Sponsors Link

13 Cara Meningkatkan Konsentrasi Belajar Anak

Sponsors Link

Belajar merupakan salah satu kegiatan yang seringkali sulit dilakukan oleh anak-anak khususnya mereka yang masih duduk di bangku sekolah. Belajar memang memiliki banyak manfaat, namun kegiatan ini dianggap membosankan, dianggap sulit untuk dilakukan dan lainnya.

ads

Maka tak jarang banyak anak yang menghindari kegiatan belajar, apalagi di Indonesia sendiri sekolah termasuk kegiatan paling lama anak-anak selama satu hari dan sudah diisi dengan belajar.

Selain permasalahan malas ada lagi permasalahan utama anak-anak ketika belajar yaitu konsentrasi belajar. Ada banyak hibran, alat canggih dan teman membuat anak menjadj terganggu konsentrasinya dan akhirnya hanya membuang waktu saja. Karena waktu untuk belajar menjadi terganggu. Nah berikut ini ada 13 cara untuk bisa meningkatkan konsentrasi belajar.

Apa saja ?

1. Membuat jadwal belajar

Pertama anda bisa membuat jadwal belajar. Dengan adanya jadwal ini anda sebagai pelaku atau anda sebagai orang tua bisa mengawasi mereka dengan baik ketika belajar. Jangan randoman belajar tanpa jadwal. Hal ini akan menyebabkan anda kelelahan ketika belajar.

2. Temukan metode belajar yang tepat

Memilih metode yang tepat bisa meningkatkan konsentrasi belajar anda. Bukan tanpa sebab, anda bisa memilih metode agar bisa membantu anda dalam menyerap pelajaran atau mendapatkan maksud dari pelajaran anda dengan benar setiap orang umumnya berbeda-beda tergantung pada kenyamanan masing-masing. Metode Psikologi Pendidikan menyatakan bahwa metode belajar pendidikan.

3. Jangan ajak teman

Memang belajar dengan teman lebih mudah karena ketika anda tidak mengerti anda bisa bertanya. Namun perlu dingat bahwa dengan membawa teman akan mengganggu konsentrasi anda.

Baca juga :

Sehingga jika kemungkinan anda sulit mengerti pelajaran sebaiknya mengikuti les saja jangan mengajak teman belajar yang ada anda justru bermain.

4. Sita gadget pada waktu tertentu

Menyita gadget bisa membantu menaikan konsentrasi belajar 5x lipat. Dalam gadget ada banyak hal yang memang bisa menggoda anda untuk tidak belajar dan juga tidak membutuhkan buku lagi karena bisa anda pelajari di ponsel. Namun perlu diingat bahwa gadget menghabiskan waktu anda secara percuma dan tidak bermanfaat. Baiknya sita gadget anda hanya pada waktu anda belajar saja. sehingga anda bisa belajar dengan tenang.


5. Matikan televisi dan teknologi lain

Mematikan televisi juga bisa membantu anda untuk mendapatkan konsentrasi ketika belajar. Televisi memang jarang dinyalalan ketika siang hari dan banyak ketika malam hari dimana itu adalab waktu belajar anda. Sehingga ada baiknya mematikan televisi untuk keamanan belajar anda.

6. Manfaatkan waktu main

Memanfaatkan waktu main apa hubungannya dengan konsentrasi? Siswa khususnya anak bukanlah mesin atau robot yang selalu bisa belajar dimanapun dan kapanpun. Mereka juga butuh istirahat dan juga butuh waktu bermain. Berikan kesempatan untuk bermain setela itu belajar dan menjadwalkan jam pelajaran mereka.

7. Fokuskan bidang pelajaran

Ketika anda ingin memfokuskan konsentrasi belajar maka anda bisa memilih untuk memfokuskan bidang pelajaran. Ketika anda mempelajari subjek yang memang anda sukai maka akan terasa lebih mudah dan jug lebih mudah mengkonsentrasikan diri.

8. Gunakan waktu yang singkat namun sering

Gunakan waktu yang singkat merupakan cara selanjutnya yang ampuh untuk memudahkan anda mengkonsentrasikan diri. Menggunakan waktu yang singkat lebih bisa digunakan. Kenapa waktu yang singkat namun sering, karena waktu yang singkat membantu mengkonsentrasika diri lebih baik. Singkat namun berkualitas lebih baik.

9. Jangan paksakan diri

Jangan memaksakan diri merupakan hal yang paling utama. Konsentrasi bisa menghabiskan waktu dan tenaga anda. Terutama pikiran anda yang menyebabkan lelah dan juga fisik. Karena itulah jangan paksakan diri dan yang ada anda justru akan keteteran atau kelelahan.

10. Makan makanan yang cukup

Makanan bisa menjadi sumber konsentrasi anda. Dimana ketika anda kelaparan atau terlalu kekenyangan anda justru tidak memfokuskan diri anda untuk belajar. Makanan bukan hanya sumber tenaga tapi juga sumber pikiran dan nutrisi otak anda.

11. Pilih waktu efektif

Memilih waktu agar bisa belajar efektif merupakan cara selanjutnya. Misalnya anda measa mengantuk jam 8-9 malam maka anda harus bisa menghindari jam belajar pada waktu tersebut. Namun jika anda bisa bangun pagi dan belajar jam 4 subuh misalnya, dan dirasa lebih efektif. Kenapa tidak ?

12. Ajak orang tua

Seringkali seorang anak membutuhkan waktu dengan orang tuanya, bukan hanya mengobrol saja dan menghabiskan waktu. Namun, juga mengajak orang tua belajar bersama. Mengajak orang tua merupakan cara ampuh yang bisa dilakukan semua anak untuk meningkatkan konsentrasi belajar.

Dimana orang tua mungkin bisa menegaskan cara belajar anak-anak dan juga memiliki teman belajar. Mengajak orang tua juga membantu mengawasi cara belajar anak.

13. Utamakan pelajaran yang disukai

Mengutamakan pelajaran yang disukai merupakan cara terakhir meningkatkan porsi konsentrasi belajar anda. Pelajaran yang disukai karena anda pasti senang untuk menyelesaikan tantangan pelajaran anda. Biasanya pelajaran matematika yang sulit membuat anda konsentrasi.

Demikian penjelasan terkait beberapa cara meningkatkan konsentrasi belajar anak yang bisa diterapkan oleh para orangtua yang pemula. Semoga bermanfaat.

Sponsors Link
, , , ,