Sponsors Link

6 Contoh Perubahan Perilaku Manusia Dalam Aspek Budaya

Sponsors Link

Pengaruh budaya bisa mendatangkan pengaruh, bisa pengaruh baik dan juga pengaruh buruk. Setiap budaya dimana di Indonesia yang begitu majemuk, memiliki ragam kebiasaan dan tradisi yang berbeda. Contohnya budaya di Jawa dengan di Sumatera tentu berbeda satu sama lain.

ads

Nah, bagaimana budaya tersebut bisa diterima dalam satu lingkungan yang berbeda tentu menjadi kebiasaan baru yang belum tentu bisa diterima dengan baik. Berikut contoh perubahan perilaku dalam tradisi sebagai akibat globalisasi.

Apapun budaya tersebut, jika tidak berbau dengan agama, ras maupun suku masih bisa diterima. Berikut ini akan dijelaskan mengenai contoh perubahan perilaku manusia dalam aspek budaya seperti berikut ini :

1. Bahasa

Pengaruh budaya bagi perilaku manusia sekitarnya akan terasa pada bahasa sehari – hari. Bahasa digunakan untuk berkomunikasi antar manusia satu dengan yang lain, apabila dan satu lingkungan memiliki bahasa keseharian, otomatis siapapun pendatang mau tidak mau bisa memahami bahasa tersebut. Pentingnya peranan psikologi perkembangan dalam perubahan sikap dan perilaku.

Contohnya pada saat orang Sunda tinggal dalam satu lingkungan yang mayoritas orang Jawa, maka bahasa yang digunakan pasti bahasa Jawa. Otomatis pendatang dari Sunda harus belajar bahasa keseharian mereka agar bisa berkomunikasi dengan baik.

2. Logat Bahasa

Contoh perubahan perilaku manusia dalam aspek budaya yaitu logat bahasa. Bahasa dalam setiap daerah di Indonesia saling berbeda satu sama lainnya, ada logat yang terdengar keras dan ada logat yang terdengar lembut. Contoh perubahan sikap dalam psikologi sosial yang perlu diketahui.

Contohnya logat orang Batak yang begitu lantang dan cepat pasti berbeda dengan orang Tegal yang terdengar khas dan medok. Apabila Anda yang asli dari Sumatera tiba – tiba harus berdomisili di kota Tegal, maka lambat laun akan terbiasa dengan logat di sana. Karena logat tersebut menjadi ciri khas daerah tersebut.

3. Pengetahuan

Pengetahuan juga memiliki pengaruh yang penting dalam budaya, contoh budaya Sunda mempunyai pengaruh yang berbeda dengan budaya dari pengetahuan Bali. Setiap pengetahuan yang dibawa dari daerah masing – masing memiliki pola terapan yang berbeda. Ketahui contoh modifikasi perilaku self management pribadi sendiri.

Contoh pelajaran bahasa Sunda hanya akan Anda temukan hanya dipelajari di daerah Jawa Barat seperti Bekasi, Bogor, Bandung dan sebagainya. Pada daerah Bali, pengetahuan tersebut tidak akan dipelajari dan akan berbeda tentunya.

4. Agama

Berikutnya contoh perubahan perilaku manusia dalam aspek budaya juga dapat mempengaruhi sebuah agama. Dari zaman nenek moyang agama yang pertama dianut oleh masyarakat Indonesia adalah Hindu Budha. Contoh ragam jenis perilaku manusia dalam psikologi  yang paling mendasar.

Sejak agama Islam disebarkan di Tanah Air, maka ada beberapa budaya Hindu Budha yang masih dipakai sampai saat ini, seperti acara syukur kepada Bumi, syukuran panen, kebiasaan sesaji, dan masih banyak lainnya. Percampuran antara agama Hindu Budha dan Islam menjadi satu kesatuan, bahkan sampai saat ini masih dijaga dan tetap dilestarikan.

5. Kesenian

Jelas yang namanya seni pasti bermuara kepada budaya, kesenian merupakan satu kesatuan dari budaya. Banyak pengaruh seni yang dihasilkan dari satu budaya, contoh kesenian Jaipong yang dihasilkan dari budaya Tanah Sunda, akan berbeda kesenian yang dihasilkan dari budaya Sumatera dan Jawa Tengah. Berikut ini cara menyikapi budaya asing positif dan negatif.


Budaya Sumatera kental akan budaya Melayu, dan Jawa Tengah dikenal dengan kesenian keroncong, wayang dan masih banyak lagi. Setiap daerah di Indonesia memiliki seni yang berbeda dan khas.

6. Pergaulan dan Aktivitas Sosial

Budaya yang mengalir dalam suatu lingkungan juga bisa mempengaruhi tingkat pergaulan di masyarakat sekitarnya. Aktivitas sosial juga menjadi pengaruh, seperti kegiatan pos kamling, karang taruna, pertemuan warga dan kegiatan adat lain dalam suatu daerah. Waspadai pengaruh budaya dalam perkembangan remaja masa kini.

Contohnya kebiasaan yang masih terjaga sampai saat ini di lingkungan pedesaan yaitu siskamling, bagi lingkungan perkotaan hal ini tentu sudah digantikan dengan namanya security atau keamanan komplek. Baik itu kegiatan yang bersifat tradisional maupun yang modern tentu dipengaruhi dari budaya masing – masing di suatu lingkungan.

Demikianlah beberapa contoh perubahan perilaku manusia dalam aspek budaya. Semoga menjadi tambahan pengetahuan mengenai budaya Anda.

Sponsors Link
, , , , , , ,