Sponsors Link

12 Pentingnya Pola Asuh Pada Anak Usia Dini

Sponsors Link

Sebagai orang tua tentu kita memiliki keyakinan dan menginginkan anak memiliki kehidupan yang baik. Selain itu anak juga perlu memiliki tumbuh tumbuh kembang yang baik dalam kehidupan sehari- harinya. Karena hal tersebut akan sangat berpengaruh pada kehidupan masa depannya kelak nanti.

ads

Anak- anak yang dididik di lingkungan yang baik, tentu akan tumbuh menjadi anak yang baik, namun jika anak di didik pada lingkungan yang salah pasti untuk ke depannya anak tidak akan menjadi seseorang yang bermanfaat untuk lingkungannya. Untuk anak- anak usia dua tahun atau batita sel otak nya sudah mulai tumbuh dan berkembang, bahkan sudah mencapai 80%.

Anak juga mulai bisa menyerap informasi dan mengenali siapa saja orang- orang yang selalu ada di sampingnya, termasuk ke dua orang tuanya. Perkembangan fisik anak pun akan mulai mengalami banyak sekali perubahan, karena tingkat spiritual dan juga mentalnya sudah bisa terbentuk dengan baik. Perlu kita ketahui, dalam teori persepsi masa- masa perkembangan tersebut disebut sebagai masa keemasan anak.

Dimana masa tersebut tidak akan pernah terulang kembali. Untuk itulah peran penting orang tua untuk bisa memberikan pengarahan dan juga stimulasi yang baik untuk anak. Sehingga nanti ke depannya anak pun mulai bisa meningkatkan segala pengetahuan dan juga membentuk karakter yang ada di dalam dirinya. Nah, berikut beberapa hal mengenai pentingnya pola asuh pada anak usia dini.

Baca juga :

1. Simulasi perkembangan anak

Pentingnya pola asuh untuk anak usia dini dapat dijadikan sebuah simulasi dalam perkembangan anak. Dimana anak- anak pada usia ini memang perlu diajarkan secara langsung oleh orang tua nya. Misalnya cara berbicara, cara bersikap, mendengar dan lainnya. selain itu kita bisa melakukan komunikasi bahkan sejak anak masih ada di dalam perut. Dimana hal ini juga bisa merangsang perkembangan otak dan juga motorik anak nantinya.

2. Perkembangan tingkah laku

Sebagai orang tua kita juga perlu paha jika apa yang kita lakukan akan dilihat dan juga dicontoh oleh anak. Untuk itu sebaiknya berikanlah contoh yang baik. Dengan mengajarkan pola asuh yang baik pada anak nantinya akan sangat berpengaruh pada tingkah laku nya nanti di masa yang akan datang.

Untuk itu kita memang perlu hati- hati ketika berbicara dan bersikap di hadapan anak, karena anak- anak adalah peniru yang baik. Dia akan meniru hal apapaun yang dilihatnya. Termasuk cara berbicara dan sikap dari kedua orang tuanya. Hal ini juga membuat anak memiliki konsep diri di dalam hidupnya. Dan jangan sampai kita mencontohkan hal- hal yang salah san juga keliru.

3. Membentuk karakter anak

Ketika orang tua ingin membentuk karakter seorang anak, sebenarnya hal tersebut bukanlah hal yang sulit, karena karakter anak tersebut bahkan sudah bisa dibentuk ketika anak masih ada di dalam kandungan. Salah satunya dengan pemberian nutrisi yang baik.

Setelah anak nantinya dilahirkan barulah secara perlahan kita mengajarkan mengenai cara bersikap yang baik pada yang lebih tua, berbicara yang baik, dan juga mencontohkan hal- hal baik kepada anak, sehingga nantinya anak juga memiliki rasa ingin tahu dan mulai melakukan segala hal yang dilihatnya.


4. Sebagai kasih sayang dan perhatian

Salah satu pentingnya pola asuh pada anak usia dini adalah dengan memberikan kasih sayang dan juga perhatian pada anak. Apalagi saat ini sudah banyak ibu pekerja yang sudah tidak memiliki waktu banyak dengan anak- anaknya.

Baca juga :

Sehingga dengan dilakukan pola asuh sejak dini nantinya anak akan merasakan kasih sayang yang lebih dari kedua orang tua nya. Selain itu perhatian yang diberikan kedua orang tua nya pun akan dirasakan oleh anak yang membuat anak bisa bersikap yang sama untuk masa depannya nanti.

5. Sebagai pengaruh sifat anak di masa depan

Anak- anak yang diberikan pola asuh sejak dini dengan baik akan membuat masa depannya jauh lebih baik. Hal ini juga bisa kita lihat dari peranan orang tua yang akan sangat mempengaruhi sifatnya di masa yang akan datang.

6. Mudah dalam berkomunikasi

Seringkali dijaman modern seperti sekarang ini kita melihat hubungan antara orang tua dengan anak semakin renggang. Hal ini juga terjadi akibat sulitnya berkomunikasi antara kedua belah pihak. Nah, jika anda sudah terbiasa untuk melakukan pola asuh yang baik sejak usia dini tentunya anak- anak akan jauh lebih mudah diajak berkomunikasi hingga dewasa.

Dan memang sesudah terbukti anak – anak yang diberikan pola asuh anak usia dini memang lebih menghargai orang tua, dan memiliki kedetakan yang jauh lebih baik dibandingkan anak- anak yang tida menerima pola asuh yang baik ketika kecil.

7. Membangun kejujuran

Petingnya pola asuh anak usia dini juga akan sangat mempengaruhi dari siap kejujuran anak. Anak- anak yang memang diberikan pola asuh yang baik ketika usia dini akan membangun sikap jujur yang baik bahkan dari usianya masih kecil. Dan akan berbeda untuk anak- anak yang tidak diberikan pola asuh sejak usia dini, dimana anak- anak tersebut tentunya akan jauh lebih sulit membangun sifat jujur di dalam dirinya.


8. Mencegah kekerasan dalam keluarga

Pola asuh yang baik dalam usia dini juga ternyata sangat membantu dalam mencegah terjadinya kekerasan dalam keluarga. Karena keluarga yang memang sudah terbiasa memberikan pola asuh yang baik untuk anak akan membuat keluarga satu dan yang lainnya jauh lebih menyayangi. Dari hal ini juga kita bisa melihat bahwa anak- anak tersebut lebih memiliki rasa kasih sayang yang jauh lebih baik dengan keluarganya.

Baca juga :

9. Menjalin kedekatan dengan orang tua

Hubungan yang baik dengan orang tua tentunya sangat dibutuhkan. Dengan memberikan pola asuh yang baik pada usia dini pastinya akan sangat berkaitan dan mempengaruhi kedekatan anak- anak dengan orang tua nya. selain itu hubungan pola asuh orang tua dengan kepercayaan diri anak yang baik ini pun akan berlangsung sampai anak tersebut usia dewasa.

10. Daya cerdas otak

Dalam membangun daya kecerdasan otak anak sebenarnya tidaklah sulit. Salah satunya kita bisa memulai dari hal yang paling mudah, yaitu dengan memberikan pola asuh pada anak usia dini. Pola asuh juga akan sangat mempengaruhi daya cerdas dan daya tangkap anak. Karena anak- anak yang memiliki pola asuh baik memang terbukti jauh lebih cerdas.

11. Emosi yang lebih stabil

Pentingnya pola asuh pada anak usia dini lainnya adalah bisa membuat anak- anak memiliki emosi yang jauh lebih stabil. Hal tersebut berkaitan dengan daya kecerdasan otak anak. Dimana anak- anak yang memiliki pola asuh sejak dini akan jauh memiliki emosi yang baik.

12. Kehidupan spiritual yang baik.

Setiap orang tua tentu menginginkan anak yang sukses dunia akhirat. Jika kita sudah bisa mendidik anak sukses di dunia, tentunya harus di seimbangkan dengan sukses pendidikan akhiratnya. Nah, dengan memberikan pola asuh usia dini juga ternyata bisa membuat kehidupan spiritual anak semakin baik.

Itulah 12 hal mengenai pentingnya pola asuh pada anak usia dini yang perlu diperhatikan orangtua dalam mendidik dan membesarkan anak. Semoga bermanfaat.

Sponsors Link
, ,
Oleh :
Kategori : Psikologi Anak