Sponsors Link

6 Manfaat Psikologi Dalam Praktek Pekerjaan Sosial

Sponsors Link

Dalam dunia pekerjaan sosial banyak ditemukan ragam pekerjaan dan manfaat yang bisa dilakukan bagi pekerja sosial itu sendiri. Kegiatan sosial demi kehidupan bermasyarakat dan guna memberikan edukasi, peranan sosial dan kegiatan manfaat lainnya. Beberapa efek dan juga dampak psikologis dari mobilitas sosial.

ads

Dalam lingkup kegiatan sosial yang multi disiplin akan lebih luas lagi dari berbagai disiplin ilmu dan juga profesi. Oleh karena itu satu fungsi pekerja sosial dalam hal ini adalah untuk memberikan disiplin ilmu baik untuk individu dan juga kelompok. Berikut ini akan dijelaskan mengenai manfaat psikologi dalam praktek pekerjaan sosial :

1. Memberikan Ragam Penyuluhan Dalam Pendidikan

Salah satu contoh manfaat pekerjaan sosial dalam masyarakat umum yang dapat dirasakan adalah dampak dalam pendidikan dan informasi beragam yang diterima.

Contohnya dalam hal informasi mengenai wabah penyakit, imunisasi dan bahayanya narkoba dalam kehidupan. Hal ini sangat berdampak dalam kehidupan sosial masyarakat guna memberikan informasi yang benar dan tepat. Yang pasti masyarakat lebih peka dan lebih pintar dalam menjaga kehidupannya lebih sehat. Berikut ini perihal tentang teori menolong dalam psikologi sosial.

2. Memberikan Ragam Kegiatan Sosial Yang Membantu Masyrakat

Contoh lain manfaat psikologi dalam praktek pekerjaan sosial lain adalah memberikan ragam kegiatan sosial dalam kehidupan bersama.

Kegiatan sosial yang banyak berdampak kepada kesejahteraan kaum yang dibutuhkan, contoh kegiatan ini berupa santunan panti jompo, pemberikan obat – obatan gratis, penyuluhan kesehatan dan lain sebagainya. Yang tentu dapat berguna dalam kebaikan dan manfaat masyarakat luas. Salah satu dampak dan juga penyebab agresi dalam psikologi sosial.

3. Mengajarkan Dasar Ketrampilan Yang Bermanfaat

Memberikan ilmu yang bermanfaat tidak hanya dalam kaidah pendidikan formal saja, melainkan ada beberapa cara lain seperti memberikan ilmu non formal seperti kursus.

Selain itu juga mengajarkan mengenai ketrampilan menjahit, menyulam atau membuat kerajinan tangan yang bermanfaat secara ekonomi.

Tentu hal ini akan jauh lebih bernilai dari hal apapun, dengan ketrampilan maka individu akan memiliki keahlian dasar untuk bisa bertahan hidup dan tentu menghasilkan pendapatan berupa uang. Hal yang dapat diketahui dari perilaku individu dalam konteks sosial.

4. Mengajarkan Sikap dan Etika Dalam Masyarakat

Perlunya sikap dasar yang kuat guna mampu bersikap secara sopan dan baik didalam kehidupan bermasyarakat. Dalam dunia sosial tentu sikap yang baik akan dapat memberikan manfaat bagi sekitarnya.

Oleh sebab itu mengapa sangat penting peranan pekerja sosial dalam  memberikan contoh juga penyuluhan untuk memperbaiki satu pola sikap yang salah.

Contoh sikap yang dapat diajarkan dalam kehidupan bermasyarak seperti tidak membuang sampah sembarangan, tidak merokok didepan umum dan mengajarkan sikap toleransi antar sesama. Berikut ini teori interdependensi dalam psikologi sosial antar individu yang dapat diketahui.

5. Membangun Masyarakat Lebih Sejahtera

Selain itu manfaat psikologi dalam praktek pekerjaan sosial lainnya dapat dirasakan dalam hal kehidupan yang lebih sejahtera.

Contoh dalam ini seperti hasil pekerjaan ketrampilan yang dibuat melalui kertas atau sampah kertas atau plastik yang dapat dihasilkan menjadi sebuah karya seni yang indah. Seperti tas, tempat tisu, kerajinan perabot rumah tangga yang mana semua itu dapat menghasilkan nilai ekonomi yang tinggi. Berikut beberapa masalah dan contoh faktor psikologis yang mempengaruhi masalah sosial.

6. Membantu Dalam Memecahkan Masalah Sosial

Dan dampak positif dalam manfaat psikologi dalam praktek pekerjaan sosial adalah mampu memberikan pemecahan masalah yang terjadi dalam kehidupan bermasyarakat.

Contoh persoalan yang sering dihadapi adalah pekerjaa bagi ibu rumah tangga, masalah sampah dan juga masalah minimnya pengetahuan tentang hidup sehat dan kesehatannya.

Hal ini tentu mampu memberikan dampay baik dalam menghadapi setiap permasalahn tersebut yang dihadapi. Beberapa contoh fenomena dalam psikologi sosial yang dapat terjadi disebuah lingkungan masyarakat.

Demikialah beberapa penjelasan mengenai 6 manfaat psikologi dalam praktke pekerjaan sosial yang dapat dilakukan dalam lingkungan masyarakat. Semoga bermanfaat dan sampai bertemu dalam artikel selanjutnya.

Sponsors Link
, , , ,




Oleh :
Kategori : Psikologi Sosial