Sponsors Link

11 Manfaat Mempelajari Psikologi Komunikasi Bagi Pengelola Media

Sponsors Link

Psikologi komunikasi merupakan salah satu ilmu yang memang perlu dimiliki untuk semua pengusaha media, maupun mereka yang memiliki profesi dan berkecimpung dalam pekerjaan tersebut. Dimana di dalam psikologi komunikasi terdapat sebuah interaksi sosial yang bisa terjadi antara kontak dan juga komunikasi yang dilakukannya. Dalam hal ini juga komunikasi bisa dikatakan sebagai sebuah peristiwa sosial yang memiliki analisis dalam pendekatan psikologis.

ads

Dimana dalam pendekatan tersebut akan menuntun kita pada sebuah pendekatan psikologi sosial. Karena yang namanya psikologi komunikasi pasti akan berkaitan dengan psikologi sosial. Di dalam sebuah pendekatannya terdapat konsep diri dalam psikologi komunikasi dua arah. Adapun beberapa pengertian psikologi komunikasi menurut para ahli memang sudah dijabarkan dalam sebuah buku.

Salah satunya E.A Ross yang menyatakan bahwa psikologi sosial merupakan ilmu yang berusaha memahami dan menguraikan keseragaman dalam perasaan, kepercayaan atau pun sebuah kemauan dan juga adanya tindakan yang bisa diakibatkan dalam sebuah interaksi sosial.

Pengertian lainnya datang dari Kauddman (1973), yang menyatakan social psychology is an attempt to understand, explain anda explain, and predict how the thought, feelings anda actions of individuals are influenced by the perceived thoughts, feelings, anda actions of others. Dimana dalam ilmu psikologi media massa kita bisa melihat berbagai perilaku dari komunikan tersebut.

Untuk itu berikut manfaat mempelajari psikologi komunikasi bagi pengelola media.

1. Penyampaian pesan yang lebih akurat

Manfaat pertama yang bisa kita dapatkan ketika mempelajari psikologi komunikasi untuk pengelola media adalah dengan menerapkan gaya komunikasi dalam ilmu psikologi tentunya pesan atau informasi yang disampaikan akan menjadi jauh lebih akurat.

Baca juga :

Sehingga apabila pesan atau informasi yang telah disampaikan sudah akurat, masyarakat akan jauh lebih percaya mengenai penyampaian pesan yang telah diberikan. Apalagi dengan informasi yang sudah diberikan tersebut jug akan menghindari dari yang namanya perselisihan.

2. Komunikator yang lebih kredibilitas

Berikutnya manfaat mempelajari psikologi komunikasi bagi pengelola media adalah dengan memiliki kredibilitas yang tinggi, sehingga apapun yang telah disampaikan, termasuk informasi dalamnya akan jauh lebih berkualitas. Selain itu pada komunikator yang memberikan pesan juga akan memiliki kredibilitas yang tinggi. Dimana dalam hal ini dapat memunculkan sebuah persepsi dalam seorang komunikan yang telah dilakukan.

3. Meminimalisir adalah persepsi yang salah.

Manfaat lainnya yang bisa anda dapatkan ketika mempelajari psikologi komunikasi adalah bisa lebih meminimalisir terjadinya sebuah kesalahan mengenai berbagai persepsi yang timbul dari seorang komunikan. Karena perlu kita ketahui juga, tidak semua komunikan mampu mencerna segala informasi yang diberikan dengan baik. Bahkan ada juga segelintir orang yang belum paham dan salah dalam mengartikan informasi tersebut. sehingga dengan memeplajarinya akan memudahkan makna informasi yang jauh lebih sesuai.


4. Bisa membantu dalam setiap komunikasi yang dilakukan

Ketika kita mempelajari ilmu komunikasi, nantinya kita bisa lebih terbantu dari setiap penyampaian pesan komunikan dan juga komunikator. Dimana setiap orang memiliki pandangan dan juga gambaran yang berbeda- beda. Dengan adanya hal tersebut bisa lebih memudahkan kita dalam melakukan komunikan dengan pihak lainnya. sehingga secara tidak langsung juga kita bisa jauh lebih paham mengenai kondisi dari lawan bicara kita tersebut.

5. Mudah dalam mempengaruhi dan menggiring opini.

Mempelajari psikologi komunikasi juga bisa mempermudah kita dalam mempengaruhi opini public, dalam psikologi komunikasi, hal tama yang perlu kita miliki adalah keahlian dalam menggiring opini, atau membuat masyarakat percaya mengenai informasi yang telah kita berikan. Dengan cara tersebut tentunya kita bisa degan mudah untuk mempengaruhi public sehingga akan berdampak pada informasi yang kita berikan nanti.

Baca juga :

6. Dapat mengenali berbagai karakter komunikan

Dengan mempelajari psikologi komunikasi tentunya bisa membantu kita dalam mempelajari berbagai karakter orang lain. Untuk pengenalan karakter yang satu ini memang sangatlah penting dalam pemberian gambaran sebuah informasi, karena setiap orang tentunya memiliki karakter yang berbeda- beda. Dengan mempelajari segala seluk beluk psikologi komunikasi akan membuat kita lebih paham dan juga mengerti mengenao peneyesuaian diri dengan lingkungan yang ada di tempat kita bekerja.

7. Memudahkan dalam pengendalian diri.

Manfaat mempelajari psikologi komunikasi bagi pengelola media juga akan sangat bermanfaat dalam hal pengendalian diri dan konsep diri dalam psikologi komunikasi. Hal tersebut bisa dalam bentuk komunikator maupun komunikan itu sendiri. Sehingga dengan melakukan berbagai prosedur tersebut juga bisa memudahkan kita dalam hal pengendalian diri dan untuk bisa mendapatkan informasi serta isyarat yang ditimbulkan dari bahasa tubuh manusia itu sendiri.


8. Sebagai pemebentukan jati diri

Yang namanya jati diri bisa kita bentuk, dan juga merupakan hal atau perilaku manusia yang memiliki bentuk cukup baik. Dalam sebuah psikologi komunikasi akan sangat berfungsi agar bisa membentuk dan mempelajari segala hal yang berkaitan dengan pembentukan jati diri seseorang. Sehingga setelah memiliki jati diri yang baik, nantinya kita bisa lebih mudah juga dalam melakukan komunikasi.

9. Pengubahan sikap seseorang

Dalam psikologi komunikasi, memang akan sangat mempengaruhi opini berdasarkan informasi yang kita berikan, namun dalam hal ini juga ternyata dengan mempelajari psikologi komunikasi kita bisa mengubah sikap seseorang secara sedikit demi sedikit.

Karena di dalam ilmu psikologi perubahan sikap seseorang memang akan jauh lebih mudah untuk dibentuk. Misalnya perubahan dari sikap baik ke jahat, begitu pun sebaliknya. Untuk mempelajari hal ini biasanya akan jauh bisa kita temukan pada berbagai kegiatan konseling.

Baca juga :

10. Pemecahan masalah yang baik.

Mempelajari psikologi komunikasi juga bisa mengajarkan kita untuk bisa melakukan pemecahan masalah dengan baik. Karena di dalam psikologi komunikasi kita juga membahas mengenai sifat kognitif yang dimiliki seseorang, dengan adanya berbagai persepsi, proses bahasa sampai dengan melakukan pemecahan masalah yang baik.

Karena dengan mempelajarinya juga kita akan jauh lebih mudah dalam melakukan tindakan, sikap berfikir dan juga bisa menghasilkan berbagai ide untuk adanya masalah yang tenagh kita hadapi tersebut.

11. Mudah dalam beradaptasi

Psikologi komunikasi mengajarkan kita dalam memudahkan diri ini melakukan adaptasi dengan hal- hal yang kita lakukan sehari- hari. Salah satunya ketika kita berkomunikasi dengan orang lain. Hal ini juga akan memudahkan kita bertemu banyak orang dan berkomunikasi dengan banyak orang. Sehingga mempelajarinya akan memiliki cukup banyak manfaat yang bisa di dapatkan.

Sponsors Link
, ,