Sponsors Link

10 Pengertian Minat Menurut Para Ahli

Sponsors Link

Pada dasarnya, manusia bisa berhasil dengan bertumpu pada dua poin yaitu kemampuan serta kemauan. Jika salah satunya kosong maka satunya lagi tidak berarti apapun, dan anda tidak mungkin menggapai hal yang disebut “sukses”. Kesuksesan merupakan gabungan dari kemampuan dan kemauan yang dirumuskan sebagai performance yakni fungsi dari ability dan motivation dalam dunia Psikologi. Mungkin anda sering mendengar, pintar saja tidak cukup atau nekat saja juga bukan tindakan bagus. Hal ini mencerminkan bagaimana anda bersikap dan dipengaruhi dua poin tersebut.

ads

Bakat dan Minat

Kemampuan bisa berasal dari diri sendiri ataupun orang lain, ada yang menyebutnya bakat atau kemampuan dari lahir. Misalnya saja ayahnya adalah seorang pelukis dan ibunya seorang perancang busana, tak jarang anak mereka tentu menjadi anak dengan kemampuan menggambar yang luar biasa yang didapat dari gen orang tuanya. (Baca: Cara Menghilangkan Trauma Pada Anak)

Namun ada juga bakat atau kemampuan yang berasal dari orang lain, dimana mereka memiliki kemampuan tersebut karena bersekolah atau belajar. Misalnya mereka yang tidak bisa menjahit memiliki kemampuan menjahit setelah belajar dan lainnya.  Bagaimana dengan kemauan ? kemauan dalam dunia Psikologi biasa disebut Minat. (Baca: Teori Psikologi Sastra)

Kemauan bukan datang dari lahir ataupun dari orang lain, dimana kemauan atau minat merupakan mereka yang memiliki kesadaran diri tinggi yang berasal dari pikiran atau hati mereka masing-masing. Minat atau kemauan mungkin hal yang paling mudah ataupun paling sulit dipengaruhi. Untuk itu, ada beberapa definisi menurut para ahli terkait apa itu pengertian Minat, karakter serta faktor pengaruhnya. (baca: Terapi Perilaku Kognitif)

Karakteristik Minat

Adapun karakteristik minat adalah :

  1. Menimbulkan sikap positif terhadap suatu objek.
  2. Adanya sesuatu yang menyenangkan yang timbul dari sesuatu objek itu.
  3. Mengandung suatu pengharapan yang nantinya menimbulkan keinginan untuk melakukan sesuatu, atau biasa disebut dengan gairah.

baca juga:

Definisi Minat Menurut Ahli

1). Decroly

Menurut Decroly, minat adalah pernyataan suatu kebetulan yang tidak terpenuhi. Kebutuhan itu timbul dari dorongan hendak memberi kepuasan kepada suatu insting. Minat tidak hanya berasal dari satu sumber saja, melainkan anak-anak bisa mendapatkan minat dari sumber lainnya. Contohnya adalah, kebiasaan yang dilakukan dan pendidikan yang didapatkan, adanya pengaruh sosial dan lingkungan, dan insting atau hasrat dan anak tersebut. (Baca: Psikologi Pendidikan)

2). Sardiman

Dikutip dari buku tahun 1990 milik Sardiman, ia menyatakan bahwa minat akan terlihat dengan baik jika mereka bisa menemukan objek yang disukai dengan tepat sasaran serta berkaitan langsung dengan keinginan tersebut. Minat juga harus memiliki objek yang jelas untuk mempermudah kemana arahnya seseorang harus bersikap dan menuju objek yang tepat.

3). Syaiful Bahri Djamarah

Jika seseorang memiliki minat terhadap suatu aktivitas maka mereka bisa menyukai dan memperhatikan aktivitas itu dengan rasa senang. Minat yang sangat besar tentu akan mempengaruhi cara dan tingkat kemalasan seseorang. (Baca: Cara Mengatasi Anak yang Malas Belajar). Menurut Syaiful Bahri sendiri, dalam bukunya yang berjudul “Psikologi Belajar” minat merupakan aktivitas atau kegiatan yang menetap  dan dilakukan untuk memperhatikan dan mengenang beberapa aktivitas yang disukai baik disengaja atau tidak. (Baca: Depresi dalam Psikologi)

ads

4). Crow and Crow

Minat menurut Crow & Crow yaitu suatu hal yang memiliki hubungan dengan daya gerak yang akan mendukung seseorang untuk tertarik pada sebuah benda, pada orang atau kegiatan tertentu. Bisa juga berupa pengalaman yang cukup efektif yang mungkin saja dimulai dari kegiatan itu sendiri. Minat bisa dimulai dari kebiasaan yang sering dilakukan.

5). Rast, Harmin dan Simon

Ahli ini menyatakan bahwa minat memiliki hal-hal pokok yang diantaranya :

  • Adanya perasaan senang dalam diri yang memberikan perhatian pada objek tertentu.
  • Adanya ketertarikan terhadap objek tertentu.
  • Adanya aktivitas atas objek tertentu.
  • Memiliki kecenderungan untuk bersikap lebih aktif
  • Objek aktivitas tersebut dipandang fungsional dalam kehidupan dan,
  • Kecenderungan bersifat mengarahkan dan mempengaruhi tingkah laku individu.

6). Shaleh Abdul Rahman

Dalam bukunya Psikologi Suatu Pengantar Dalam Perspektif Islam, menjelaskan bahwa minat adalah suatu kecenderungan untuk memberikan perhatian dan bertindak terhadap orang, aktivitas atau situasi yang menjadi objek dari minat tersebut dengan disertai perasaan senang atau gembira. (Baca: Teori Psikologi Perkembangan)

7). Witherington

Menurut Witherington, minat merupakan kesadaran seseorang terhadap suatu objek, seseorang, suatu soal atau situasi tertentu yang mengadung sangkut paut dengan dirinya atau dipandang sebagai sesuatu yang sadar.

baca juga:

8). Bimo Walgito

Minat adalah suatu keadaan dimana seseorang mempunyai perhatian terhadap sesuatu dan disertai keinginan untuk mengetahui dan mempelajari maupun membuktikan lebih jauh lagi apa yang merek adapat dan mereka pelajari.

9). Sobur

Sobur mengartikan minat memiliki keinginan erat dengan perhatian yang dimiliki, dimana perhatian bisa menimbulkan kehendak pada seseorang. Selain itu kehendak juga memiliki hubungan erat dengan kondisi fisik layaknya sakit, capai, lesu atau sebaliknya menjadi sehat dan bugar. Begitupun dengan kondisi psikis seperti senang, tidak senang, tegang, bergairah dan seterusnya.

10). Slameto

Minat menurut Slameto yakni minat merupakan rasa suka yang berlebih serta adanya rasa keterikatan terhadap sesuatu hal atau aktivitas, tanpa ada yang menyuruh. Jika dilihat, menurut Slameto minat merupakan hal yang dilihat dalam diri sendiri dan memiliki hubungan dengan hal yang ada di luar diri. Semakin kuat atau dekat hubungan maka semakin besar minat.

Dari pendapat yang telah ahli kemukaan, mengambil kesimpulan bahwa timbulnya minat seseorang itu disebabkan oleh beberapa faktor penting yakni faktor yang mempengaruhi minat baik dari sisi intern yang meliputi emosional ataupun faktor ekstern yang melingkupi dorongan dan juga sosial. (Baca:Kecerdasan Emosional dalam Psikologi)

Pentingnya minat dalam kehidupan seseorang dan mempunyai dampak yang besar atas perilaku dan sikap, apalagi jika minat dilihat sejak masih anak-anak.

baca juga:

Sponsors Link

Faktor yang Mempengaruhi  Terbentuknya Minat

Berikut beberapa faktor yang mempengaruhi lahirnya minat dari dalam diri seseorang, antara lain:

  1. Faktor Dorongan

Faktor dorongan merupakan faktor yang paling dekat dengan diri kita, dimana faktor tersebut memang timbul atau hadir dari diri kita sendiri. Faktor ini dianggap paling  penting karena tanpa adanya faktor ini, minat seperti apapun tidak akan pernah muncul ataupun diwujudkan. Contohnya ketika kita ingin meredakan stress maka kita akan melakukan kegiatan seperti jalan-jalan atau bermain. Hal ini muncul dari diri sendiri.

  1. Faktor Motif Sosial

Faktor motif sosial menjadi hal selanjutnya yang bisa mempengaruhi minat, faktor ini merupakan faktor  untuk melakukan suatu aktivitas agar dapat diterima dan diakui oleh lingkungannya. Minat ini semacam kompromi pihak individu dengan lingkungan sosialnya. Misalnya minat pada studi karena ingin mendapatkan penghargaan dari sekolah dan orang tua. (Baca: Fobia Sosial)

  1. Faktor Emosional

Faktor emosional hubungannya erat sekali dengan emosi, karena faktor ini termasuk yang kompleks dengan menyertai seseorang yang berhubungan dengan objek dan minatnya. Kesuksesan seseorang pada aktivitas disebabkan karena aktivitasnya tersebut menimbulkan perasaan suka ataupun puas, sedangkan jika kegagalan menghampiri maka mengurangi minat seseorang terhadap kegiatan yang bersangkutan. (Baca: Cara Mengendalikan Emosi Wanita)

Faktor yang Mempengaruhi  Minat Menurut Ahli

Sedangkan beberapa faktor yang dinilai dapat mempengaruhi minat menurut beberapa ahli psikologi diantaranya:

  1. Menurut Slameto

Faktor yang mempengaruhi minat menurut Slameto diantaranya adalah :

  • Faktor intern, dimana faktor jasmaniah seperti kesehatan serta cacat tubuh sedangkan faktor psikologis seperti perhatian, tertarik dan juga aktivitas. (Baca: Psikologi Diagnostik)
  • Faktor ekstern, dimana faktor keluarga seperti cara orangtua mendidik, suasana rumah, keadaan ekonomi keluarga, pengertian orangtua dan latar belakang kebudayaan atau seperti faktor sekolah seperti metode mengajar, kurikulum, relasi guru dengan siswa dan dispilin sekolah.

baca juga:

  1. Menurut Muhamad Surya

Minat bisa timbul dari diri siswa itu sendiri (jika yang dibicarakan adalah minat belajar siswa). Suasana lingkungan sekolah sangatlah berpengaruh pada minat, kemudian suasana lingkungan termasuk iklim, iklim ketika melakukan kegiatan dan faktor yang bersumber dari masyarakat atau lingkungan seperti keluarga. Selain itu, faktor lain yang bisa mempengaruhi minat yakni perhatian seseorang yang tercurah untuk satu hal yang disukai.

Baca:

Untuk dapat mengembangkan minat, kita terlebih dahulu untuk mengetahui minat apa yang sebenarnya kita miliki dan juga inginkan. Jangan terpengaruh oleh orang lain dan cobalah untuk menyiapkan strategi apa saja yang harus dipersiapkan untuk menghadapi sebuah tantangan ataupun kegagalan. Minat, bakat dan motivasi atau sejenis hal lainnya merupakan hal yang memiliki hubungan erat untuk dilakukan. Fakta ini membantu kita untuk bisa terus berkembang dengan adanya minat.

Demikian penjelasan beberapa Pengertian Minat Menurut Para Ahli.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :