Sponsors Link

15 Cara Menjadi Pribadi yang Dewasa

Sponsors Link

Kedewasaan seseorang nyatanya tidak bisa dilihat dari usia ataupun pengalaman. Mungkin kedua poin tersebut bisa disebut faktor pendukung namun bukan penyebab utama. Dimana setiap orang terkadang merasa tidak tahu harus berbuat apa dan bertindak apa dalam kehidupan mereka. Selain itu, kedewasaan dibutuhkan oleh semua orang karena bisa membantu dalam menyelesaikan masalah.

ads

Sayangnya masih ada saja yang sulit bersikap dewasa karena banyak hal. Seperti tidak terbiasa, tidak pernah dirundung atau tertimpa masalah, selalu dibela atau dibenarkan oleh orang lain dan selalu mendapatkan pertolongan dari orang terdekat seperti teman atau orang tua yang menyebabkan anda tidak bisa berkembang dan tidak memiliki waktu untuk memperbaiki diri menjadi lebih baik. Nah berikut ini ada 15 cara bagaimana menjadi pribadi yang lebih dewasa dibanding diri anda yang sekarang. Apa saja ?

  1. Hadapi Masalah

Hal pertama yang bisa membantu anda untuk menjadi lebih dewasa yakni menghadapi masalah. Setiap orang pasti akan merasa stres atau depresi ketika menghadapi dan menyelesaikan masalah. Namun perlu diingat, semakin kita gentle atau berani dalam menghadapi masalah akan ada hal yang bisa anda tuai dan hal tersebut tentu menambah pengalaman dan juga kedewasaan anda. Tak penting apakah masalah tersebut besar ataupun kecil, namun teori dan proses anda menghadapi masalahnya lah yang sangat utama.

Baca:

  1. Jadi Pribadi Mandiri

Anda ingin dewasa namun banyak hal yang masih dilakukan orang tua ? sudah tentu dengan melakukan hal tersebut berulang-ulang tidak akan membantu anda menjadi lebih dewasa. Coba lakukan apapun mulai dari sekarang, belajarlah dan jangan takut melakukan sesuatu yang dianggap salah. Karena menjadi mandiri sudah tentu butuh proses, bagi mereka yang belum dewasa menjadi mandiri dianggap beban dan juga hal menakutkan.

  1. Ambil Keputusan Sendiri

Tidak bisa mengambil keputusan merupakan hal yang paling membahayakan dalam hidup, padahal anda sejak kecil sudah harus bisa menentukan pilihan dan keputusan sendiri. Ingin makan apa, ingin warna pakaian apa dan sebagainya. Semua pilihan akan semakin rumit seiring berjalan usia anda atau pengalaman anda. Jika ingin dewasa maka tanggung jawab dan pilih keputusan sendiri. Hal ini akan membantu anda berpikir lebih panjang dan tidak terpaku pada hari ini saja.

  1. Introspeksi Diri

Introspeksi diri merupakan hal yang paling sulit dilakukan oleh banyak orang, meskipun teorinya mudah. Anda sudah menjadi orang dewasa belum tentu anda bisa melakukan instrospeksi diri dan bersikap dewasa. Poin ini bernilai besar jika anda bisa melakukannya maka cara anda untuk menjadi dewasa sudah sangat tepat.

Baca:

  1. Sering Diskusi Terbuka

Melakukan diskusi dapat membantu kita untuk membuka pikiran dan bertukar pengalaman. Dengan diskusi juga anda bisa tahu apa yang orang lain pikirkan dan kita juga bisa mengambil pelajaran dari kehidupan orang lain. Cara ini bisa membawa diri kita menjadi lebih baik bahkan tak jarang lebih bersyukur. Mendengar orang lain juga bisa membawa diri kita menjadi lebih dewasa dan juga bijaksana.


  1. Ubah Kebiasaan Buruk

Sadar atau tidak kebiasan buruk bisa membawa kemunduran sikap  dan kepribadian kita. Kebiasaan memang sulit diubah karena sudah sering dilakukan dan sudah menjadi hal yang dilakukan tanpa disadari. Namun dengan mencoba mengubah kebiasaan buruk anda memutuskan untuk memiliki hidup lebih baik. Secara tak langsung anda juga merubah diri menjadi lebih dewasa karena sudah mengetahui mana hal yang buruk dan mana yang tidak.

Baca:

  1. Kurangi Mengeluh

Mengeluh bukanlah sifat mereka yang dewasa. Mereka yang dewasa aja akan memanfaatkan waktu dengan baik dan mengeluh bukanlah hal yang bermanfaat. Sangat wajar jika sebagian orang merasa lelah atau jenuh, sehingga mereka mengeluhkannya. Namun dalam hal ini mereka yang masih kekanak-kanakan seringkali mengeluhkan hal kecil dan sebenarnya bisa diselesaikan dengan mudah. Karena mengeluh saja tidak bisa menyelesaikan permasalahan yang kita miliki. Cobalah untuk mengurangi keluhan dan lakukan hal lain yang bisa membantu merefresh otak anda tanpa harus stres karena permasalahan anda.

Baca:

  1. Tentukan Prioritas

Menentukan prioritas hidup kita bukanlah hal yang sulit, namun hal tersebut sulit dilakukan bagi mereka yang masih ingin senang-senang layaknya anak-anak. Hal ini yang membuat seseorang menjadi tidak dewasa dan menyebabkan mereka hanya menghabiskan waktu yang sia-sia. Jika ingin menjadi lebih dewasa cobalah tentukan prioritas dan jangan buang waktu anda dengan sembarang. Manfaatkan sebisa mungkin apa yang ingin anda capai dan targetkan, sehingga waktu tidak berlalu dengan percuma. Meskipun hal kecil jika anda sudah memiliki target dan menentukan prioritas dalam waktu terdekat hal ini sudah bisa membawa anda menjadi pribadi yang lebih dewasa dibandingkan sebelumnya. (Baca: Ciri-ciri Anak Hiperaktif)

  1. Peduli Pada Orang Lain

Sifat yang paling utama dimiliki oleh mereka yang tidak ingin dewasa atau tidak pernah dewasa adalah karena sifat egois dan tidak peduli akan orang lain. Mereka cenderung egois dan merasa ingin seperti anak-anak yang diperhatikan dan tidak ingin mengetahui masalah sekitar ataupun orang lain. Walaupun masalah tersebut memiliki hubungan dengan mereka tetap saja orang yang tidak dewasa memilih untuk menyingkir. Jika ingin lebih dewasa cobalah untuk peduli pada orang lain.

Baca:

  1. Terima Kritik dan Saran

Menerima kritik dan saran bisa membawa perubahan besar dalam diri kita, tidak hanya sebagai orang yang lebih dewasa namun jauh dari itu bahkan kita bisa menjadi bijak. Kritik dan saran layaknya obat yang mungkin jika ditelan akan pahit, namun jika bisa dilewati dengan baik kita akan lebih baik. Sehingga kritik dan saran mungkin gebrakan besar jika ingin berubah ke arah yang lebih baik salah satunya menjadi pribadi yang dewasa.

Baca:

  1. Atur Jadwal dengan Benar

Mengatur jadwal yang benar bisa membawa anda menjadi lebih dewasa. Apa hubungannya ? tentu ada hubungannya. Orang yang dewasa tak ingin membuang waktu, dan merencanakan segala hal dengan matang seperti halnya mengatur jadwal. Meskipun nantinya mungkin akan berbeda dengan planning atau rencana namun tetap saja, anda harus membuat perencanaan yang matang agar tidak sia-sia. Mengatur jadwal tentu tidak akan dilakukan oleh mereka yang hidupnya sesuka hati layaknya anak-anak.

Baca:

  1. Manfaatkan Waktu Luang

Orang dewasa tidak akan membuang waktu dengan sia-sia. Membuang waktu bukan berarti anda tidak boleh berlibur atau berwisata, namun lebih kepada mengarahkan hal dengan jelas dan memanfaatkan waktu untuk melakukan hal yang bermanfaat dan jelas. Apalagi jika bisa menguntungkan bagi diri sendiri maupun orang lain.

  1. Carilah Panutan

Mencari panutan mungkin bisa membawa anda ke arah yang lebih dewasa. Dimana panutan merupakan orang yang anda kagumi dan anda ikuti. Tentu saja panutan yang seperti apa dulu yang bisa membawa anda ke arah lebih dewasa. Jika idola anda adalah orang yang memang pantas untuk dikagumi, rasanya tak masalah menjadikan mereka panutan dan memotivasi diri anda menjadi seperti mereka dan bersikap lebih baik lagi.

  1. Realistis dan Bedakan Hal Benar dan Salah

Anak-anak tidak bisa membedakan mana hal benar atau salah,ataupun tidak bisa membedakan mana realistis ataupun imajinasi. Jika anda ingin menjadi lebih dewasa buka mata anda dan pikiran anda agar bisa melihat dengan jernih dan tidak subjektif. Mereka yang dewasa berlaku adil dan berusaha berpandangan seobjektif mungkin.

Baca:

  1. Jaga Sopan dan Santun

Menjaga sopan santun merupakan cara untuk menjadi pribadi yang lebih dewasa, kenapa bisa ? anak-anak mungkin belum tahu bagaimana bersikap sopan maka mereka harus diajarkan dan diingatkan sejak kecil. Namun apa jadinya jika mereka sudah dewasa secara usia namun tak juga mengerti akan sopan santun ? tentu saja hal ini berdampak pada hal lainnya termasuk cara berpikir yang tetap kekanak-kanakan.

Sopan santun merupakan salah satu bentuk pendewasaan diri dengan menghormati dan menghargai orang lain. Hal ini juga sama dengan menerapkan etika yang benar pada diri kita, agar nantinya terbiasa menjadi lebih baik. Hal positif seperti ini hanya dimiliki oleh mereka yang berpikiran jauh kedepan.

Demikian penjelasan terkait beberapa cara menjadi pribadi yang dewasa sehingga mampu menghadapi kehidupan  menjadi lebih baik.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :