Sponsors Link

Kecerdasan Linguistik – Pengertian – Karakteristik

Sponsors Link

Dalam ilmu psikologi, kecerdasan terbagi menjadi banyak bagian, dan juga porsi. Dimana kecerdasan tidak hanya dilihat dari satu sisi saja melainkan dari banyak sudut pandang. Hal inipun yang membuat manusia tidak bisa menyamakan setiap individu, ada mereka yang pintar dalam berteori namun tidak pada lapangan. Tak jarang orang memiliki kecerdasan yang multiple atau ganda, yang  mungkin sering anda lihat seseorang yang bisa melakukan banyak hal. (Baca: Peran Keluarga Dalam Pendidikan Anak)

ads

Untuk itu, adanya pembelajaran mengenai kecerdasan yang berbeda diharapkan dimengerti oleh semua kalangan dan khususnya para orang tua untuk anaknya, bahwa semua memiliki porsinya masing-masing dan tidak bisa dipaksakan atau dibandingkan. Salah satunya adalah kecerdasan yang disebut kecerdasan linguistik.

baca juga:

Apa pengertiannya dan seperti apa penerapannya dalam keadaan sehari-hari, artikel ini akan membahasnya:

Pengertian

Pengertian dari kecerdasan linguistik adalah kemampuan seseorang atau individu dalam mengolah serta menggunakan kata dengan sangat baik, dilihat dari lisan ataupun tulisan. Kecerdasan ini melingkupi penguasaan kata yang matang, suara dan ritme yang sangat jelas dan tenang serta intonasi yang diucapkan sangatlah baik.

Urutan kata yang mereka ucapkan atau mereka rangkum-pun memiliki makna yang lengkap dan tentu membuat individu lainnya mudah memahami. Termasuk kemampuan untuk mengerti kekuatan kata dan menyampaikan informasi serta mengubah kondisi pikiran milik orang lain. Kecerdasan linguistik dalam dunia psikologi sering disebut “word smart”. (baca juga: Kecerdasan Kinestetik)

Kecerdasan ini merupakan 1 diantara 7 tipe kecerdasan yang ada di dalam tubuh manusia. Kecerdasan linguistik dianggap penting dan juga vital, mereka yang memiliki kecerdasan ini termasuk golongan yang spesial. Mengingat, bahasa atau penyampaian kata merupakan hal yang dibutuhkan manusia untuk bisa berkomunikasi dengan yang lainnya dan membangun lingkungan yang baik. (baca juga: Tahap Perkembangan Kepribadian)

Jika personal tersebut memiliki kecerdasan linguistik, itu mengartikan bahwa individu tersebut telah berhasil duduk manis diantara lingkungannya yang baik dan memiliki komunikasi yang baik dengan orang lain juga. Tak jarang mereka yang memiliki kecerdasan ini dianggap berwibawa dan disegani banyak orang. Namun kembali lagi pada dasar kecerdasan bahwa setiap manusia memiliki kelemahan serta kelebihan yang termasuk kecerdasan masing-masing.

Baca:

Sponsors Link

Karakteristik

Untuk mengenal lebih baik lagi mengenai kecerdasan linguistik, berikut ini ada karakteristik dari individu yang memiliki word smart :

  1. Mereka yang memiliki kecerdasan linguistik memiliki kelebihan dalam menguasai bahasa lainnya selain bahasa ibu atau bahasa yang biasa dipergunakan sehari-hari. Mereka yang pintar dalam mengolah kata tentu memiliki perbendaharaan kata yang sangat banyak. (baca juga: Ciri-ciri Bipolar Disorder)
  2. Individu yang memiliki kecerdasan linguistik memiliki karakteristik belajar menggunakan media membaca, dan menulis. Sedangkan untuk mengasah mereka menggunakan metode diskusi ataupun menyimak pembicaraan dan penjelasan orang lain. (baca juga: Terapi Perilaku Kognitif)
  3. Membaca secara efektif dan memahami serta dapat meringkas yang yang telah mereka baca. Tak hanya itu saja, mereka bisa kembali menerangkan dan menafsirkan apa yang telah mereka baca dan menjelaskannya secara rinci dan detail kepada orang lain. (baca juga: Pengertian Minat Menurut Para Ahli)
  4. Menirukan suara, bahasa serta membaca dan menulis dari orang lain. Terutama jika mereka ingin menjadi profesi tertentu yang membutuhkan kecerdasan linguistik.
  5. Mendengar dan merespon setiap suara, ritme dan warna suara serta ungkapan kata dari orang lain dengan benar dan efisien. (baca juga: Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini)
  6. Berbicara efektif kepada pendengar, dimana mereka tidak menggunakan kata yang berbelit-belit atau sulit dimengerti serta menjelaskan dengan bahasa yang sederhana dan disesuaikan dengan pendengar. Individu yang memiliki kecerdasan linguistik juga bisa fasih namun bergairah di waktu yang tepat dan benar.
  7. Dapat menilai ejaan dan juga aturan tata bahasa, serta penggunaan bahasa yang benar dan juga teliti. Serta tidak sembarangan dalam menggunakan kata untuk berbicara sehari-hari. (baca juga: Akibat Depresi Kepanjangan)
  8. Menciptakan bentuk bahasa baru yang mungkin menjadi komunikasi yang akan diikuti oleh orang lain, ataupun karya yang dituangkan kedalam buku sehingga dinikmati tulisannya oleh orang lain. Hal ini cukup banyak dilakukan oleh mereka yang memiliki kecerdasan linguistik secara tulisan dan kurang apik dalam hal lisan.

Baca:

Kemampuan

Terdapat beberapa kemampuan dari kecerdasan linguistik yang dimiliki oleh manusia menurut beberapa ahli, diantaranya:

1. C Utami Munandar

Adapun kemampuan yang bisa ditunjukan oleh mereka yang memiliki kelebihan kecerdasan linguistic menurut seorang ahli yakni S.C. Utami Munandar adalah :

  • Kemampuan untuk berfikir secara abstrak dan tidak terstruktur, namun juga bisa berpikir secara terstruktur.
  • Kemampuan untuk menangkap adanya hubungan-hubungan dan untuk belajar. (baca juga: Prospek Kerja Lulusan Psikologi)
  • Kemampuan yang lebih menonjol dibanding kecerdasan lainnya, dimana kecerdasan linguistik membuat seseorang mudah beradaptasi dan menyesuaikan diri dengan lingkungan baru. (baca juga: Ciri-ciri Anak Hiperaktif)

2. Carl Whitherrington

Sedangkan kemampuan yang bisa ditunjukan oleh mereka yang memiliki kelebihan kecerdasan linguistic menurut Carl Whitherrington adalah :

  • Fasilitas dalam menggunakan angka serta bilangan.
  • Efisiensi penggunaan kata dan bahasa. (baca juga: Hakikat Manusia dalam Prespektif Psikologi)
  • Kecepatan untuk melakukan pengamatan.
  • Fasilitas dalam mengingat atau memorizing.
  • Fasilitas untuk memahami hubungan. (baca juga: Penyebab Kenakalan Anak)
  • Serta, seringkali menghayal dan mengimajinasikan berbagai hal.

Baca:

ads

Peranan Kecerdasan Linguistik Sehari-Hari

Setelah penjelasan panjang, terakhir yakni contoh peranan kecerdasan linguistik yang biasa dilakukan individu sehari-hari. Baik anak-anak maupun orang dewasa.

  • Untuk anak-anak, kecerdasan linguistik akan mempengaruhi kepribadiannya. Biasanya mereka menjadi lebih cerewet namun juga kritis. Anak-anak lebih senang bercerita dan menyatakan mereka tidak mengerti akan suatu hal dan menanyakannya. (baca juga: Kognitif, Afektif, dan Psikomotorik)
  • Anak-anak yang memiliki kecerdasan linguistik senang akan membaca dan mencari tahu apa yang mereka tidak mengerti dan mereka tidak ketahui.
  • Terutama anak-anak di usia 3-4 tahun, dimana mereka sedang mempelajari kata dan bahasa yang rumit, mereka yang mempelajari pengucapan bunyi dengan ejaan rumit dan mempelajari bahasa lainnya selain bahasa ibu merupakan penerapan kecerdasan linguistik sehari-hari. (baca juga: Teori Cinta Stenberg)
  • Mereka mudah mengingat nama-nama temannya serta mudah menjelaskan apa yang mereka kenal dan mereka ketahui dengan kata yang baik dan perbedaharaan kata yang sudah banyak.
  • Penerapan lainnya anak yang memiliki kecerdasan linguistik senang akan hal baru dan mau mencoba melakukan hal baru untuk seukuran anak-anak tanpa rasa malu atau minder dan rendah diri. Jika awalnya takut atau ragu, sangat wajar bagi anak kecil dan itu merupakan tugas orang tua untuk meyakinkan mereka agar berani. (baca juga: Cabang – Cabang Psikologi)

Jika ingin melatih anak-anak agar kecerdasan linguistiknya terasah, maka ajak anak-anak untuk tetap kreatif dan aktif dalam lingkungan. Jangan sampai ia menjadi anak yang rendah diri dan takut akan hal-hal disekitarnya. Untuk anda yang memiliki anak-anak yang sudah terlihat kecerdasan linguistiknya sebaiknya diarahkan menjadi ke hal yang benar.

Baca:

Layaknya menggunakan bahasa atau kata yang baik. Membantu mereka dalam mengendalikan emosi dan menentukan waktu bicara yang tepat, tidak berlebihan dalam berbicara dan tentunya harus dalam norma dan tata bahasa yang sopan. Dengan begitu kepribadian dan psikologi mereka akan lebih baik diwaktu selanjutnya ketika mereka dewasa.

Baca:

Untuk mereka yang sudah dewasa dan memiliki kecerdasan linguistik, biasa diterapkan dalam sebuah diskusi atau seminar ataupun rapat. Hal ini karena intonasi,ritme dan suara mereka yang dianggap mampu menjelaskan dengan baik dalam sebuah forum besar dengan banyak ide dan kepala yang berbeda. Individu yang termasuk word smart juga seringkali menjadi moderator, penyuluh atau penyampai informasi dan juga bekerja di bidang pelayanan jasa karena skill yang dimiliki sangat mungkin untuk mendukung pekerjaan tersebut.

Selain itu kecerdasan linguistik bisa diterapkan saat anda presentasi, berbicara dan berkomunikasi baik dengan orang lain maupun dengan publik yang bermasa sangat banyak. Kegiatan seperti demo, dan juga pemberian materi, kegiatan seperti menyanyi, membaca puisi atau bahkan menulis dan kegiatan yang membutuhkan kecerdasan linguistik yang bergaul dan berteman. Baik antar sesama teman kantor atau kuliah, maupun dengan orang yang lebih dibanding diri kita seperti dosen ataupun atasan.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Kecerdasan Manusia