Sponsors Link

Cara Tepat Berkomuniksi dengan Penyandang Disabilitas

Sponsors Link

Penyandang disabilitas adalah orang yang memiliki kedisabilitasan fisik dan mental yang membatasi sedikitnya satu aktivitas mayor penyandang secara substansial. Jika Sobat ingin mengetahui cara cara tepat berkomunikasi penyandang disabilitas, ada banyak langkah yang bisa diambil. Sobat pertama tama harus mempelajari cara cara tepat berkomunikasi yang efektif, namun Sobat juga dapat menawarkan jasa sebagai sukarelawan atau pendidik dan memperhatikan Cara Tepat Berkomunikasi Dengan Penyandang Disabilitas berikut.

ads

Pelajari istilah yang tepat

Pastikan Sobat menggunakan istilah yang sesuai saat berdiskusi dengan penyandang disabilitas.

Beberapa istilah yang dahulu dianggap normal sekarang sudah kuno dan bahkan dapat dianggap menyinggung. Langkah pertama untuk cara tepat berkomunikasi penyandang disabilitas adalah dengan mendidik diri Sobat istilah istilah yang sopan bagi penyandang disabilitas. Baca juga mengenai : cara menghindari anak dari kekerasan verbal

Cara tepat berkomunikasi lakukan secara langsung

Sering kali, penyandang disabilitas dibantu oleh penerjemah, perawat, atau teman selama kesehariannya. Penting untuk melakukan cara tepat berkomunikasi secara langsung dengan penyandang disabilitas. Jangan melakukan komunikasi melalui orang lain. Baca juga mengenai : cara membuat anak mengerti pentingnya kesehatan mental

Bertanyalah sebelum menawarkan bantuan

Jika Sobat melihat penyandang disabilitas kesulitan melakukan sesuatu, reaksi pertama Sobat mungkin langsung cara tepat berkomunikasinya. Namun, tanpa mengetahui kebutuhan khusus atau tujuan penyandang disabilitas tersebut, Sobat mungkin justru merpersulit keadaan. Selalu tawarkan bantuan terlebih dahulu sebelum menolong penyandang disabilitas. Baca juga mengenai : tanda anak mengalami gangguan mental

Jaga ucapan dan tindakan Anda

Saat berinteraksi dengan penyandang disabilitas, selalu jaga kesopanan ucapan dan tindakan sobat. Ketika diperkenalkan dengan penyandang disabilitas, tawarkanlah untuk menjabat tangan. Bahkan seseorang yang gerakan tangannya terbatas masih mampu untuk sekadar berjabat tangan. Menolak untuk mengulurkan tangan justru merupakan gestur yang tidak sopan. Baca juga mengenai : alasan kenapa bernostalgia bisa menyehatkan mental

Bertanyalah bila pertanyaan Sobat relevan

Terkadang, orang khawatir akan menyinggung penyandang disabilitas dan akibatnya merasa canggung dan gugup selama cara tepat berkomunikasi. Hal ini dapat membuat penyandang disabilitas merasa terasingkan sehingga bersikaplah biasa dan tetap tenang. Jika Sobat ingin bertanya, silakan saja apabila pertanyaan relevan dengan situasi saat itu. Baca juga mengenai : alasan tidak boleh mengabaikan gangguan mental

Carilah peluang menjadi sukarelawan di daerah Anda

Sobat dapat mencari peluang sukarelawan di komunitas lingkungan Sobat. Ada berbagai organisasi yang memiliki tujuan cara tepat berkomunikasi para penyandang disabilitas.

Mengumpulkan donasi

Terkadang, pengumpulan dana sangat berguna. Para penyandang disabilitas sering membutuhkan uang lebih untuk menutupi biaya berobat, renovasi rumah, dan biaya biaya lain.

Semua organisasi di atas melakukan pengumpulan dana secara periodik. Sumbangan uang, walau sedikit, akan banyak cara tepat berkomunikasi.

Sobat bisa mengajak teman dan kerabat untuk ikut menyumbang. Jika Sobat mengadakan pesta ulang tahun, pernikahan, atau acara besar lain yang biasanya melibatkan para tamu undangan membawa kado, mintalah mereka untuk menyumbang saja, atau sumbangkan kado kado yang Sobat terima.

Jika Sobat mengetahui penyandang disabilitas yang membutuhkan uang untuk masalah terkait kedisabilitasannya, bantulah dia dengan menggalang dana. Sobat bisa membuat acara, seperti makan malam atau pesta, yang mana pendapatan yang dikumpulkan digunakan untuk cara tepat berkomunikasi penyandang disabilitas.

Sobat bisa menggalang dana dengan kampanye daring menggunakan situs seperti GoFundMe.

Sobat bisa membuat semacam kontes atau undian, yang mensyaratkan biaya pendaftaran atau tiket masuk. Ada banyak cara untuk mengumpulkan dana untuk mereka yang membutuhkan.


Jika Sobat masih bersekolah, organisasi tertentu akan menerima mahasiswa untuk menggalang dana selama liburan. Jika Sobat menemukan organisasi yang cara tepat berkomunikasi para penyandang disabilitas, mendaftarlah untuk bekerja di penggalangan dana sehingga Sobat dapat cara tepat berkomunikasi para penyandang disabilitas sekaligus memperoleh pengalaman profesional.

Bantulah aksesibilitas penyandang disabilitas

Sering kali, para penyandang disabilitas butuh bantuan untuk berpindah pindah. Sobat dapat bersukarela untuk cara tepat berkomunikasi mereka.

  • Jika penyandang disabilitas tidak bisa menyetir, bantulah mereka bepergian secara sukarela. Sobat bisa melakukan cara tepat berkomunikasi penyandang disabilitas naik kendaraan umum, atau bawa dengan mobil pribadi Sobat. Banyak organisasi yang menerima sukarelawan untuk pekerjaan khusus ini.
  • Beberapa organisasi berusaha membuat segalanya lebih mudah bagi penyandang disabilitas termasuk dalam hal mobilitas, dengan cara memasang turunan landai dan fasilitas kursi roda lain di tempat tempat umum.
  • Sobat dapat menyurati pemerintah daerah, membuat petisi, mengumpulkan tsobat tsobat tangan, dan meningkatkan kesadaran terhadap gedung gedung yang membatasi akses bagi penyandang disabilitas.

Daftarkan diri untuk melatih anjing pelayan secara sukarela

Jika Sobat penyayang anjing, tawarkan diri untuk melatih anjing pelayan untuk cara tepat berkomunikasi para penyandang disabilitas.

Gunakan media sosial

Sekarang banyak orang yang sangat aktif di media sosial seperti Facebook atau Twitter sehingga informasi semakin mudah disebarkan melalui kedua media tersebut.

Tegurlah mereka yang berprasangka

Jika Sobat mendengar orang orang yang berkomentar menghina, secara sengaja atau tidak, tegurlah mereka dengan baik.

  • Terkadang, orang bisa tanpa sengaja menggunakan kata atau frasa yang salah. Sobat dapat membetulkannya dengan sopan. Sebagai contoh, jika Sobat mendengar seseorang berkata “cewek Down Syndrome”, tegurlah dengan berkata, “Maaf, istilah yang benar adalah ‘gadis yang menderita Down Syndrome.”
  • Kata “terbelakang” (retard) sangat sering digunakan bahkan pada sejumlah bentuk media, sebagai ungkapan terhadap sesuatu yang menjengkelkan dan tidak menyenangkan. Orang sering berkilah dan berkata “bukan itu maksudku” tetapi Sobat bisa menegur dan menjelaskan bahwa kata tersebut menyakiti hati banyak orang.
  • Jika Sobat melihat praktik diskriminasi terhadap penyandang disabilitas di lingkungan kantor atau sekolah, laporkanlah ke pihak berwajib. Jika Sobat tidak yakin harus melapor kepada siapa, Sobat bisa menghubungi organisasi yang mendukung para penyandang disabilitas dan meminta saran.

Pandu orang lain ke sumber infomasi yang benar

Banyak orang yang tidak bermaksud menyakiti atau menyinggung perasaan penyandang disabilitas dan tidak tahu cara cara tepat berkomunikasi yang benar dengan mereka.

Jika seseorang tampak bingung atau ragu, pandulah mereka ke situs situs yang relevan dan organisasi yang mampu melakukan cara tepat berkomunikasi mereka belajar cara berinteraksi dengan penyandang disabilitas.

Pendidikan adalah alat yang kuat dalam memupuk perubahan sosial dan menciptakan dunia yang lebih ramah dan toleran.

Demikian, semoga artikel ini bermanfaat untuk anda dan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari hari, sampai jumpa di artikel berikutnya, terima kasih.

Sponsors Link
, , , , ,