Sponsors Link

15 Cara Mengatasi Rasa Bosan dan Jenuh

Sponsors Link

Sebagai seorang manusia yang terus bergerak. Mungkin anda akan mengalami hal yang sesekali dianggap berulang dan dilakukan terus menerus dalam waktu yang sama. Hal seperti ini menimbulkan rasa jenuh dan juga bosan yang semakin meningkat semakin lama. Karena hal itu juga banyak orang yang berusaha  untuk bisa menyegarkan diri dan pikiran dari rasa bosan.

ads

Definisi bosan sendiri apa sih? Keadaan dimana pikiran menginginkan perubahan atau hal lain, mendambakan sesuatu yang baru, dan menginginkan berhentinya rutinitas hidup dan keadaan yang monoton dari waktu ke waktu untuk mendapatkan penyegaran.

baca juga:

Berikut ini 15 cara yang tepat untuk menghilangkan rasa kebosanan adalah :

1. Olahraga

Bosan sering melanda ? Hilangkan dengan hal positif salah satunya adalah berolahraga. Tidak pernah olahraga bisa menyebabkan badanmu lemas dan malas untuk melakukan berbagai aktifotas dan berakhir dengan rasa bosan. Bukan berarti diam saja atau istirahat saja enak loh, tak jarang oranng justru merasa kesal dan emosi jika diam saja tidak memiliki kegiatan.

Anda yang jarang berolahraga sebaiknya mulai dari sekarang melakukan aktivitas olahraga. Meskipun hanya lari di pagi hari mengitari kampus maupun di sore hari cukup mengubah suasana.

2. Ubah Posisi

Bosan juga bisa terjadi kepada kamu yang sudah jenuh dengan posisi meja belajar atau meja kerja yang itu itu saja. Agar terdapat variasi cobalah sesekali mengganti tata letaknya. Fungsinya adalah agar suasana kerja atau belajar berbeda dari biasanya sehingga dapat meningkatkan kinerja kamu.

3. Travelling

Travelling ke tempat tempat yang anda senangi seperti gunung, pantai, atau tempat bersejarah bisa memunculkan ide ide yang tidak pernah kamu pikirkan sebelumnya. Ide ide yang dapat mengubah polamu kegiatanmu menjadi lebih menarik. Selain itu siapa sih yang tidak suka travelling, apalagi kebutuhan liburan memang dibutuhkan oleh mereka yang memiliki mobilitas tinggi.

baca juga:

4. Tidur

Tidur merupakan cara menghilangkan kebosanan dengan murah dan mudah, dan mungkin yang paling sering dilakukan oleh semua orang. Terutama jika kebosanan terjadi jika anda terlalu sering atau berulang melakukan kegiatan dengan padat. Setidaknya tidur menghilangkan rasa bosan dan membuat tubuh dan otak dapat beristirahat sejenak dari segala hal yang membuat kita jenuh dan bosan.

5. Lakukan Hobi

Hobi ialah hal yang tepat untuk kita lakukan dimanapun dan kapanpun, apalagi jika hobinya simpel dan mudah. Hobi identik dengan hal-hal yang disukai dan tentunya menyenangkan karena tentu aja hal yang disukai. Sebagai contoh admin yang hobi komputer. untuk itu admin mempelajari berbagai software yang admin temukan. Selain itu hobi akan menjadi sangat berguna ketika kita dilanda kebosanan dengan catatan hobinya yang positif dan tak jarang menghasilkan keuntungan.


6. Meditasi

Menyendiri terkadang memang perlu. Mengapa? Karena akan membuatmu sejenak berpikir mengapa kamu bisa bosan, apa yang harus kamu lakukan, apa yang salah dari rutinitasmu. Hal ini bisa jadi sekaligus instropeksi terhadap dirimu sendiri. Menyendiri bukan berarti untuk melamunkan sesuatu, tetapi kamu memang butuh waktu untuk sendiri.

Baca:


Meditasi merupakan salah satu kegiatan positif yang paling bisa dilakukan ketika mengalami kebosanan. Selain merubah kepribadian, maka meditasi juga bisa merefresh otak dan menyegarkan kegiatan setiap saatnya. Meditasi merupakan kegiatan yang harus dilakukan oleh tempat sepi atau tempat yang bisa menenangkan diri. Biasanya meditasi ini diselipkan di kegiatan rohani atau tempat yoga.

7. Mengubah suasana kamar

Sesekali mengubah suasana kamar memang perlu bahkan butuh. Apakah anda tidak bosan dengan posisi seperti itu itu saja ? Selain bosan anda juga tidak bisa menjangkau daerah agar bisa dibersihkan. Caranya agar anda tidak cepat bosan, setiap beberapa waktu sekali bisa di atur ulang suasana kamar anda. Selain dapat meningkatkan kinerjamu, juga menambah rasa nyaman atau bahkan bisa menemukan suasana yang pas. Terutama kamar anak-anak yang mudah merasa bosan.

Baca:

8. Kuliner

Kuliner alias makan merupakan cara yang mudah untuk meninggalkan kebosanan. Kuliner merupakan cara baru masyarakat modern dalam menikmati uang dan waktu mereka. Selain itu, anda juga memiliki kepuasan tersendiri dengan wisata atau kuliner. Kebosanan juga jadi hilang tanpa terasa. Tidak ada salahnya untuk mencoba kuliner yang baru, selain menambah wawasan dan pengalaman bisa jadi menambah daftar referensi kuliner kamu.

9. Ngobrol

Percaya atau tidak mengobrol merupakan kegiatan yang paling gampang menghabiskan waktu dan juga kegiatan yang paling tidak terasa bahwa kebosanan kita hilang. Manusia sangat senang berbicara dan saling mendengarkan, sehingga jika anda bosan cobalah untuk mengobrol dengan orang lain yang bisa memiliki pembicaraan searah dengan anda. Selain itu, percaya atau tidak dengan ngobrol anda mungkin bisa menerima info negatif atau positif tergantung keinginan anda. Coba untuk ambil sisi positif jangan negatif saja.

Baca:

10. Ubah kegiatan

Bagaimana kita tidak bosan jika anda tidak mengubah jenis kegiatan yang dilakukan. Mungkin untuk kegiatan mendasar anda tidak bisa mengubahnya, namun jika bukan hal yang berkewajiban ? anda tentu bisa mengubahnya kan ? misalnya biasanya anda membeli gas di toko A, kemudiana anda bisa merubah kebiasaan untuk membeli gas di toko D yang agak jauh. Namun anda bisa sambil berjalan-jalan atau menikmati udara pagi dengan naik sepeda. Hal lain yang kcil seperti ini tidak terasa atau terlihat. Namun faktanya bisa merubah kebiasaan anda dan rasa bosan anda.

Baca :

11. Aktivitas Rohani

Aktifitas Rohani bisa membantu menghilangkan rasa bosan dengan bermanfaat dan positif. Aktifitas disini maksudnya adalah beribadah. Bagi yang beragama islam, waktu-waktu luang bisa kita manfaatkan untuk sholat dan berzikir atau membaca al-quran. gunakan waktu luang kita untuk mendekatkan diri kepada tuhan. bukan hanya bosan hilang, kitapun juga akan dapat pahala dari Allah SWT. Selain itu kita bisa meningkatkan keimanan kita dengan sangat baik.

12. Sosialisasi

Dari penyebab-penyebab rasa bosan diatas. ada satu penyebab mengapa orang begitu cepat merasakan bosan dan jenuh. yaitu ketika sedang sendirian, menjadikan anti sosial bukanlah hal yang baik karena terasing dan tidak mengetahui bagaimana cara berteman dan mengobrol sehingga tidak ada kegiatan untuk menghabiskan waktu bersama. Anda sendiri bisa dikira egois dan juga tidak suka diganggu. Artinya, manusia tidak bisa hidup tanpa orang lain. untuk itu, saat kita bosan cobalah ajak bicara orang lain, bila memang tidak ada seorang pun yang dapat diajak bicara. kita dapat melakukan telpon, chat dan semisalnya. intinya jangan menutup diri.

Baca :

13. Taklukan Tantangan

Menaklukan bosan cocok untuk anda yang mudah merasa jenuh jika mengalami hal yang membutuhkan tantangan atau hal yang bisa dikalahkan oleh mereka. Terutama jika anda memiliki mobilitas dan ambisi yang tinggi, maka menaklukan tantangan menjadi hal penting yang bisa dilakukan.

14. Membaca

Bagi sebagian orang membaca merupakan hal yang justru membosankan. Namun, bagi beberapa orang membaca juga dapat menghilangkan bosan yang kita rasakan. Apalagi jika membaca cerita yang disuka atau membaca cerita yang disenangi. Buku atau artikel yang dapat menghilangkan bosan antaranya yang bersifat lucu, komik dan semisalnya namun tetap memberikan feedback yang positif.

15. Jangan Berbuat Onar

Terakhir anda bisa menghilangkan kebosanan dengan cara apapun. Namun perlu diketahui bahwa untuk menghilangkan kebosanan dan menarik perhatian banyak orang seringkali dengan cara yang salah, seperti membuat onar dan lainnya. Terutama mereka yang masih remaja, membuat onar dan jahil mungkin bisa menjadi salah satu yang paling sering dilakukan untuk menghilangkan kebosanan.

Baca :

Padahal dengan seperti itu banyak orang yang mengalami kerugian. Sehingga baiknya dihindarkan dan jangan dibiasakan untuk menghilangkan kebosanan dengan berbuat onar.

Kadang kita merasa bosan dan jenuh menjalani sebuah aktivitas. ini dikarenakan kita tidak mencintai aktivitas yang kita lakukan, kadang ada kata “terpaksa” untuk melakukannya. dengan mencintai aktivitas yang dilakukan, itu artinya kita nyaman dan ikhlas dalam menjalani aktivitas dalam kehidupan kita. Dengan mencintai aktivitas yang dilakukan berarti kita mampu mengatasi rasa bosan.

Sponsors Link
, , , ,