Sponsors Link

6 Contoh Perubahan Perilaku Manusia Dalam Aspek Ekonomi

Sponsors Link

Masalah ekonomi memang tidak ada habisnya, perbedaan penghasilan akan berpengaruh kepada tingkat ekonomi dan status seseorang. Oleh sebab itu, jenjang taraf hidup seseorang dinilai dari seberapa mampu ekonomi yang ia punya mampu menopang kehidupannya.

ads

Sering adanya kecemburuan sosial dan berbagai aspek, contoh fasilitas kesehatan, sarana umum dan sebagainya. Umumnya orang dengan status ekonomi mampu atau di atas rata – rata akan lebih mudah mendapatkan akses dalam berbagai hal.  Berikut ini peranan psikologi perkembangan dalam perubahan sikap dan perilaku.

Dikarenakan ia memiliki uang banyak, untuk itu akan dibahas mengenai contoh perubahan perilaku manusia dalam aspek ekonomi seperti di bawah ini :

1. Depresi

Dampak negatif akibat kondisi ekonomi yang buruk bisa menyebabkan seseorang mengalami gangguan jiwa dan depresi. Contoh kondisi ekonomi yang minim, terlilit hutang, tidak mampu bekerja dengan baik dan sebagainya. Ketahuilah proses pembentukan perilaku dalam psikologi.

Seseorang yang tidak memiliki keimanan kuat tentu sangat mudah mengalami putus asa sampai tingkatan depresi. Apabila kondisi tersebut tidak semakin membaik, kemungkinan bisa menjebloskan orang tersebut kepada penyakit mental dan bahkan gila.

2. Penjarahan

Contoh perubahan perilaku manusia dalam aspek ekonomi juga bisa berdampak kepada anarkis. Karena sulitnya mendapatkan kebutuhan pokok. Dimana harga jual terlalu tinggi sedangkan kemampuan untuk membeli tidaklah cukup. Contoh dasar-dasar biologis perilaku manusia.

Contoh perbuatan penjarahan yang pernah terjadi di Indonesia tahun 1998, membuktikan jika kondisi ekonomi yang buruk dan terpuruk. Sampai saat ini kondisi tersebut masih bisa terjadi apabila ekonomi tidak semakin membaik.

3. Perbuatan Hukum

Akibat ekonomi buruk bisa menimbulkan satu dampak yang berbahaya, seperti tindak kriminal. Demi memenuhi kebutuhan hidup bisa saja seseorang nekad melakukan aksi contoh penipuan, perampokan atau yang sadis yaitu pembunuhan demi mendapatkan uang. Berikut contoh hubungan antara persepsi komunikasi dan perilaku seseorang.

Banyak peristiwa seseorang menjual narkoba hanya untuk membeli kebutuhan pokok dan sebagainya. Namun, dibalik itu semua jelas sangsi hukum seperti penjara atau bahkan hukuman mati dapat menjerat pelakunya.

4. Materialistis

Berikut contoh perubahan perilaku manusia dalam aspek ekonomi bisa menimbulkan sikap materialistis. Sikap yang sangat mendewakan harta dan uang, hidup menurutnya segalanya harus dengan ekonomi yang tinggi. Ia tidak bisa hidup tanpa adanya harta dan uang. Beberapa contoh modifikasi perilaku self management dalam diri.

Hal inilah yang bisa merusak jiwa seseorang apabila tidak dibentengi dan direm. Kecenderungan orang yang belum siap menghadapi kemiskinan pasti ia akan depresi, stres bahkan gila.

5. Bangga Diri

Memiliki status sosial dan ekonomi yang baik bagi sebagian orang tentu dapat berdampak besar. Ia akan merasa mudah dalam memilih akses apapun. Termasuk didalamnya ada kesehatan, pendidikan, pelayanan publik dan nama besar.

Kadang orang merasa bangga akan dirinya. Harta dan uang berlimpah membuatnya menjadi terkenal dan disegani banyak orang. Ketahuilah contoh perbedaan sikap dan perilaku dalam ilmu psikologi.

Namun, adakalanya semua itu tidak bisa dinilai dari status sosial. Oleh sebab itu, apabila seseorang memiliki harta berlimpah namun ia tidak mampu menjalaninya dengan baik, maka bisa saja harta tersebut hilang dan bangkrut.


6. Menaikkan Status Sosial

Memiliki tingkat ekonomi baik juga bagi seseorang bisa berdampak kepada status sosialnya. Ia akan disegani dan memiliki pengaruh bagi sebagian orang, contohnya pengusaha yang bisa saja dengan jiwa sosialnya yang tinggi ia akan dinilai sebagai orang baik. Berikut faktor perilaku agresif pada remaja awal hingga akhir.

Bagi orang yang memiliki harta berlebih, segala kebutuhan dan kemudahan dengan cepat dan lancar ia akan dapatkan. Status sosial memang sangat penting dalam kehidupan, karena agar tidak dipandang sebelah mata atau diremehkan oleh orang lain.

Semua kondisi apapun yang Anda alami, selagi masih bisa menikmati hidup dengan bebas, maka bersyukurlah dan berbuat baiklah kepada siapapun. Semoga contoh perubahan perilaku manusia dalam aspek ekonomi menjadi manfaat untuk Anda.

Sponsors Link
, , , , ,