Sponsors Link

17 Fakta Anak Bungsu Perempuan

Sponsors Link

Banyak hal yang dapat memebntuk kepribadian seseorang, mulai dari gender, lingkungan, bahkan hingga urutan kelahiran. Tanpa disadari, urutan kelahiran seseorang akan memperlihatkan karakteristik yang berbeda-beda satu sama lainnya. Misalnya saja anak sulung tentu akan memiliki sifat yang berbeda dengan anak bungsu, anak tengah, maupun anak tunggal. Kali ini akan dibahas lebih lanjut karakteristik anak bungsu.

ads

Anak bungsu, baik laki-laki maupun perempuan selalu identik dengan karakteristik yang manja, childish, lugu, dan sejenisnya. Kepribadian seperti ini rasanya tidak bisa dilepaskan dari anak-anak bungsu. Namun sebenarnya masih banyak fakta-fakta lainnya yang mungkin belum anda terlalu ketahui mengenai anak bungsu. Berikut ini beberapa fakta anak bungsu perempuan yang dapat anda ketahui. (baca juga: Fakta Kepribadian Anak Pertama)

1. Tingkahnya Yang Lovelable

Salah satu fakta yang mungkin banyak orang ketahui tentang anak bungsu perempuan adalah tingkah lakunya yang begitu loveable, dalam artian menyenangkan bagi orang-orang di sekitarnya.Meski belum ada bukti yang pasti, namun anak bungsi seringkali akan mendapatkan perhatian yang lebih entah itu dari keluarga atau pertemanannya. Bahkan sudah menjadi hal yang wajar jika anak bungsu, apalagi perempuan akan sering dimanja serta disayang di dalam anggota keluarganya. Selain itu, anak bungsu akan selalu menjadi sosok penghibur di dalam keluarganya. Sehingga mereka akan sering sekali diajak bercanda karena membuat suasana rumah menjadi lebih ceria. (baca juga: Macam Macam Sindrom Pada Manusia)

2. Manja

Sifat manja memang tidak pernah bisa lepas dari anak-anak bungsu, hal ini dikarenakan dirinya lahir paling akhir sehingga membuatnya menjadi perhatian dari anggota-anggota keluarga lainnya. Sehingga tidak heran jika perlakuan yang diberikan membuatnya senang dimanja dan diperhatikan. Meskipun tak semua anak bungsu perempuan bersifat manja, namun sudah menjadi kewajaran jika anak bungsu memiliki sikap manja asalkan jangan sampai merugikan orang lainnya. (baca juga: Cara Menghadapi orang Introvert)

3. Senang Mencari Perhatian

Fakta menarik lainnya mengenai anak bungsu perempuan adalah senang mencari perhatian. Dikarenakan sifat manja yang cenderung dimilikinya, maka dirinya juga sennag jika selalu diperhatikan oleh orang-orang di sekitarnya. Apalagi jika dalam masih usia anak-anak, anak bungsu perempuan akan senang melakukan berbagai hal. Dari hal-hal yang tidak merugikan orang lain, hingga merugikan dilakukannya karena ingin mendapatkan perhatian dari lingkungannya. (baca juga: Teori Belajar Menurut Para Ahli)

Namun seiring dengan bertambahnya usia, sifat seperti ini mungkin akan sedikit berkurang dari anak bungsu karena kedewasaan yang dimilikinya. Namun tetap saja terkadang ada saja yang masih memiliki keinginan mencari perhatian dari lingkungannya.

baca juga:

4. Selalu Berjiwa Muda 

Karena sellau menjadi yang paling kecil, tentu saja kondisi ini akan mempengaruhi dari pola pikir anak-anak bungsu. Karena tidak banyaknya tekanan serta harapan yang terlalu keras dari orang tua terkadang menjadikan pribadinya yang carefree. Sehingga hal ini membuat dirinya selalu berjiwa muda meskipun telah mencapai dewasa nantinya. (baca juga: Pengertian Persepsi Menurut Para Ahli)

5. Sikapnya Yang Terkadang Kekanak-Kanakan

Fakta menarik lainnya dari anak bungsu perempuan lainnya adalah sifatnya yang cenderung kekanak-kanakan. Hal ini dikarenakan kebiasannya yang menjadi pusat perhatian dari anggota keluarga lainnya sehingga setelah beranjak dewasa sekalipun tak jarang tetap membuatnya mendapat perlakuan layaknya anak kecil. Sehingga tak mengherankan jika sikapnya yang cenderung kurang terlalu bisa mandiri saat dewasa. (baca juga: Ciri-Ciri Anak Tunagrahita)


6. Mencari Keteladanan Dari Orang Lain Di Sekitarnya

Anak bungsu, baik laki-laki maupun perempuan akan berusaha untuk mencari keteladanan dari orang tua ataupun kakak-kakaknya. Sehingga mereka seringkali akan mencontoh perilaku lainnya yang dilakukan orang yang lebih tua darinya. Sehingga akan lebih baik jika kita sebagai yang lebih tua untuk selalu mencontohkan hal-hal positif pada yang lebih muda. (baca juga: Kecerdasan Interpersonal Menurut Para Ahli)

7. Bersifat Optimis

Meskipun tumbuh dengan kondisi yang selalu dimanja dan kekanak-kanakan, namun anak bungsu perempuan memiliki kelebihan yang mungkin tidak dimiliki oleh saudara nya yang lain yaitu sifat positif di dalam dirinya. Meskipun keras kepala, namun mereka memiliki keoptimisan yang mana membantunya untuk mencapai keberhasilan yang diinginkan. (baca juga: Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini)

8. Orang-Orang yang Tegar

Dibalik sifat manja yang dimilikinya, anak bungsu merupakan orang yang selalu beraharap jika orang di sekitarnya juga bahagia. Kebanyakan dari anak-anak bungsu perempuan adalah orang orang yang tegar. Mereka dapat merasa santai meskipun sedang menghadapi masalah yang berat sekalipun. Bahkan anak-anak bungsu juga lebih dapat meredam emosi meskipun ada yang membuatnya marah. Dibandingkan dengan kakak-kakak tertuanya, mereka dapat lebih bersabar dan tenang dalam menghadapi apapun. (baca juga: Gangguan Mental Pada Anak)

9. Mudah Dalam Bergaul

Karena kemampuan dalam mencari perhatian dari orang lain di sekitarnya, hal ini lah yang membuat anak bungsu mudah sekali membaur dalam pergaulan. Meskipun beberapa anak bungsu mungkin sulit bergaul dengan lingkungan di sekitarnya, namun kebanyakan anak-anak bungsu perempuan akan banyak memiliki teman di lingkungannya. (baca juga: Metode Penelitian Psikologi)

10. Paling Dekat Dengan Orang Tua

Sudah menjadi kewajaran jika anak bungsu merupakan orang yang paling dekat dengan orang tua, terutama anak bungsu perempuan. Karena mereka lahir yang paling terakhir di dalam keluarganya, maka mere pula lah yang akan terakhir kali meninggalkan rumah orang tuanya ketika saudara-saudara lainnya sudah menikah. Anak bungsu lah yang akan melihat hingga menemani pertambahan usia dari orang tua mereka, bahkan kebanyakan dari anak bungsu perempuan juga tidak segan untuk bermanjaan dengan orang tua. Karena hal ini membuat anak bungsu menjadi yang paling dekat dengan orang tua nya. (baca juga: Jenis Jenis Kepribadian)

11. Selalu Terbuka Dengan Ide-Ide Baru

Lahir sebagai anak terakhir, membuat anak-anak bungsu perempuan memiliki pemikiran yang lebih luas, sehingg kebanyakan dari mereka akan selalu terbuka serta tidak memiliki rasa takut untuk mencoba hal-hal baru. Sehingga kebanyakan anak bungsu memang lebih menyukai hal-hal yang berkaitan dengan petualangan atau pengalaman baru. Pola pikir nya yang out of the box membuat anak bungsu memang unik dan berbeda. (baca juga: Penyebab Kenakalan Anak)

12. Memiliki Jiwa Pemberani

Anak bungsu memang memiliki jiwa pemberantok yang kuat di dalam dirinya. Sifat keras kepala serta optimis yang dimilikinya ini membuatnya yakin dengan segala hal yang dilakukannya meskipun semuanya memiliki resikonya masing-masing. Keberanian yang dimilikinya ini juga didukung karena mereka lah penerus dari keluarganya sehingga ada sedikit tanggung jawab yang diberikan. (baca juga: Cara Meningkatkan Rasa Percaya Diri)

13. Sifatnya Cenderung Santai

Karena dirinya tidak dibebankan sesuatu hal yang muluk-muluk oleh orang tuanya, sehingga membuat pembawaan memang cenderung santai. Karena inilah yang akhirnya membuat kebanyakan anak bungsu disukai oleh orang lainnya di sekitarnya. (baca juga: Cara Membentuk Karakter Anak Usia Dini)

14. Memiliki Selera Pakaian Yang Modis

Dapat dikatakan jika selera berpakaian dari anak-anak bungsu memang terlihat lebih modis dan menarik meskipun dengan tampilan yang sederhana. Hal ini dikarenakan anak bungsu memiliki contoh yang baik dari kakak-kakaknya, sehingga dirinya akan bisa belajar serta memadupadankan ude yang kreatif di dalam fashion. Dengan adanya saran dari kakak-kakaknya membuat dirinya paham mengenai fashion-fashion terkini. Sehingga anak bungsu kebanyakan memang tidak ingin tampil sembarangan dan tampilannya selalu eye catching. 

baca juga:

15. Banyak Membuat Orang Terkesan Padanya

Karena anak bungsu perempuan seringkali dimanja serta dilindungi, kebanyakan dari anak-anak bungsu akan seringkali tumbuh menjadi orang dengan kepribadian yang disenangi oleh banyak orang. Anak bungsu perempuan memang sering menjadi pusat perhatian serta curahan kasih sayang dari orang tua dan saudara-saudaranya. Sehingga saat beranjak dewasa, anak bungsu akan tumbuh menjadi kepribadian yang ekstrovert dan membuat orang lain di sekitarnya terkesan padanya.  (baca juga: Cara Mengatasi Anak Yang Malas Belajar)

16. Bukan Tipikal Pengumbar Masalah Asmara

Di dalam menjalin sebuah hubungan asmara, tipikal anak bungsu memang cuek dan bukan tipikal orang yang senang mengumbar perhatian dan cinta. Namun meskipun begitu dirinya merupakan orang-orang yang penyayang. Hal ini dikarenakan karena sudah terbiasa dalam emnerima perhatian serta kasih sayang sehingga membuatnya sering acuh. Bukannya tidak sayang, namun anak bungsu perempuan memang tidak pandai saja dalam menunjukkan perasaannya saja. Sehingga terkadang membuat salah paham bagi pasangannya. (baca juga: Cara Menghilangkan Rasa Takut Yang Berlebihan)

17. Memiliki Rasa Humor Yang Tinggi

Anak bungsu perempuan memang dikenal dengan kemampuannya dalam menghibur serta mencairkan suasana di sekitarnya. Mereka seringkali membawa candaan serta tawa ke dalam rumah, mereka senang jika membuat semua anggota keluarga lainnya tersenyum. Sehingga tak heran hal ini akan terbawa terus hingga dirinya dewasa, menjadi anak bungsu perempuan memang menggemaskan dan tentunya lucu bagi orang-orang di sekitarnya. (baca juga: Cara Mendidik Anak Usia 2 Tahun)

Baca juga artikel psikologi lainnya:

Nah itu tadi beberapa fakta mengenai anak bungsu perempuan. Setiap anak, baik itu sulung, tengah, bungsu, maupun tunggal tentu saja memiliki karakteristik, kelebihan serta kekurangannya masing-masing yang menjadikan mereka berbeda. Semoga informasi diatas bermanfaat untuk anda.

Sponsors Link
, , , ,