Sponsors Link

13 Gangguan Kognitif Dalam Psikologi Abnormal

Sponsors Link

Gangguan kognitif secara umum dapat diartikan di dalam sebuah gangguan yang terdapat di dalam fikiran eseorang atau bisa juga pada ingatan seseorang, dalam hal ini bisa berdampak sangat buruk terhadap si penderita gangguan tersebut.

ads

Dari sebuah penggambaran terdapat fungsi dari fikiran individu yang sebelumnya.  gangguan kognitif sendiri terjadi dapat diakibatkan oleh beberapa hal diantaranya

  • Akibat terkena penyakit
  • Akibat dari paparan racun-racun
  • Akibat dari kerusakan otak
  • Akibat dari penyalahgunaan obat-obatan psikoaktif

pada umumnya seseorang yang terkena gangguan kognitif akan memiliki ketergantuangan kepada orang terdekatnya saat dia akan melakukan sebuah aktivitas, individu tersebut tentunya akan selalu membutuhkan orang lain untuk membantunya menjalani hidupnya, seperti makan, pergi ke toilet ataupun saat akan berdandan.

Gangguan kognitif ini juga dapat terjadi akibat dari bertambahnya usia,namun bisa dihilangkan dengan terapi perilaku kognitif,  hal ini akan sangat normal, karena biasanya pada orang tua atau pun yang masuk pada usia lanjut usia akan sangat sulit melakukan segala halnya sendiri.

Hal ini diakibatnya dari menurunnya memori dan juga dari kemampuan kognitifnya, biasanya penurunan yang terjadi secara signifikan akan terlihat dari tes intelegensi yang dilakukan, dan yang paling terlihat pada pengukuran waktu, adapun beberapa gangguan kognitif di dalam psikologi abnormal diantaranya :

1. Alzheimer

Penyakit alzheimer biasanya terjadi pada orang tua ataupun lansia yang sudah kehilangan hampir setengah memorinya, gejala penyakit alzheimer ini biasanya terjadi penurunan ini akan terjadi secara bertahap, dan bisa dikondisikan pada lansia yang sudah tidak berdaya dalam hal ingatannya. apabila terjadi  hingga ke otak akan sangat berbahaya untuk pasien dan membutuhkan bantuan khusus

2. Demensia

Demensia juga merupakan salah satu gangguan kognitif yang terjadi di dalam psikologi abnormal, gangguan ini terjadi pada seseorang yang mengalami penurunan fungsi otak, sehingga daya ingatnya dan kemampuanya untuk berfikir akan sangat lemah, orang tersebut juga akan kesulitan untuk memahami sesuatu yang dianggapnya membingungkan.

3. Delirium

Keadaan ini juga masuk ke dalam gangguan kognitif dalam psikologi abnormal, delirium sendiri terjadi pada keadaan yang sementara dan datangnya secara mendadak, penderita atau pasien yang mengalaminya akan lebih sulit untuk memusatkan perhatian dan fikirannya sehingga tidak dapat berfikir secara jernih, hal ini juga sangat berpengaruh terhadap perubahan tingkah lakunya sehari-hati

4. Gangguan amnestik

Gangguan ini juga termasuk dari sekian gangguan kognitif di dalam psikologi abnormal, dalam ganggaun amnestik biasanya terlihat dari fungsi ingatan pada pasien yang tidak memiliki kemampuan dalam mendapatkan informasi baru untuk dipelajari, sehingga ingatannya sangatlah pendek.

Sehingga seseorang tersebut akan sulit mengingat masalalu dalam kehidupannya, meski sifatnya hanyalah sementara namun perlu bantuan khusus untuk menanganinya.

5. Sindrom kosakoff

Biasanya seseorang mengalami syndrom ini akan memiliki kesulitan dalam mengingat masa lalu, hal ini juga dapat membuat di penderitanya akan kesulitan untuk membalikan ingatannya pada pengalaman di masa lalunya.

6. Penyakit wernicke

Ini juga termasuk ke dalam gangguan kognitif di dalam psikologi abnormal, biasanya seseorang yang menderita gangguan ini akan selalu merasa kebingungan dan disorientasi sehingga akan sangat sulit dalam mempertahankan keseimbangannya ketika dia akan berjalan ataksia, hal ini terjadi dikarenakan kelumpuhan otot-otot yang kesulitan untuk mengatur gerakan mata.

Sponsors Link

7. Agnosia

Salah satu gangguan yang masuk ke dalam gangguan kognitif dalam psikologi abnormal ini biasanya akan kesulitan dalam mengintepretasikan ataupun mengenali dari sebuah benda yang ada dihadapannya, orang tersebut juga akan kesulitan mengenai seseorang, mengenali suara dan bau, meski bukan merupakan kecacatan namun dapat berhubungan dengan cidera otak dan kehilangan memori yang sangat signifikan.

8. Gangguan kecemasan dan penuaan

Hal ini juga termasuk ke dalam gangguan kognitif dimana terjadinya gangguan mental yang biasanya menyerang pada seorang lansia,  sehingga akan berkelanjutan dari gangguan kecemasan serta terdapatnya gangguan fobia pada dirinya sendiri.

Orang tersebut juga akan kesulitan mengendalikan dirinya sehingga berusaha untuk melawan penyakitnya, namun sayangnya kebanyakan dari penderita nya malah menggunakan obat-obatan penenang, cara mengatasi anxiety disorder sebaiknya segera diatangani tim medis ahli kejiwaan.

9. Gangguan tidur

Gangguan ini juga masuk ke dalam gangguan kognitif dalam psikologi abnormal, gangguan tidur  dalam psikologi abnormal ini akan ditandari dari  seseorang yang kesulitan untuk tidur dan beristirahat, hal ini biasanya terjadi akibat adanya kecemasan pada dirinya sehingga terjadi disfungsi kognitif, individu yang terserang gangguan ini juga tidak akan berdaya dalam mengendalikan tidurnya sehingga akan berlanjut pada penyakit insomnia.

10. Demensia tipe alzheimer

Penyakit gangguan ini juga masuk dalam gangguan kognitif,  seseorang yang terkena gangguan ini cenderung akan kesulitan untuk mengingat nama-nama, mengingat seseorang seperti mengingat masa lalu dan ingatannya yang terdahulu, gangguan ini juga masuk ke dalam demensia progresif, walaupun terlihat biasa namun akan sangat menghawatirkan apabila tidak diobati secara cepat.

11. Demensia vaskula

Gangguan ini juga merupakan sebuah gangguan kognitif yang diakibatkan dari penyakit stroke yang terjadi secara berulangulang, gangguan demensiavaskular biasanya akan terjadi pada seseorang yang lanjut usia, gangguan ini terjadi sangat cepat dan terdapat penurunan fungsi kognitif yang diakibatkan dari terjadinya stroke tambahan pada orang tersebut.

Sponsors Link

12. Gangguan depresi

Gangguan ini biasanya dapat kita hubungkan dari penurunan mortalitas yang cukup tinggi, biasanya seseorang yang memiliki masalah dan kerap tidak dapat menyelesaikannya dengan fikiran jernih dan sharing pada orang terdekatnya akan mengalami gangguan tersebut.

Biasanya gangguan ini terjadi secara bertahap dengan tingatan-tingakatan tertentu, dari mulai awal dalam tingkatan yang ringan hingga mengalami depresi pada tingkatan yang sudah masuk ke dalam kategori parah.

13. Parkinson

gangguan ini juga masuk ke dalam salah satu gangguan kognitif di dalam psikologi abnormal,  penyakit atau gangguan parkinson ini biasanya terjadi dikarenakan secara tahapan pada bagian fungsi tubuh adapun gejala umum yang dapat terlihat diantaranya, gemetaran dan juga terjadinya tremor.

Orang tersebut juga akan merasa sangat lemah atau merasa kekakuan pada dirinya, dan terjadinya gemetaran saat sedang akan beristirahat. seseorang yang terserang gangguan ini juga sebaiknya untuk lebih berhati-hati dan segera memeriksakan dirinya pada ahli medis, agar secepatnya mendapatkan bantuan  dari medis untuk segera mendapatkan pertolongan

Berikut ulasan dari 13 gangguan kognitif yang terjadi di dalam psikologi abnormal, meski gangguan ini akan seulit untuk disembuhkan, namun bukan berarti kita akan kesulitan untuk menerima orang tersebut dalam kehidupan sosial. semoga artikel ini bermanfaat.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Psikologi Abnormal