Sponsors Link

15 Macam – Macam Kecerdasan Pada Manusia

Sponsors Link

Kecerdasan merupakan anugrah yang diberikan untuk makhluk hidup yang memiliki otak untuk berfikir, misalnya pada hewan atau manusia. Kecerdasan merupakan kemampuan makhluk hidup dalam berfikir, menyelesaikan masalah untuk memenuhi kepentingan hidupnya. Pada manusia, kecerdasan sering diartikan sebagai IQ yang menjadi tolak ukur kecerdasan berfikir seseorang. Namun, kecerdasan juga digolongkan dalam kecerdasan sosial, kecerdasan emosional, dan lainnya.

ads

Baca also:

Kecerdasan manusia merupakan kecerdasan yang ditandai dengan kognisi, motivasi, dan kesadaran diri. Melalui kecerdasan, manusia memiliki kemampuan kognitif untuk belajar tentang konsep, pengertian, mengaplikasikan logika, memberikan alasan, ide, rencana, pemecahan masalah, membuat keputusan, memberikan informasi, dan penggunaan bahasa dalam berkomunikasi. Kecerdasan juga yang membuat manusia dapat memiliki pengalaman dan pikiran. Banyak sekali tipe tipe kecerdasan lainnya yang mendukung kehidupan manusia. Berikut ini adalah macam macam kecerdasan pada manusia:

  1. Intelegence of Word (Kecerdasan Mengolah Kata)

Macam – Macam Kecerdasan yang pertama adalah kemampuan mengolah kata. Kecerdasan ini mengacu pada kemampuan berbahasa atau memahami bahasa baik tulis maupun lisan dengan sangt baik dan efektif. Orang yang memiliki kecerdasan mengolah kata ini pada umumnya pandai menghibur, meyakinkan orang lain dan berargumentasi dengan baik. Orang dengan kecerdasan ini juga menyukai membaca, menulis, berdiskusi. Orang dengan kecerdasan ini mengungkapkan keinginannya dengan cara yang tepat dan jelas dan singkat. Orang dengan kecerdasan ini baik pada pekerjaan yang melibatkan komunikasi pada orang banyak.

baca juga :

  1. Intelegence of Logic (Kecerdasan Logika)

Kecerdasan ini merupakan kecerdasan dalam berfikir secara logika dan mampu mengolah angka dengan baik. Orang dengan kecerdasan ini selalu berfikir rasional dan mampu memikirkan kemungkinan- kemungkinan yang akan terjadi secara logika. Mereka juga mampu memahami argumen lawan bicara secara logis dan memecahkan masalah dengan matematis menggunakan kecerdasan logika. Dalam penelitian, kecerdasan ini digunakan untuk hipotesa sebelum dilakukan uji.

baca juga:

  1. Intelegence of Visual (Kecerdasan Visual)

Orang dengan kecerdasan visual memiliki tingkat kecerdasan yang mengacu pada gambar, ruang, bentuk, dan tentang gambaran perasaan. Orang dengan kemampuan ini dapat merekam apa yang dilihatnya dan mengingat dengan jelas gambaran aslinya, mereka juga mampu menggambarkan secara nyata visual yang ada di gambaran mereka. Orang dengan kecerdasan ini memiliki kemampuan melukis, potografi, arsitek, design, dan lainnya. Orang dengan kecerdasan ini memiliki tingkar seni yang tinggi.

Baca juga :

  1. Intelegence of Music (Kecerdasan Musikal)

Orang yang memiliki kecerdasan ini memiliki kemampuan yang baik dalam bermain musik, bernyanyi, memahami nada, dan menciptakan irama musik. Orang dengan kecerdasan ini memiliki suara yang merdu dan sangat baik. Mereka juga sensitif dengan nada nada musik dan sangat efektif apabila bekerja ditemani lantunan musik. Mereka berfikir melalui melodi dan irama.

baca juga:

  1. Intelegence of Physical (Kecerdasan Fisik)

Kecerdasan fisik mencakup kemampuan atau kecerdasan dalam bergerak dan aktivitas yang melibatkan gerakan tubuh, misalnya menari. Orang dengan kecerdasan ini memiliki kemampuan untuk mengendalikan tubuhnya dengan sangat baik. Gerakan- gerakan yang dibuatnya juga terkoordinasi dengan baik dari pikirannya, mereka juga lincah dan memiliki kekuatan dalam setiap geraknya. Orang dengan kecerdasan ini juga memiliki kelenturan tubuh yang baik.

baca juga:

  1. Intelegence of People (Kecerdasan Intrapersonal)

Macam – Macam Kecerdasan lainya adalah kecerdasan intrapersonal. Kecerdasan ini merupakan kecerdasan dimana orang pintar dalam memahami orang lain dan sensitif terhadap sekitarnya. Orang dengan kecerdasan ini mampu memahami perasaan orang lain dengan mudah. Orang dengan kecerdasan ini juga memiliki kemampuan dalam memimpin, berempati, dan mengatur orang lain. Orang dengan kecerdasan ini mampu mempelajari apapun dari orang lain dan mencontoh hal baik untuk dia lakukan.

Baca juga :

  1. Intelegence of Self (Kecerdasan Interpersonal)

Orang dengan kecerdasan in isangat peka dan mampu mengendalikan emosi pada diri sendiri. Orang dengan kecerdasan ini sangat memahami dirinya sendiri, memahami keinginannya dan mengendalikan seluruh perasaan pada dirinya sendiri. Orang dengan kecerdasan ini emiliki kemampuan khusus yang disebut kemampuan stationer. Kemampuan stationer adalah kemampuan untuk menjadi seseorang yang tetap netral dan sulit dipengaruhi oleh emosi, masalah, keinginan yang berasal dari luar.

baca juga:

  1. Intelegence of Nature (Kecerdasan Natural)

Orang dengan kecerdasan natural ini memiliki kepekaan terhadap alam dan mencintai alam. Mereka baik dalam berhubungan dengan alam atau lingkungan dan senang memelihara hewan atau merawat tanaman. Orang dengan kecerdasan ini baik dalam bidang biologi.

  1. Intelegence of Exixtence (Kecerdasan Intuitif)

Kecerdasan intuitif merupakan kecerdasan yang dimiliki seseorang dalam insting. Orang dengan kecerdasan ini memiliki tingkat insting yang baik. Orang dengan kecerdasan ini mengetahui seseuatu hal tersebut benar atau salah melalui perasaan atau insting alami yang dimilikinya. Kecerdasan ini sangat peka terhadap kehidupan dan makna hidup.

Baca juga :

  1. Kecerdasan Numerik

Kecerdasan nurmerik mendasari kecerdasan logika. Orang yang memiliki kecerdasan numerik ini sangat menyukai segala sesuatu yang berhubungan dengan angka dan memiliki kecerdasan yang lebih tinggi dalam menyelesaikan persoalan matematis. Orang dengan kecerdasan ini sangat tertarik dengan angka, data statistik, dan memiliki pemikiran yang tenang dan rasional. Orang dengan kecerdasan ini baik dalam pekerjaan yang berhubungan dengan hitung menghitung misalnya akuntansi, ekonomi, dan sebagainya.

  1. Intelegence of Spatial (Psikologi)

Spatial intelegence hampir mirip dengan kecerdasan visual dimana seseorang dengan kecerdasan ini memiliki kemampuan atau skil mental dalam menyelesaikan masalah berdasarkan visualisasi suatu objek dari berbagai sudut pandang, dan mengetahui detail atau regoknisi gambaran. Intelegensi spatial ini menjadi lebih efektif dalam pemecahan masalah dalam area yang nyata, orientasi terhadap benda atau objek, dan investigasi.

baca juga:


  1. Kecerdasan Emosional /Emotional Quotient (EQ)

EQ merupakan kemampuan seseorang dalam mengenali emosi dalam dirinya sendiri dan mengenal perasaan orang lain. Kecerdasan ini dapat menjalin hubungan yang baik dalam berinteraksi dengan orang lain. Orang yang memiliki kecerdasan ini akan memiliki perilaku sabar dalam menghadapi masalah, dapat menahan emosi, dan juga mampu memahami emosi orang lain. Orang dengan kecerdasan ini cenderung mementingkan kepentingan orang lain dari pada kepentingan dirinya sendiri.

baca juga :

  1. Kecerdasan Spiritual /Spiritual Quotient (SQ)

SQ merupakan kecerdasan spiritual yaitu orang memiliki kemampuan untuk mempelajari hal hal spiritual atau agama dan mengajarkannya pada orang lain melalui bimbingan, atau merencanakan seseuatu untuk tujuan hidupnya. Orang dengan kecerdasan ini juga mampu mengelola dan bertahan dalam kesulitan hidup yang dialaminya. SQ juga mampu membangun diri sendiri danorang lain secara utuh dan menyelesaiakan masalah dengan kaidah- kaidah dan nilai spiritual yang diyakini.

  1. Adversity Quotient (AQ)

AQ merupakan kemampuan orang untuk mengatasi kesulitan kesulitannya dan mampu menilai suatu hal yang sekiranya akan mendatangkan masalah untuk dirinya. Orang yang memiliki kecerdasan AQ mampu mengatasi permaslahan dengan baik, meningkatkan mutu diri, dan mendorong inovasi. Orang dengan kecerdasan ini juga pantang menyerah dan tidak takut terhadap tantangan. Menurutnya tantangan merupakan peluang untuk menjadi lebih tinggi lagi.

Baca juga:

15. Kecerdasan Sosial

Kecerdasan sosial juga disebut juga kecerdasan intrapersonal. Orang dengan kecerdasan ini sangat baik dalam hubungan dan interaksi dengan orang lain dan lingkungannya. Mereka mampu memahami situasi, kondisi, perasaan orang lain dan menempatkan dirinya sesuai pada situasi tersebut. Orang dengan kecerdasan ini sangat mudah diterima oleh masyarakat dan pandai dalam beradaptasi dengan lingkungan baru. Orang dengan kecerdasan ini mampu mengkoordinasikan orang orang disekitarnya dengan baik dan dipercaya.

baca juga:

Demikian macam macam kecerdasan pada manusia. Berbagai macam kecerdasan tersebut mungkin juga terdapat pada seseorang namun sangat jarang dan hal tersebut memungkinkannya memiliki tingkat IQ yang sangat tinggi. Kebanyakan orang hanya memiliki beberapa tipe kecerdasan pada diri mereka, dan salah satu tipe kecerdasan yang mendominasi.

Kecerdasan yang mendominasi pada diri seseorang inilah yang kadang disebut bakat dan memiliki kemampuan untuk berkembang dan menjadikan identitas dirinya. Misalnya orang dengan kecerdasan fisik, maka memiliki gerak tubuh yang baik, memiliki kemampuan menari yan gbaik dan disebut juga sebagai bakat menari. Hal ini kemudian bisa dikembangkan dan menjadikan identitas atau ciri khas seseorang tersebut dan menjadikannya seorang penari yang sangat kompeten. Tipe kecerdasan manakah yang ada pada diri Anda? Pahami diri Anda, temukan tipe kecerdasan yang ada dalam diri Anda dan kembangkanlah sesuai dengan passion Anda.

Sponsors Link
, , , ,




Oleh :
Kategori : Kecerdasan Manusia