Sponsors Link

15 Cara Mencintai Diri Sendiri Sepenuhnya

Sponsors Link

Dalam dunia psikologi mencintai diri sendiri merupakan hal yang benar dari pandangan tertentu dan hal yang salah dari pandangan tertentu lainnya. Psikologi mempelajari banyak kemungkinan sikap dan sifat manusia serta karakter dan respon manusia baik dilihat dari masing-masing personalnya ataupun dilihat ketika berkomunikasi dengan orang lain. (baca juga: Pengertian Empati Menurut Para Ahli)

ads

Salah satunya adalah belajar mencintai diri sendiri, faktanya mereka yang sulit menerima diri sendiri bahkan menimbulkan efek negatif layaknya minder, rendah diri bahkan hingga benci pada diri sendiri dan berakhir kematian atau depresi. (Baca: Akibat Depresi Kepanjangan)

Untuk itu berikut ini tips cara mencintai diri sendiri :

1). Luangkan Waktu

Cara pertama untuk bisa mencintai diri sendiri adalah meluangkan waktu dengan baik. Apakah anda tipe pekerja keras atau tipe orang yang membutuhkan liburan jika diperlukan ? tak masalah. Tetapi bayar diri anda dengan meluangkan waktu untuk istirahat, minimal untuk tidur yang berkualitas. Manusia bekerja untuk dibayar dan bersekolah untuk menuai ilmu. Begitupun dengan diri anda yang menginginkan bayaran atas apa yang telah ia lakukan.

Baca:

2). Cari Kegiatan Sesuai Bakat

Mencari kegiatan sesuai dengan bakat anda akan membantu anda untuk mencintai diri anda sendiri lebih jauh lagi. Apa hubungannya antara kegiatan dan cinta ? tentu saja ada dimana anda melakukan kegiatan yang anda bisa dan anda sukai. Maka anda akan sadar betapa bergunanya diri anda dalam bakat tersebut. Banyak orang yang tidak mencintai diri mereka sendiri karena menganggap bahwa mereka tidak bisa melakukan apapun dengan benar, padahal bukan seperti itu. Masing-masing manusia memiliki porsinya dan kelebihannya sendiri.

baca juga:

3). Berhenti Jadi Orang Lain

Jangan jadi orang lain jika ingin mencintai diri sendiri. Teorinya hanya berbicara tanpa benar-benar ingin tahu siapa anda, dan bagaimana anda hidup. Untuk itu berhenti jadi orang lain dan percaya dirilah menjadi diri sendiri. Kehidupan ini adil jadi setiap anda merubah diri pasti ada yang suka maupun benci, jangan takut dengan pandangan orang lain. Selama anda merasa perubahan diri anda tidak melewati batasan yang ada jangan ragu untuk menjadi diri sendiri.

Baca:

4). Lakukan Hal yang Disukai

Melakukan apapun yang membuat anda bahagia memang terkadang melanggar aturan. Pasalnya belum tentu apa yang kita sukai merugikan atau menguntungkan bagi orang lain. Namun sesekali peraturan ada untuk di langgar dan terkadang mengasikan. Namun jangan keseringan juga karena yang ada nanti anda menuai masalah. Bahagiakan diri dengan hal yang disukai oleh anda dan berikan penghargaan tertinggi untuk diri anda sendiri. (baca juga: Tipe Kepribadian Melankolis)

Sponsors Link

5). Buang Gengsi

Hidup dibawah tekanan gengsi tak akan pernah bisa menyenangkan. Hal ini juga mencegah anda untuk mencintai diri sendiri karena anda tidak harus hidup dengan bayang-bayang orang lain. Mereka hanya bisa melihat apa perubahan anda dan sejauh mana anda bisa mengikuti orang lain namun bukan berarti mereka memang benar-benar memperhatikan anda. (baca juga: Cara menghilangkan Kebiasaan Buruk)

6). Hargai Tubuh Anda

Menghargai tubuh anda merupakan cara untuk mencintai diri sendiri. Seringkali banyak orang yang merasa minder karena tubuh pendek, perut gendut, mata sipit, kulit hitam dan hal lainnya. Semua sudah dipilihkan dan disesuaikan dengan masing-masing pribadinya tanpa harus malu atau minder cobalah untuk hargai diri anda dan jangan dengarkan orang lain. (baca juga: Cara Meningkatkan Rasa Percaya Diri)

7). Perhatikan Kebutuhan Diri Sendiri

Tips selanjutnya yakni memperhatikan kebutuhan diri sendiri. Memperhatikan sama saja dengan menghargai dan juga mendengarkan apa yang membuat anda bahagia. Perhatikan apa saja kebutuhan anda meskipun hal tersebut sederhana layaknya makanan yang anda sukai, tempat wisata yang bisa menenangkan anda atau anda sedang butuh hiburan misalnya nonton film dan hal lainnya. Dengan begitu anda merasa akan lebih mencintai diri anda sendiri. (baca juga: Tips Sukses di Usia Muda)

8). Kelilingi dengan Orang yang Disayang

Menghargai tubuh anda merupakan cara untuk mencintai diri sendiri. Seringkali banyak orang yang merasa minder karena tubuh pendek, perut gendut, mata sipit, kulit hitam dan hal lainnya. Semua sudah dipilihkan dan disesuaikan dengan masing-masing pribadinya tanpa harus malu atau minder cobalah untuk hargai diri anda dan jangan dengarkan orang lain. (baca juga: Cara Menghilangkan Kecemasan)

ads

9). Akhiri Hubungan Sepihak

Mengakhiri hubungan sepihak bisa dianggap sebagai cara mencintai diri sendiri. Kebahagiaan atau hal menyakitkan terkadang ditentukan oleh kita sendiri. Berhentilah dari hubungan sepihak dimana hanya anda yang mengalah, bersabar ataupun hal lainnya. Baik dengan teman ataupun kekasih cobalah untuk ubah kepribadian dengan tegas dan akhiri. Jika ingin bertahan cobalah pecahkan masalahnya dan jangan pendam sendirian karena hal tersebut hanya akan menyebabkan rasa stres.

Baca:

10). Jujur Pada Diri Sendiri

Kejujuran yang paling sulit dilakukan adalah jujur pada diri sendiri. Dan jujur pada diri sendiri merupakan bentuk atau cara untuk mencintai diri sendiri. Seringkali kebohongan membuat diri kita gelisah, namun kita mencoba menampik dan mencoba kuat. Padahal kita hanya membuat diri kita semakin gelisah. Jadi berhentilah untuk menyiksa perasaan dan jujur pada diri sendiri. (baca juga: Fakta Kepribadian Anak Bungsu)

11). Bersyukur

Anda tidak berterima kasih atas apa yang sudah diberikan Tuhan pada diri anda ? bagaimana dengan orang lain ? tubuh tanpa kaki, jantung bermasalah, mental yang terganggu, permasalahan hidup yang rumit hingga mereka memutuskan untuk bunuh diri. Sedangkan masalah anda hanyalah percaya diri dan juga minder. Cobalah untuk bersyukur maka anda bisa mencintai diri sendiri dengan mata terbuka dan justru bisa melakukan berbagai hal secara maksimal. (baca juga: Teori Psikologi Perkembangan)

12). Maafkan Diri Anda

Maafkan diri anda merupakan cara selanjutnya untuk bisa mencintai diri sendiri. Seringkali kita melakukan kesalahan dan mungkin semua manusia melakukan kesalahan. Dilihat dari teori psikologinya memaafkan diri sendiri memanglah yang paling sulit karena kita berperang melawan diri sendiri. Memaafkan diri sendiri dengan cara jangan menghukum diri seperti bersama orang yang salah, melakukan kegiatan yang melelahkan anda, atau mungkin hal lainnya.

Baca:

13). Jadi Pribadi yang berbeda

Menjadi sama dari waktu kewaktu bukanlah hal yang menyenangkan. Apakah anda tidak merasa bosan dengan hal yang sama terus menerus ? maka dari itu jadilah pribadi yang berbeda. Anda tidak pernah tahu apa yang akan anda dapatkan dengan hal baru, mana tahu hal tersebut menyenangkan dan membahagiakan. Menjadi kreatif juga bisa membantu anda menemukan dunia baru, teman baru, kesukaan baru dan hal lainnya yang mungkin tidak pernah anda duga sebelumnya. (baca juga: Cabang – Cabang Psikologi)

14). Keluar Dari Zona Nyaman

Berhentilah diam di zona nyaman, hal tersebut tak membuat anda berkembang dan berubah menjadi semakin baik. Mencintai diri sendiri bukan berarti memanjakan saja, tapi memberikan yang terbaik untuk diri sendiri agar bisa berubah menjadi lebih baik lagi. Apalagi perubahan tersebut bisa membawa kesuksesan pada kita di masa depan baik secara psikologi ataupun real. Jadi cobalah hal baru dan jangan ragu untuk keluar dari zona nyaman.

Baca:

15). Perluas Pertemanan

Memperluas pertemanan bisa membantu diri kita mencintai lebih dibandingkan sebelumnya. Melihat teman-teman baru yang senang bercengkrama dengan diri kita dan mengetahui masing-masing kelebihan dan kekurangan membuat kita merasa dicintai dan lebih menghargai diri sendiri. Untuk itu penting memperluas pertemanan, meskipun tidak semua orang baik namun anda berhak mengenal orang yang lebih baik. Akan semakin bahagia bukan jika memiliki teman yang akrab dan dekat dengan kita.

baca juga:

Itulah 15 tips bagaimana bisa mencintai diri anda sendiri dan mencoba untuk menemukan kenyamanan atau kebahagiaan. Tak ada salahnya untuk mencoba salah satunya, meskipun jika berlebihan juga akan membuat anda melenceng alias keluar dari jalur yang seharusnya. Namun lakukan saja sewajarnya dan sebijaksanannya. Selain itu jangan takut untuk mengekspresikan apapun yang mungkin biasa anda pendam sehingga tidak terlalu membuat anda depresi atau tertekan. (Baca: Depresi dalam Psikologi)

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :