Sponsors Link

13 Ciri-Ciri Depresi Ringan yang Mudah Dikenali

Sponsors Link

Depresi masuk ke dalam kategori gangguan psikologi yang memiliki pengaruh cukup besar pada aktivitas seseorang yang menderitanya dalam kehidupan sehari hari. Gangguan aktivitas tersebut biasanya akan disertai dengan adanya gejala mental dan fisik. Jika tidak diatasi dengan segera maka akan menyebabkan gejala semakin parah. Depresi sendiri memiliki tingkatan tersendiri, yaitu depresi ringan, sedang hingga parah. Terkadang depresi meningkat lebih parah dikarenakan tidak adanya penanganan dengan segera. Sehingga penting untuk mengetahui ciri ciri depresi ringan yang bisa terjadi sehingga agar dapat segera diatasi. Berikut ini ciri ciri depresi ringan yang dapat anda ketahui. (baca juga: Teori Identitas Sosial)

ads

baca juga:

1. Gampang Marah dan Emosi Tinggi

Tahapan depresi ringan pertama kalinya dapat dilihat dari sikap seseorang yang mudah sekali marah dan memiliki tingkat emosional yang tinggi. Pada beberapa kasus, hal ini diakibatkan rasa depresi yang dimilikinya sehingga membuatnya lebih mudah marah akibat stress yang dialaminya. Sehingga muncul perasaan tertekan dalam pikirannya sehingga menyebabkan seseorang mudah emosi dan marah.

2. Perubahan Nafsu Makan

Gejala lainnya yang dapat terlihat adalah pad aperubahan nafsu makan. Orang yang mengalami depresi ringan biasanya mengalami perubahan nafsu makan, entah itu meningkat atau menurunnya nafsu makan. Sehingga hal ini mengakibatkan terjadinya peningkatan atau penurunan pada berat badan orang tersebut. Biasanya pada orang gemuk akan mengalami peningkatan nafsu makan saat mengalami stress dan depresi. Sedangkan pada orang yang kurus akan lebih mengalami penurunan nafsu makan.

3. Mudah Merasa Lelah

Tanda tanda lainnya adalah mudah merasa lelah dan lemas, bahkan hingga tidak dapat melakukan beragam aktivitas. Penderita depresi ringan biasanya tidak ingin melakukan aktivitas lainnya, hanya merenung dan murung saja. Tidak ada energi untuk melakukan beragam aktivitas sehingga penderita mudah merasa lemah dan lelah.

baca juga:

4. Kesulitan Tidur

Orang orang yang menderita depresi ringan juga akan mengalami kesulitan tidur atau insomnia. Hal ini biasanya dikarenakan banyaknya masalah yang dipikirkan dan direnungkan sehingga membuatnya sulit untuk terlelap. Hal ini ada kaitannya dengan hormon Norepinephrine yang ada di dalam kelenjar adrenal yang membuat orang orang yang mengalami depresi mudah mengalami insomnia.


5. Kosentrasi Berkurang

Ciri ciri lainnya adalah penurunan fokus atau kosentrasi dalam diri penderita depresi ringan. Kosentrasi dan fokus yang berkurang biasanya dikarenakan banyaknya pikiran dan masalah yang dihadapinya. Sehingga membuatnya kesulitan untuk mengerjakan sesuatu pekerjaan, bahkan yang sering dikerjakannya sekalipun.

6. Suka Merenung dan Murung

Orang yang mengalami depresi ringan biasanya tidak dapat menyembunyikan perasaannya. Perasaan yang tidak menentu membuat orang orang yang mengalami depresi selalu terlihat merenung dan murung. hal-hal yang membuat seseorang mengalami depresi tentu bukanlah hal yang baik, sehingga membuat orang yang mengalami depresi terlihat murung dan tidak merasa bahagia.

7. Sering Merasa Cemas

Orang yang mengalami depresi ringan akan mudah sekali merasa cemas, hal ini dikarenakan kaitannya dengan hormon Norepinephrine. Hormon ini membuat manusia yang mengalami depresi akan selalu terjaga dan fokus akan masalah yang dihadapinya. Terlalu fokus dengan masalah tersebut membuat seseirang akan merasa cemas bahkan dengan hal-hal yang mungkin saja belum terjadi.

8. Rasa Sedih Yang Terus Menerus

Penderita depresi ringan sering kali merasakan rasa sedih yang terlalu dalam dan terjadi secara terus menerus. Rasa sedih ini tidak dapat dikendalikan oleh diri sendiri, sehingga penderitanya sekalipun tidak tahu cara mengatasinya. Tentu saja jika hal ini tidak segera diatasi akan menyebabkan hal yang cukup fatal.

baca juga:

9. Mudah Berprasangka Buruk

Hal ini berkaitan dengan kecemasan yang terus menerus belanjut. Orang yang mengalami depresi akan mudah berprasangka buruk dengan orang lain di sekitarnya. Mereka merasa jika orang orang yang berada di sekitarnya terlibat dalam masalah yang dihadapinya. Bahkan orang orang yang mengalami depresi akan mengira jika orang yang di sekitarnya hanya membuat masala sehingga depresi yang dirasakannya akan semakin berat.

10. Cenderung Putus Asa 

Orang yang mengalami depresi cenderung merasa putus asa serta pesimis dengan apa yang dilakukan dan dihadapinya. Dirinya selalu merasa jika apa yang dilakukannya akan sia-sia saja. Hal ini dikarenakan rasa pesimis serta prasangka buruk yang tertanaman di dalam hatinya.

11. Sering Sakit Kepala

Depresi yang dirasakannya terkadang mengalami sakit kepala akibat banyaknya masalah yang sedang dipikirkan , sehingga membuat otot dan syaraf pada otak menegang yang menimbulkan rasa sakit. Hal ini lah yang menyebabkan penderita depresi mengalami sakit kepala, mulai dari ringan hingga berat.

baca juga:

12. Senang Menyendiri

Depresi yang dirasakan seseorang membuatnya tidak senang berada di keramaian. Dirinya lebih senang menyendiri dengan memikirkan masalah yang sedang dihadapinya. Tak hanya itu, perubahan mencolok adalah menjadi lebih pendiam jika dibandingkan dengan sebelumnya.

13. Putus Asa dan Tertekan

Ciri ciri depresi ringan lainnya dapat ditunjukkan dengan rasa putus asa dan tertekan yang dirasakannya, apalagi jika orang tersebut berada di tempat baru. Mereka tidak dapat beradaptasi dengan lingkungan barunya dan merasa tertekan.

Nah itu tadi ciri ciri depresi ringan yang dapat anda ketahui. Perlu dilakukan penanganan segera agar depresi tersebut tidak berlanjut ke tingkat yang parah. Semoga informasi diatas bermanfaat untuk anda.

baca juga:

Sponsors Link
, , , ,