Sponsors Link

35 Cara Mengatasi Anxiety Disorder (Gangguan Kecemasan)

Sponsors Link

Anxiety disorder memiliki banyak jenis dan mungkin juga dimiliki oleh setiap orang, meskipn tingkatan kecemasannya berbeda beda. Pada tingkatan kecemasan yang parah atau tidak terkendali, hal ini menjadi sebuah gangguan pada seseorang dan mempengaruhi aktivitas hariannya. Apabila hal ini terjadi, sebaiknya Anda segera konsultasi pada dokter atau tenaga kesehatan terdekat. Kondisi ansietas yang berlebihan ini seringkali diakibatkan oleh stres yang menumpuk dan kondisi tubuh yang lelah. Berikut ini merupakan penjelasan lebih dalam mengenai anxiety disorder, agar Anda dapat memahaminya lebih dalam lagi.

ads

Pengertian Anxiety Disorder

Anxiety disorder atau gangguan kecemasan merupakan suatu keadaan dimana seseorang merasa cemas berlebihan dikarenakan suatu pemicu yang menyebabkan stres.

Gejala Anxiety Disorder

Berikut ini gejala orang dengan anxiety disorder, antara lain:

  1. Mudah merasa cemas atau panik berlebihan.
  2. Rasa cemas yang dirasakan bisa terbawa sampai mimpi.
  3. Sering memikirkan hal hal yang traumatik.
  4. Sulit fokus.
  5. Sering keringat dingin.
  6. Mudah mengalami sesak nafas.
  7. Detak jantung sering tidak teratur.
  8. Sering mengalami tegang pada otot.
  9. Sering pusing dan mual mual.
  10. Sering merasa kesemutan.

Penyebab Anxiety Disorder

Penyebab munculnya gangguan ansietas ini dapat disebabkan oleh adanya tekanan atau stres yang berlebihan, trauma pada suatu kejadian tertentu, adanya fobia, penggunaan obat obatan, ketidakseimbangan kadar kimiawi dalam tubuh, perubahan struktur otak, dan lain sebagainya. Anxiety disorder atau gangguan kecemasan ini dapat mempengaruhi kehidupan seseorang dalam menjalani aktivitas hariannya. Orang dengan anxiety disorder mudah cemas sewaktu waktu yang ketika terjadi terus menerus dapat mengakibatkan depresi, insomnia, penarikan diri, hingga bunuh diri. Dalam kondisi yang sudah parah, anxiety disorder dapat tiba tiba muncul tanpa sebab hanya karena pikiran dari orang tersebut memanipulasinya sendiri dengan hal hal yang menakutkan baginya. Gangguan ini meyebabkan seseorang kehilangan kebahagiaannya dan tidak mampu beradaptasi dengan kondisi lingkungan sekitarnya lagi.

baca juga:

Jenis Jenis Anxiety Disorder

Berikut ini jenis jenis anxiety disorder, yaitu:

  • Obsessive- Compulsive Disorders (OCD): Ocd merupakan gangguan pikiran akibat ketakutan ketakutan yang berlebihan pada sesuatu. Misalnya orang yang terlalu takut terhadap bakteri sehingga dia berkali kali mencuci tangannya.
  • Social Anxiety Disorders: Social anxiety disorder disebut juga fobia sosial, dimana seseorang mengalami kecemasan berlebihan ketikan menghadapi orang lain atau berada dalam lingkungan sosial.
  • Post Traumatic Stress Disorder (PTSD): Orang dengan PTSD memiliki kisah traumatik pada dirinya yang begitu menakutkan dan berat seperti kasus pelecehan seksual, kematian orang yang dicintai, bencana, dan lain sebagainya. Trauma ini bersifat sulit dihilangkan dan terus membekas di pikiran orang tersebut.
  • Spesific Phobias: Gangguan fobia adalah ketakutan terhadap hal tertentu, seperti fobia ketinggian takut terhadap ketinggian, takut melihat darah, atau lainnya yang serupa. Fobia sulit dihilangkan dan harus menjalani terapi intensif terlebih dulu. Fobia berasal dari manipulasi pikiran seseorang yang berlebihan terhadap sesuatu yang menciptakan gambaran mengerikan yang mungkin membahayakan dirinya.

baca juga:


Cara Mudah Mengatasi Anxiety Disorder

Berikut ini adalah cara mengatasi anxiety disorder:

  1. Kenali tanda tanda anxiety

Perlu untuk diketahui, tanda tanda anxiety disorder seperti diatas. Dari tanda tanda tersebut, apakah Anda mengalami beberapa gejala yang sama? Lihat ke dalam diri Anda apakah gejala tersebut ringan, sedang atau berat. Apakah gejala tersebut sangat sering Anda alamia tau hanya sesekali. Ingat kembali, bagaimana gejala tersebut timbul, dan dalam situasi yang seperti apa.

  1. Kenali jenis anxiety

Anda juga perlu mengenali jenis jenis gangguan kecemasan untuk bisa mengklasifikasikannya. Setelah mengenali gejala kecemasan yang Anda rasakan, kira kira berada di klasifikasi jenis gangguan kecemasan yang manakah diri Anda berada? Dengan begitu Anda bisa mengenali dan mencari tahu lebih dalam lagi terkait jenis anxiety disorder tersebut dan mencari cara mengatasinya.

  1. Rendam kaki dengan air hangat

Setelah seharian bekerja dan melakukan rutinitas yang melelahkan, sempatkan diri Anda untuk merendam kaki dengan air hangat. Air hangat memberikan efek rileksasi, sekaligus membunuh kuman pada kaki. Merendam kaki dengan air hangat memberikan kenyamanan pada tubuh Anda dan melupakan betapa lelahnya hari itu.

  1. Ciptakan tata ruangan yang nyaman

Orang dengan anxiety disorder memiliki tekanan atau stres pada pikirannya. Rapikan rumah Anda, sehingga menjadi bersih dan nyaman. Buang barang barang yang mungkin tidak diperlukan lagi dan susun rapi barang barang yang masih dipakai. Dalam kondisi yang rapi, hal ini akan mengurangi beban pikiran Anda dan lebih mudah untuk mencari sesuatu sehingga tidak akan memicu kepanikan.

baca juga:

  1. Olahraga rutin

Olahraga menjadikan tubuh dan pikiran menjadi fresh dan sehat. Lakukan olahraga secara rutin, minimal 30 menit setiap hari. Olahraga membantu meregangkan dan mengencangkan otot otot tubuh Anda sehingga siap digunakan kembali untuk aktivitas. Olahraga membuat sirkulasi tubuh menjadi lebih lancar sehingga menghilangkan semua penat pada pikiran dan menghilangkan kecemasan. Lakukan olahraga yang ringan seperti jogging, berenang, atau lainnya.

  1. Menggunakan Aromaterapi

Aromaterapi memberikan efek rileksasi pada tubuh dan pikiran. Pasanglah aromaterapi di tempat tempat yang sering Anda gunakan untuk bersantai. Aromaterapi juga mampu meningkatkan kualitas tidur Anda dan menghilangkan rasa cemas.

  1. Banyak tersenyum

Tersenyum memiliki banyak manfaat. Tersneyum dapat menghilangkan stres dan meningkatkan pikiran positif dan optimis. Dengan tersenyum, kedamaian akan Anda rasakan dan Anda tidak lagi merasa cemas.

  1. Minum teh hijau

Teh hijau mengandung zat L-theanine yang merupakan bagian dari asam amino. Zat ini bermanfaat untuk merilekskan tubuh dan perasaan. Teh juga digunakan untuk merileksasi diri terlebih lagi dalam keadaan hangat. Teh hijau memiliki kandungan theanine lebih tinggi daripada jenis teh lainnya.

  1. Mandi air hangat

Mandi air hangat memberikan efek melepaskan ketegangan otot otot tubuh Anda dan menyegarkan pikiran sehingga jauh dari stres. Rasa kecemasan pun juga akan menghilang dan tubuh Anda terasa lebih ringan. Mandi air hangat sebelum tidur malam, juga akan memberikan kualitas tidur yang baik untuk tubuh dan pikiran Anda.

  1. Bercerita dengan orang terdekat

Ketika Anda mengalami perasaaan cemas yang berlebihan atau pikiran yang penat, berceritalah dengan orang orang terdekat Anda seperti keluarga, sahabat, atau lainnya. Dengan bercerita, beban pikiran akan menjadi ringan dan kecemasan menjadi berkurang. Namun perlu Anda ketahui, sebaiknya hindari curhat di media sosial. Hal tersebut alih alih memberikan kedamaian bagi Anda justru akan memberikan kondisi yang lebih parah. Jadi sebaiknya curhat perasaan dilakukan pada orang terdekat secara tatap muka. Dengan begituhasilnya akan jauh lebih baik.

  1. Hindari cafein berlebih

Konsumsi kafein berlebihan tidak baik untuk tubuh dan pikiran. Contoh yang mengandung kafein adalah kopi. Konsumsi kopi secara berlebihan akan memperburuk kondisi kecemasan. Kopi memiliki efek untuk menstimulasi kerja jantung lebih cepat, sehingga akan meningkatkan kecemasan. Hindari konsumsi kopi ketika pikiran Anda sedang penat.

baca juga:

  1. Jangan terlalu banyak berfikir dan menganalisa

Beberapa orang memiliki kemampuan menganalisa dirinya maupun orang lain dan lingkungan dengan baik. Namun terlalu banyak menganalisa juga berpengaruh buruk bagi pikiran. Orang yang pandai menganalisa dan terlalu banyak berfikir, menimbulkan berbagai kecemasan. Hasil analisa yang dilakukan tidak selalu benar dan cenderung membuatnya semakin khawatir apa yang harus dia lakukan dan apakah yang dia lakukan sudah benar bagi orang lain, dan seterusnya. Sebaiknya, Anda perlu menjauhi kebiasaan ini karena hanya kaan membuat Anda merasa cemas.

  1. Terapkan gaya hidup sehat

Terapkan gaya hidup sehat dengan memakan makanan bergizi seperti buah buahan dan sayuran hijau. Konsumsi banyak air putih, dan olahraga teratur. Pola hidup sehat memberikan dampak positif bagi tubuh Anda dan juga pikiran Anda.

  1. Tidur cukup

Tidur cukup diartikan sebagai tidur yang optimal dan berkualitas. Tidur lama belum tentu berkualitas, sehingga tidur yang baik adalah yang berkualitas. Tidur berkualitas merupakan tidur dengan waktu yang cukup, dan badan terasa segar kembali setelah bangun tidur. Cara mendapatkan tidur yang berkualitas adalah jauhi smartphone atau barang elektronik lainnya sebelum tidur. Tidur tepat waktu dan bangun tepat waktu. Kekurang tidur, memberikan efek yang buruk bagi tubuh Anda seperti tubuh menjadi lesu, mudah marah, tidak mood, cemas, dan lainnya.

  1. Hindari pikiran negatif

Menghindari pikiran negatif yaitu dengan menyibukkan diri. Berhenti mengarang atau menganalisa situasi, dan lakukan yang terbaik untuk diri Anda. Hindari memikirkan hal hal yang buruk karena akan menyebabkan kecemasan semakin parah. Latihlah diri dengan pikiran pikiran positif yang senantiasa memberikan semangat pada tubuh Anda.

  1. Jangan telat makan

Ternyata telat makan juga berdampak pada kecemasan berlebih. Apabila telat makan dan lambung kosong, asam lambung akan meningkat. Asam lambung yang meningkat akan memunculkan gas lambung. Kondisi ini menyebabkan paru paru terasa sesak, keringat dingin, jantung berdebar, dan gangguan kecemasan kumat. Kumatnya gangguan kecemasan saat perut kosong terjadi 80%.

  1. Hindari junkfood

Hindari konsumsi makanan dan minuman yang tidak sehat seperti gorengan, makanan siap saji, minuman bersoda, minuman berpengawet, dan lainnya. Kondisi tubuh yang tidak sehat berasal dari makanan tidak sehat yang dikonsumsi. Apabila tubuh sudah tidak sehat, maka pikiran juga akan menjadi kacau dan meningkatkan kemungkinan kumatnya gangguan kecemasan.

  1. Hindari tidur terlalu malam

Hindari tidur terlalu malam karenatidur terlalu malam tidak baik untuk tubuh Anda. Otak yang seharusnya istirahat masih dipakai beraktivitas, sehingga dapat mengganggu fungsi kinerjanya. Jika otak digunakan terlalu banyak, maka tekanan dan stres pikiran akan semakin mennumpuk dan kemasan semakin meningkat.

  1. Terapi relaksasi

Lakukan terapi rileksasi untuk menetralkan pikiran dan mengatasi kecemasan Anda. Beberapa teknik relaksasi yang mudah dan bisa dilakukan kapan saja adalah teknik nafas dalam. Apabila Anda merasa cemas berlebih, lakukan teknik nafas dalam. Caranya yaitu tarik nafas dalam dan hembuskan perlahan, lakukan beberapa kali sampai pikiran Anda lebih tenang dan kecemasan berkurang.

  1. Sempatkan Berlibur

Di tengah padatnya kegiatan harian Anda, jangan lupa untuk sempatkan hari untuk berlibur. Anda bisa berlibur bersama keluarga ke pantai atau pegunungan. Kedua tempat ini paling baik untuk menghilangkan stres dan tekanan dalam pikiran. Berikan waktu sejenak untuk melupakan kesibukan harian Anda dan nikmati udara segar dan angin yang berhembus.

baca juga:

  1. Menulis buku diary

Rasa cemas yang berlebih disebabkan beban pikiran yang menumpuk sehingga bisa diatasi dengan teknik distraksi ini. Menuliskan perasaan atau pikiran ke dalam buku diari dapat mengurangi kecemasan. Selain itu stres juga akan berkurang. Beberapa orang menyatakan cara ini cukup efektif dan membuat pikiran lebih tenang.

  1. Pengalihan pikiran

Pengalihan pikiran dapat diartikan bermacam bentuk. Pada intinya pengalihan pikiran adalah melakukan aktivitas lain yang memicu fokus dan mengalihkan pikiran dari hal negatif yang membelenggu. Pengalihan pikiran bisa Anda lakukan dengan berbagai macam, seperti menonton televisi, menonton film, bermain games, olahraga, berenang, bernyanyi, menari, dan lain sebagainya.

  1. Beribadah

Beribadah merupakan hal pertama yang perlu Anda ingat. Jangan lupa untuk selalu bersyukur dan menyerahkan segala urusan kepada- Nya. Berusaha mengiklaskan semua hasil pada yang Maha Kuasa dan berserah diri. Lapang dada terhadap apapun yang akan terjadi dan jangan terlalu memaksakan diri.

  1. Melakukan hobi

Setiap orang perlu untuk memiliki hobi yang digemari. Hobi membantu orang untuk memasuki dunia lain dan keluar dari dunia yang menjenuhkan misalnya situasi pekerjaan yang berat. Hobi memberikan kesenangan bagi jiwa seseorang dan juga dapat mengurangi stres. Rutinitas dalam melakukan hhobi ini juga dapat mengurangi tingkat kekambuhan terhadap anxiety disorder yang Anda miliki.

  1. Konsumsi ekstrak jahe

Ekstrak jahe bisa Anda temukan di toko toko obat terdekat. Dianjurkan konsumsi ekstram jahe 4 g maksimal, dalam sehari. Jahe mampu meredakan gejala mual maupun kecemasan. Pada ibu hamil tidak dianjurkan konsumsi ekstrak jahe lebih dari 1 g per hari. Dan apabila memiliki gangguan penggumpalan darah, atau sedang mengkonsumsi obat pengencer darah, sebaiknya tidak mengkonsumsi jahe.

  1. Dengarkan musik

Musik mengeluarkan lantunan irama yang membuat tubuh dan pikiran menjadi lebih rileks. Lantunan nada yang menyenangkan membuat hati dan pikiran menjadi lebih bahagia dan senang. Dengan menggunakan kebiasaan mendengarkan musik ini, bisa dijadikan untuk mengurangi stres dan menghilangkan kecemasan. Apabila Anda mulai merasakan gejala kecemasan, perlu dicoba untuk mendengarkan musik yang Anda sukai dan fokus sejenak pada musik tersebut. Dengan begitu anxiety disorder tidak akan muncul, atau berkurang.

  1. Jangan menggunakan alat elektronik sebelum tidur

Penggunaan alat elektronik sebelum tidur seperti smartphone, menonton televisi atau lainnya menyebabkan Anda justru sulit untuk tidur. Penggunaan alat elektronik membuat Anda tidak mudah ngantuk dan akan tidur terlalu malam. Penggunaan alt elektronik seperti smartphone juga membuat otak Anda terjaga dan aktif yang seharusnya istirahat, sehingga dapat berdampak pada kumatnya kecemasan pada aktivitas keesokan harinya. Gangguan kecemasan muncul karena efek kurang tidur.

  1. Pengobatan medis

Jika gangguan kecemasan Anda sudah berada pada tahap lanjut dan sering kambuh, maka sebaiknya segera konsultasikan pada dokter. Dokter akan memberikan pengobatan medis yangs esuai dan hal tersebut berfungsi untuk menekan munculnya rasa panik atau cemas. Obat yang diberikan sejenis obat penenang yang sangat efektif. Gangguan kecemasan yang sudah parah akan berdampak negatif baik bagi penderita maupun orang di sekitarnya sehingga perlu pengobatan medis dengan segera.

  1. Lakukan meditasi

Meditasi merupakan proses penenangan pikiran, perasaan dan juga tubuh. Meditasi dilakukan di tempat yang sepi atau tidak bising. Carilah tempat yang nyaman dan duduklah dalam posisi bersemedi. Pejamkan mata sejenak, dan mulai bersihkan pikiran dari hal hal yang rumit dan negatif. Tarik nafas dalam berkali kali, sambil bayangkan hal hal yang indah dan menyenangkan. Rasakan udara segar yang Anda hirup, dan bayangkan diri Anda berada di tempat yang sangat sejuk dan sangat tenang. Meditasi perlu Anda lakukan sesekali untuk keluar dari xona stres akibat rutinitas harian. Ketika hati dan pikiran sudah tenang, maka gangguan kecemasan juga tidak akan muncul.

  1. Hindari stres

Stres merupakan penyebabb utama munculnya kecemasan berlebihan. Semakin banyak stres yang dihadapi maka gangguan kecemasan juga akan semakin parah. Oleh karena itu jagalah pikiran dan hati Anda untuk selalu berfikir positif dan hiindari terlibat dalam hal yang akan memberikan tekanan atau stres berlebihan. Hal ini sebagai upaya pencegahan timbulnya gejala gangguan kecemasan.


  1. Membaca buku

Buku juga bisa digunakan sebagai salah satu media distraksi. Maka membaca buku bisa Anda jadikan sebagai objek menghilangkan rasa stres dan mencegah kecemasan kumat. Membaca buku membawa Anda ke duania lain dan melupakan tekanan yang ada di pikiran Anda. Sehingga meringankan beban pikiran dan mengatasi gangguan kecemasan.

  1. Pijat badan

Pijat badan sangat efektif untuk melemaskan otot otot tubuh yang kaku dan letih. Pijat badan perlu dilakukan dalam beberapa bulan sekali. Merilekskan otot tubuh berpengaruh juga untuk meringankan pikiran dan menghilangkan stres. Semakin jauh dari stres maka semakin kecil kemungkinan untuk kambuh gangguan kecemasan.

  1. Akupuntur

Akupuntur juga bisa digunakan sebagai alternatif pengobatan tradisional. Dengan menekan beberapa titik titik pelepas stres, cara ini mungkin bermanfaat. Namun tidak semua orang berani harus berhadapan dengan jarum jarum yang banyak.

  1. Berkumpul bersama keluarga

Kebahagiaan yang paling utama adalah dimana ketika kita berkumpul dengan keluarga yang kita cintai. Menjaga kebahagiaan diri dan menjadikannya prioritas utama, akan menjauhkan kita dari gangguan kecemasan berlebih. Keluarga juga merupakan support team yang tidak pernah lelah memberikan dukungan kapanpun dan sangat bisa diandalkan.

  1. Minum teh kamomil

Kamomil dapat membantu meringankan kecemasan dan memberikan efek rileksasi pada tubuh. Seduh 2- 3 sendok bubuk kamomil dengan 240 ml air panas dan minnum 2- 3 kali per hari. Anda juga bisa mengkonsumsinya sebelum tidur, agar tidur Anda lebih cepat dan berkualitas.

baca juga:

Nah, dari ke- 35 cara mengatasi anxiety disorder diatas, sangat mudah untuk dilaksanakan oleh siapapun. Pilihlan cara yang paling mudah dan bisa Anda aplikasikan kapan saja. pelajari caranya, dan pahami gejala gejala yang muncul dan penyebabnya. Apabila sekiranya diri Anda merasa tertekan atau stres atau adanya gejala kecemasan, terapkan cara tersebut segera dan bebaskan pikiran Anda.

Sponsors Link
, , , ,




Oleh :
Kategori : Psikologi Abnormal