Sponsors Link

12 Cara Stres Mempengaruhi Pola Tidur Seseorang

Sponsors Link

Stres merupakan sebuah gejala dimana ketika pikiran kita sedang memiliki beban yang terlalu sering kita pikirkan. Sehingga hal tersebut tentu akan sangat mempengaruhi aktivitas, bahkan pola tidur kita sendiri. Ketika seseorang tengah mengalami yang namanya stres secara tidak langsung akan berpengaruh pada kehidupannya, sehingga bisa saja menimbulkan depresi sementara.

ads

Umumnya pada beberapa orang ada yang memang bisa mengatasi stres yang terjadi pada dirinya, namun ada juga sebagian besar yang memang kesulitan untuk mengatasi stres yang ada di dalam dirinya. Sehingga bukan tidak mungkin juga hal tersebut berpengaruh pada siklus tubuh kita sendiri.

Otak merupakan bagian komponen utama yang bisa dikatakan merupakan pemicu terjadinya stres pada tubuh. Karena apa yang kita pikirkan akan berpengaruh cukup besar pada diri kita dan juga akan mempengaruhi pola tidur kita juga. Hal ini juga bisa berkaitan dengan gangguan tidur dalam psiklogi abnormal. Nah, untuk itu dalam artikel kali ini kita akan membahas mengenai cara stres mempengaruhi pola tidur seseorang.

1. Otak sebagai pusat pengendali

Hal pertama yang menjadi alasan mengapa stres sangat mempengaruhi pola tidur adalah dikarenakan otak dijadikan sebagai pusat pengendali dalam tubuh kita. Seperti kita ketahui juga saat kita tengah tidur tentunya pusat pengendali yang ada di dalam tubuh kita itu ada di otak. Secara tidak langsung otak akan bekerja terus menerus apabila kita sedang stres, dan bukan tidak mungkin stres meningkat dan menyebabkan menjadi sangat sulit untuk tidur.

Baca juga :

2. Masalah pada bagian ritme pengatur otak

Yang namanya stres pasti akan mempengaruhi secara keseluruhan tubuh kita. Hal ini jugalah yang akan menyebabkan kita merasa stres dan juga depresi yang sulit untuk dicegah. Bahkan bisa terjadi sampai berhari- hari dan juga berminggu- minggu. Sehingga memang tidak jarang jika kita akan kesulitan tidur apabila sedang mengalami stres dan juga kepanikan yang cukup menguras tenaga yang ada di dalam otak kita tersebut.

3. Karena tidak berhenti berfikir

Ketika kita akan tidur, tentunya otak dan tubuh haruslah seirama dan masing- masing menjadi rileks dan juga jauh lebih tenang. Hal ini lah yang akan sangat mempengaruhi tubuh kita nantinya. Bisa jadi saat kita tengah merasakan stres yang berkepanjangan, otak akan terus berfikir dan sangat sulit untuk tenang.

Sehingga dapat mengganggu tidur dan juga keseharian aktivitas kita nantinya. Secara terus menerus dengan berfikir mengenai masalah yang sedang terjadi juga bisa menjadi pemicu mengapa pola tidur kita menjadi terganggu ketika sedang merasakan stres.

4. Gangguan kesehatan

Salah satu cara stres mempengaruhi pola tidur lainnya yang bisa kita rasakan adalah ketika tengah merasakan stres yang berkepanjang. Tentunya ketika kita sedang stres akan sangat mempengaruhi tubuh dan mengakibatkan gangguan kesehatan kita menjadi terganggu.

Sehingga secara tidak langsung hal ini pun akan sangat mempengaruhi pola tidur kita nantinya. Karena sebagian besar orang yang mengalami gangguan kesehatan atau merasa tidak nyaman dengan tubuhnya, pasti akan merasakan stres dan juga tidak nyaman. Hal ini jugalah yang membuat tidur kita semakin terganggu.


Baca juga :

5. Ritme otak berubah

Hal lainnya yang bisa jadi mempengaruhi pola tidur kita adalah karena ritme otak kita mulai berubah saat kita tengah merasakan stres. Hal ini lah juga yang bisa sangat mempengaruhi dai pola tidur kita nantinya. Hal yang harus kita pahami juga adalah mengapa ketika kita stres segala sesuatu nya berpengaruh pada kesehatan, termasuk ritme otak. Dan hal ini jugalah yang membuat pola tidur berubah dan juga menjadi sulit teratur.

6. Otak menjadi tidak rileks

Seperti yang sudah kita bahas diatas, ketika mendapatkan tidur yang nyenyak dan tenang, pastinya tubuh dan otak sama- sama sinkron dan lebih rileks, barulah nantinya kita bisa merasakan nyaman dan enak tidur. Sedangkan ketika kita tengah mengalami stres pastinya otak menjadi tidak rileks dan membuat pola tidur tentunya akan terganggu dan juga tidak nyaman.

7. Merasa gelisah

Stres dan gelisah merupakan perpaduan yang sulit untuk dipisahkan. Karena ketika seseorang tengah mengalami stres secara tidak langsung akan merasakan gelisah pada dirinya. Dan hal ini jugalah yang akan mempengaruhi pola tidurnya karena rasa gelisah yang ada di dalam dirinya. Untuk itu bagi seseorang yang merasa stres sebaiknya kurangi berfikir yang berlebihan, karena akan sangat mengganggu pola tidur yang dimiliki.

8. Gangguan pola makan

Jenis- jenis gangguan tidur memang memiliki banyak jenisnya. Dan hal- hal tersebut bisa dipicu dari berbagai hal salah satunya gangguan pola makan. Seseorang yang tengah stres biasanya akan mempengaruhi pola makan dirinya. Hal ini lah yang berkaitan dengan perubahan atau gangguan pola tidur yang juga terjadi pada orang tersebut . Sehingga memang tidak heran pada beberapa orang yang tengah stres dan terjadi gangguan pola makan, akan mempengaruhi juga dari pola tidur yang dimilikinya.


Baca juga :

9. Terjadinya refluks asam

Untuk sebagian orang yang tengah mengalami stres, biasanya akan berpengaruh pada tubuhnya. Cara stres mempengaruhi pola tidur adlaah dimana orang tersebut akan memiliki berbagai kondisi kesehatan yang berpengaruh pada tubuhnya. Salah satunya refluks asam. Salah satu kondisi kronis yang satu ini akan mempengaruhi pola tidur kita juga.

Hal ini juga dikarenakan ketika kita sedang stres dan mengalami refluks asam pastinya kita akan terjaga semalaman dikarenakan penyakit tersbeut. Dan hal tersebut jugalah yang akan mempengaruhi pola tidur kita nantinya.

10. Sakit kronis

Seseorang yang mengalami stres berkepanjangan bukan tidak mungkin akan memiliki penyakit atau kondisi yang kronis. Hal ini tentu akan berpengaruh pada keadaan tubuhnya yang tidak nyaman. Sehingga secara tidak langsung juga nantinya akan mempengaruhi pola tidurnya nanti.

11. Terlalu banyak caffeein

Meskipun tidak semua orang, namun ada kalanya beberapa orang yang menghabiskan waktu stresnya dengan meminum coffee semalaman. Nah, hal ini juga lah yang membuat stres bisa sangat menganggu pola tidur yang kita miliki tersebut. Dan nantinya kita sendiri yang akan merasakannya bahwa kita sulit untuk tidur ketika malam hari.

12. Merasa pusing atau sakit kepala

Salah satu cara stres mempengaruhi pola tidur lainnya adalah ketika kita tengah stres biasanya kita akan merasa pusing dan juga sakit kepala. Hal ini akan sangat menganggu tidur di malam hari juga tentunya. Meskipun banyak cara mengatasi susah tidur di malam hari. Namun jika kita tengah berada dalam keadaan stres tentunya akan kesulitan juga mengatur pola tidur.

Sponsors Link
, ,




Oleh :
Kategori : Gangguan Psikologi