Sponsors Link

15 Cara Merubah Diri Menjadi Lebih Baik dan Menarik

Sponsors Link

Setiap orang memiliki kelebihan serta kelemahannya masing-masing. Untuk itu kita tidak bisa memaksakan hal pada orang lain karena semua orang memiliki kapasitasnya masing-masing.Mungkin hal ini juga yang sering membuat berbagai orang mengalami salah paham dan mengalami pertengkaran. (baca: Cara Mudah Bergaul Bagi Orang Pendiam)

ads

Masing-masing memiliki pemikiran sendiri dan mendebatkannya. Sehingga hal ini tentu saja menimbulkan pertanyaan, siapa yang benar dan salah. Hal ini juga bisa dilakukan jika kita introspeksi pada diri masing-masing. Namun bagaimana caranya ? berikut ini 15 tips atau cara merubah diri menjadi lebih baik.

1. Apresiasi Orang Lain 

Seringkali kita tidak memandang dengan benar orang lain seperti apa. Seringkali juga kita dibutakan hal yang subjektif misalnya mereka pernah menyakiti, pernah melukai dan sebagainya. Padahal seseorang tersebut merupakan sosok yang bisa dijadikan panutan atau mereka yang bekerja dengan profesional. (baca: Tipe Kepribadian MBTI)

Untuk memperbaiki diri sendiri, semua dimulai dari hati dan pikiran. Dimana kamu tetap harus profesionalitas dalam menjalani hidup. Baik  mengapresiasi orang lain atas apa yang mereka bisa dan mereka lakukan. Jika memang baik nyatakan baik jika memang buruk nyatakan juga buruk, jangan sampai sisi negatif seseorang tersebut mempengaruhi pandangan kamu. (Baca: Cara Membahagiakan Diri Sendiri)

2. Hargai Orang Lain 

Cara Merubah Diri Menjadi Lebih Baik selanjutnya adalah belajar menghargai orang lain. Menghargai orang lain merupakan hal yang sulit. Namun jika kamu sudah bisa melakukan poin ini maka kamu bisa merubah kepribadian yang kamu miliki menjadi lebih baik. Selain itu, menghargai orang lain berarti mengerti apa yang orang lain sudah lakukan dan kita memberikan rasa senang dan apresiasi tertinggi. Layaknya kita yang mengerjakannya. (Baca: Tahap Perkembangan Kepribadian)

3. Jangan Jadi Pesimis

Menjadi pesimis hanya akan merusak pribadi yang kamu miliki. Pikiran kamu tersugestikan untuk bersikap buruk karena apapun yang kamu lakukan tidak pernah berjalan baik atau sesuai dengan keinginan kamu. Dengan begini kamu justru akan merasa lebih malas dan akhirnya berbuat buruk. Sehingga hilangkan rasa pesimis dan kecewa pada diri sendiri, cobalah untuk hargai apa yang kamu miliki serta teruslah berpikir bahwa kamu bisa melakukan apapun dan bisa belajar apapun untuk membantu diri kamu menjadi lebih baik. (Baca: Cara Mengenali Potensi Diri)

4. Dengarkan Orang Lain Secukupnya

Jangan mendengarkan orang lain ? hal ini tidak benar, karena orang lain bisa menjadi “spion” atau kaca pantulan diri kamu. Bagaimana kita bersikap terkadang orang lain membalas dengan cara yang sama. Namun untuk memperbaiki diri menjadi lebih baik kita juga harus mendengarkan apa kata hati kita dan tidak terlalu mendengar hinaan atau celaan orang lain. Tak jarang orang lain hanya ingin menyebabkan masalah atau menjerumuskan kamu. Fokus pada apa yang ingin kamu usahakan dan juga ingin kamu capai. (Baca: Konsep diri dalam Psikologi)

5. Usaha Bukan Cuma Bicara

Nyatanya aksi jauh lebih penting dibandingkan hanya bicara saja. Bagaimana kamu bisa berubah jika hanya bisa berbicara tanpa berusaha bagaimana berubah menjadi ke sisi yang lebih baik dan juga positif. Selain itu, kamu juga harus menyadari bahwa hidup tentunya akan mengalami berbagai permasalahan atau hal menyenangkan yang terus berputar seperti roda. Sayangnya jika kamu tidak menggerakan roda tersebut ? sudah jelas hidup kamu akan seperti itu terus dan tidak akan pernah menjadi lebih baik. So, usahalah sebelum menyesal. (baca: Cara Membentuk Karakter Anak Usia Dini)

6. Hadapi Masalah

Jika kamu masih menghindari masalah maka kamu termasuk yang pengecut dan tidak ingin berubah menjadi pribadi yang lebih baik. Setiap individu pasti memiliki masalah, namun hanya mereka yang memiliki pemikiran matang dengan kepribadian super yang bisa mengatasi dengan tenang dan tetap percaya diri. (Baca: Cara Meningkatkan Rasa Percaya Diri)

Jika kamu masih lari dari masalah cobalah untuk berani menghadapinya, karena masalah yang dihindari justru memperburuk keadaan. Dengan cara seperti ini kamu bisa merubah diri sendiri kearah yang lebih positif.

Baca:

7. Manfaatkan Waktu

Tidak asingkan dengan istilah “waktu adalah uang”. Padahal waktu sebenarnya lebih berharga dibandingkan uang, dimana uang bisa kamu dapatkan dengan bekerja keras bahkan hanya meminta orang tua. Namun bagaimana dengan waktu ? semua berjalan dengan cepat tanpa bisa diulang ataupun diputar. (baca: Faktor Penyebab Kenakalan Anak)

Untuk bisa memperbaiki diri menjadi lebih baik dan positif, coba untuk menghargai waktu dan memanfaatkan waktu dengan tepat. Kehidupan tidak hanya untuk senang saja atau sedih saja. Coba warnai waktu kamu dengan lebih baik dan bisa menghasilkan hal yang mungkin bisa bermanfaat bagi hidup kamu. (baca: Cara Mengatasi Anak yang Malas Belajar)

8. Jangan Menyerah

Untuk memperbaiki diri memang tidak mudah, semua butuh proses, perjuangan dan waktu yang panjang. Masing-masing personal mungkin berbeda dalam menghadapi tantangan untuk bisa berubah. Namun ketika kamu menyerah maka semuanya akan berakhir dan yang ada usaha kamu untuk berubah menjadi lebih baik sia-sia. Dalam hal apapun jangan sampai menyerah dan berpikir untuk putus asa begitu saja. Bahkan orang yang tidak tahu apapun atau bisa dianggap bodoh sekalipun bisa menjadi pemenang ketika mereka tidak mudah menyerah. (baca: Tipe Kepribadian Melankolis)

9. Lihat Kekurangan dan Kelebihan Diri

Di bumi ini tidak ada satupun manusia yang 100% sempurna layaknya di film atau komik. Bahkan sebuah filmpun membuat sang pemeran utama mengalami masalah dan konflik yang menunjukan apa kelemahan dan kelebihan dirinya. Begitupun dengan diri kita, jika ingin merubah diri menjadi lebih baik tentu kamu harus mengenali diri kamu dengan baik. Apa saja kelebihan serta kekurangan yang kamu miliki. (Baca: 4 Karakter Manusia)

Jika sudah mengetahuinya maka kamu tinggal mengelolanya menjadi lebih baik dan tentunya mengarahkannya dengan benar. Kelemahan tak akan selalu jadi hal yang membuat diri kamu buruk dan begitupun kelebihan.Jika kamu bisa menemukannya dan mengarahkan dengan bijak, kamu akan menjadi pribadi yang jauh lebih baik.

10. Hibur Diri Sendiri

Mengalami penat dan stres karena pekerjaan, cinta atau bahkan bergelut dengan emosi sendiri ? lantas bagaimana kamu menenangkan diri dan mencoba menjadi orang yang lebih sabar, lebih tenang atau bisa mengendalikan stres dengan benar ? tentu setiap manusia membutuhkan hiburan. Rasa terhibur dan senang merupakan rasa naluriah yang dibutuhkan semua manusia tak terkecuali. (Baca: Depresi dalam Psikologi)

Kamu harus memperhatikan hal tersebut. Dimana kamu mungkin sering mengabaikan kebahagiaan diri sendiri, dan hal kecil serta sepele ini bisa merubah diri kamu menjadi lebih buruk dan cenderung tertekan. Terbukalah dan nikmati sesekali pemandangan di rumah kamu, atau tempat wisata yang bisa menenangkan dan mengembalikan mood kamu. (baca: Kecerdasan Emosional dalam Psikologi)

11. Keluar dari Zona Sendiri

Selalu di zona nyaman ? kapan bisa berubah menjadi lebih baik! zona nyaman merupakan area atau zona yang kamu kuasai dan kamu sukai. Sayangnya di dunia ini semua berjalan dengan adil, suka dan tidak suka, hal yang kamu kuasai ataupun yang kamu tidak bisa. Cobalah untuk mencoba hal lain yang bisa saja memberikan pengalaman berbeda dalam hidup kamu dan bisa merubah diri menjadi lebih baik. (baca: Tips Sukses di Usia Muda)

12. Lihat Lingkungan 

Sebagian orang tua mungkin sering berkata bahwa memilih teman harus benar-benar melihat bibit, bebet atau bobot. Tak hanya pasangan teman merupakan lingkungan dan sosialnya yang mungkin mempengaruhi kamu menjadi lebih baik atau lebih buruk. Akan lebih bijak jika kamu bisa melihat mana yang baik untuk diri kamu atau yang tidak.

Baca:


13. Terima Kesempatan

Apakah kamu termasuk yang suka menyia-nyiakan kesempatan ? padahal tidak semua kesempatan datang dua kali. Untuk menjadi seseorang yang jauh lebih baik tentu tidak akan menjadi seseorang yang suka membuang kesempatan. Lakukan apapun yang mungkin dulunya tidak bisa kamu lakukan. Setelah itu, kamu akan tahu seperti apa dunia dan pengalaman apa saja yang berhasil kamu dapat. Dengan hal tersebut kamu akan jauh lebih baik.

14. Perdalam Iman

Tak ada yang bisa mengelak bahwa agama bisa memperkuat iman dan diri kita. Apapun agamanya setiap keyakinan pasti membawa seorang manusia menjadi lebih terarah dan lebih baik. (Baca: Hakikat Manusia dalam Perspektif Psikologi)

Pertanyaannya apakah dengan agama yang kamu anut, kamu sudah berubah menjadi lebih baik ? jika belum cobalah untuk memperdalam iman yang kamu miliki. Lebih dekat dengan Tuhan seringkali membuat seseorang lebih tenang dan sudah jelas menjadi lebih baik.

Baca :

15. Tentukan Arahnya

Apa kamu tahu bahwa penting mengetahui apa yang kamu inginkan sejak kecil. Sejak masih anak-anak akan lebih baik jika kamu tahu apa keinginan atau minat dan juga bakat yang dimiliki. (Baca: Pengertian Minat Menurut Para Ahli). Namun jika kamu sudah sampai sebesar ini belum tahu dan masih melakukan kesalahan jangan takut akan hal tersebut.

Baca:

Demikian beberapa Cara Merubah Diri Menjadi Lebih Baik yang bisa dicoba.Untuk pertama, cobalah mulai dari awal dan tentukan arah yang ingin kamu capai sebenarnya. Dengan hal tersebut membantu diri kamu mudah memiliki tujuan dan berubah menjadi lebih baik.

Sponsors Link
, , , ,




Oleh :