Sponsors Link

11 Cara Menghadapi Orang Down Syndrome

Sponsors Link

Down sindrom merupakan sebuah kelainan yang biasanya terjadi akibat dari kelainan genetika pada bayi yang baru lahir. Syndrom ini sebenarnya tidak berbahaya, hanya saja anak anak yang lahir dengan kelainan down syndrom memang memiliki sikap dan juga perilaku yang jauh lebih istimewa dibandingkan dengan anak lainnya.

ads

Sindrom yang satu ini akan mempengaruhi dari kemampuan belajar anak, cara anak tersebut berbicara dan juga perkembangan motorik anak pun akan terganggu. Tapi hal yang perlu anda ketahui disini juga adalah, bahwa anak- anak yang lahir dengan kelainan down syndrom ini bukanlah anak bodoh.

Mereka hanya mengalamai keterlambatan emosi, sosial dan juga intelektualnya. Sehingga berbeda dengan anak- anak keterbelakangan mental. Down syndrom juga tidak bisa dicegah keberadaannya, karena termasuk sesuatu yang datang akibat kelainan genetika ketika seorang ibu sedang hamil. Untuk itu jangan pernah menyalahkan diri sendiri, ataupun menyalahkan anak yang terlahir dengan kelainan down syndrom tersebut.

Untuk karakteristik anak berkebutuhan khusus yang satu ini memang bisa menyebabkan anak tersebut memiliki intelektual yang rendah, bahkan anak- anak yang terlahir dengan down syndrom bisa memiliki kekuatan fisik yang lemah. Sehingga perlu cara menangani anak berkebutuhan khusus yang satu ini. Nah, untuk itu dalam artikel kali ini kami akan mengulas mengenai tips atau cara menghadapi orang down syndrome.

1. Beri perhatian lebih

Menghadapi anak- anak down syndrom ini memang membutuhkan kesabaran yang ekstra, dimana anda perlu memberikan perhatian yang lebih pada anak tersebut. Yang perlu anda perhatikan disini juga adalah anak- anak yang memiliki kelainan down syndrom ini sebenarnya merupakan anak- anak yang sama dengan anak lainnya.

Baca juga :

Hanya saja perkembangan mereka sedikit bergantung pada orang dis sekelilingnya, dan juga membutuhkan perhatian lebih. Sehingga dengan diberikan perhatian lebih anak down syndrom bisa dengan mudah masuk ke lingkungan sosial.

2. Selalu menyertakan mereka dalam acara keluarga

Anak- anak down syndrom sebenarnya sama seperti anak lainnya yang membutuhkan perhatian dan juga pengakuan dari keluarganya. Bahkan beberapa para ahli pun selalu menyarankan untuk selalu menyertakan anak- anak down syndrom pada acara keluarga. Jangan pernah membedakan mereka.

Karena mereka sama saja seperti anak lainnya yang memiliki perasaan. Untuk bisa mengembangkan keterampilan mereka nantinya anda pun harus tetap memberikan yang terbaik sama seperti anak normal lainnya. Karena dengan perhatian ekstra juga anak- anak down syndrom merasa memiliki dukungan dalam sisi emosi yang dimilikinya.

3. Mengajarkan metode isyarat sederhana

Tidak ada manusia dimanapun yang ingin dibeda- bedakan. Apalagi jika dalam satu keluarga terdapat beberapa anak, dan hanya satu anak yang mengalami dwon syndrom. Tentunya anda juga harus melakukan hal yang sama seperti anak lainnya.

Namun jangan lupa untuk mempertimbangkan juga masalah keterbatasan anak untuk itu ajarkan berbagai metode sederhana. Misalnya dengan berbagai alat bantuan visual, sehingga nantinya anak akan jauh lebih mudah memberitahukan apa yang diinginkannya.


4. Membuat kontak mata ketika bicara

Hal lainnya yang perlu anda lakukan untuk cara menghadapi orang down syndrome adalah untuk selalu memastikan ketika anda berbicara dengan seseorang kelainan down syndrom pastikan kontak mata anda juga ikut serta di dalamnya. Jangan pernah menggunakan bahasa yang sulit, berikan bahasa sederhana yang membuat anak tersebut lebih mudah paham dan mengerti mengenai apa yang anda katakan tersebut.

Baca juga :

5. Selalu konsisten dalam memperlakukan anak

Orang tua yang memiliki anak down syndrom memang harus memiliki kesabaran yang jauh lebih banyak, dibandingkan orang tua yang memiliki anak normal pada umumnya. Selain itu konsisten dalam memperlakukan anak tersebut pun harus dilakukan.

Hal ini juga dikarenakan anak berkebutuhan khusus seperti down syndrom memang harus diberikan pengarahan yang jauh lebih telaten dari pada anak lainnya. Untuk itu dibutuhkan peranan orang terdekat agar bisa mendukung anak tersebut ke dalam lingkungan psikologi sosial yang lebih baik.

6. Komunikasi dengan bahasa sederhana

Anak- anak yang memiliki kelainan down syndrom memang harus diberikan cara berkomunikasi dengan baik. Hampir sama dengan terapi anak autis, dimana anak- anak tersebut sebaiknya diberikan cara berkomunikasi yang sederhana, hal ini juga guna mencegah anak kebingungan dengan bahasa yang kita berikan. Untuk itu jangan sampai menggunakan bahasa- bahasa yang membuat anak bingung.

7. Mengajarkan cara menjadi anak kreatif

Berikutnya, dalam cara menghadapi orang down syndrome memang harus dibiasakan melakukan hal- hal umumnya yang seringkali kita ajarkan pada anak. Salah satunya dengan mengajarkan anak tentang menjadi seseorang yang kreatif. Membangun kreatifitas dari kecil memang akan sangat berguna nantinya untuk masa depan anak kelak. Apalagi cara yang satu ini juga bisa digunakan sebagai cara meningkatkan konsentrasi belajar anak lebih baik.


8. Ajarkan pengetahuan agama yang baik

Untuk anak- anak yang terlahir di keluarga muslim , sebaiknya anda ajarkan juga pengetahuan agama yang baik sejak dini. Pada anak- down syndrom memang jangan pernah dibedakan dengan anak lainnya. Apalagi masalah kebutuhan rohani nya. Karena selain sangat penting anak- anak ini juga bisa diajarkan masalah pengetahuan agama yang akan berguna untuk masa depannya kelak.

Baca juga :

9. Bersabar

Tidak ada kata lainnya yang memang harus anda berikan selain selalu terus bersabar untuk menghadapi naak- anak dengan kelainan down syndrom. Karena kita tidak bisa memaksakan sesuatu yang kita inginkan pada anak tersbeut. Untuk itu memiliki kesabaran yang tinggi merupakan cara terbaik agar bisa mengatasi emosi dan juga mencegah agar anak down sindrom tidak rendah diri.

10. Ajarkan kepercayaan diri

Melatih anak- anak untuk memiliki tingkat kepercayaan diri yang tinggi merupakan hal yang sangat penting. Nah, hal ini juga termasuk ketika anda mengatasi anak yang memiliki kelainan down syndrom. Dimana anak- anak tersebut harus kita ajarkan memiliki kepercayaan diri yang tinggi agar bisa hidup normal seperti anak lainnya.

11. Jangan pernah mmebuat mereka merasa berbeda

Untuk sebagian orang awam, atau orang yang belum paham mengenai down syndrom, biasanya akan membuat anak- anak tersebut seolah mereka itu berbeda. Padahal hal tersebut sebaiknya harus anda hindari, jangan sampai membuat anak down syndrom merasa berbeda. Dan pastikan juga mereka dapat diterima dengan baik di lingkungan sosialnya.

Sponsors Link
, ,




Oleh :
Kategori : Sindrom