Sponsors Link

Teori dan Konsep Perilaku dalam Psikologi dan Faktor yang Mempengaruhi

Sponsors Link

Perilaku merupakan sebuah tindakan yang di dalamnya membuuhkan berbagai tindakan dan juga aktivitas manusia. Dimana cakupan pengertiannya pun sangat luas, dalam hal ini akan berkaitan dengan cara seseorang tertawa, bekerja dan juga berjalan. Dari adanya uraian yang telah dijelaskan pun dapat disimpulkan adanya perilaku kehidupan manusia akan berkaitan dengan aktivitas manusia itu sendiri.

ads

Untuk pengertian dari perilaku sendiri memang perlu dibatasi dengan adanya sebuah keadaan jiwa yang bisa membuat seseorang lebih mudah dalam berfikir dan juga berpendapat. Dalam psikologi teori perilaku dapat diumpamakan dari berbagai suatu reaksi yang bisa berkaitan atau berhubungan dengan sebuah reaksi lingkungan.

Contohnya saja dalam bentuk dalam bentuk pasif dan juga bisa dalam bentuk aktif. Berikut teori dan konsep perilaku dalam psikologi, diantaranya:

1. Skinner yang dikutip oleh Notoatmodjo (2003)

Mengatakan bahwa dalam perumusan sebuah tingkah laku dapat dilakukan dengan beragai respon dan juga reaksi yang bisa di dapatkan dari adanya stimulus atau rangsangan dari luar. Untuk itu dalam perilaku yang satu ini melalui proses adanya stimulus terhadap organisme, dan kemudian organisme tersebut merespon sehingga dalam teori skinner disebut dengan teori “S-0-R” atau sebuah stimulus- Organisme- respon.

2. Menurut ensiklopedia Amerika

Perilaku dapat diartikan sebagai suatu aksi dimana dalam reaksi organisme terhadap lingkungan, dalam hal ini juga berarti adanya sebuah perilaku baru yang akan terwujud bila ada sesuatu tanggapan atau rangsangan dengan demikian maka suatu rangsangan tertentu juga dapat menghasilkan sebuah perilaku tertentu. Dalam hal ini dikemukakan oleh Roberts Y.Kwick (1972)

Baca juga :

3. Teori perilaku menurut Petty cocopio

Dalam hal ini perilaku merupakan sebuah evaluasi umum yang dibuat oleh manusia terhadap dirinya sendiri dan juga melalui obyek atau sebuah issue yang telah dilakukan.

4. Perilaku menurut chief, bogardus, lapiere dan Gordon allport

Dalam hal ini terdapat kelompok pemikiran dan juga sikap yang merupakan sebuah ancaman dari kesiapan dalam melakukan reaksi pada suatu objek dengan cara – cara tertentu. Dalam hal ini dapat dikatakan bahwa adanya kesiapan yang dimaksudkan dalam hal ini merupakan kecenderungan yang potensial untuk bereaksi dengan cara tertentu apabila individu dihadapkan pada suatu stimulus yang menghendaki adanya sebuah respon yang dilakukan.

5. Perilaku menurut teori Fredrick Herzberg

Sama halnya seperti teori yang telah diungkapkan oleh maslow, herzbeg dimana di dalam studinya juga mengembangkan konsep- konsep motivasi yang mana merupakan penentu utama dari munculnya motivasi yaitu sebuah kondisi tempat kerja, upah kualitas pengawasan dan juga pengakuan, promosi dan juga peningkatan profesionalisme.

6. Teori perilaku menurut Elton Mayo studi hawthrne di western electric company 1927-1932

Yakni merupakan munculnya dari sebuah perilaku dalam organisasi mayo seseorang psikolog dari Harvard university dimana memandu penelitian tentang rancang ulang pekerjaan, perubahan panjang hari kerja dan juga waktu kerja dalam seminggu. Pengenalan waktu untuk istirahat kerja dan juga upah dari individu yang dibandingkan dengan sebuah upah kelompok.

Perubahan perilaku

Dalam teknik perubahan perilaku terdapat beberapa hal yang perlu dihubungkan dengan pengaruh hubungan diantara organisasi dan juga dengan psikologis lingkungan, dimana dalam hal ini ini akan berpengaruh pada biologis dan intrapsikis seseorang. Yang dimaksud disini adanya adanya sebuah proses dan juga kekuatan mental atau psikologis yang mendasari dari kehidupan perilaku tersebut.


Baca juga :

Adapun teknik lainnya yang mempengaruhi dari perilaku seseorang adalah sel tubuh, dimana dalam sel tubuh seseorang terdapat sel yang memiliki fungsi untuk menerima rangsang atau reseptor yang kemudian diteruskan dan dianggap sebagai sebuah sel yang penanggap rangsang. Fungsinya sendiri dapat menerima bunyi dan juga menanggapi adanya bunyi tersebut dengan tepat.

Sistem syaraf juga dalam hal ini cukup mempengaruhi. Dimana adanya perubahan sistem syaraf pusat yang dijadikan kordinasi melakukan berbagai perilaku kompleks melalui otak dan cara kerjanya pun sangat sederhana, serta dipengaruhi pula dengan area sum- sum tulang belakang.

Faktor yang mempengaruhi perilaku

Dalam ilmu psikologis dan juga perkembangan, terdapat beberapa faktor- faktor yang berperan penting terhadap perilaku manusia itu sendiri yang berkaitan dengan teori dan konsep perilaku dalam psikologi tadi. Diantaranya:

1. Faktor biologis

Dalam faktor ini perilaku manusia akan sangat mempengaruhi dan juga dengan situasi serta lingkungan dimana dia berada. Interaksi psikologi sosial juga cukup mempengaruhi tingkah laku dan juga perilaku seseorang. Contohnya saja ketika ketika kita merawat anak dan juga adanya motof biologis lain yang dapat mempengaruhi perilaku manusia.

2. Faktor sosiopsikologis

Dalam faktor ini terdapat sebuah komponen emosional dari kehadiran faktor sosiopsikologis pada seseorang. Komponen yang satu ini berkaitan dengan komponen kognitif dan juga kehadiran aspek intelektual manusia. Komponen yang satu ini juga berpengaruh pada kebiasaan dan juga kemauan individu untuk melakukan berbagai tindakan.

3. Sikap

Sikap juga sangat mempengaruhi perilaku seseorang, dimana di dalamnya terdapat tingkah laku atau tindakan seseorang, persepsi da juga cara berfikir seseorang yang di dalam dirinya merasa bahwa apa yang telah dilakukannya akan berkaitan dengan sebuah situasi dan juga nilai yang ada di dalam dirinya.


Sikap juga sangat mempengaruhi dari adanya daya pendorong seseorang dalam melakukan motivasi pada orang lain yang ada disekitarnya. Sehingga dalam hal ini juga bisa menimbulkan sebuah pengalaman yang cukup baik.

Baca juga :

4. Faktor emosi

Hal yang satu ini akan berpengaruh pada tingkah laku atau perilaku seseorang. Dimana faktor emosi ini lah yang membuat mood mempengaruhi segala hal yang kita lakukan. Kemudian terjadi perubahan persepsi dalam stimuli dalam merangsang alat indra. Untuk intensitas nya sendiri memang tergantung dari diri orang tersebut, bisa dalam skala ringan, namun bisa juga dalam skala yang cukup kuat.

Emosi juga bisa membuat perhatian lebih meningkat pada sesuatu hal yang membuat kita tegang, dimana di dalamnya berkaitan juga dengan rangsangan fisiologi, detak jantung yang kuat da juga naiknya tekanan darah seseorang.

5. Komponen kognitif

Untuk faktor yang satu ini akan berkaitan dengan sebuah kepercayaan seseorang, dimana komponen kognitif dalam sikap merupakan sesuatu hal yang ada di dalam keyakinan, serta sesuatu yang membuat kita membenarkan atau tidak membenarkan. Kepercayaan ini juga bisa menimbulkan sebuah sikap perspektif seseorang dalam menentukan sikapnya pada orang yang ada disekitarnya.

Nah, itulah teori dan konsep perilaku dalam psikologi menurut para ahli dan perilaku manusia yang bisa mempengaruhi aktivitas dan juga cara seseorang dalam menentukan sikapnya.

Sponsors Link
, ,




Oleh :
Kategori : Psikologi Kognitif