Sponsors Link

11 Alasan Mengapa Mengigau Juga Termasuk Gangguan Psikologi

Sponsors Link

Mengigau memang merupakan sebuah kejadian atau fenomena yang secara umumnya sangat lazim dialami oleh seseorang, tidak hanya anak- anak saja yang terbiasa mengigau namun orang dewasa pun seringkali mengigau, hal ini tentu bukan tanpa alasan, tentunya dikarenakan berbagai alasan. Bahkan para ahli juga banyak yang menyatakan bahwa kebiasaan mengigau memang belum ditemukan alasan secara pasti nya, hanya saja perilaku yang satu ini memang sering terjadi begitu saja.

ads

Mengigau juga termasuk ke dalam gangguan tidur. Seseorang yang sedang mengalami ngigau ini memang sebenarnya tidak akan sadar tengah bergumam ataupun berbicara mengenai sesuatu hal. Meski gangguan tidur yang satu ini tidak berbahaya, tapi gangguan yang satu ini juga bisa mengarah kepada hal yang jauh lebih serius dan berbahaya seperti sleep apnea, night terrors dan juga adanya gangguan perilaku REM (RAPID EYE MOVEMENT) mengigau juga juga seringkali terjadi pada seseorang yang yang sedang terkena demam, atau sakit.

Dalam bahasa medis, seseorang yang seringkali mengigau biasa disebut dengan somnioquy. Hal ini merupakan sebuah gejala yang biasanya terjadi ketika seseorang tengah dalam keadaan kondisi setengah sadar. Meskipun hal ini memang tidak akan berakibat buruk pada si pengigau, namun Terkadang memang cukup mengganggu bagi mereka yang mendengarnya. Bahkan mengigau ini memang biasa terjadi kapan saja tanpa mengenal waktu.

Dalam medis juga seseorang yang sering mengigau masuk ke dalam parasomnia, hal ini dikarenakan adanya sebuah perilaku abnormal yang menyebabkan seseorang tersebut kesulitan tidur. Nah untuk lebih jelasnya berikut alasan mengapa mengigau juga termasuk gangguan psikologi.

Baca juga :

1. Tekanan emosional
Seseorang yang selalu mengigau biasanya beberapa diantaranya sedang terjadi sebuah gangguan tekanan emosional yang cukup tinggi. Perlu kita ketahui, meskipun setiap orang memiliki latar belakang dan alasan yang berbeda- beda, namun beberapa diantaranya memang seringkali disebabkan karena adanya tekanan emosional yang terjadi. Misalnya seseorang yang tengah mengalami stress, terlalu banyak beban pikiran dan berbagai alasan lainnya.

2. Sedang dalam konsumsi obat- obatan tertentu
Alasan lain yang menunjukkan bahwa mengigau adalah sebuah gangguan psikologi adalah karena beberapa orang yang sedang Mengkonsumsi obat- obatan tertentu memang seringkali mengigau. Misalnya seseorang yang tengah Mengkonsumsi obat anti depresan. Seseorang ini biasanya akan mengalami mengigau saat sedang tidur. Hal ini tentu sudah bisa terlihat jika seseorang yang Mengkonsumsi obat- obatan tertentu memang kerap kali mengigau. Sehingga bisa dikatakan sedang dalam model gangguan psikologi dalam psikologi klinis.


3. Demam
Daya imun yang sedang menurun, contohnya ketika seseorang terkena demam atau panas tinggi juga bisa menyebabkan seseorang menjadi sering mengigau. Hal ini juga bisa terlihat dari kebiasaan tiap tengah malam yang secara terus menerus mengigau dan mengatakan mengenai hal- hal yang sebenarnya orang tersebut pun tidak mengetahui sedang berbicara tentang apa.

Baca juga :

4. Gangguan kesehatan mental
Mengigau juga seringkali terjadi pada seseorang yang sedang terkena serangan penyebab gangguan kesehatan mental dari faktor fisik. Seperti kita ketahui, seseorang yang terkena serangan gangguan mental bisa dikatakan sedang terkena gangguan psikologi yang cukup parah. Hal tersebut juga bisa ditandai dengan seringnya seseorang tersebut mengigau setiap saat, bahkan berbicara yang tidak jelasnya juga bisa kita lihat seringkali terjadi pada seseorang yang terkena gangguan yang satu ini.

5. Penyalahgunaan zat terlarang
Salah satu alasan lain yang membuat mengigau bisa dikatakan sebagai gangguan psikologis adalah ketika seseorang tersebut sedang melakukan penyalahgunaan zat terlarang. Secara umum penyalahgunaan zat terlarang ini memang seringkali membuat seseorang mengalami gangguan kepribadian. Tidak jarang mereka yang Mengkonsumsi jenis obat- obat terlarang juga selalu mengigau dan berbicara dalam keadaan tidak sadar. Sehingga hal tersebut juga bisa dikatakan sebagai gangguan psikologi yang cukup parah.

6. Depresi
Alasan mengapa mengigau juga termasuk gangguan psikologi lainnya adalah dikarenakan mengigau juga seringkali terjadi pada seseorang yang sedang mengalami sebuah depresi yang cukup akut. Para penderita gejala awal orang depresi juga umumnya seringkali mengigau ketika sedang tidur. Bahkan tidak hanya sedang tidur saja, ketika sedang dalam keadaan sadar pun mereka yang terkena gangguan depresi seringkali berbicara yang tidak- tidak atau biasa yang disebut dengan mengigau.


7. Terlalu lelah
Kebiasaan mengigau juga seringkali terjadi pada seseorang yang terlalu lelah dalam berativitas. Ketika kita merasa sangat lelah dalam bekerja atau melakukan aktivitas tertentu, biasanya cara kerja otak akan berubah, yang tadinya relax menjadi nampak lebih kaku dan kelelahan. Hal ini jugalah yang biasanya menyebabkan seseorang seringkali mengalami mengigau ketika hendak tidur.

Baca juga :

8. Minuman berakohol
Seseorang yang terkena gangguan psikologis juga bisa terlihat dari seringnya seseorang tersebut yang cukup seringkali Mengkonsumsi minuman beralkohol, hal ini juga bisa membuatnya seringkali mengigau dan berkata yang tidak seharusnya. Bahkan berbicara dalam keadaan tidak sadar dan menjadi pemberontak. Hal ini lah yang cukup berbahaya apabila sudah mulai menyakiti diri sendiri.

9. Ganguan jiwa
Gangguan jiwa bisa dikatakan juga sebagai sebuah gangguan psikologis yang cukup parah, dari gangguan yang satu ini lah biasanya seseorang seringkali berbicara dalam keadaan tidak sadar atau mengigau. Sehingga hal seseorang yang mengigau bisa dikatakan juga sedang terkena gangguan psikologis yang cukup parah.

10. Stres
Seseorang yang sedang terkena gangguan stress juga umumnya seringkali mengigau dan berbicara kacau. Hal ini juga bisa jadi dikarenakan cara kerja otaknya yang sedang terganggu atau seseorang tersebut memang tidak sedang dalam keadaan sehat, sehingga hal tersebut akan sangat berpengaruh pada mental dirinya yang menyebabkan dirinya selalu mengigau ketika sedang sedang tidur.

11. Faktor keturunan

Untuk yang terakhir ini memang cukup jarang terjadi, namun ada juga yang mengigau dikarenakan memiliki faktor keturunan, baik dari orang tua ataupun orang- orang terdahulunya, sehingga ketika dirinya sedang dalam keadaan tidak sadar memang seringkali mengigau atau berbicara tentang hal- hal yang sebenarnya tidak perlu dibicarakannya.

Nah, berikut ulasan mengenai beberapa alasan mengapa mengigau juga termasuk gangguan psikologi dan kesehatan. Mengigau memang bukanlah sebuah penyakit, namun bisa dikatakan sebagai jenis syndrom dalam psikologi, meskipun tidak berbahaya jika didiamkan bisa juga menjadi sesuatu yang mengarah pada bahaya, seperti tidur sambil berjalan, untuk itu sebaiknya segera ditangani oleh yang benar- benar ahlinya.

Sponsors Link
, , ,




Oleh :
Kategori : Sindrom