Sponsors Link

29 Jenis Jenis Kepribadian Lengkap menurut Ahli

Sponsors Link

Setiap orang memiliki tipe kepribadiannya masing masing. Kepribadian merupakan sifat yang dinilai dari cara orang berinteraksi, cara pikir, cara bertindak, cara bereaksi dan lain sebagainya. Setiap kepribadian bisa dilihat dan memiliki pola sifat yang berbeda. Perbedaan setiap sifat ini bisa dipelajari dan memungkinkan orang untuk memiliki kepribadian yang sama. Setiap kepribadian memiiliki kelebihan dan kekurangan. Berikut ini akan dibahas mengenai jenis jenis kepribadian.

ads

a. Kepribadian Menurut Hipocrates

Hipocrates mengungkapkan ada 4 kepribadian yang mungkin dimiliki oleh manusia, diantaranya:

  1. Koleris

Manusia dengan kepribadian koleris memiliki kemampuan membuat keputusan dengan baik. Orang koleris mampu mengatur diri dan memiliki tujuan untuk masa depan dengan baik. Mereka juga orang yang produktif dan menyukai kebebasan dalam hidupnya. Koleris juga susah menyerah, mudah emosi, keras kepala, berkemauan keras terhadap pencapaian yang diinginkan.

  1. Melankolis

Orang dengan tipe kepribadian melankolis memiliki sifat yang perfeksionis, peduli dengan sekitar, sangat detail, berfikir analisis, dan suka diperhatikan. Seorang melankolis dikenal sangat cerdas dan cocok menjadi pengusaha. Mereka selalu berfokus pada proses daripada tujuan.

  1. Plegmatis

Plegmatis merupakan jenis kepribadian dimana seseorang yang memiliki sifat cinta damai dan netral dalam setiap situasi. Tipe ini tidak suka memihak pada salah satu kubu. Orang dengan tipe ini juga bisa menjadi pendengar yan gbaik, memiliki selera humor yang baik, mudah bergaul, memiliki teman yang banyak, dan tdak suka hal yang rumit. Tipe ini lebih cenderung biasa biasa saja dan kurang tertarik dengan hal baru.

  1. Sanguinis

Orang dengan kepribadian sanguinis  memiliki sifat yang mudah bergaul dengan orang lain, suka berbicara di depan publik, suka diperhatikan, dan cenderung mendominasi dalam kelompok. Namun tipe ini tidak suka menghadapi hal yang rumit, serius, egois, dan mudah lupa. Kurang memiliki komitmen untuk kepentingan bersama.

baca juga:

B. Kepribadian Menurut Carl Gustav

Selain Hipocrates, Ahli psikologi lainnya yaitu Carl Gustav juga mengungkapkan beberapa tipe kepribadian manusia, antara lain:

  1. Introvert

Kepribadian introvert merupakan tipe kepribadian yang berfokus pada diri sendiri dan lebih suka menyendiri. Mereka berkutat dengan pikiran dan dunia mereka sendiri. Orang dengan tipe introvert memiliki tingkat konsentrasi yang lebihtinggi, suka bercerita, sulit bersosialisasi, pemalu, dan mandiri.

  1. Ekstrovert

Orang yang memiliki tipe kepribadian ekstrovert cenderung menyukai kehidupan di luar. Orang ekstrovert suka berinteraksi dengan orang lain dan lebih terbuka. Mereka sangat pandai beradaptasi dengan lingkungan baru dan orang orang baru, suka bercerita, suka beraktivitas di luar, supel, mudah bekerja dalam kelompok, dan percaya diri tinggi. Tipe ini sangat aktif namun seringkali mendahulukan tindakan daripada pikiran.

  1. Ambivert

Tipe kepribadian ini memiliki perpaduan antara tiepe introvert dan ekstrovert. Orang ambivert menjalani kehidupannya lebih sembang karena dia tahu kapan akan menjadi tipe ekstrovert dan ketika dia menginginkan waktu untuk dirinya sendiri akan menjadi tipe introvert. Tipe kepribadian ambivert lebih fleksibel dan seimbang antara kepentingan diri sendiri dan kepentingan umum.

baca juga:


C. Kepribadian Menurut Florence Littauer

Seorang ahli psikologi lainnya yaitu Florence Littauer mencoba menggolongkan tipe kepribadian dengan menggunakan teori Hipocrates. Tipe Kepribadian itu antara lain:

1. Campuran Alami

Tipe kepribadian yang termasuk campuran alami ada 2 tipe, yaitu paduan antara kepribadian sanguinis-koleris, dan kepribadian melankolis-plegmatis.

  • Tipe kepribadian sanguinis-koleris

Manusia yang memiliki tipe kepribadian campuran ini adalah pribadi yang bisa menjadi motivator handal. Ia seringkali memberikan inspirasi bagi orang-orang disekitarnya. selain itu, ia juga seorang yang bisa menjadi pemimpin yang menyenangkan dan terbuka dengan berbagai pendapat bawahannya. Sangat supel, namun tetap memiliki wibawa yang tidak terkesan sombong. Fleksibel dan optimis adalah dua sifat yang biasa dimiliki tipe kepribadian ini.

  • Tipe Kepribadian Melankolis-Plegmatis

Mereka adalah tipe yang mampu menerima sesuatu dengan apa adanya. Dalam hal berteman, ia pun tidak memilih – milih dan termasuk pribadi yang loyal terhadap sahabatnya. Meskipun ia memiliki sifat santai, hidupnya penuh dengan keteraturan serta penuh dengan kedamaian. Dalam mencapai target, ia cenderung mementingkan proses ketimbang hasilnya. Dan mereka adalah orang yang berfikir bahwa dalam hidup penuh dengan pilihan, terserah bagaimana masing-masing memilih jalan hidupnya.

2. Campuran Pelengkap :

Tipe ini adalah tipe campuran koleris-melankolis serta sanguinis-phlegmatis. berikut penjelasannya.

  • Tipe kepribadian koleris-melankolis

Tipe campuran ini memiliki berbagai visi dan misi yang matang dan terstruktur. Seorang pemimpin yang fleksibel dan mengutamakan kepentingan bersama, mudah berbaur, dan memiliki potensi yang besar di dalam dirinya. Tidak mengharuskan semua harus berjalan sesuai dengan keinginannya.

  • Tipe Kepribadian Sanguinis-Phlegmatis

Merkea adalah tipe yang selalu bisa mencairkan suasana, sangat suka bercanda dan sangat susah apabila diajak serius. Akan selalu ada tawa sekalipun dia sedang serius. Easy going, motto hidupnya serius tapi santai, tidak neko-neko. Banyak mencari mereka apabila sedang bersedih. Ia sangat suka berkumpul dengan teman-temannya dibandingkan mengerjakan tugas yang penting.

3. Campuran Berlawanan: 

Terakhir adalah campuran yang bertolak belakang yaitu Sanguinis- melankolis dan koleris- plegmatis. Berikut penjelasannya:

  • Tipe Kepribadian Sanguinis-Melankolis

Orang dengan tipe kepribadian ini lebih sering mengutamakan perasaan pribadi mereka terlebih dahulu dibandingkan dengan orang-orang yang ada di sekitarnya. Oleh karena sifatnya, Ia menjadi pribadi yang lebih suka didengar dibandingkan menjadi pendengar. Tipe kepribadian melankolis-sanguinis merupakan teman yang cocok bagi pribadi yang satu ini.

  • Tipe Kepribadian Koleris-Plegmatis

Mereka adalah tipe yang suka belajar, dan cepat tanggap serta peka dengan berbagai peluang yang ada di sekitarnya. Sebagai pemimpin, ia seorang yang cekatan, ramah, dan mudah bergaul baik dengan kalangannya ataupun bawahannya. Namun, tipe ini cenderung pelupa dan cepat melupakan kejadian yang menurut orang lain adalah penting.

D. Kepribadian Menurut  John L. Holland

Berikut jenis kepribadian menurut John L. Holland, antara lain:

  1. Tipe Sosial

Jenis kepribadian ini menggambarkan seseorang yang sangat suka berinteraksi sosial dengan orang di sekitarnya. Orang dengan tipe ini supel, bertanggungjawab, peduli, menyukai kegiatan berkelompok.

  1. Tipe Realistik

Kepribadian ini menggambarkan seseorang yang berorientasi terhadap pekerjaan, ketrampilan fisik, dan kekuatan, nammun kurang pandai dalam berkata verbal. Tipe ini suka hal hal yang nyata dan kurang suka berimajinasi. Cocok untuk pekerja keras seperti petani, teknisi, dan lainnya.

  1. Tipe Konvensional

Tipe kepribadian ini memiliki kemampuan verbal, suka angka, dan memiliki tujuan yang jelas. Cocok untuk profesi seperti kasir, pegawai bank, dan lainnya.

  1. Tipe Intelektual

Orang dengan tipe ini memiliki minat pada akademis yang tinggi. Mereka suka mempelajari banyak hal, suka berfikir, beracu pada penyelesaian tugas, namun kurang bisa bersosialisasi.

  1. Tipe Artistik

Tipe kepribadian ini cenderung memiliki ketertarikan dengan hal yang berhubungan dengan seni, memiliki tingkat kreativitas tinggi, namun memiliki kemampuan bersosial yang cukup sulit.

  1. Tipe Wirausaha

Tipe kepribadian ini memiliki ketrampiland alam berkomunikasi, mempengaruhi orang lain, memiliki jiwa kepemimpinan, dan cenderung dominan. Cocok untuk profesi pedagang, pengusaha, dan lainnya.

baca juga:

E. Kepribadian Menurut Enneagram

Sementara itu menurut Enneagram, berikut beberapa jenis kepribadian yang ada di dalam diri manusia, antara lain:

  1. Reformer

Orang dengan kepribadian ini memiliki sifat rasional dan idealis. Mereka memiliki aturan dan prinsip hidup sendiri yang menurut mereka baik. Tipe ini berjiwa kuat dan mampu mempertahankan pemikirannya sendiri. Tipe ini juga selalu menganggap caranya benar dan ingin orang lain menggunakan caranya agar lebih baik.terkadang tipe ini terkesan perfeksionis dan kritis.

  1. Lover/ Giver/ Helper

Tipe kepribadian ini memiliki sifat yang peduli dengan orang lain dan sekitarnya. Orang dengan tipe ini memiliki empati yang tinggi, kesabaran, ketulusan, dan hati yang lembut. Tipe ini juga selalu bersemangat untuk membuat sekitarnya selalu bahagia. Namun terkadang juga bersifat sentimental dan selalu membawa perasaan.

  1. Achiever

Manusia dengan tipe kepribadian ini memiliki keinginan terhadap pencapaian pencapaian hidupnya. Pada umumnya mereka tipe yang memiliki tujuan jangka pendek dan jangka panjang dan memiliki rasa percaya diri yang tinggi. Tipe ini juga selalu bersemangat dalam mencapai tujuannya. Bisa dibilang cukup ambisius namun selalu terperinci dan terencana dalam memperoleh capaian yang diinginkan.

  1. Individualist

Tipe kepribadian ini bersifat romantis namun individualist. Pribadi ini memiliki jiwa seni yang tinggi, kreatif, namun suka menyendiri. Seorang individualist hanya berorientasi pada dirinya sendiri dan kurang bisa bersosialisasi.

  1. Thinker

Jenis kepribadian ini memiliki sifat suka berfikir, selalu ingin tahu, dan suka belajar. Mereka menganggap hal yang rumit sebagai suatu tantangan yang menarik, dapat berfokus selama berkonsentrasi, memiliki kemampuan untuk menciptakan sesuatu, dan selalu banyak ide, inovatif. Tipe ini suka menyendiri, cara bicaranya berisi pengetahuan, dan sering dianggap orang yang membosankan.

  1. Security Seeker/ Pessimist

Security seeker adalah tipe kepribadian yang bersifat pekerja keras namun kerap pesimis. Tipe ini kurang suka tantangan dan lebih memiliki aman dan normal. Mereka juga memiliki kesulitan dalam menentukan sesuatu. Orang dengan tipe ini memiliki rasa tanggungjawab yan gtinggi, namun kurang percaya diri, kurang kreatif, dan terlalu banyak hal yang dikhawatirkan.

  1. Adventurer

Tipe kepribadian adventurer ini memiliki sifat yang terbuka dengan orang lain. Tipe ini suka dengan jadwal yang sibuk dan banyak kegiatan. Memiliki rasa percaya diri dan mandiri, penuh semangat, selalu optimis, ddan suka berpetualang. Orang dengan kepribadian adventurer memiliki konsentrasi dan kesabaran yang lebih.

  1. Leader

Manusia dengan tipe kepribadian leader memiliki sifat yang percaya diri, optimis, bersemangat, memiliki pengaruh besar, mampu mendominasi, tidak suka basa basi, setiap omongannya memiliki tujuan. Mereka juga peduli terhadap orang disekitarnya dan bertindak berdasarkan kepentingan bersama.

  1. Peacemaker

Orang dengan jenis kepribadian ini memiliki rasa cinta damai, tidak suka keributan. Menyukai ketenangan, perdamaian, dan kondisi yang akur, toleran. Dalam hidupnya sabar dan selalu mengamati kepentingan bersama.

baca juga:


F. Kepribadian Menurut Myers- Briggs Type Indicator (MBTI)

Terakhir, ada tipe kepribadian MBTI secara garis besar, diantaranya:

  1. Extraversion (E) – Introversion (I)

Indikator ini mengindikasikan respon seseorang dalam interaksi dengan lingkungannya. Ekstravert memiliki minat terhadap interaksi sosial sedangkan introvert lebih suka berkreasi saat sendiri. Hal ini memunculkan tipe kepribadian dimana seseorang tampak aktif dalam lingkungan sosial dan kreatif ketika sendiri.

  1. Sensing (S) – Intuition (N)

Indikator ini menggambarkan karakter manusia dalam mengumpulkan informasi dari luar. Mereka memiliki sensing dalam melihat hal nyata dengan indera dan berorientasi pada detail fakta. Sedangkan N lebih menilai informasi pada kemungkinan atau prediksi dan juga senang berfikir abstrak.

  1. Thinking (T) – Feeling (F)

Indikator ini menggambarkan seseorang dalam mengambil keputusan dari informasi yang didapatkan. Pemikiran ditentukan oleh fakta informasi. Sedangkan indikator perasa akan lebih mengutamakan emosi dalam menentukan sesuatu.

  1. Judging (J) – Perceiving (P)

Indikator ini berbicara mengenai sikap individu pada lingkungan luar. Orang tipe J akan tegas dalam melakukan sesuatu atau mengambil keputusan sedangkan tipe P lebih bersifat fleksibel.

Myers- briggs mengembangkan teorinya dengan memadupadankan tipe indikator tersebut.

Baca juga:

Demikian jenis jenis kepribadian menurut beberapa ahli. Mereka membedakan nama atau jenis kepribadian berdasarkan beberapa hal dan dari sudut pandang yang berbeda. Namun, pada dasarnya tipe keripadian manusia tetaplah sama yaitu dilihat dari cara berperilaku, berfikir, berinteraksi sosial. Setelah mengetahui tipe kepribadian ini, maka seseorang bisa melihat dan menilai dirinya apakah ada hal yang kurang dalam dirinya dan mampu merubah kepribadiannya menjadi lebih baik.

Sponsors Link
, , , ,




Oleh :