Sponsors Link

15 Tips Meningkatkan Daya Ingat Otak yang Efektif

Sponsors Link

Memiliki daya ingat yang cukup kuat tentunya menjadi keinginan bagi setiap orang. Hal ini berkaitan dengan fungsi otak yang bekerja untuk berpikir hingga ke alam bawah sadar. Namun terkadang kerja otak dapat menurun meskipun di usia yang masih muda. Sehingga membuat anda memiliki daya ingat yang kurang baik, bahkan membuat anda dapat melupakan hal-hal yang penting. Nah berikut ini ada beberapa tips meningkatkan daya ingat yang bisa anda gunakan.

ads

1. Olahraga Secara Teratur

Anda bisa mencoba meningkatkan daya ingat dengan cara berolahraga. Meskipun berolahraga hanya menggerakkan bagian fisik, namun olahraga juga bisa meningkatkan kemampuan otak anda. Ketika berolahraga, otak akan bekerja hingga pada kapasitas maksimalnya. Sehingga akan membuat sel-sel syaraf meningkat yang mana bisa memperkuat ikatan antara sel otak dan mencegah dari resiko kerusakan.

Selain itu pula sel syaraf akan turut serta mengeluarkan protein yaitu fakto neurotropis yang mana dapat memicu produksi dari berbagai zat kimia yang baik untuk otak serta meningkatkan kemampuan kognitif. Olahraga yang anda lakukan tentunya tergantung dari kondisi anda. Anda bisa melakukan renang, gym, lari pagi, atau bersepeda kurang lebih 3 kali semingu.

baca juga:

2. Perhatikan Asupan Makanan

Untuk meningkatkan daya ingat otak, tentunya anda harus memperhatikan nutris yang anda asup. Menjaga asupan nutrisi untuk otak, sebenarnya sangat mudah. Anda cukup banyak mengkonsumsi sayuran serta mengurangi makanan-makanan dengan kandungan gula yang tinggi. Beberapa nutrisi yang baik untuk otak antara lain adalah MCT (Medium-Chain-Triglycerides) dan omega 3. Untuk omega 3, anda bisa mendapatkannya dengan mudah dari ikan salmon, kedelai, bayam, makanan laut, dan minyak ikan. Sedangkan MCT bisa anda dapatkan dari minyak kelapa.

3. Menjaga Kualitas Tidur

Untuk menjaga daya ingat agar tetap kuat, anda harus tetap menjaga kualitas dari tidur anda sehari hari. Dengan tidur yang nyenyak dan berkualitas, tentunya bisa membantu pengoptimalan dari kerja otak. Tidur yang cukup minimal 6-8 jam setiap harinya untuk mendukung kinerja otak anda.

4. Terus Mempelajari Hal Baru 

Otak tetap harus terus bekerja agar sel-sel yang ada di dalamnya tetap dapat terhubung satu sama lainnya. Untuk melakukan hal tersebut, anda bisa mencoba untuk terus mempelajari hal-hal yang baru. Dengan mempelajari hal-hal yang baru tertentu biasanya membutuhkan kemampuan kognitif yang bisa membuat  daya ingat dapat terjaga kuat. Kuncinya hanya satu, carilah aktivitas yang anda sukai serta dapat menstimulasi otak.

baca juga:

5. Hindari Multitasking

Multitasking memang terkadang dibutuhkan dalam kehidupan sehari hari, apalagi bagi anda yang memiliki banyak pekerjaan. Namun menyelesaikan pekerjaan dengan cara multitasking hanya akan menimbulkan dampak negatif dari daya ingat otak anda. Menurut penelitian yang ada, rata-rata manusia membutuhkan waktu sekitar 8 detik untuk bisa menyimpan memori di dalam otak.

Sehingga jika anda melakukan multitasking tentu akan membuat anda tidak fokus bahkan tidak akan bisa berhasil mengingat salah satu hal yang sedang anda kerjakan. Jika anda fokus mengerjakan satu pekerjaan saja maka tentunya akan membuat ingatan menjadi lebih baik.


6. Jangan Memikirkan Hal Yang Tidak Penting

Jangan memikirkan hal-hal yang sebenarnya tidak terlalu penting. Hal ini lah yang akan membuat anda menjadi sering lupa. Mengapa? karena anda akan terlalu berusaha untuk memikirkan dan memperhatikan banyak hal dalam waktu yang bersamaan sehingga membuat kinerja otak menjadi berkurang. Kondisi ini juga akan membuat konsentrasi and amenjadi menurun.

baca juga:

7. Melatih Konsep Mnemonik

Konsep mnemonik dikenal pula dengan jembatan keledai. Anda mungkin pernah diajarkan untuk lebih mudah mengingat sesuatu dengan cara membuat jembatan keledai ini.

Mnemonik dapat dilakukan dengan berbagai cara, antara lain:

  • Membuat singkatan atau akronim.
  • Memotong informasi yang mana akan memudahkan untuk mengingatnya.
  • Memvisualisasikan benda-benda untuk diingat.

8. Mengembangkan Kebiasaan Baru

Ketika anda mencoba untuk mengembangkan kebiasaan-kebiasaan yang baru, maka bisa menjadi pemicu agar bisa memperoleh tujuan yang sudah ditetapkan. Pertimbangkan untuk melakukan hal-hal berbeda diluar kebiasaan anda. Pikirkan ide-ide yang mana bisa melatih otak serta membantu peningkatan daya ingat anda.

9. Menulis

Menulis bisa menjadi aktivitas yang penting di dalam kehidupan sehari hari karena mampu membantu daya ingat dan konsentrasi menjadi menguat. Meskipun hal ini terlihat sangat sepel, namun cukup efektif untuk dilakukan. Jika anda khawatir lupa akan sesuatu hal, anda bisa mencoba untuk menulis di kertas atau buku harian. Dengan menulis, anda akan menciptakan aliran oksigen yang menuju area otak sehingga apapun yang anda tulis akan mudah diingat dibandingkan dengan tidak menulis. Menulis juga akan membantu peningkatan kapasitas memori otak dalam hal mengingat dan menghafal.

baca juga:

10. Lakukan Permainan Otak

Cara lainnya yang bisa anda lakukan adalah dengan melakukan permainan-permainan otak. Dengan permainan otak tersebut akan membuat otak bisa sedikit berpikir dan membuat sel-sel di dalamnya tetap dapat terhubung. Jika anda jarang mengasah kemampuan otak anda, maka sel-sel yang ada di dalam otak akan mudah terdegenerasi sehingga membuat anda mudah lupa.

Banyak sekali permainan otak yang bisa anda pilih. Misalnya catur, permainan ini membutuhkan fokus dalam berpikir untuk menentukan langkah yang selanjutnya dilakukan. Rutinlah untuk mencoba melatih otak setidaknya 20 menit di dalam sehari. Jika anda tak terlalu menyukai jenis permainan otak, anda bisa mencoba untuk mempelajari bahasa asing ataupun mengembangkan hobi serta kemampuan yang baru.

11. Menjalin Hubungan Sosial

Pada dasarnya keramahan merupakan sesuatu yang melekat dalam diri manusia. Semakin sosial diri anda, maka akan membuat otak anda menjadi lebih baik. Bahkan beberapa penelitian menujukkan bahwa kondisi otak dan jantung yang baik akan berkaitan dengan hubungan keluarga serta sosial yang baik pula. Sehingga anda bisa mencoba untuk menjaid relawan dengan memberikan bantuan bagi masyarakat yang membutuhkan. Atau anda juga bisa berpartisipasi pada kelompok yang sesuai dengan kepentingan yang anda inginkan.

baca juga:

12. Visualisasikan Ingatan Melalui Gambar

Anda bisaq meningkatkan daya ingat dengan memvisualisasikannya melalui gambar. Penelitian yang dilakukan University of Helsinki menyatakan bahwa jika anda mengingat sesuatu informasi bersamaan dengan gambar, maka akan membuat otak mudah untuk mengingat kembali informasi tersebut. Oleh sebab itu banyak orang yang mudah mengingat komik dibandingkan dengan text book.

13. Repetisi Ingatan

Bahkan untuk seseorang yang bisa menghafalkan sesuatu dengan baik tentunya membutuhkan mengulang hafalannya berulang kali sehingga dapat menjadi ingatan yang sempurna. Pengulangan atau repetisi inilah yang menjadi metode untuk dapat meningkatkan daya ingat otak. Setelah anda mempelajari sesuatu hal, maka berikan jeda beberapa saat dan setelah itu lakukan kembali review dari hal-hal yang anda pelajari. Hal ini membuat otak terlatih agar bisa membuka ingatan-ingatan di masa lalu sehingga hal hal penting tidak mudah untuk terlupakan.

14. Jalani Hidup Yang Terorganisir

Mulailah untuk menjalani hidup yang lebih terorganisir agar bisa mengurangi resiko kepikunan yang diakibatkan karena kecerobohan diri sendiri. Anda bisa mencoba untuk memiliki agenda harian baik dalam bentuk buku atau aplikasi yang bisa membuat anda lebih fokus serta membantu meningkatkan ingatan.

15. Jangan Lupa Sarapan di Pagi Hari

Sarapan yang cukup di pagi hari akan membantu meningkatkan kapasitas kerja seseorang di pagi hari. Apalagi jika anda mengkonsumsi makanan yang bernutrisi baik untuk otak. Menutur Larry McCleary, jika anda mencoba mengkonsumsi telur di pagi hari  akan sangat bermanfaat untuk sel-sel syaraf, mencegah kerusakan neuron serta membantu kerja neuron lebih optimal.

baca juga:

Nah itu tadi beberapa tips meningkatkan daya ingat yang bisa anda lakukan. Dengan daya ingat yang tinggi tentu akan semakin membantu pekerjaan anda serta bisa memudahkan anda mempalajari sesuatu hal. Semoga informasi diatas bisa bermanfaat untuk anda.

Sponsors Link
, , , ,




Oleh :
Kategori : Kecerdasan Manusia