Sponsors Link

15 Ciri-ciri Anak Cerdas Istimewa dan Berbakat

Sponsors Link

Rasanya tidak mungkin orang tua ingin anaknya terlihat jelek. Siapa sih yang tidak ingin memiliki anak pintar atau cerdas. Terlepas dari pemikiran setiap orang yang berbeda-beda. Anak cerdas adalah hal yang membanggakan. Meskipun banyak yang bilang bahwa cerdas memang bukan jaminan untuk seorang anak menjadi sukses. Namun cerdas bisa membantu seorang anak untuk bisa sukses hampir sekitar 60%. Mengingat anak cerdas bukan hanya akademiknya saja.

ads

Biasanya ciri-ciri anak cerdas bisa terlihat dari proses tumbuhn dan perkembangannya. Menurut pakar kesehatan mengemukakan bahwa anak cerdas mengalami perkembangan yang lebih cepat dibandingkan dengan anak-anak yang lainnya. Anak-anak dengan IQ normal atau diatas rata-rata, cenderung akan berkembang sesuai dengan tahap perkembangan yang seharusnya.

Baca juga:

  1. Mengumpulkan Informasi dengan Detail dan jelas

Mengenal kalimat “Masuk kuping kanan keluar kuping kiri” rasanya sudah bukan hal aneh lagi dalam anak-anak. Bahkan anak baik-baik terkadang masih sering melanggar dan juga tidak menaati aturan.Tak jarang beberapa orang tua merasa kesal dan resah jika anak-anaknya terus-terusan sulit untuk diberitahu atau mencoba untuk dijelaskan seperti apa keinginan orang tuanya.

baca juga:

National Association of Gifted Children (NAGC) memberikan contohnya. “Seorang anak usia 6 tahun yang baru kembali dari perjalanannya ke museum mampu menggambarkan dengan akurat roket ruang angkasa yang dilihatnya.” Ciri anak cerdas ini juga yaitu memiliki rasa ingin tahu cukup tinggi dalam berbagai hal. Anak cerdas umumnya lebih aktif dalam bereksplorasi untuk hal-hal yang baru.

baca juga:

  1. Rasa Ketertarikan yang Luas dan Dalam Pada Banyak Bidang

Anak yang cerdas tidak takut untuk menyelami banyak ilmu dan juga menunjukan berbagai ketertarikan dimanapun dan dalam pelajaran apapun.Selain itu anak cerdas biasanya tidak terfokus pada satu bidang yang disukai, meskipun misalnya bidang tersebutlah yang paling ia minati atau prioritaskan. Sehingga menghasilkan hasil yang maksimal dan berkat ketertarikannya yang tinggi maka menjadi sebuah keutamaan dalam menunjukan kecerdasan dan bakat miliknya. Sebagai contoh misalnya saja  mereka mungkin suka Dinosaurus serta mempelajari segala hal detail mengenainya sampai mahir pada bulan tertentu, ruang angkasa bulan berikutnya dan seterusnya.

baca juga:

Sponsors Link

  1. Kemampuan Mendengarkan Orang Lain

Kemampuan mendengarkan orang lain bisa menjadi tanda yang  jelas bagi mereka yang disebut anak-anak cerdas. Seperti halnya orang dewasa  yang akan terlihat  lebih banyak bicara jika kepala mereka kosong maka anak-anak juga bisa dideteksi dengan hal yang sama. Mendengarkan orang lain menandakan anak tersebut bersifat terbuka dan juga merasa bahwa informasi dari luar bisa ia dapatkan dan diolah dengan baik untuk menjadi sebuah  pelajaran dan informasi baru. Pemikiran  ini hanya ada pada anak yang cerdas.

  1. Berbakat di Bidang Seni

Anak-anak yang menampilkan bakat tidak biasa dibidang seni dan atau musik lainnya, kadang dipercaya merupakan anak yang diberkati. Tak jarang ketika anak tersebut menunjukan bakat seni dan buruk di akademi maka orang tua otomatis mengatakan bahwa anak tersebut adalah anak yang bodoh. Padahal beberapa seniman dunia memiliki IQ tinggi dan analisa tinggi.

Cerdas bukan  hanya soal pintar akademik saja, anak yang pintar dibidang akademik namun tidak bisa membuat keputusan, karakter buruk dan lainnya sama saja tidak cerdas. Termasuk kedalam  bidang seni.

Baca juga :

  1. Memperlihatkan Konsentrasi yang Sungguh-sungguh

Konsentrasi merupakan hal yang sulit dilakukan oleh beberapa anak, terkadang  jika anak tersebut pintar namun sulit berkonsentrasi maka anak terindikasi atau kecenderungan berkebutuhan khusus. Sedangkan mereka yang cerdas namun tidak terindikasi akan terlihat dari sisi konsentrasi anak tersebut baik dalam pelajaran atau  kegiatan lainnya maka bisa dikategorikan anak tersebut cerdas.

  1. Senang Menjadi Pemimpin

Senang menjadi pemimpin merupakan hal utama selanjutnya yang mengindikasi bahwa anak tersebut adalah seseorang anak yang cerdas. Dari mana diketahui hal tersebut, untuk menggerakan banyak kepala menjadi sepemikiran dan kita adalah hal yang sulit. Banyak keberanian dan strategi yang harus dikeluarkan oleh seorang pemimpin untuk bisa menggiring anggotanya dengan tepat dan sesuai sasaran, sudah jelas untuk anak-anak memang psikologinya hanya sebatas memimpin temannya agar bisa berbaris dengan baik atau hal lainnya. Namun sudah begitu saja sudah menunjukan bahwa anak tersebut bisa memimpin dan juga cerdas.

  1. Punya Kosakata yang Maju

Balita yang mampu berbicara pada usia dini mungkin tidak termasuk dalam tanda-tanda berbakat. Kosakata merupakan tanda bahwa bahasa atau intelejensi verbal mereka terasah dengan baik. Apalagi bahasa inggris atau bahasa indonesia memiliki kompleksitas bahasa yang lumayan, karena menggunakan seluruh abjad yang ada. Untuk itu, kosakata bisa menjadi salah satu takaran bahwa anak tersebut memiliki kecerdasan yang bagus.

  1. Perhatian Terhadap Detil

Memperhatikan secara detil berbagai kebutuhan dan kepentingan mungkin jarang dilakukan oleh anak-anak. Tetapi mereka yang memiliki anak yang cerdas tergolong memperhatikan hal detil atau hal yang dianggap sepele. Seperti halnya memperhatikan hal A kemudian orang tuanya menganggap hal tersebut tidak penting dan mengatakan bahwa anaknya tidak penting dan lainnya. Padahal kenyataannya adalah anak-anak juga memiliki pemikiran sendiri dan pandangan sendiri kenapa mereka menaruh perhatian lebih terhadap hal A tersebut. Dalam hal ini, pendapat anak seharusnya memang didengarkan.

ads
  1. Sangat Peduli Orang Lain dan Lingkungannya

Egois, sering nangis, memaksakan kehendak dan lainnya mungkin efek dari orang tua yang salah mendidik. Namun bisa jadi itu juga tanda bahwa anak anda tergolong bukan anak cerdas. Namun, tidak dengan anak-anak berbakat, mereka peduli dan berbelas kasihan dengan orang lain dan juga sangat tidak egois.

baca juga:

  1. Memahami Sesuatu yang Kompleks

Balita yang memiliki kecerdasan tinggi mempunyai kemampuan untuk memahami sesuatu yang kompleks, peduli terhadap hubungan dan berpikir secara abstrak. Mereka mampu memahami masalah secara dalam dan memikirkan pemecahannya.

  1. Membaca Lebih Awal

Apakah anda tahu bahwa anak yang cerdas senang membaca lebih awal ? hal yang dimaksudkan disini adalah anak anda senang membaca buku atau informasi yang satu tahap lebih tinggi dibandingkan buku seusianya. Misalnya anak usia 5 tahun senang membaca macam-macam alat transportasi namun anak tersebut sudah membaca macam-macam negara dan ibukotanya.

Maka bacaan anak tersebut lebih awal dan dikatakan lebih pintar atau cerdas.  Sebagian memang cukup khawatir jika anak-anak melewati batas kedewasaan mereka, namun selama hal tersebut positif kenapa tidak. Anak cerdas umumnya memiliki keinginan tinggi dalam hal mempelajari sesuatu yang baru. Lebih tepatnya memiliki keinginan untuk melakukan sesuatu yang berguna untuk masa yang akan datang sehingga membaca lebih awal bisa merembet ke arah mempelajari berbagai hal lebih kompleks lagi.

  1. Mampu mendisipinkan diri dan hanya sedikit membutuhkan kontrol dari luar

Anak cerdas sudah jelas bisa mendisiplinkan diri tanpa harus merasa tidak terkontrol atau sulit dikendalikan.Pasalnya adalah beberapa anak cerdas mungkin agak sulit diberitahu atau sulit untuk mendengarkan apa perintah, namun yang membedakan mereka dengan anak nakal adalah cara mereka mendisplinkan diri tanpa harus menggunakan perintah.Anak cerdas akan berinisiatif untuk merapihkan segala kebutuhan yang dilakukan oleh mereka tanpa harus disuruh.

  1. Sangat menyukai hal-hal yang terstruktur, urut dan konsisten

Segala hal yang terstruktur dan mengurut adalah relatif, dimana mengurut bagi orang yang kreatif berbeda dengan mengurut yang dimaksudkan oleh orang-orang yang rapih atau teladan dalam mengurus berbagai hal. Nah begitu juga dengan anak cerdas, dimana mereka yang memiliki kecerdasan diatas rata-rata akan merasa segala hal yang tidak sesuai prosedur terasa aneh dan salah.Sehingga mereka akan melakukannya secara teratur dan berurut. Selain itu, meskipun orang kreatif senang dengan hal yang berantakan, namun sebenarnya bagi mereka segala hal yang berantakan tersebut sesuai dan terstruktur dengan baik secara konsisten. Bukan hal random yang tidak ada dasarnya.

  1. Mudah berpikir kreatif dan sering membuat ide 

Sudah bukan rahasia lagi bahwa berpikir kreatif merupakan mereka yang pintar dan juga cerdas. Berpikir kreatif juga adalah hal yang paling sulit ditemukan dari anak-anak biasanya, karena umumnya anak-anak yang biasa saja paling memiliki imajinasi dan kreatifitas terbatas. Sayangnya imajinasi ini seringkali dianggap sebagai hal yang biasa dan bukan indikasi kecerdasan. Sehingga banyak orang tua yang tidak sadar dengan kecerdasan anaknya sendiri.

Baca juga:

  1. Stabil secara emosi (mampu mengendalikan diri)

Mengendalikan emosi adalah pekerjaan yang sulit apalagi bagi anak kecil, karena hanya orang yang memiliki karakter kuat dan juga stabilitas emosi yang baik dengan kecerdasan yang tinggi yang bisa mengungguli hal ini. Emosi datang dari sebuah hormon yang diproduksi otak, sayangnya anak yang kurang cerdas rata-rata kesulitan untuk menstabilkan hormon atau emosi ini dan menghancurkan banyak sekali standar yang seharusnya baik. Selain itu, stabil secara emosi tidak terpaut dengan usia. Tak jarang anak SD bahkan sudah dewasa atau anak SMA masih saja labil dan belum bisa mengendalikan emosinya.  (Baca juga : Cara membentuk karakter anak usia dini).

Demikian penjelasan tentang beberapa ciri-ciri anak cerdas istimewa yang mudah dikenali sejak usia dini bagi para orangtua. Informasi ini diharapkan mampu memberikan wawasan bagi para orang tua agar lebih cepat tanggap mengenali karakteristik dari bakat yang dimiliki oleh buah hati tercinta.

 

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Psikologi Anak