Home » Ilmu Psikologi » Psikologi Anak » 12 Tipe Anak Plegmatis

12 Tipe Anak Plegmatis

by Rahmati

Anak plegmatis biasanya terlihat tenang di luar, tanpa emosi dan tidak menunjukkan wajah sedih atau gembira. Dia bukan orang yang pemarah, tetapi dia memiliki pandangan hidup yang optimis. Kecerdasan intrapersonal yang terdapat pada dirinya membuat dia cenderung pendiam, pemalu, dingin dan tidak bergerak.

Orang plegmatis biasanya mengendalikan diri dengan cukup baik, mawas diri, memikirkan semua yang berkaitan dengan orang lain daripada dirinya sendiri. Ia dapat melihat, memandang dan memikirkan masalah-masalah yang ada di sekitarnya. Kelemahan orang plegmatis adalah cenderung mengambil jalan pintas yang mudah saat menyelesaikan masalah, menjadi penonton ketimbang partisipan (tidak mau mengambil resiko) dan tidak mau dipersulit.

Anak dengan karakter phlegmatis/plegmatis adalah tipe anak manis, penurut, ingin mencari cara untuk membahagiakan orang lain baik dengan membantu atau bekerja sama. Di balik sikapnya yang diam dan tenang, ia membutuhkan persetujuan dan pengakuan atas usahanya.

Beri dia tugas hanya dengan mengatakannya dan jangan memaksakannya. Dorong dia untuk membuat keputusan sesekali dan menerimanya. Hal ini diperlukan untuk mengembangkan keberanian mengambil sikap tentang bagaimana cara berkomunikasi dengan anak plegmatis, bagaimana memahami karakternya dan bagaimana cara berbaur dengan anak plegmatis.

Bersabarlah karena mereka tipe damai dan beri mereka waktu untuk menyesuaikan diri secara mental dengan perubahan. Yakinkan dia bahwa perannya sangat berharga jika dia berhasil dalam sesuatu.

Berikut, beberapa tipe anak plegmatis yang perlu kita ketahui adalah:

1. Harmonis

Karakter manusia plegmatis biasanya adalah orang yang damai. Tipe ini biasanya mencari keharmonisan antarpribadi dan hubungan dekat, keharmonisan itu yang memaksa anak plegmatis untuk menjaga kontak dengan teman lama, anggota keluarga jauh, dan tetangga.

Dari segi kepribadian, tipe anak plegmatis cenderung menghindari konflik dan selalu berusaha menengahi atas nama orang lain untuk memulihkan kedamaian dan keharmonisan. Plegmatis juga sangat ingin beramal dan membantu sesama. Profesi ideal untuk kepribadian plegmatis adalah keperawatan, mengajar, psikologi, konseling atau layanan sosial.

2. Mengerjakan secara berurutan

Anak dengan sifat plegmatis suka melakukan sesuatu dengan urutan tertentu. Jadi kalau sudah terlanjur dikerjakannya jadi yasudah tidak usah memikirkan yang lain. Anak plegmatis dapat duduk berjam-jam, melakukan sesuatu selama berhari-hari atau bahkan berbulan-bulan yang mungkin tidak dilakukan oleh orang yang koleris atau sanguinis.

Anak plegmatis melakukan segalanya dengan baik, sangat setia dan dapat dipercaya untuk menyimpan rahasia. Ini adalah tipe anak plegmatis yang harus kita tahu dan dapat ditoleransi.

3. Pendiam

Tipe Plegmatis adalah orang yang tertutup, sangat tenang, tidak menuntut, pendiam dan lamban. Mereka tidak keberatan malu untuk meminta maaf atas apa pun yang mereka katakan. Mereka jarang mengeluarkan ide atau perasaan kecuali mereka yakin tidak akan menyakiti atau merugikan orang lain.

Anak plegmatis adalah orang yang sangat baik dengan sifat ceria dan menyenangkan. Banyak dari mereka yang sangat lucu karena memiliki selera humor. Mereka terlahir sebagai diplomat dan pembawa kedamaian oleh karenya banyak orang yang meencintai tipe kepribadian mereka.

Anak plegmatis adalah teman yang menyenangkan dan bukan teman yang menakutkan. Dua kelemahan utama mereka adalah kelembutan dan keegoisan, meskipun mereka menunjukkan sikap ini dengan sangat diplomatis sehingga sahabat mereka pun mungkin tidak menyadarinya.

4. Tenang atau tidak emosional

Anak plegmatis adalah anak yang biasanya tenang, secara lahiriah cenderung tidak emosional, tidak menunjukkan kesedihan atau kegembiraan. Naik turunnya emosi tidak terlihat jelas. Anak-anak plegmatis mengatur diri mereka sendiri dengan cukup baik. Ia sangat mawas diri, cekatan, mampu melihat dan memikirkan masalah-masalah yang ada di sekitarnya. Kelemahan anak plegmatis adalah cenderung santai, tidak mau susah, sehingga suka mengambil jalan pintas yang paling mudah.

5. Pemalu

Plegmatis adalah pemalu. Mereka tidak ingin menonjol, tetapi tetap suka dipuji dan dihargai. Mereka menyukai keramaian dan kesenangan selama itu tidak terfokus pada mereka. Namun, karena tipe kepribadiannya yang cenderung pemalu membuat penyebab anak menjadi penakut untuk bertemu orang-orang yang baru ia kenali. Perilaku plegmatis yang sopan dan mematuhi aturan yang baik dalam pergaulan membuatnya banyak disenangi oleh lingkungan sekitar.

6. Sentimental

Anak plegmatis cenderung sentimental. Mereka tahu apa yang mereka suka. Mereka memiliki film, kenangan, dan suasana hati favorit mereka. Saat momen spesial tiba, mereka memutar ulang ingatan mereka. Mereka kembali ke masa lalu mereka. Mereka tidak suka perubahan misal rumah masa kecil mereka. Mereka termasuk orang yang suka mengoleksi buku-buku tua, tanda kenangan, surat cinta dan kenangan lainnya. Ini adalah contoh sederhana yang menggambarkan tipe anak plegmatis yang sentimental.

7. Dapat diandalkan

Mereka menyukai rutinitas karena membuat mereka merasa nyaman. Anak plegmatis idak suka kejutan. Mereka ingin melakukan sesuatu dengan cara standar dan pasti berusaha untuk tidak melakukan pekerjaan yang mengandung variasi. Ketika anak plegmatis melakukan tugas secara berulang-ulang kali, mereka membuat cara kerja menjadi kebiasaan mereka dan kebiasaan itulah yang mereka tidak akan ubah.

8. Tertutup dan pemimpin yang hebat

Tipe anak plegmatis tertutup dan bisa menjadi pemimpin hebat. Mereka adalah pemimpin atau pelatih, bukan diktator. Jika anak plegmatis ditunjuk sebagai manajer perusahaan di masa depan, mereka akan menunjukkan cara melakukan pekerjaan, bukan memberi tahu karyawan cara melakukan pekerjaan. Orang plegmatis sangat ingin membantu orang yang membutuhkan. Namun, mereka harus hati-hati karena banyak yang memperalat mereka oleh orang yang memahami tipe atau sifat plegmatis ini. Meskipun anak plegmatis tahu bahwa orang lain telah memanfaatkan mereka, mereka tidak marah karena mereka percaya bahwa suatu hari semuanya akan baik-baik saja bagi mereka.

10. Tipe diplomat

Anak plegmatis melihat sesuatu dari sudut pandang orang lain. Mereka tidak akan pernah percaya pada sesuatu yang menurut mereka tidak yakini dan tidak melihatnya secara langsung. Mereka juga sabar dan bisa sangat harmonis.

10. Pelit

Plegmatis bisa menjadi atasan yang sangat ketat. Mereka menikmati keterbatasan mereka. Ketika orang lain melewati batas ini, mereka merasa tidak nyaman lagi. Ini bukan karena mereka tidak mau membagi kekayaannya dengan orang lain, tetapi di atas semua itu mereka tidak ingin kehilangan stabilitas yang batasnya dapat mereka kendalikan. Mereka ingin tahu apa yang menjadi milik mereka dan apa yang bukan. Hal ini ditunjukkan karena mereka takut kehilangan rasa aman.

11.Terorganisir dan Efisien

Anak Plegmatis ingin tahu kapan segala sesuatunya berjalan dengan baik. Di sisi lain, mereka bisa sangat praktis. Mereka mencari solusi yang sangat sederhana untuk setiap masalah. Inilah sifat umum aktivifitas manusia yang sering muncul yang terdapat pada kepribadian plegmatis.

12. Konservatif

Anak plegmatis juga dapat tergolong dalam tipe yang sangat konservatif. Dengan kata lain, mereka ingin tetap berpegang pada hal-hal yang mereka tahu akan berhasil. Seperti, Pakaian, perilaku, agama, politik, investasi, bisnis, dan lainnya dilakukan secara konservatif/sangat hati-hati.
Ingatlah bahwa banyak tipe-tipe anak plegmatis yang memiliki “kecenderungan”, artinya anak atau orang tersebut yang memiliki tipe atau sifat yang telah disebutkan diatas tidak semuanya terjadi pada mereka dan hal ini bersifat tidak mutlak.

You may also like