Sponsors Link

12 Cara Meyakinkan Orang Tua untuk Menikah Agar Direstui

Sponsors Link

Menikah merupakan salah satu hal yang diwajibkan dalam agama, khususnya agama islam. Salah satu syariat islam yang satu ini memang harus kita ikuti dan wajib kita lakukan, apalagi tujuan menikah sangatlah baik. Tujuan kita menikah sendiri adalah untuk membangun rumah tangga yang sakinah, mawadah dan warohmah. Dimana dengan menikah semua kebaikan- kebaikan yang ada akan tercipta di dalamnya.

ads

Selain untuk menambah rejeki, dengan menikah juga kita bisa mendapatkan banyak pahala. Sayangnya, seiring dengan kemajuan zaman dan juga perkembangan teknologi seperti saat ini sudah cukup banyak orang tua yang tidak mengizinkan anak-anaknya menikah cepat-cepat. Hal tersebut dikarenakan orang tua kebanyakan lebih mementingkan karir anak-anaknya terlebih dahulu.

Meskipun hal tersebut juga sebenarnya tidak bisa di salahkan, namun apabila kita sudah memenuhi syarat untuk bisa menikah, mengapa tidak hal tersebut kita lakukan. Lalu bagaimana caranya agar bisa meyakinkan orang tua agar mau menikahkan anaknya? Nah, untuk itu dalam artikel kali ini kita akan membahas mengenai 12 cara meyakinkan orang tua untuk menikah agar direstui.

1. Kenalkan pasangan kita pada orang tua

Seperti apa kata pepatah, tidak kenal maka tidak sayang. Hal tersebut juga berlaku dalam hubungan kekeluargaan. Jika kita sudah memiliki pasangan yang kita anggap sudah sangat yakin untuk bisa menikah dengannya, mengapa tidak anda mencoba mengenalkan pasangan anda pada keluarga khususnya orang tua. Dengan mengenalkan pasangan kita pada orang tua, secara sendirinya nantinya orang tua akan lebih yakin jika jalan yang kita ambil tersebut memang sudah benar-benar serius.

Baca juga :

2. Ubahlah sikap kita

Sikap ternyata bisa mempengaruhi persepsi kepada orang tua. Hal ini juga berkaitan dengan adanya sebuah teori persepsi. Dimana jika sikap anda selama ini masih kekanak- kanakan mana mungkin orang tua pun bisa percaya bahwa anda benar- benar serius ingin menikah. Dengan mengubah sikap kita menjadi jauh lebih dewasa, secara sendirinya orang tua pun akan lebih paham dan juga mengerti bahwa anak- anaknya tersbeut sudah mulai siap dalam menjalin hubungan rumah tangga yang lebih serius.

3. Mapankan diri Anda.

Meskipun ada istilah uang bisa dicari bersama- sama. Namun pikiran orang tua saat ini memang sesungguhnya masih cukup kolot. Dimana orang tua akan melihat kemampuan dari anak nya terlebih dahulu. Khususnya untuk anda para pria. Sebelum menikah sebaiknya mapankan diri anda terlebih dahulu sebagai cara meyakinkan orang tua untuk menikah, selain bisa membantu orang tua dalam hal sisi ekonomi.

Secara perlahan pun persepsi orang tua akan berubah terhadap diri anda. Dari yang tadinya tidak yakin, nantinya akan yakin dengan sendirinya. Bahwa anaknya sudah benar- benar mapan dan mampu menafkahi pasangannya. Sehingga dengan sendirinya pun orang tua akan setuju mengenai rencana pernikahan anda.

4. Berikan pengertian yang tepat

Kebanyakan orang tua memang belum meyakini anaknya akan segera menikah, apalagi jika usia anaknya masih cukup mudah. Sebenarnya cara terbaik yang bisa anda lakukan adalah memberikan pengertian dan juga bukti. Yang dimaksud disini anda harus terlebih dahulu mengetahui apa sebenarnya yang menjadi permasalahan orang tua belum menyetujui anda menikah.


Misalkan dikarenakan anda belum mapan. Nah, dengan persiapkan mental saat akan menikah dan begitu setelah mengetahui masalahnya, anda perlu membuktikan pada orang tua dengan memapankan diri anda terlebih dahulu. Agar nantinya secara perlahan mengerti dan memberikan restu menikah.

Baca juga :

5. Bersabar

Bersabar merupakan cara meyakinkan orang tua untuk menikah berikutnya yang bisa anda tempuh. Sebenarnya cara ini bisa dilakukan dengan melatih kesabaran pada diri anda juga. Jangan terlalu cepat- cepat memberikan respon atau melakukan hal yang sebenarnya orang tua pun belum begitu menyetujuinya. Dengan terus bersabar dan konsisten nantinya orang tua pun akan setuju dan percaya soal keputusan anda tersebut.

6. Berdoa

Doa merupakan hal yang sangat mustajab, apalagi untuk memutar balikan perasaan seseorang. Dengan terus berdoa dan memohon kepada sang pencipta, agar orang tua mau setuju dan yakin mengizinkan anda menikah, seiring berjalannya waktu pun pasti doa anda tersebut akan dikabulkan. Asalkan anda benar- benar berusaha dan terus bersabar pasti bisa diyakinkan juga pada akhirnya.

7. Tunjukan bakti kepada orang tua

Restu orang tua merupakan hal terpenting yang memang perlu anda tunggu. Apalagi jika anda akan menikah dan memasuki kehidupan yang baru. Pastinya anda membutuhkan yang namanya restu dari orang tua. Salah satu cara yang bisa dilakukan juga dengan menunjukkan bakti kepada orang tua. Seperti, membantunya jika orang tua membutuhkan.

Tidak menunjukkan sikap ketidakdewasaan kita dihadapan orang tua, dan selalu bersabar dengan segala hal yang menyangkut orang tua. Dengan begitu nantinya pun anda akan bisa mendapatkan restu dan ijin untuk bisa menikah dengan pilihan anda.


8. Selesaikan pendidikan anda

Kebanyakan orang tua memang memiliki rencana nya masing- masing untuk anak- anaknya. Salah satunya adalah ingin anaknya menyelesaikan pendidikannya terlebih dahulu. Nah, dengan menyelesaikan pendidikan dan juga membuktikan bahwa anda bisa dipercaya dengan amanah yang diberikan orang tua, nantinya anda pun akan bisa mendapatkan restu dan ijin dari orang tua untuk menikah.

9. Lakukan sedekah

Sedekah merupakan hal baik yang sangat dianjurkan disetiap agama. Dengan bersedekah juga nantinya bisa melancarkan segala sesuatu yang memang sudah direncanakan dengan baik. Nah, untuk anda yang memang ingin meminta ijin menikah sebaiknya sering- sering melakukan sedekah, agar nantinya segala hal yang telah anda rencanakan sesuai dengan keinginan.

Baca juga :

10. Solat

Untuk anda yang beragama islam, cara ini sangat ampuh untuk bisa meyakinkan orang tua dengan rencana menikah yang anda inginkan. Dengan solat istiqarah dan juga tahajud. Solat bisa membolak balikan hati manusia, selain itu dengan solat dan meminta kepada allah nantinya orang tua pun akan luluh dan mau menerima apa yang anda rencanakan tersebut.

11. Beritahukan orang tua mengenai anjuran menikah dari rosul

Seperti kita ketahui anjuran rosul mengenai pernikahan itu memang sangatlah banyak. Dengan menikah kita bisa memperoleh segala kebaikan yang bisa di dapatkan di dunia. Jangan lupa juga memberitahukan orang tua mengenai anjuran menikah yang dianjurkan rosul sehingga orang tua pun pada akhirnya akan setuju dan lebih yakin mengantarkan anaknya ke jenjang pernikahan.

12. Jangan terlalu mendadak

Salah satu cara lainnya yang bisa dilakukan adalah jangan terlalu mendadak memberitahukan berita mengenai rencana pernikahan anda tersebut. Hal ini juga guna bisa membuat orang tua lebih mengerti, dan juga mempercayai rencana yang dilakukan oleh anaknya tersebut untuk menikah.

Nah, berikut ulasan mengenai 12 cara meyakinkan orang tua untuk menikah. Dengan melakukan berbagai tips diatas tujuan menikah menurut psikologi kali ini bisa dilancarkan, serta juga bisa membuat orang tua lebih paham dan juga mengerti mengenai rencana yang anda lakukan.

Sponsors Link
, ,




Oleh :
Kategori : Psikologi Keluarga