Sponsors Link

12 Pengaruh Teknologi terhadap Perilaku Manusia

Sponsors Link

Teknologi memiliki peranan yang cukup penting di dalam kehidupan dan juga perilaku manusia, dimana teknologi jika diartikan sebagai penerapan sebuah ilmu yang bisa dikaitkan dalam hal komunikasi, sehingga teknologi memang memiliki keterkaitan diantara kehidupan bermasyarakat dan hubungannya dengan orang lain.

ads

Teknologi memang memiliki peranan yang sangat penting untuk kehidupan manusia, dimana pengaruhnya bisa berdampak juga pada perilaku manusia. Ketergantungan pada teknologi juga sudah sangat sering kita lihat dari berbagai contoh kehidupan sehari-hari, salah satunya ketergantungan pada internet dan juga komputer. Pengaruh gadget terhadap psikologi anak mengakibatkan berbagai dampak buruk dan juga membuat perilaku manusia menjadi tidak baik.

Teknologi juga bisa diibaratkan sebuah proses, dimana dalam hal tersebut memang perlu dilakukan berbagai proses dan juga komponen yang berarti. Contohnya rigers(1986) yang mendefinisikan bahwa teknologi komunikasi yang merupakan sebuah alat perangkas keras, struktur organisasi dan nilai-nilai sosial yang digunakan untuk mengumpulkan, memproses dan juga mempertukarkan informasi dengan orang lain. Seperti penggunaan Sistem Informasi dalam psikologi yang juga masih berkaitan dengan teknologi. Untuk lebih jelasnya dalam artikel ini kita akan membahas mengenai berbagai pengaruh teknologi terhadap perilaku manusia.

1. Munculnya budaya plagiarism

Secara tidak langsung teknologi memang akan membuat kita menemukan berbagai sumber atau hal-hal dengan sangat mudah melalui internet. Dimana hal tersebut akan semakin mempermudah dan menimbulkan adanya budaya plagiarisme. Tentunya hal tersebut tidak baik untuk kemajuan anak bangsa yang bisa dengan mudah melakukan plagiarisme dengan sangat mudah, dan hal tersebut pastinya akan sangat membawa hasil yang tidak baik pula.

2. Munculnya konten dewasa dengan mudah

Sebelum munculnya kemudahan akses teknologi seperti internet, tidak begitu mudah untuk mengakses berbagai konten dewasa. Jelas berbeda dengan sekarang ini, dimana kita akan jauh lebih mudah mengakses berbagai konten-konten tersebut dan hal tersebut tentu akan sangat berbahaya bagi mental anak bangsa, dimana akan mempengaruhi pola perilaku masyarakat ke arah yang buruk.

3. Kemudahan melakukan penipuan melalui internet

Internet dapat memicu munculnya banyak penipuan yang dapat dilakukan melalui dunia maya. Pengaruh teknologi yang satu ini tentu akan berdampak tidak baik bagi pola perilaku masyarakat di sekitar. Dimana dengan teknologi malah dapat mempermudah para penipu untuk melakukan aksinya secara online. Yang tentunya akan sangat merugikan masyarakat juga nanti untuk ke depannya.

4. Teknologi dapat membuat sebuah komunitas yang positif

Pengaruh teknologi terhadap perilaku manusia tidak hanya berdampak buruk, namun bisa juga memiliki dampak yang positif, salah satunya bisa membuat sebuah komunitas atau group yang menuju ke arah positif. Misalnya komunitas jual beli di facebook, hal tersebut tentu bisa dijadikan sebagai wadah internet marketing yang sangat bagus. Selain itu bisa juga mengumpulkan berbagai komunitas yang memiliki hobi yang sama, dimana selain bisa menjalin tali silahturahmi dan juga bisa membuat keuntungan tersendiri untuk para penggemar atau pemilik hobi yang sama.

5. Berdampak pada pemborosan

Kehadiran teknologi internet tentu bisa membuat seseorang yang tadinya tidak hidup konsumtif menjadi jauh lebih konsumtif, dimana kemudahan belanja online saat ini memang membuat setiap orang dimudahkan dengan berbagai kehadiran toko online. Kegiatan belanja pun bisa dilakukan dengan sangat mudah karena kehadiran internet, namun hal ini malah akan semakin menimbulkan sifat pemborosan dan juga gaya hidup konsumtif pada diri seseorang.


6. Melakukan pekerjaan semakin mudah

Teknologi juga bisa membawa dampak positif lainnya, salah satunya adalah dengan kehadiran teknologi ini, pekerjaan kita akan terasa jauh lebih mudah dan terbantu. Teknologi juga bisa membuat kehidupan suatu bangsa menjadi jauh lebih berkembang dan tidak ketinggalan jaman dan kehadiran teknologi akan sangat membantu pekerjaan orang lain.

7. Mengurangi sumber daya manusia

Kehadiran teknologi bisa membuat sumber daya manusia menjadi jauh lebih berkurang. Dimana alat- alat canggih saat ini sudah bisa dengan mudah diciptakan dan dibuat, apalagi bisa menggantikan pekerjaan manusia juga, sehingga malah bisa menimbulkan pengangguran, tentunya hal tersebut akan sangat berdampak negatif pada kehidupan seseorang.

8. Kemudahan melakukan transaksi

Kehadiran teknologi tentu bisa sangat memudahkan kita untuk melakukan transaksi dalam berbisnis. Dimana di dalam melakukan pembayaran kita tidak perlu datang langsung ke tempat pembayaran, dan hanya dengan melakukan transaksi yang mengandalkan teknologi saat ini bisa, semua proses pembayaran dengan mudah dilakukan. Hal ini tentunya bisa juga berdampak positif bagi kemajuan bisnis.

9. Mengurangi sifat sosial

Pengaruh teknologi terhadap perilaku manusia lainnya adalah bisa membawa perubahan bagi orang lain, khususnya dengan internet seseorang malah lebih asik dengan dunianya, dibandingkan dengan kehidupan sosial atau kehidupan nyata yang ada di hadapannya. Hal ini tentu akan sangat berdampak dengan kehidupan sosialnya di lingkungannya, khususnya di dalam psikologi keluarga dan juga kehidupan psikologis sosial yang ada di sekitarnya.


10. Kemudahan dalam pertukaran data

Teknologi memang memiliki dampak negatif yang kurang baik, namun di samping itu memang memiliki dapak positif yang cukup baik juga. Di antaranya bisa dengan mudah melakukan pertukaran informasi atau data, misalnya dengan menggunakan email atau melalui aplikasi smartphone yang ada di genggaman anda. Bukan tidak mungkin juga hal tersebut tentunya akan sangat membantu pekerjaan kita juga nantinya.

11. Perubahan interaksi sosial

Kehadiran teknologi bisa juga berdampak bagi perubahan kehidupan sosial di masyarakat, orang cenderung akan merasa jauh lebih asik dengan kehidupannya sendiri, dan cenderung sulit melakukan interaksi sosial dengan lingkungannya, hal ini bisa berdampak buruk juga bagi kehidupan bermasyarakat nantinya. Bisa dikatakan ini adalah dampak psikologis penggunaan gadget dalam bentuk negatif.

12. Mengurangi sifat sosial

Seseorang yang sudah merasa nyaman dengan dunia internet atau perkembangan teknologi saat ini memang akan membawa perubahan untuk sifat sosial yang dimilikinya, mereka juga akan merasa tidak peduli dengan lingkungan yang ada di sekitarnya, tentunya hal tersebut akan membawa efek negatif bagi kehidupan setiap individu.

Begitulah 12 pengaruh teknologi terhadap perilaku manusia. Teknologi memang bisa membawa efek positif bagi perkembangan kehidupan manusia, namun di sisi lain kita juga harus paham dan juga mengerti bahwa ada berbagai efek negatif yang bisa di timbulkan dari sebuah teknologi yang ada, sehingga dengan kata lain kitalah sebagai manusia yang nantinya menentukan hal tersebut, apakah kita akan membuatnya ke arah negatif, atau kita akan mebawanya kearah positif, agar nantinya bisa sama-sama saling seimbang.

Sponsors Link
, , ,




Oleh :
Kategori : Psikologi Sosial