Sponsors Link

Sindrom Wanita Super (Sindrom Triple X)

Sponsors Link

Mendengar kata ” Wanita Super ” mungkin akan membuat kita membayangkan bahwa orang ini menderita sindrom yang menyebabkannya bertingkah laku seperti wonder woman atau wanita karir yang super dan tidak mengenal lelah. Pada kenyataannya, hal ini tidak ada hubungannya sama sekali. Sindrom wanita super yang dimaksud ini adalah suatu kondisi dimana seorang wanita memiliki tiga kromosom x, padahal normalnya seorang wanita hanya memiliki dua kromosom x.

ads

Biasanya, wanita yang memiliki tiga kromosom x ini akan memiliki tubuh yang lebih tinggi dari kebanyakan wanita lain. Diperkirakan bahwa satu dari seribu wanita memilki sindrom ini, sehingga hal ini termasuk hal yang cukup jarang ditemui. Kelebihan kromosom x ini biasanya terjadi karena ada kesalahan dalam pembentukan sel telur ibu atau sperma dari bapak, atau juga adanya masalah pada tahap awal perkembangan embrio.

Dengan demikian, sindrom wanita super ini merupakan masalah genetika, akan tetapi bukan merupakan masalah genetika yang diturunkan dari orang tua. Sumber masalahnya pada umumnya adalah pembentukan sel telur atau sperma yang tidak sempurna, yang telah disebutkan sebelumnya, terjadi saat pembelahan sel telur atau sperma sehingga membentuk kromosom x tambahan.

Pada beberapa kasus, kromosom x ekstra ini sering tidak muncul hingga awal perkembangan embrio, dan disebut sebagai sindrom triple x mosaik. Karena itu wanita yang mengidap sindrom ini kerap tidak menunjukkan gejala yang nyata, dan bsa jadi tidak terdiagnosa hingga mencapai usia tertentu atau seumur hidupnya. Selain pembahasan mengenai sindrom wanita super, untuk tambahan pengetahuan mengenai istilah – istilah psikologi yang menyangkut wanita, ketahuilah beberapa pembahasan berkiut ini seperti sikap wanita yang disukai pria, fakta anak bungsu perempuan,dan ciri – ciri lesbian.

Gejala Sindrom Triple X

Telah disebutkan bawa wanita yang mengidap sindrom triple x tidak akan selalu menunjukkan gejala yang jelas, bisa jadi yang bersangkutan hanya merasakan keanehan pada beberapa hal yang disangka tidak penting,  pada umumnya akan ada ciri – ciri seperti berikut ini:

  • Perawakan lebih  tinggi daripada wanita lainnya
  • Terlihat ada lipatan kulit vertikal yang menutupi bagian sudut mata dalam (epicanthical folds)
  • Mengalami keterlambatan dalam kemampuan berbicara dan keterampilan berbahasa.
  • Mengalami hypotonia atau lemah otot.
  • Bentuk jari kelingking yang melengkung.
  • Bermasalah dengan perilaku dan kondisi mental, kesulitan dalam cara mengendalikan emosi wanita.
  • Memiliki kelainan pada ovarium
  • Sering mengalami sembelit atau sakit perut.

Penyebab

Dalam keadaan normal, kita memiliki 46 kromosom yang trdiri dari 22 pasang dan ditambah dengan 2 kromosom seks, yang bersal dari satu ibu dan satu ayah. Kromosom mengandung gen yang akan membawa sifat dan akan menentukan segala sesuatu tentang diri kita, seperti tinggi badan, bentuk badan, warna kulit, mata dan lain  lain. Ibu hanya dapat memberikan kromosom x pada keturunannya, akan tetapi ayah dapat memberikan kromosom x atau y.

Jika kita mamiliki kromosom x dari ibu dan kromosom x dari ayah, maka secara genetis kita akan menjadi seorang perempuan. Jika mendapat kromosom x dari ibu dan kromosom y dari ayah, maka kita akan menjadi seorang laki – laki. Wanita yang mengalami sindrom wanita super, memiliki satu kromosom x tambahan sebagai hasil dari kesalahan yang terjadi saat pembelahan sel, yang mengakibatkan sel telur ibu atau sperma ayah belum terbentuk dengan benar. sehingga ia akan memiliki total sejumla 47 kromosom.


Tipe Sindrom Triple X

Kesalahan acak pada sel tubuh membuat seorang wanita memiliki tiga kromosom x, yang bisa terjadi dalam dua kondisi yang mengarah kepada dua macam sindrom triple x:

  • Sindrom Triple X Non Disjungsi – Pada kebanyakan kasus, entah sel telur ibu atau sel sperma ayah yang tidak membelah dengan benar, menghasilkan ekstra kromosom x pada anak. Kesalahan acak ini disebut non disjungsi, dan semua sel di tubuh anak akan mempunyai ekstra kroosom x.
  • Sindrom Triple X Mosaik – Sesekali ekstra kromosom dihasilkan dari pembelahan sel yang tidak benar yang disebabkan oleh kejadian acak pada tahap awal perkembangan embrio. Jika kasusnya seperti ini maka anak akan memiliki tipe sindrom mosaik, dan hanya beberapa sel yang akan memiliki ekstra kromosom x tersebut, sehingga gejalanya akan lebih tidak tampak.

Komplikasi Kesehatan Akibat Sindrom Wanita Super

Walaupun jarang, ada kemungkinan kecil bahwa sindrom ini dapat menimbulkan komplikasi pada kondisi kesehatan wanita yang mengidapnya, seperti:

  • Kegagalan ovarium yang prematur – Kondisi ini terjadi ketika ovarium berhenti berfungsi sebelum usia dimana normalnya seorang wanita mengalami menopause, yaitu sekitar 40 tahun ke atas. Hal ini akan mengakibatkan berhentinya produksi hormon tertentu dan juga berhentinya produksi sel telur yang akan menyebabkan kemandulan.
  • Serangan ayan – Resiko terkena penyakit ayan lebih tinggi pada wanita yang mengidap sindrom triple x daripada wanita normal.
  • Kelainan ginjal – Sindrom triple x ini juga akan beresiko seseorang hanya memiliki satu ginjal atau memiliki pertumbuhan ginjal yang bermasalah.

Selain itu, ada beberapa komplikasi lain yang bisa terjadi pada aspek kesehatan wanita dengan sinrom triple x, yaitu:

  • Pubertas awal atau terlambat puber
  • Sering mengalami konstipasi
  • Mengalami nyeri perut
  • Sering mengalami infeksi saluran kencing
  • Memiliki kaki datar
  • Bentuk tulang dada yang abnormal
  • Kelainan pada jantung.

Apa yang Harus Dilakukan

Bagi wanita yang merasa atau mencurigai dirinya mengidap sindrom ini, lakukanlah dulu beberapa hal berikut ini sebelum atau ketika berkonsultasi dengan dokter:

  • Catat semua gejala – gejala yang dialami walaupun tampaknya tidak berhubungan
  • Catat juga semua informasi penting mengenai diri Anda atau mengenai yang bersangkutan, termasuk riwayat penyakit.
  • Tanyakan apa saja kemungkinan penyebab dari gejala yang timbul.
  • Cari tahu tentang jenis tes yang diperlukan, bagaimana biaya dan persiapannya.
  • Ketahui bagaimana kondisi yang dialami akan mempengaruhi seseorang tersebut, apakah hal itu akan berkaitan dengan emosional seperti perlunya mencari cara meningkatkan rasa percaya diri atau cara menjadi pribadi yang menyenangkan, karena seringkali kondisi emosional wanita degan sindrom ini kurang stabil.
  • Tanyakan perawatan apa yang tersedia, dan bagaimana menanganinya dengan kondisi kesehatan lain yang timbul bersamaan jika ada agar tidak menimbulkan komplikasi.
  • Cari tahu mengenai bantuan apa saja yang tersedia untuk mengatasi sindrom wanita super.

Mendiagnosa Sindrom Wanita Super

Sebelum menentukan diagnosa mengenai  sindrom triple x ini, diperlukan pemeriksaan menyeluruh oleh dokter. Beberapa pertanyaan yang mungkin akan diajukan oleh dokter yaitu:

  • Kapan gejala pertama kali muncul
  • Apa hal yang bisa mengurangi gejala – gejala tersebut
  • Apa hal yang memperburuk gejala tersebut
  • Bagaimana tahap pertumbuhan yang dialami,apakah masih termasuk tahap wajar atau ada kelainan tertentu.

Setelah semua pertanyaan terjawab dan informasi didapatkan, dokter biasanya akan melakukan pengujian genetik prenatal jika kasusnya hendak diketahui sebelum kelahiran bayi. Setelah kelahiran diagnosis dapat dilakukan dengan analisis kromosom dari sampel yang diambil dari penderita. Sebelum melakukan pengujian, penting untuk mendapatkan informasi tentang sindrom ini melalui konseling terlebih dulu. Ketahuilah juga beberapa pembahasan teori dalam psikologi untuk menambah pengetahuan Anda, seperti teori sikap dalam psikologi, teori kepercayaan diri, dan teori identitas sosial.

Perawatan untuk Sindrom Wanita Super

Karena penyebabnya adalah kelainan genetika, maka tidak ada obat yang dapat diberikan untuk memperbaiki kelainan ini. Akan tetapi pengidap sindrom ini tidak perlu khawatir, karena sangat mungkin bagi mereka untuk menjalani hidup normal.

  • Mengatasi Gejala

Perawatan atau pengobatan yang bisa dilakukan untuk pengidap sindrom wanita super ini lebih difokuskan pada upaya untuk mengatasi gejala yang timbul. Biasanya dilakukan melalui konseling untuk meredam gejala yang dirasakannya dengan pengajaran teknik – teknik dan strategi untuk mengatasi gejala tersebut, memberikan tips dan memotivasi untuk tetap melaksanakan kegiatan hariannya. selain itu, dokter juga akan menelusuri sejak masa kanak – kanak untuk mengetahui apakah ada hambatan dalam perkembangan dan pertumbuhan seorang pengidap sindrom triple x.

  • Dukungan Keluarga

Perawatan untuk orang yang mengalami sindrom wanita super ini akan sangat efektif apabila melibatkan dukungan dari keluarga dekat, sebab anak atau orang dewasa yang mengidap sindrom ini lebih rentan mengalami stres. Stres akan berkurang apabila banyak mendapatkan dukungan dari keluarga dekat, yang akan menghindarkan perilaku negatif pada pengidap sindrom ini. Terapi juga akan dilakukan untuk mengatasi berbagai gejala yang timbul. Dengan dukungan keluarga dan lingkungan sekitar, wanita yang mengidap sindrom wanita super akan dapat menemukan cara mencintai diri sendiri, cara membahagiakan diri sendiri dan cara merubah diri menjadi lebih baik.

Wanita yang memiliki 47 kromosom di tubuhnya mungkin saja tidak merasakan ada yang aneh dari tubuhnya, ia bahkan tetap dapat menganung dan melahirkan  sebagaimana wanita lainnya namun tetap harus mewaspadai tanda  – tanda yang timbul yang berkaitan dengan gejalanya.

Karena banyak wanita yang tidak menunjukkan gejala atau tidak menganggap gejala tersebut sebagai suatu hal yang patut diperhatikan, maka banyak wanita yang mengidap sindrom wanita super ini tidak terdiagnosa dengan tepat. Tanpa diagnosa yang akurat, tentunya akan sulit mendapatkan bantuan atau perawatan yang diperlukan untuk mengatasi komplikasi yang mungkin timbul. Karena itu, sebaiknya lebih waspada lagi pada kondsi tubuh Anda sendiri.

Sponsors Link
, , , ,