Sponsors Link

15 Cara Menyembuhkan Retardasi Mental

Sponsors Link

Ketika anda berbicara soal manusia maka kaitannya sangatlah luas. Mulai dari pembelajaran mental dan fisik yang tidak sesederhana yang dilakukan dan tidak bisa dipelajari sembarangan. Anda tentu tahu bahwa pembelajaran mengenai manusia sangatlah luas dan banyak, tidak bisa dipelajari dengan singkat dan setengah karena akan menimbulkan kesalahpahaman.

ads

Contoh Retardasi Mental

Berbicara soal retardasi atau jenisnya, ada beberapa contoh dari retardasi mental yang harus anda kenali. Agar tidak salah dan juga mengalami kendala ketika mengobati atau menggunakan berbagai cara untuk menyembuhkan mereka.

  1. Retardasi mental ringan

Untuk retardasi mental ringan hanya 75-90% yang masuk kedalam kategori ini. Dimana nilai fungsi mereka berkisar antara 50-70. Sehingga mereka masih bisa melakukan hal sederhana namun bisa menyesuaikan diri dan bisa dipelajari dalam mengurus diri dengan baik.

  1. Retardasi mental sedang

Mereka yang menderita retardasi mental di tingkat ini terdapat 10-25% dari kasus retardasi mental masuk dalam klasifikasi ini. Nilai dari fungsi intelektual antara 35-49.

  1. Retardasi mental berat

Sekitar 10-25% dari kasus retardasi mental masuk dalam klasifikasi ini di seluruh dunia. Nilai dari fungsi intelektual antara 20-34 dan benar-benar dikategorikan sudah harus diurus total oleh orang lain.

Dalam artikel ini kita akan bahas mengenai salah satu kendala atau masalah yang terjadi di manusia khususnya pada aspek kognitif atau intelektual. Berbicara soal intelektual dan kognitif, apakah anda pernah mendengar kata retardasi mental ? Retardasi merupakan salah satu masalah yang dialami seseorang, dimana gangguan tersebut ditandai dengan kecerdasan jauh di bawah rata-rata (intelligence quotient [IQ] di bawah 70) dan ketidakmampuan untuk beradaptasi dengan kehidupan sehari-hari.

Sebutan ini populer juga dengan nama keterbelakangan mental, yang sebenarnya lebih tepat disebut kemunduran mental. Hal ini mempengaruhi perkembangan kognitif sehingga bisa disebut cacat atau mengalami kekurangan. Berikut ini cara menyembuhkan retardasi mental atau minimal mengurangi retardasi mental pada penderita sehingga lebih ringan. Apa saja ?

1) Kenali Jenis Retardasi

Perlu anda ketahui bahwa retardasi memiliki banyak jenis dan macamnya. Selain itu faktor dari masing-masing retardasipun berbeda-beda. Anda tidak bisa menyamakan setiap anak ataupun pasien yang memiliki retardasi mental. Bagaimana anda bisa menyembuhkannya jika anda tidak tahu jenis atau macam retardasi yang anak atau keluarga anda alami.

Padahal dengan mengetahui jenis dan macamnya maka penanganan akan lebih spesifik dan sesuai dengan target. Anda tidak perlu takut untuk mengenal jenis retardasi karena takut menemukan banyak kekurangannya, justru sebaliknya dengan lebih mengenal anda tahu harus berlaku apa.

2) Test IQ

Ketika anda memiliki anak retardasi mental sebaiknya coba untuk test IQ. Dimana tes ini bisa membantu anda mengenali kemampuan anak dan lebih mudah dalam memberikan penanganan agar bisa sembuh. Tes IQ sendiri bisa dilakukan di tempat yang sudah terpercaya, biasanya untuk penderita retardasi mental menggunakan tes IQ di rumah sakit disertai dengan cek up rutin bulanan. Mengingat anak-anak retardasi mental seringkali mengalami masalah fisik juga.


3) Pilih Sekolahnya

Jika anda memasukan anak ke sekolah regular atau biasa karena alasan tidak ingin anak menjadi seperti anak-anak retardasi mental maka jawabannya salah. Anda harus tahu bahwa anak-anak retardasi mental yang disekolahkan di sekolah reguler tanpa bantuan dan pengawasan hanya akan memperparah mentalnya atau bahkan merasa depresi padahal cara menghilangkan stres pada anak tidak mudah.

Hal ini bukan hanya menyembuhkan namun menambah masalah anda. Untuk itu cobalah memilih sekolah yang sesuai dan juga tepat, hindari keegoisan anda untuk memasukan anak ke sekolah biasa karena gengsi ataupun masalah. Mengenai sekolah, coba pilih sekolah luar biasa yang sesuai dengan retardasi mental anak anda. Biasanya ada beberapa sekolah luar biasa yang konsen pada satu atau dua jenis retardasi. Misalnya SLB untuk autisme disertai kurikulum dan juga permainan yang memudahkan anak autisme belajar bahkan bisa mengurangi retardasi mental ataupun menyembuhkan.

4) Terapi

Selanjutnya adalah terapi yang dilakukan oleh para penderita retardasi mental. Untuk bisa sembuh anda tentu tidak bisa menyerah begitu saja dan hanya melakukan usaha sekedarnya. Retardasi mental bukanlah penyakit flu yang bisa disembuhkan dalam satu minggu. Terutama jika retardasi mental yang ada sejak lahir, akan sulit melakukan penyembuhan. Namun anda bisa mengurangi masalah mereka dan membantu penderita untuk bisa hidup secara normal.

Terapi sendiri banyak dilakukan oleh para penderita retardasi mental. Mulai dari penderita down syndrome, Autisme, ADHD, dan lainnya yang dirasa cukup parah sehingga mereka tidak dapat melakukan kegiatan sederhana untuk diri mereka sendiri. Misalnya saja makan, pergi ke toilet atau berjalan normal sesuai manusia biasanya. Dengan terapi maka semua masalah akan diatasi dan dibangun habit yang baru. Agar mereka bisa hidup dengan lebih normal tanpa bantuan orang lain seumur hidup.

5) Konsultasi

Jika ingin sembuh untuk retardasi mental sama seperti yang dikatakan diatas, tidak akan mudah dan sederhana. Anda harus melakukan konsultasi ke dokter anak atau dokter khusus yang biasa menangani penderita dengan rutin. Bagi anak-anak retardasi mental membiasakan jauh lebih penting dibandingkan hanya diobati saja. Karena dengan kebiasaan mereka mengenal hal yang boleh dilakukan dan tidak boleh dilakukan.

Biasanya orang tua atau keluarga yang menyepelekan anak-anak atau penderita retardasi mental mengalami masalah yang nantinya retardasi tersebut akan semakin parah. Jika sudah seperti itu maka keluarga juga yang merasa repot dan juga sedih. Jika ingin memiliki progres yang bagus dan juga baik maka anda bisa mengkonsultasikannya pada dokter.

6) Arahkan Anak

Selanjutnya adalah mengarahkan anak sejak dini dimana pengaruh pendidikan karakter terhadap jiwa anak Biasanya anak-anak atau penderita yang terkena retardasi mental sudah diketahui sejak dini oleh dokter kandungan ataupun anak. Untuk itu sebagai orang tua atau orang terdekat anda harus kuat dan bisa mengajarkan hal baik para mereka. Bukan alasan mereka retardasi mental maka tidak ada pelajaran yang anda ajarkan.


Mereka akan lebih mengerti jika anda yang mengajarkan kehidupan yang baik pada penderita. Karena biasanya mereka cenderung lebih mudah mencontoh dibandingkan mempelajari. Misalnya saja anda mengajarkan anak untuk menggunakan tangan kanan dan jangan menggunakan tangan kiri ataupun menggunakan kaki. Hal sederhana ini saja sudah bisa dilakukan oleh anak retardasi mental sejak dini sudah menjadi hal yang baik.

7) Remedial Teaching dari Semua Pihak

Selanjutnya adalah remedial teaching dari berbagai pihak. Anda harus bisa menampilkan atau menunjukan seperti apa dan bagaimana anak-anak dalam belajar dan berperilaku. Anda juga tidak boleh minder atau merasa malu akan anak atau keluarga yang menderita retardasi mental. Perlu anda ketahui bahwa mereka yang terus menerus disembunyikan hanya akan bertambah parah dan intelektualnya akan semakin menakutkan.

Berbeda dengan mereka yang remedial teaching dibandingkan yang tidak bersekolah. Mereka tahu apa hal yang harus diperbaiki dan hal yang salah. Bagi mereka yang mengalami banyak masukan baik orang tua maupun anaknya akan menerima dengan terbuka kekurangan anaknya dan tahu apa yang harus dilakukan. Sehingga penanganannya tepat dan penyembuhan bisa dilakukan dengan cepat.

8) Rekreasi

Penanganan agar bisa sembuh yaitu rekreasi. Siapa sangka bahwa anak-anak retardasi mental mudah mengalami gangguan ataupun masalah mental lainnya. Mereka bisa depresi dan merasa tidak diterima, belum lagi terkadang bullyan dari faktor lingkungan yang bisa memperparah kondisi mereka. Hal yang perlu anda pelajari adalah mereka lebih sensitif dan lebih peka dibandingkan perasaan manusia normal. Hanya mereka tidak bisa mengekspresikan atau membahasakannya.

Untuk itu jika ingin sembuh ajak mereka bermain, merasakan udara yang bebas dan juga permainan yang bisa menyenangkan mereka. Belum lagi untuk beberapa jenis anak seringkali energi yang mereka miliki cukup besar dan menjadikan mereka terlalu aktif. Sehingga anda bisa menggunakan energi itu untuk bisa menempatkan diri dan melakukan hal positif.

Itulah deretan cara menyembuhkan retardasi mental menurut dosenpsikologi. Perlu anda ingat bahwa menjadi keluarga ataupun orang terdekat dari retardasi mental haruslah semangat dan juga optimis. Mengingat mereka adalah anugerah dan anggota yang mungkin membawa keceriaan dan warna tersendiri bagi keluarga anda.

Jangan takut untuk memperjuangkan mereka dan juga memperjuangkan kesehatan yang berhak mereka dapatkan. Mungkin akan sulit mengembalikan atau mengajak mereka menjadi orang yang benar-benar normal 100%. Karena retardasi mental biasanya disebabkan oleh faktor ketika kehamilan dan kelahiran, tetapi membawa mereka ke arah yang lebih baik tentu bisa anda lakukan dengan usaha yang maksimal.

Sponsors Link
, , , ,




Oleh :
Kategori : Psikologi Abnormal