Sponsors Link

17 Cara Menghilangkan Beban Pikiran Mudah dan Cepat

Sponsors Link

Setiap orang pasti memiliki banyak bebean di pikiran. Bebean pikiran bisa berasal dari mana saja. Beban pikiran ini disebut juga stres atau efek dari tekanan yang diberikan dari luar. Beban pikiran bisa datang dari masalah dalam pekerjaan, keluarga, maupun lingkungan. Untuk bisa terus melangkah kedepan menghadapi hari hari dengan penuh semangat, segala bentuk stres atau beban pikiran haruslah dihilangkan dengan segera. manusia memiliki batasan kemampuan untuk berfikir ataupun menerima tekanan dari luar, sehingga cara untuk menghilangkan beban pikiran ini akan memberikan pengetahuan pada semuanya bagaimana cara untuk merefresh pikiran dan menjauhi stres berlebih. Adapun cara menghilangkan beban pikiran yang dapat dilakukan dengan mudah oleh siapapun, akan dibahas dalam artikel berikut ini:

ads
  1. Tersenyum

Tersenyum merupakan hal yang dianggap sepele namun sulit untuk dilakukan. Senyum dalam dunia kesehatan diakui dapat meningkatkan mood dan menurunkan stres. Tidak ada orang yang bisa tersenyum, namun tanpa dibarengi perasaan yang bahagia atau ringan. Dengan banyak tersenyum, hati kita juga akan bahagia dan beban pikiran menjadi ringan dan stres berkurang. Tersenyum menstimulasi perasaan untuk bahagia. Oleh karena itu, jadilah orang orang yang murah senyum. Senyum membawa hari hari Anda tampak lebih menyenangkan.

  1. Bermain Games

Cara lainnya untuk menghilangkan beban pikiran adalah dengan metode distraksi. Metode distraksi atau pengalihan perhatian bisa dilakukan dengan bermain games. Permainan dalam games yang seru dapat mengalihkan pikiran Anda dan melupakan sejenak masalah masalah atau beban pikiran yang ada. Setelah pengalihan pikiran dengan bermain games ini, Anda akan bisa berfikir lebih tenang dan lebih jernih kembali untuk mengatasi masalah Anda. Games menyediakan gambar yang penuh warna, alur permainan yang menegangkan, disertai background musik yang menyesuaikan. Hal ini menjadi cara menarik untuk mengembalikan pikiran jernih Anda.

baca juga:

  1. Nonton Film

Metode distraksi lainnya yaitu dengan menonton film atau menonton acara TV. Gambaran visual yang memberikan lakon cerita, membawa pikiran Anda menuju situasi lain yang berbeda dan sejenak menghilangkan beban pikiran Anda. Tontonan yang lucu juga sangat disarankan. Tontonan yang lucu dapat menstimulus Anda untuk tertawa lepas dan meningkatkan mood Anda kembali. Tertawa terbahak bahak atau tertawa lepas juga memicu pengeluaran hormon anti stres dalam tubuh sehingga, stres dapat berkurang dan pikiran Anda menjadi lebih ringan.

  1. Minum Teh

Teh mengandung zat yang dapat menenangkan tubuh. Zat yang terkandung dalam teh ini mampu membuat tubuh menjadi lebih rileks sehingga berfungsi juga untuk menentramkan pikiran dan menghilangkan stress. Minum teh yang disarankan untuk rileksasi adalah teh hangat. Efek minuman hangat juga menstimulasi tubuh Anda untuk lebih rileks lagi. Metode relaksasi secara fisik yang melibatkan ramuan herbal juga memberikan kesempatan pada tubuh Anda untuk meningkatkan kerja fungsinya.

  1. Mendengarkan Musik

Musik juga merupakan salah satu terapi penghilang stres dan beban pikiran loh. Lantunan musik membuat pikiran menjadi lebih rileks dan menyenangkan. Apalagi jika musik yang didengarkan merupakan musik yang penuh kenangan indah dan menjadi favorit, hal ini memicu rasa senang dan mengembalikan mood. Dengan mendengarkan musik, beban pikiran menjadi lebih ringan dan dapat berfikir lebih positif lagi. Berdasarkan penelitian, musik dengan tempo lamban dan mendayu dayu dapat membantu merilekskan tubuh dan juga sebagai terapi rileksasi. Selain untuk mengurangi stres, juga banyak bermanfaat untuk memaksimalkan kerja tubuh manusia.

baca juga:

Sponsors Link

  1. Bermain Alat Musik

Selain mendengarkan musik, bermain alat musik juga mampu menghilangkan beban pikiran. Apabila Anda jenuh dengan berbagai kesibukan, pekerjaan, urusan rumah tangga, ataupun masalah masalah dalah kehidupan sehari hari lainnya. Bermain musik mengalihkan pikiran Anda dan membuatnya lebih menyenangkan. Stress pikiran akan hilang dan mood baik meningkat. bermain alat musik mengalihkan perhatian Anda dari beban pikiran menjadi pengalaman yang menyenangkan. alunan musik yang dikeluarkan juga memberikan ketenangan.

  1. Menggunakan Aromaterapi

Salah satu terapi menghilangkan stres lainnya yaitu dengan membuat tubu menjadi lebih rileks. Caranya yaitu dengan aromaterapi. Bau bauan harum dari aromaterapi membantu tubuh Anda menjadi lebih rileks dan tenang. Stress kemudian hilang dan pikiran Anda menjadi jernih dan lebih positif. Aromaterapi juga membantu istirahat Anda menjadi lebih cepat dan lebih nyaman sehingga tubuh dapat kembali aktif keesokan harinya secara maksimal. Gunakan aromaterapi sesuai dengan bau favorit Anda. Gunakan aromaterapi menjelang waktu tidur Anda sehingga tidur Anda menjadi optimal dan berkualitas.

  1. Istirahat tidur

Tidur cukup sangat diperlukan oleh tubuh. Tubuh manusia tidak bisa terus menerus digunakan untuk bekerja, namun perlu waktu untuk isitarah secara cukup. Istirahat tidur yang cukup yaitu tidur yang restoratif. Artinya istirahat tidur yang mampu mengembalikan fungsi kerja tubuh secara maksimal dan merevitalisasi kinerja organ organnya. Istirahat yang cukup membantu tubuh untuk rileks dan juga menghilangkan stress. Ketika mendapatkan tidur yang berkualitas, maka ketika bangun badan dan pikiran akan terasa segar kembali dan siap menjalani rutinitas.

ads
  1. Curhat atau berbincang dengan orang lain

Beberapa orang merasa lebih nyaman ketika apa yang dipikirkannya dapat tersampaikan kepada orang lain. Memang benar, salah satu cara menghilangkan stres pikiran yaitu dengan mengeluarkan atau meluapkan isi pikiran itu sendiri. Caranya dengan menceritakan apa yang menjadi beban pikiran Anda pada orang lain atau orang terdekat. Hal ini juga dapat memberikan manfaat baik lainnya yaitu orang yang Anda ajak bicara bisa memberikan solusi yang Anda butuhkan. Beberapa masukan dari lawan bicara juga akan membantu menenangkan dan menentramkan pikiran Anda. Beban pikiran menjadi terpecah atau dibagai dan tidak hanya menjadi milik Anda sendiri.

baca juga:

  1. Menulis perasaan

Cara lainnya adalah dengan menuliskan beban pikiran dan perasaan pada buku diary. Jika Anda tidak suka orang lain mengetahui beban pikiran yang Anda rasakan, Anda bisa menuliskannya pada buku sebagai media penyaluran rasa stress atau tekanan. Dengan begitu, beban pikiran Anda akan sedikit berkurang. Menulis perasaan juga dinyatakan oleh banyak penelitian dapat menurunkan tingkat stres seseorang dan juga menurunkan tingkat insomnia.

  1. Olahraga

Olahraga adalah cara sehat untuk menghilangkan beban pikiran Anda. Selain menghilangkan stres, tubuh juga menjadi lebih bugar, kerja organ tubuh lebh maksimal, dan mood menjadi lebih baik. Cara ini merupakan cara menghilangkan beban pikiran yan gpaling banyak bermanfaat pada tubuh. Olahraga yang bisa Anda lakukan terkait dengan menghilangkan beban pikiran adalah seperti yoga, berlari, senam, pilates, dan lainnya.

  1. Berlibur

Jika Anda suka berpergian, sempatkanlah waktu libur Anda untuk digunakan berlibur bersama keluarga atau teman dekat. Berlibur merupakan cara untuk sejenak melupakan kesibukan atau tekanan yang ada dalam dunia kerja. Pergi sejenak untuk berlibur dapat merefresh kembali otak dan pikiran Anda sehingga akan lebih bersemangat ketika kembali bekerja. Tempat berlibur yang paling direkomendasikan untuk menghilangkan stres adalah ke pantai. suasana pantai yang menyejukkan dengan pemandangan mengarah ke laut lepas yang luas memberikan pikiran Anda kebebasan.

baca juga:

  1. Makan coklat

Coklat diakui banyak orang mampu meningkatkan mood. Ya, coklat juga mengandung glukosa yang memberikan energi untuk tubuh sehingga mood Anda menjadi lebih baik. Dengan mood yang baik, semua tekanan penyebab stres akan bisa Anda lalui dengan pikiran positif. namun terlalu banyak makan coklat juga tidak terlalu bagus untuk tubuh, sehingga Anda harus mengetahui batasannya.

  1. Pijat

Ketika Anda sudah terlalu lelah dengan rutinitas dan juga beban pikiran yang banyak. Gunakan waktu Anda untuk memanjakan tubuh sejenak. Massage, atau pijat tubuh mampu memperlancar aliran darah pada tubuh, menghilangkan rasa letih, dan pikiran pun juga menjadi lebih rileks.

  1. Beribadah

Beribadah merupakan cara wajib yang tidak boleh terlupa oleh siapapun. Seletiih apapun dan sebanyak apapun beban pikiran Anda, Anda harus tetap kembali pada sang pencipta dan bersyukur. Bersyukur disertaid engan ibadah dapat membuat hati menjadi tenang, pikiran menjadi lapang, tubuh menjadi lebih ringan, dan pikiran juga semakin positif.

  1. Meditasi

Meditasi merupakan cara untuk menghilangkan beban pikiran dengan merilekskan tubuh sejenak, mengindari keramaian atau kegaduhan, mengatur nafas dengan baik, dan mengosongkan pikiran sejenak. Hal ini membantu tubuh Anda untuk menciptakan sirkulasi yanglebih lancar dan tubuh menjadi lebih rileks. Meditasi perlu dilatih dan juga memerlukan konsentrasi agar beban pikiran dapat dihilangkan dengan cepat.

  1. Bernyanyi

Bernyanyi adalah hal yang paling banyak dilakukan oleh semua orang. Cara ini, bisa Anda lakukan kapan saja, bahkan ketika bekerja pun Anda masih bisa menggumamkan nada nada kesukaan. Anda juga bisa meluangkan waktu sejenak untuk berkaraoke dengan teman teman lainnya untuk melepas stres.

baca juga:

Cara cara diatas, merupakan 17 cara menghilangkan beban pikiran yang cukup efektif. Anda bisa menggunakan cara yang manapun sesuai dengan kebutuhan Anda. Beberapa cara perlu diperhatikan dan perlu diterapkan seperti istirahat cukup. Istirahat atau tidur yang cukup merup[akan hal mutlak untuk mengembalikan kinerja tubuh dan menghilangkan stres atau beban pikiran. Selain itu Anda juga harus menyuplai tubuh Anda dengan makanan makanan yang bergisi seperti sayuran dan buah buahan. Jangan lupa juga untuk banyak minum air putih, sehingga tubuh Anda dapat menyokong aktivitas berat dan juga beban pikiran Anda dalam kegiatan sehari hari dengan optimal.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :