Sponsors Link

11 Fungsi Psikologi Dalam Pembelajaran

Sponsors Link

Psikologi merupakan sebuah ilmu yang di dalamnya mempelajari seluk beluk tingkah laku manusia, sikap dan juga cara berfikir setiap individu yang memiliki karakternya tersendiri. Dalam ilmu psikologi terdapat juga sebuah ilmu pendidikan yang berkaitan erat dengan pembelajaran hal tersebut. Karena dengan pendidikan kita akan mengetahui secara luas mengenai hal- hal yang diajarkan secara formal dan juga ilmu pengetahuan yang sebelumnya tidak pernah terfikirkan oleh kita.

ads

Dalam metode pembelajaran atau metode psikologi pendidikan kita diajarkan mengenai berbagai kurikulum yang memang berkaitan dengan ilmu psikologi, khususnya di dalam ilmu psikologi pendidikan atau pembelajaran tentu saja di dalamnya pun memiliki berbagai fungsi dan juga manfaat yang akan sangat bermanfaat untuk kepentingan pendidikan kelak.

Seperti kita ketahui, yang namanya pendidikan itu sangatlah penting, dimana di dalamnya kita bisa mempelajari banyak hal mulai dari ilmu pasti dan juga ilmu yang dalam pembelajarannya dibutuhkan berbagai teori atau pola pikir dari diri kita sendiri. Nah, untuk itu dalam artikel kali ini kami akan menjelaskan mengenai fungsi psikologi dalam pembelajaran.

1. Dapat dijadikan sebagai metode pembelajaran yang tepat

Salah satu fungsi atau manfaat yang bisa kita dapatkan dari psikologi dalam pembelajaran adalah bisa dijadikan sebagai metode pembelajaran yang tepat. Sehingga untuk yang mengajar memang seharusnya memiliki ilmu dan juga teknik pembelajaran beserta ilmu psikologi yang memang tepat.

Sehingga dari keduanya bisa di dapat keharmonisan dalam pembuatan metode yang cukup efektif. Karena saat kita mengajar nantinya kita akan menemui berbagai jenis karakter dan juga macam- macam kecerdasan manusia atau setiap siswa.

Baca juga :

2. Efektif dalam pembelajaran yang sesuai

Untuk bisa menyusun sebuah kurikulum pembelajaran dengan tepat nyatanya kita memang sangat membutuhkan yang namanya ilmu psikologi. Karena di dalam sebuah ilmu psikologi dalam mengubah dan juga menentukan dari berbagai strategi yang dilakukan dalam pembuatan kurikulum. Karena untuk seorang pengajar atau pembuatan kurikulum yang memiliki ilmu psikologi bisa membuat dengan pembelajaran yang memang sangat efektif dan juga maksimal.

3. Dapat menghindari dari adanya penilaian yang subjektif

Dengan memiliki ilmu psikologi nantinya akan lebih memudahkan kita dalam mengetahui kelemahan dan juga kelebihan dari masing- masing. Karena saat mengadakan sebuah pembelajaran biasanya akan ada penilaian subjektif yang bisa ditonjolkan dari adanya evaluasi yang dilakukan. Sehingga dengan kita mempelajari ilmu psikologi nantinya bisa lebih mengetahui kemampuan dari yang kita ajar. Dan akan menghindari dari adanya penilaian yang subjektif.


4. Dijadikan sebagai metode konseling dan juga bimbingan

Dalam ilmu psikologis kita akan diajarkan mengenai tingkah laku dan membaca karakter setiap manusia. Dimana hubungannya dalam pembelajaran bisa memudahkan pembuatan kurikulum dan juga membantu peserta didik yang bisa menyediakan berbagai pembelajaran dengan baik. Khususnya dalam masalah yang berkaitan dengan akademik. Dengan cara seperti ini juga bisa membuat peserta didikan melakukan pembelajaran dengan maksimal dan lebih baik.

5. Memberikan motivasi dalam pembelajaran

Salah satu hal atau fungsi lain yang bisa anda dapatkan dalam pembelajaran adalah bisa lebih paham dan juga memberikan motivasi yang tepat dalam pemberian motivasi belajar tersebut. selain itu potensi yang akan mudah terlihat dan juga memotivasi untuk mendorong para peserta didik belajar lebih baik lagi, dalam fungsi yang satu ini anda juga bisa membuat kurikulum yang sedang disusun tercapai sampai tepat dengan sasaran.

6. Melihat potensi belajar murid

Salah satu fungsi yang bisa anda dapatkan dari metode pembelajaran lainnya adalah bisa melihat potensi belajar setiap murid, dengan memiliki kelebihan ilmu psikologi nantinya anda bisa melihat apa saja potensi siswa dan sejauh mana siswa tersebut bisa melakukan pembelajaran dengan baik.

7. Sebagai evaluasi hasil belajar

Sebagai tenaga pengajar tentunya kita diharuskan memberikan pembelajaran yang baik untuk peserta didik. Selain itu dengan menguasai ilmu psikologi nantinya anda bisa lebih memahami dan mengetahui mengenai hasil atau evaluasi hasil belajar dari setiap murid. Kemampuan siswa dalam hal ini juga dapat dicapai dan juga diketahui dengan baik. Sehingga pemahaman dalam pembelajaran bisa anda dapatkan pada akhirnya.

Baca juga  :

8. Dapat dijadikan sebagai metode belajar yang tepat

Psikologi pendidikan memang sangat membantu perihal yang berkaitan dengan pembelajaran, dimana peserta didik dan pendidikan bisa memahami satu sama lain. Khususnya untuk seorang pendidikan akan jauh lebih mudah menemukan metode belajar yang tepat dan juga sesuai dengan yang diinginkan murid, namun tidak melenceng dari kurikulum yang telah ditetapkan.


Dimana seperti kita ketahui setiap siswa memiliki kepribadian yang unik dan berbeda- beda. Sebagai pengajar juga harus mengetahui dan juga lebih paham mengenai kondisi peserta didik.

9. Membuat suasana belajar lebih menyenangkan

Untuk para peserta didik tentunya memang harus memberikan kondisi belajar yang kondusif, hal tersebut tentu memang tidaklah mudah. Sehingga fungsi psikologi dalam pembelajaran nantinya bisa membuat metode pendidikan akan terasa jauh lebih menyenangkan. Apalagi peserta didik di jaman modern seperti saat ini memang menginginkan metode yang lebih menyenangkan dan tidak membuat mereka takut akan pengajar atau gurunya.

Sehingga dengan menguasai ilmu psikologi akan membuat suasana belajar jauh lebih menyenangkan dan bisa menghindari dari adanya kondisi yang tidak kondusif dan juga iklim belajar yang tidak menyenangkan.

Baca juga :

10. Pembentukan kurikulum yang sesuai

Dalam pembuatan kurikulum pembelajaran memang tidak bisa dilakukan secara sembarangan, dimana kita membutuhkan keahlian dan juga kesesuaian dari kurikulum yang diberikan sebelumnya. Dengan memiliki kemampuan ilmu psikologi yang baik nantinya kita bisa memiliki kemampuan untuk membentuk sebuah kurikulum yang tepat dan juga memiliki kesesuaian dengan kurikulum yang sebelum dibuat. Sehingga fungsi psikologi dalam manajemen kurikulum bisa di dapatkan dengan tepat.

11. Dapat melihat karakter dari setiap peserta didik

Dengan memiliki ilmu psikologi kita juga bisa mendapatkan fungsi lainnya berupa pembentukan sebuah karakter dalam pembentukan kepribadian setiap peserta didik contohnya saja dari setiap peserta didik memang biasanya memiliki karakter yang berbeda- beda, sehingga untuk masalah fungsi psikologi dalam pembelajaran yang satu ini memang sangat penting dimiliki setiap pengajar.

Sponsors Link
, ,