Sponsors Link

13 Cara Mewujudkan Cinta Kasih Dalam Keluarga Agar Lebih Bahagia

Sponsors Link

Jika berbicara mengenai cinta kasih apa yang akan terlintas dalam benak anda sobat? Tentunya perasaan saling memiliki, saling berbagi, saling menghargai, saling menghormati dan saling mendukung satu dengan yang lainnya adalah beberapa point yang seharusnya ada dalam hal cinta kasih. Setuju ya sobat.

ads

Pada kesempatan kali ini, penulis akan memberikan ulasan yang sangat menarik buat anda nih sobat, yaitu mengenai cara mewujudkan cinta kasih dalam keluarga. Nah gimana sobat menarik bukan? Penulis berharap pada saat membaca artikel ini semoga sobat juga dalam keadaan dicintai dalam kasih ya sobat.

Jika berbicara mengenai cinta kasih, bukan berarti semata –  mata hanya cinta kasih antara seorang laki –  laki kepada seorang perempuan maupun sebaliknya ya sobat. Tetapi cinta kasih itu sendiri cakupannya sangatlah kompleks, salah satunya adalah cinta kasih dalam keluarga.

Nah ini merupakan salah satu cinta kasih yang harus kita jaga dan aplikasikan dalam kehidupan kita sehari – hari ya sobat. Cinta itu sendiri merupakan sebuah emosi dari kasih sayang dan kuat serta adanya ketertarikan pribadi untuk saling menjaga dan saling memiliki.

Dalam konteks filosifi, cinta merupakan sifat yang baik yang mewarisi semua kebaikan, perasaan belas kasih dan sayang. Selain itu cinta itu juga merupakan sebuah aksi atau kegiatan aktif yang dilakukan manusia terhadap objek lain, berupa pengorbanan diri, empati, simpati, perhatian , kasih sayang, membantu, menuruti , menghormati, patuh serta menjaga objek yang dicintainya tersebut.

Seperti yang sudah penulis jelaskan diatas, cinta kasih itu juga diterapkan dalam keluarga ya sobat. Nah berikut ini cara mewujudkan cinta kasih dalam keluarga yang boleh anda jadikan sebagai refrensi untuk meningkatkan atau mewujudkan rasa cinta kasih anda kepada keluarga kecintaan anda, karena seyogianya cinta kasih itu haruslah ada dalam sebuah keluraga agar keluarga tersebut harmonis. Yuk sobat, mari kita simak ulasan berikut ini dengan seksama.

1. Berikan Waktu Luang Kepada Keluarga

Cara pertama yang bisa anda lakukan untuk mewujudkan cinta kasih kepada keluarga adalah dengan memberikan waktu luang pada keluarga anda. Mewujudkan cinta kasih tidak selamanya harus dibuktikan dengan pemberian hadiah atau benda berharga, namun meluangkan waktu buat keluarga juga merupakan salah satu hal yang penting untuk mewujudkan cinta kasih anda. (Baca juga mengenai konsep cinta dalam psikologi)

2. Usahakan Menjalin Komunikasi Yang Baik.

Cara yang kedua adalah dengan mengusahakan komunikasi yang baik antar sesama anggota keluarga. Komunikasi yang dijaga dan dijalin dengan baik, sedikit mungkin akan mengurangi perpecahan atau kesalah pahaman, selain itu dengan adanya komunikasi yang baik maka setiap anggota keluarga akan merasa saling diperhatikan. (Baca juga mengenai konsep cinta dalam psikologi)


3. Bersikaplah Jujur

Mungkin bukan hanya keluarga ya sobat, namun siapapun hendaknya mengingikan kita perlakukan secara jujur. Begitupun dengan setiap anggota keluarga kita, kita harus berlaku jujur dalam hal apapun karena jujur adalah modal utama untuk mewujudkan cinta kasih dalam keluarga. (Baca juga mengenai teori cinta dalam psikologi sosial)

4. Kenalilah Sifat Dan Perilaku Setiap Anggota Keluarga

Apabila anda sudah mengenal dan mengetahui sifat dan perilaku setiap anggota keluarga anda, maka anda juga diharpakan bisa menempatkan diri anda sesuai dengan sifat atau perilaku anggota keluarga anda agar cinta kasih bisa tetap terwujudkan. (Baca juga mengenai jenis jenis cinta dalam psikologi)

5. Ungkapkan Perasaan Dengan Tulus Dan Wajar

Biasakan untuk mengucapkan kata terima kasih apabila anda mendapatkan suatu hal dari anggota keluarga anda, bukan hanya bersifat hadiah, namun doa atau perhatian atau bantuan pun selayaknya anda ucapkan terima kasih dan bila perlu berikanlah pelukan hangat. (Baca juga mengenai fakta psikologi tentang jatuh cinta)

6. Jangan Bersikap Pelit

Jauhkanlah sikap pelit dari diri anda sobat, apalagi untuk keluarga. Memberikan sedikit dari apa yang kita punya kepada keluarga sudah merupakan salah satu bentuk mewujudkan cinta kasih kepada keluarga.

7. Berusaha Mengendalikan Emosi Dan Amarah

Mengendalikan emosi dan amarah merupakan salah satu hal yag sangat diperlukan untuk tetap menjalin hubungan yang harmonis dan bentuk perwujudan cinta kasih kita kepada keluarga ya sobat. Karena pada umunya emosi dan kemarahan adalah faktor penyebab hilangnya cinta kasih yang ada dalam keluarga. Untuk itu sebaiknya pintar –  pintarlah dalam mengelola emosi dan kemarahan anda ditengah –  tengah keluarga yang anda cintai ya sobat.

8. Jika Ada Masalah Selesaikankanlah Dengan Secepatnya

Sebaik apapun anda menjaga kasih sayang anda terhadap keluarga yang anda cintai, namun adanya konflik kecil sering kali tidak bisa terhindarkan. Nah sobat semua, apabila ada jonflik kecil yang terjadi, selesaikanlah secepat mungkin agar tidak berubah menjadi sebuah konflik yang besar yang bisa saja menghilangkan cinta kasih anda terhadap keluarga yang anda sayangi.

9. Setia Kepada Keluarga

Selanjutnya cara yang bisa anda lakukan untuk mewujudkan cinta kasih anda terhadap keluarga adalah dengan berlaku setia kepada keluarga anda. Keluarga adalah sumber kebahagiaan utama di dunia ini, bersikap setialah kepada pasangan, anak serta orang tua anda, agar kebahagiaan anda lebih lengkap.

10. Jangan Mendominasi

Ketika terjadi perselisihan dalam keluarga, hindarilah sifat mendominasi karena hal ini akan memperuncing perselisihan tersebut, namun mengalahlah untuk mewujudkan kebaikan dalam keluarga anda.

 11. Berikan Perhatian Lebih

Berikanlah perhatian lebih pada keluarga anda denagn sebaik mungkin, ketika anda sedang berkumpul bersama keluarga janganlah sibuk sendiri bermain gadget, namun bercengkrama serta mengobrollah dengan anggota keluarga anda agar cinta kasih tetap terwujud.

12. Menghormati Privasi Setiap Anggota Keluarga

Sikap menghormati privasi setiap anggota keluarga merupakan salah satu bentuk mewujudkan cinta kasih kepada keluarga ya sobat. Anda harus cara kepada  anggota keluarga namun “ kepo “ jangan ya sobat aplagi untuk hal yang bersifat privasi.


13. Lakukanlah Kegiatan Yang Menyenangkan

Cara lainnya yang bisa anda lakukan adalah dengan melakuakn ha yang menyenangkan bersama keluarga anda. Bisa dengan berlibur bersama, makan bersama, menontn bersama atau hal menarik lainnya yang dapat meningkatkan cinta kasih anda.

Sekian pembahasan mengenai cara mewujudkan cinta kasih dalam keluarga yang penulis share pada kesempatan kali ini semoga bermanfaat sobat. Sampai jumpa di lain kesempatan dan terima kasih sudah meluangkan waktu untuk membaca. Salam hangat selalu dari penulis.

Sponsors Link
, , , ,




Oleh :
Kategori : Psikologi Cinta