Sponsors Link

Dejavu Dalam Psikologi (Pengertian, Ciri-ciri, Penyebab, dan Cara Mengatasi)

Sponsors Link

Beberapa diantara kita pasti pernah mengalami yang namanya dejavu, sebenarnya apa sih dejavu itu? Nah, dejavu dalam psikologi sebenarnya diambil dalam bahasa asing, tepatnya bahasa pernacis, dimana dalam ini merupakan sebuah perasaan yang bisa saja dialami siapapun, atau suatu hal yang dirasa pernah terjadi sebelumnya.

ads

Beberapa penelitian juga mengungkapkan, bahwa dejavu merupakan sebuah gangguan otak yang bisa terjadi dikarenakan hal yang berkaitan dengan masa lalu seseorang. Beberapa diantara kita juga pasti pernah merasakan, bahwa pernah merasakan sesuatu yang sebelumnya sempat kita alami juga.

Dalam masalah yang satu ini biasanya memang terjadi secara sadar, dimana sepertinya anda sudah bisa menebak apa yang akan terjadi kemudian. Bahkan hal tersebut juga sepertinya pernah anda lalui. Ketika merasakan sesuatu tersebut, biasanya orang- orang juga merasakan kesamaan diantaranya situasi yang terjadi.

Bahkan dalam hal ini juga kita merasa sempat merasakan hal serupa di dalam mimpi. Untuk istilah de javu ini awal mulanya diperkenalkan oleh Emile Boirac. Dimana beliau merupakan seorang peneliti yang bergelut dalam bidang psikologi perancis. Beberapa diantaranya yang sempat merasakan dejavu ini juga mengatakan, bahwa mereka telah melihat hal tersebut di dalam mimpi dan juga pernah merasakannya sebelumnya.

Ciri-ciri Dejavu

Secara harfiah seseorang yang merasakan de javu pasti akan merasakan ada sesuatu di dalam dirinya yang pernah melewati hal- hal tertentu. Untuk ciri- ciri fenomena nya sendiri sebenarnya bisa dengan mudah kita tebak, diantaranya adalah ketika kita merasakan ada sesuatu peristiwa yang pernah kita alami sebelumnya, dimana adanya pengalaman tersebut juga berkaitan dengan panca indra, dan juga ketika anda sempat merasakan sebuah kejadian yang pernah anda alami. Sehingga fenomena satu itulah yang bisa dikatakan sebagai dejavu.

Baca juga:

Dejavu yang sering kali kita rasakan tersebut sebenarnya akan terjadi secara tidak sengaja, anda juga bisa merasakan hal- hal tersebut kapan saja dan juga dimana saja, bahkan di dalam setiap aktivitas yang kita rasakan pun akan selalu menebak adanya dejavu di dalam diri kita, atau hal- hal yang pernah kita kerjakan sebelumnya. Adanya fenomena dejavu ini memang terjadi secara tidak sengaja, dengan sekejap dan juga secara spontan. Karena yang namanya dejavu ini memang tidak terjadi begitu saja, dimana dengan adanya fenomena ini juga bisa muncul tanpa adanya penyebab yang cukup jelas.

Penyebab Terjadinya Dejavu

Beberapa penelitian juga tengah mengungkapkan mengenai fenomena dejavu yang satu ini. Dejavu sebenarnya masih belum bisa ditentukan penyebab nya sendiri, karena masih sangat misterius. Bahkan ada juga yang mengkaitkan fenomena yang satu ini dengan hal- hal yang terjadi pada sebuah rangsangan otak dan juga gangguan otak yang seringkali terjadi.

Beberapa juga mengungkapkan sebuah fenomena supranatural yang terjadi, gangguan mental yang unik, serta menganggap hal tersebut juga sebagai adanya kejadian yang memang benar- benar dialami oleh seseorang pada kehidupan sebelumnya. Bahkan tidak jarang yang mengkaitkan dejavu dengan adanya ramalan yang belum tentu juga bisa kita percaya mengenai kebenaran dan juga hal- hal yang mengkaitkannya.

Dalam dunia medis, dejavu berhubungan dengan adanya gangguan mental, teori kecemasan, rasa depresi dan juga kecemasan yang dimiliki oleh manusia. Dimana dengan adanya rasa depresi tersebut memang snagat bisa memunculkan fenomena dejavu yang satu ini. Dejavu juga berkaitan dengan anomaly rangsangan yang berkaitan dengan impuls syaraf yang terjadi di dalam otak, sehingga nantinya memunculkan sebuah persepsi dan juga menangkap adanya informasi yang tidak tepat.


Beberapa informasi yang ditangkap juga menjadi telat, sehingga dalam hal ini menyebabkan informasi tersebut seperti pernah terjadi sebelumnya, dari hal ini lah muncul yang namanya fenomena masa lalu yang biasa disebut dengan dejavu. Padahal seseorang yang sempat merasakan hal dinamakan dejavu ini juga belum tentu pernah merasakan hal tersebut.

Baca juga:

Akibat Dari Adanya Dejavu

Fenomena dejavu ini juga sebenarnya ada yang menganggapnya sebuah hal biasa, atau tidak perlu kita fikirkan terlalu berat, namun beberapa diantaranya juga ada yang merasa terganggu dengan fenomena satu ini, bahkan anda juga bisa memeriksakan diri anda terkait dengan kesehatan dan juga mengenai adanya gangguan kesehatan yang bisa saja terjadi.


Untuk anda yang dalam keadaan sehat, dan kemudian mengalami fenomena dejavu ini pasti akan sedikit merasa terganggu. Karena anda seperti merasakan adanya sebuah perputaran waktu yang membuat anda trauma dan malah takut melakukan sesuatu, untuk itu lah seperti nya ada seperti seolah dihantui dengan perasaan dejavu.

Cara Mengatasi Dejavu

Yang harus anda ketahui disini adalah, bahwa dejavu bukanlah sebuah penyakit, gangguan jiwa yang tidak disadari,  atau pun sebuah kelainan yang bisa di sembuhkan. Karena hal ini hanyalah sebuah fenomena yang sebenarnya tidak begitu lazim terjadi pada diri kita, meskipun begitu adanya gejala dan juga ciri- cirinya memang tidak akan sampai mengganggu aktivitas yang kita lakukan.

Karena bahkan sampai dengan saat ini juga fenomena dejavu ini memang tidak pernah menimbulkan adanya masalah yang cukup pelik. Untuk itulah memang seseorang yang mengalami hal ini tidak perlu sampai berobat pergi ke dokter untuk mencegah dan juga mengobati dejavu. Karena fenomena ini juga biasanya akan hilang begitu saja.

Meskipun jika kita kaitkan dengan ilmu medis bisa saja merujuk pada gangguan kejiwaan yang terjadi pada seseorang, karena belum ada juga penelitian yang tepat mengenai terjadinya fenomena dejavu yang satu ini. Karena biasanya berkaitan dengan aura seseorang dan juga penyakit migraine serta gangguan otak yang ada di dalam tubuhnya.

Baca juga :

Dejavu memang seringkali terjadi pada orang- orang normal. Sehingga untuk cara lain dalam mengatasinya sendiri adalah dengan membiarkan fikiran anda tetap relax, jangan terlalu memilikirkan hal- hal yang berat di dalam hidup anda. namun jika hal tersebut memang anda rasakan sampai mengganggu aktivitas sehari- hari yang anda lakukan, memang tidak ada salahnya juga anda melakukan konsultasi pada ahlinya, mengenai hal- hal yang terjadi pada diri anda. agar nantinya dokter atau ahli psikologis juga bisa membantu anda mengatasinya.

Sponsors Link
, ,




Oleh :
Kategori : Psikologi Kognitif