Sponsors Link

10 Norma Afeksi Dalam Keluarga yang Harus Dipraktekkan

Sponsors Link

Afeksi di dalam keluarga tentu sangat dibutuhkan, karena dengan adanya norma afeksi kita mengajarkan rasa kasih sayang diantara  anggota keluarga, sehingga akan tertanam rasa saling mengasihi dan juga menyayangi dengan menumbuhkan rasa kasih sayang dan juga cinta diantara anggota keluarga akan membantu setiap anggota tumbuh dan berkembang dengan baik dalam hubungan psikologis natara anggota keluarga.

ads

Penerapan rasa kasih sayang dalam psikologi keluarga tentu sangatlah penting, karena apabila terjalin rasa kasih sayang diantara keluarga, sehingga akan tercipta kerukunan dan juga keharmonisan diantara anggta keluarga tersebut. Keluarga juga merupakan satu-satu nya tempat untuk kita memberikan kasih saying sutuhnya, serta berbagi degan yang namanya kebahagiaan. Hal ini sangat penting ditanamkan setiap anggota keluarga, khusunya bagi para orang tua ke anak-anaknya kelak.

Meski norma afeksi sendiri tidak tertulis di dalam keluarga, namun sangat penting untuk menumbuhkan rasa kasih sayang, sehingga kita mengajarkan anak sedari dini tentang rasa kasih sayang antara sesama, khusunya diantara keluarga, yang pada akhirnya akan membantu kejiwaan anak merasa lebih nyaman dengan berada dekat dengan keluarga, sehingga nantinya akan dapat mejaga anak dari lingkungan pergaulan yang tidak baik di luaran sana.

Mengapa norma afeksi itu sangat penting? Mungkin banyak juga orang mempertanyakan hal tersebut, karena untuk menciptakan keluarga yang damai dan rukun kita membutuhkan rasa saling menyayangi diantara keluarga satu dengan yang lainnya. Tanpa adanya norma afeksi tersebut, tentu saja hubungan keluarga tidak akan berjalan dengan rukun dan harmonis sehingga akan sangat menganggu hubungan diantara anggota keluarga. Untuk itu dalam artikel kali ini kita akan menjelaskan mengenai norma afeksi di dalam keluarga. Berikut ulasannya.

  1. Saling Mengasihi Diantara Keluarga

Salah satu norma afeksi yang penting di dalam keluarga adalah saling mengasihi satu dengan yang lainnya. Karena hal ini sangat penting ditumbuhkan di dalam keluarga, dengan saling mengasihi kita akan mengingat pentingnya keluarga untuk kehidupan kita sampai kapanpun. Karena keluarga lah satu-satu nya tempat kita kembali, saat kita dirundung sebuah masalah ataupun persoalan.

  1. Saling Mempercayai Diantara Keluarga

Saling percaya bukan hanya dibutuhkan oleh sebuah pasangan, namun di dalam kehidupan keluarga, salah satuh norma afeksi ini sangat penting untuk ditumbuhkan agar terciptanya rasa saling percaya diantara anggota keluarga. Tentu kita pun jangan pernah menyia- nyiakan rasa percaya dari keluarga kepada kita tentunya.

  1. Terciptanya Kerukunan

Penyebab keluarga tidak harmonis salah satunya adalah tidak adanya kerukunan diantara anggota keluarga, untuk itu pentingnya menciptakan salah satu norma afeksi ini di dalam kehidupan kelaurga. Kerukunan dapat menjalin kehidupan harmonis diantara anggota keluarga, sehingga kita akan merasakan kenyamanan apabila sedang bersama dengan keluarga nantinya.

  1. Sikap Saling Mengerti

Menumbuhkan rasa saling mengerti mungkin agak sulit diterapkan diantara keluarga, apalagi dengan adanya perbedaan pendapat dan juga perselisihan yang semakin sulit menjadikan rasa saling mengerti tumbuh di tengah-tengah keluarga, namun sikap ini sangatlah penting agar di dalam keluarga terjalin rasa saling menghargai dan mengerti satu sama lainnya.

  1. Menciptakan Rasa Saling Menghargai

Peran keluarga dalam pendidikan anak tentu akan sangat penting apabila ditambah rasa saling menghargai diantara anggota keluarga, seorang adik yang menghargai kakanya, seorang anak yang menghargai orang tua nya, akan membuat hidup dalam berkeluarga menjadi nyaman dan jauh dari kata perselisihan.

Sponsors Link

  1. Meningkatkan Rasa Toleransi

Rasa toleransi diantara Manusia bukan hanya dapat dilakukan dalam lingkungan social saja. Namun sangat penting ditumbuhkan di dalam keluarga, rasa toleransi akan menimbulkan rasa kasih sayang antara sesama anggota keluarga, sehingga akan terjalin rasa saling melindungi dan mengasihi.

  1. Membuat Suasana yang Harmonis

Salah satu norma afeksi yang penting lainnya adalah membangun suasana yang harmonis diantara anggota keluarga, kehidupan yang nyaman akan tercipta apabila kita selalu menumbuhkan suasana harmonis diantara anggota keluarga, seperti contohnya saling melindungi, saling memberi hadiah atau saling memeberi selamat apabila ada hal special yang terjadi di tengah-tengah keluarga.

  1. Menumbuhkan Rasa Saling Memiliki

Rasa saling memiliki bukan hanya untuk seorang pasangan saja, namun di dalam kehidupan keluarga norma afeksi yang satu ini sangatlah penting untuk ditumbuhkan, rasa saling membutuhkan akan tercipta apabila kita meyakini, dan menciptakan rasa saling memiliki ditengah-tengah keluarga, sehingga akan membuat suasana di lingkungan keluarga terasa sangat nyaman.

  1. Memberikan Rasa Aman

Rasa aman pada hakikatnya akan meningkatkan rasa nyaman, dan hal itulah yang perlu ditingkatkan dan ditimbulkan antara keluarga. agar tercipta rasa aman dan nyaman dibutuhkan kepedulian antara anggota satu dengan yang lainnya. Kita juga dapat mengandalkan keluarga untuk tempat berbagi dan saling melindungi, sehingga rasa kasih sayang akan saling tumbuh seiring dengan berjalannya waktu.

Sponsors Link

  1. Rasa Saling Berbagi

Keluarga merupakan rumah untuk kita, di dalam keluarga juga tempat kita berkeluh kesah dan menceritakan semua permasalahan serta membagikan kebahagian di dalamnya. Untuk itu salah satu norma afeksi yang satu ini sangat penting untuk ditanamkan, sehingga kehidupan berkeluarga yang rukun dan harmonis akan terus terjalin sampai kapanpun.

Norma afeksi memang sangat penting ditanamkan di dalam kelaurga, karena begitu melihat besarnya norma tersebut menjadikan kita untuk lebih merasa dibutuhkan di dalam suatu kelauarga, hal ini juga dapat membantu perkembangan jiwa psikologi pada seseorang yang membutuhkan kasih sayang dari keluarga, sehingga manfaat psikologi dalam keluarga akan sangat penting diterapkan agar terjalinnya rasa kasih sayang diantara sesama.

Setia orang pada umumnya membutuhkan rasa nyaman dan juga aman, hanya di dalam keluarga lah kita bisa mendapatkan rasa itu, dan juga dapat membantu kehidupan kita di masa yang akan datang tentunya. Setiap keluarga juga pastinya memiliki peran masing-masing. Seperti peran ayah dalam keluarga  yang selalu bisa diandalkan, dan dijadikan panutan oleh anak- anaknya. Serta peran ibu dalam keluarga yang selalu memberikan rasa kasih sayang diantara keluarga. Dan anak-anak yang memiliki peran harapan dan juga motivasi bagi kedua orang tua nya. Untuk itu lah pentingnya norma afeksi di dalam keluarga, sehingga akan saling melengkapi diantara peran masing-masing. Nah, berikut ulasan mengenai norma afeksi di dalam keluarga. Semoga artikel ini bermanfaat.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Psikologi Keluarga