Home » Ilmu Psikologi » Psikologi Anak » 7 Fakta Tipe Anak Sanguinis

7 Fakta Tipe Anak Sanguinis

by Rahmati

Dalam psikologi kepribadian sanguinis sering disebut sebagai kepribadian populer karena persuasif dan keinginan mereka untuk menjadi terkenal di lingkungan. Orang dengan tipe kepribadian sanguinis cenderung terbuka, bahkan “super” terbuka. Mereka suka berbicara, mudah beradaptasi dengan lingkungan, ramah dan hangat, dan cukup humoris.

Orang dengan kepribadian sanguinis sangat mudah bergaul dan spontan, dibandingkan terlalu memikirkan hal-hal yang tidak penting, lebih baik menikmati kegembiraan yang mereka alami setiap hari. Oleh karena itu, kepribadian sanguinis tidak terlalu mengkhawatirkan masa lalu atau masa depan. Emosi mereka menguasai sehingga semua keputusan bersifat emosional.

Tetapi bahkan orang-orang sanguinis seperti itu suka monoton. Mereka juga ingin membuat orang lain di sekitarnya bahagia dan tertawa. Secara alami, anak sanguinis dalam situasi dan situasi apa pun, selalu tampak bahagia, mudah bergaul, energik dan sangat imajinatif, serta selalu optimis.

Anak tipe ini tidak ragu untuk terbuka dan memulai percakapan dengan seseorang terlebih dahulu. Namun, anak-anak dengan kepribadian ini sering bercanda atau ingin tahu tentang teman-temannya, sehingga sulit berkonsentrasi pada apa pun dan cenderung mengalami gangguan emosional dan sensitif.

Berikut, beberapa tipe anak sanguinis.

1. Antusias

Secara emosional, tipe kepribadian sanguinis adalah orang yang sangat bersemangat dan lebih bersenang-senang dalam hidup, sehingga jarang membiarkan hatinya bersedih lama. Mereka selalu tampak bahagia, hangat, mudah tertawa, ramah dan sangat menikmati hidup. Hal ini dikarenakan mereka memiliki sifat reseptif, sehingga kesan dari luar mudah merasuk ke dalam hati mereka.

2. Suka berbicara

Tipe anak sanguinis yang mudah diingat adalah suka berbicara, bercerita, suka bergurau tentang apa saja. Yang biasanya berarti menggerakkan tangan dan tubuh mereka saat berbicara. Mereka dapat dengan mudah menyampaikan perasaan “spiritual” mereka kepada orang lain melalui kata-kata.

Sehingga, kecerdasan spiritual yang dimiliki anak sanguinis ini bisa mempengaruhi orang-orang disekitarnya. Selain itu juga, anak sanguinis memiliki ciri khas gaya riuhnya yang keras dan sopan membuatnya tampak lebih percaya diri daripada yang karakter yang sebenarnya.

3. Mudah untuk berkomunikasi

Dalam hal komunikasi, Sanguinis dicirikan sebagai teman bahwa mereka mencintai orang, tulus hati, suka dipuji, berpenampilan lucu, tidak pendendam dan mencegah suasana membosankan, sehingga mudah bergaul dengan sesama bahkan kebersamaan inilah yang menjadi kekuatan utama mereka.

4. Sukarelawan

Mengenai pekerjaan di masa depan, sifat orang sanguinis untuk melakukan pekerjaan dengan sukarela, karena orang sanguinis yang populer selalu ingin membantu dan menjadi populer, mereka melakukan pekerjaan sukarela tanpa memikirkan konsekuensinya. Kebanyakan orang tipe ini kreatif dan inovatif serta memiliki banyak rasa ingin tahu.

5. Kurang teratur dan disiplin

Kelemahan umum anak tipe sanguinis ini adalah kurang teratur dan kurang disiplin. Perasaan ingin berbicara membuat mereka mendominasi percakapan, menginterupsi dan mendengarkan dengan penuh perhatian. Mereka suka membesar-besarkan apa yang dikatakan tentang subjek/peristiwa. Suara keras dan tawa (terlalu keras) serta kualitas ekspresifnya membuat orang sanguinis sulit untuk diam.

6. Sikap tidak stabil

Anak sanguinis biasanya impulsif, berpikir singkat, bertindak sesuai perasaan atau keinginannya daripada pikiran saat membuat keputusan. Orang tipe ini labil karena sangat mudah dipengaruhi oleh lingkungan, tidak memiliki pengendalian diri atau kontrol diri yang lemah, mudah tergoda karena godaan dari luar dapat dengan mudah menariknya dan dapat terjerumus ke dalamnya.

7. Mudah stres

Tipe anak sanguinis ini mudah mengalami depresi atau stres ketika terjebak dalam pekerjaan yang monoton, karena orang tersebut membutuhkan variasi atau kedinamisan yang besar dalam hidup dan pekerjaannya. Hal lain yang bisa membuatnya depresi adalah kurangnya perhatian dari orang lain atau saat ia tidak lagi menjadi fokus lingkungannya.

Menghilangkan stress atau tekanan adalah berbelanja alias shopping. Jadi anak sanguinis lebih fokus pada “Cara membelanjakan uang” daripada “Cara mendapatkan/menyimpan uang”.

Karakter sanguinis ini didominasi oleh sifat emosional. Perlakuan yang diharapkan anak dengan sangat jenis ini adalah perhatian yang lebih, serta dukungan dan kasih sayang yang banyak dari orang tua atau gurunya, serta membuat topik pembicaraan menjadi lebih terstruktur.

Dengan begitu anak selalu berusaha menjaga kestabilan mood. Jenis golongan sanguinis ini sering disebut tipe yang populer karena kepribadiannya sehingga memiliki banyak teman dan cepat dikenali. Dengan demikian, ia lebih cenderung meningkatkan hal-hal positif yang ada dalam dirinya.

You may also like