknya marah, senang, sedih ataupun kecewa. Namun tidak semua orang merasa bisa menerima emosi tersebut karena beberapa perasaan tentunya  tidak menyenangkan. Hal yang paling diinginkan manusia yaitu rasa bahagia, terlepas dari mana mereka mendapat kebahagian tidak terlalu diperhatikan. (Baca: Cara Mengendalikan Emosi Wanita)

ads

Namun mereka yang ingin mencoba untuk merubah hidup dan lebih bahagia bisa saja dilakukan dengan mudah. Karena semua berawal dari diri sendiri, dimana anda yang merasa bahagia haruslah dimulai dari diri sendiri. Berikut cara bagaimana membahagiakan diri sendiri versi ilmu psikologi. (baca: 4 Karakter Manusia)

  • Jangan Takut Akan Kesalahan

Cara Membahagiakan Diri Sendiri yang pertama adalah jangan takut melakukan kesalahan. Kesalahan merupakan hal terbesar yang paling sering dihindari oleh kita. Merasa salah, maka selanjutnya kita tidak ingin lagi melakukan hal tertentu dan juga merasa pesimis setelah tahu kesalahan apa yang dilakukan. Padahal merasa tidak takut akan kesalahan membuat diri kita lebih percaya diri dan lebih bahagia. Karena rasa ketakutan tidak akan menghantui anda dan anda bisa berpikir serta bersikap dengan bebas. Cukup renungkan kesalahan dan perbaiki, bukan dibawa larut dan menjadi beban tersendiri.  (Baca: Cara Meningkatkan Rasa Percaya Diri)

1. Jadilah Diri Sendiri

Terkadang lelah menjadi sosok yang diinginkan orang lain. Apalagi orang lain tidak pernah mau tahu, bagaimana kita berusaha untuk berubah agar dipandang layak oleh mereka. Hal ini tidak akan pernah berhenti atau tidak akan pernah habis. Kenyataan inilah yang menunjukan bahwa, anda sebaiknya menjadi diri sendiri jika ingin bahagia.

Tanpa harus menjadi bayang-bayang orang lain, anda bisa bebas berekspresi dan menunjukan siapa diri anda. Namun ingatlah batasan akan aturan dan norma yang ada. Bukan berarti menjadi diri sendiri bisa bebas dan tidak perduli pada orang lain atau siapapun hingga menimbulkan kerugian terutama perilaku ini. (Baca: Perilaku Abnormal)

2. Bersyukur

Cara Membahagiakan Diri Sendiri lainnya adalah dengan bersyukur. Seringkali melihat keatas memang membuat diri kita terlalu pusing untuk mengikuti mereka atau sejenisnya, melihat keatas bukan berarti melihat langit. Namun melihat mereka yang jauh lebih dari anda dari segi apapun. Dengan sikap yang selalu begitu, kita jadi tidak pernah bersyukur dan membanggakan diri sendiri. Tak jarang karena mereka berusaha mengikuti mereka hingga merasa tidak sanggup dan depresi.

Baca:

Hal ini tentu mengurangi rasa bahagia yang kita miliki, dan berubah menjadi rasa benci, ambisi, dan dendam yang akan membawa kehidupan menjadi kurang baik. Cobalah untuk bersyukur sehingga anda bisa mendapatkan rasa bahagia hanya dengan perasaan yang kecil namun bermakna.

3. Cari Kebahagiaan Diri Sendiri

Seringkali banyak orang yang mengatakan mereka tidak bahagia, padahal ketidakbahagiaan itu bukan datang dari orang lain melainkan mereka yang malas dan tidak ingin mencarinya sendiri. Jika anda memposisikan diri bersama orang yang anda benci, atau musuh anda bagaimana bisa bahagia ? kebahagiaan diri sendiri andalah yang bisa temukan. Bukan orang tua ataupun orang lainnya. (Baca: Peran Ayah Dalam Keluarga)

Menemukan orang yang tepat merupakan kunci selanjutnya bagaimana bisa membahagiakan diri sendiri. Anda tentu tahu, bahagia bisa bersumber dari siapapun namun kesedihan juga bisa didapatkan dari siapapun. Jika anda memilih orang yang salah maka kebahagiaan bukanlah hal yang akan datang, melainkan kesedihan yang menghampiri anda. Baik teman, sahabat, lingkunga, pekerjaan, sampai kekasih atau pasangan hidup haruslah sesuai dengan pribadi anda dan dirasakan tepat. Jangan sembarangan demi kebahagiaan diri anda sendiri.  (Baca: Tipe Kepribadian Melankolis )

4. Buka Kesempatan Dengan Orang Baru

Terkadang beberapa orang hanya merasa nyaman dengan lingkungan dan orang-orang A, tanpa tahu bahwa diluar sana masih banyak orang yang mungkin bisa berteman dan berkenalan dengan anda. Serta memberikan kebahagian untuk diri anda sendiri. (Baca: Cara Mudah Bergaul Bagi Orang Pendiam )

Cobalah untuk membuka kesempatan mengenal orang baru, meski begitu anda juga harus memperhatikan sejauh mana anda mengenal mereka dan bagaimana anda ingin mereka memasuki hidup anda, itu semua anda yang memiliki hak. Agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan, tetapi itu semua bukan juga alasan utama untuk menutup diri dari orang lain. (baca: Cara Mengatasi Halusinasi)

5. Mulai Maafkan Orang Lain

Bahagia tidak datang dari hal ada disekitar melainkan dari hati kita sendiri. Seorang anak kecil merasa nyaman karena tidak ada pikiran buruk dan selalu memaafkan temannya. Maka mereka bisa bermain dengan bahagia.

Baca:

Jika dirasa masalah anda dengan orang lain terlalu berat, maka cukup maafkan mereka dan ubah lingkungan anda dengan orang yang anda anggap lebih baik. Dengan begitu anda bisa bahagia dan tidak ada perasaan mengganjal lagi di hati dan jangan terbawa emosi. (Baca: Jenis Emosi)

6. Bantu Orang Lain

Membantu orang lain mungkin mendatangkan kebahagiaan bagi mereka yang anda bantu, namun bagaimana dengan anda yang membantu ? tentu saja membantu orang bisa mendatangkan rasa bahagia untuk diri anda sendiri. Perasaan diakui, berguna untuk orang lain, dan senang dianggap spesial menjadi perasaan yang pasti muncul setelah membantu orang lain dan bisa membuat anda bahagia. (baca: Cara Menjaga Hubungan Jarak Jauh)

7. Puji Diri Sendiri

Salah satu Cara Membahagiakan Diri Sendiri adalah dengan memuji diri sendiri. Beberapa orang menyebut memuji diri sendiri tidak baik, karena akan melambungkan pikiran kita dan merasa bahwa kita hebat. Kenyataanya, memuji diri sendiri dengan takaran yang benar bisa membantu melepaskan anda dari rasa pesimis dan menyenangkan hati. Memuji bisa membantu psikologi lebih baik.

Baca:

Hal ini bisa juga mendatangkan rasa bahagia, karena anda merasa puas telah mengerjakan sesuatu yang dianggap baik hasilnya. Selama kita masih bersikap objektif, memuji diri sendiri bukan hal yang buruk.

8. Dengarkan Keinginan Hati

Cara Membahagiakan Diri Sendiri lainnya adalah dengan Mendengarkan keinginan hati. Cara ini bisa menjadi cara ampuh untuk membahagiakan diri sendiri. Dimana dengan mendengarkan kata hati anda, keinginan menjadi lebih jelas serta terarah. Selain itu, hal yang diinginkan oleh hati terkadang memiliki firasat dan hasil yang lebih baik ketimbang anda berpikir panjang mengenai keputusan. Sekali-kali mendengarkan hati tidak buruk juga kok.

9. Terima Hal yang Tidak Sesuai

Hal selanjutnya adalah poin dimana membuat seseorang tidak pernah merasa bahagia, dan seseorang menjadi karakter yang menyebalkan sekaligus buruk. Mereka yang tidak bisa terima akan hal yang tidak sesuai dengan apa yang mereka inginkan merupakan perangai yang buruk. Terutama sudah ada sejak seseorang tersebut masih anak-anak.  (Baca: Penyebab Kenakalan Anak)

Semakin besar mereka cenderung tidak bahagia dan akan semakin berbahaya. Mereka menolak hal yang tidak sesuai dengan apa yang mereka inginkan. Cobalah untuk menerima dan tingkatkan rasa toleransi dalam pribadi anda, terkadang kejadian yang memang terjadi sebenarnya jauh lebih baik dibandingkan dengan apa yang kita inginkan. (Baca: Big Five Personality)

10. Sayangi Orang yang Menyayangimu

Seringkali kita menyesal meninggalkan banyak orang yang ternyata lebih menyayangi kita, dan kita lebih memilih untuk menyukai atau menyayangi orang yang justru tidak peduli. Untuk mendapatkan kebahagiaan coba sesekali anda berbalik menyayangi mereka, maka anda akan tahu betapa anda dicintai dan disayangi dan semua itu berubah menjadi rasa syukur. (baca: Cara Mengenali Potensi Diri)

11. Ambil Tanggung Jawab Hidup

Mengambil tanggung jawab mungkin terdengar berat dan rasanya agak tidak mungkin bisa membawa anda ke kehidupan yang bahagia. Nyatanya memang benar bahwa mengambil tanggung jawab akan hidup anda, bisa membahagiakan diri sendiri. Analogi yang mudah adalah jika anda terus berlari dan menghindari musuh ataupun teman. Anda sama-sama merasa lelah, namun jika dihadapi memang terasa berat. Tetapi hanya dalam satu waktu saja hal tersebut terasa, selanjutnya anda akan berterima kasih akan hal tersebut. Seperti inilah tanggung jawab berlaku pada diri anda. (baca: Cara Menghilangkan Trauma Pada Anak)


12. Hadapi Masalah atau Jangan Buat Sama Sekali

Jika anda tidak ingin memiliki masalah maka cobalah untuk tidak membuat masalah dan lakukan berbagai hal dengan sempurna. Tetapi sebagai manusia, kita tidak mungkin melakukan berbagai hal dengan sempurna. Masalah pasti akan menghampiri anda, jika tetap ingin merasa bahagia maka hadapi dan selesaikan masalah tersebut. Dibanding terus menggantung di kehidupan dan terus menyita pikiran kita.

13. Nikmati Hobimu

Kenapa hobi bisa muncul ? hobi merupakan kegiatan yang kita sukai. Dimana kita sendiri bisa mendapatkan kesenangan dan kepuasan dengan menikmati hal yang bisa anda sukai. Rasa senang dan bahagia sudah jelas bisa datang, karena kita melakukan apa yang kita bisa dan kita sukai tanpa harus terbebani hal lainnya.

Misalnya saja, anda bisa melukis maka anda bisa meraih kebahagian dengan menghabiskan waktu senggang menikmati pembuatan lukisan anda sendiri. Apalagi jika hobi kita bisa membuahkan hasil positif, maka hal tersebut tentu menambah takaran kebahagian anda. (Baca: Cara Agar Selalu Berpikir Positif)

14. Optimis dan Terus Bahagia

Optimis dan terus bahagia merupakan poin terakhir yang bisa anda lakukan untuk membahagiakan diri sendiri. Terkadang, rasa senang tergerus oleh pikiran pesimis dan ketakutan akan hal tertentu. Untuk itu, cobalah berpikiran terbuka dan jangan selalu melihat dari sisi negatif saja. Dengan begitu, menikmati hidup bisa lebih santai dan bahagia akan mudah menghampiri anda.

Demikian penjelasan terkait apa saja Cara Membahagiakan Diri Sendiri.

Sponsors Link
, , , ,




Oleh :