Sponsors Link

12 Penerapan Self Control dalam Modifikasi Perilaku

Sponsors Link

Di dalam psikologi terdapat self management yang jika kita artikan merupakan sebuah jenis model therapy self management, dimana dalam hal ini melibatkan diri dan juga sebuah kontrak perjanjian. Self management atau yang lebih dikenal sebagai pengelolaan diri memang bisa dikaitkan dalam sebuah strategi dalam pengubahan sebuah perilaku, dimana untuk tujuannya sendiri lebih mengarah kepada cara perilaku seseorang.

ads

Perlu kita ketahui juga, setiap orang tentu memiliki yang namanya kebebasan, dalam hal ini kebebasan dapat mengaktualisasi diri yang membutuhkan sebuah regulasi atau yang dinamakan sebuah dorongan dalam melakukan tindakan dengan spontan.

Self control atau kontrol diri ini memang merupakan sebuah cara yang bisa dilakukan dalam mengembangkan dan juga menggunakan individu serta proses di dalam kehidupan. Dalam hal ini ada juga penerapan efek-efek psikologis yang mengarah pada sisi negatif dan juga sisi positif, dan juga kontrol diri yang termasuk ke dalam sebuah modifikasi perilaku sosial dan juga politik serta adanya perilaku kerja.

Semua ini dapat mempengaruhi kontrol diri terhadap munculnya sebuah tingkah laku yang bisa dikatakan cukup besar. Untuk lebih jelasnya berikut akan kami jelaskan mengenai penerapan self control dalam modifikasi perilaku.

1. Memberikan tujuan yang jelas mengenai arah tujuan
Tujuan dari self control memang merupakan hal yang sangat penting, dimana dalam hal ini kita harus lebih mengetahui dan juga paham mengenai cara modifikasi pribadi seseorang. Namun sebelumnya kita juga harus jauh lebih paham terlebih dahulu mengenai self management seseorang. Tujuan diadakannya hal tersebut untuk bisa lebih memahami mengenai hal-hal yang mengarah kepada perubahan sikap perilaku yang baik, seperti di dalam contoh perubahan perilaku dalam tradisi sebagai akibat.

2. Mampu menghadapi berbagai situasi
Penerapan self control lainnya dapat kita lihat dari seberapa besar seseorang tersebut mampu menghadapi berbagai situasi yang dialaminya sendiri. Dalam hal ini kita dapat melihat bagaimana orang tersebut mampu memberikan pemaparan mengenai hal-hal yang berkaitan dengan situasi yang dapat membuatnya mengarah ke arah tujuan situasi yang lebih tenang, atau sebaliknya dalam menghadapi sesuatu malah tampak tidak bisa menenangkan dirinya sendiri. Sehingga macam pendekatan dalam psikologi nampaknya memiliki peranan yang penting dalam hal ini.

3. Memberikan rasa kepercayaan pada dirinya sendiri

Di dalam penerapan self control dalam modifikasi perilaku, hal berikutnya yang perlu kita perhatikan adalah mengenai bagaimana orang tersebut dapat memberikan rasa kepercayaan pada dirinya sendiri. Cara ini juga bisa dikaitkan dengan memberikan rasa percaya diri ataupun cara terapi yang secara keseluruhan dapat dipaksa atau karena desakan dari orang lain. Cara ini juga bisa sangat mempengaruhi hasil yang menimbulkan berbagai dampak psikologis serta juga bisa lebih terkesan terancam, seperti bisa dikaitkan dengan perilaku individu dalam konteks sosial yang dengan mudah ditemukan di masyarakat.

4. Dapat memberikan stimulus dalam pengubahan pola perilaku
Tindakan ini bisa disebut sebagai cara atau terapi yang dilakukan, namun dengan tujuan agar bisa menjadi pribadi yang jauh lebih baik lagi. Adanya pengaruh self control ini juga akan secara langsung bisa kita lihat dengan berbagai perubahan yang terjadi, mulai dari kekuatan dasar mental dan juga perubahan sikap yang terjadi, sehingga untuk aspek psikologi dalam perilaku yang dilakukan seseorang bisa dikaitkan dengan kehidupan pribadinya.

5. Bisa dengan mudah mengatasi frustasi dan juga berbagai ledakan emosi
Seseorang yang bisa menjangkau dirinya sendiri atau mengontrol rasa frustasi dan juga emosi yang ada di dalam dirinya, tentu bisa dikatakan bahwa ia memiliki kontrol diri yang baik. Tindakan ini juga dilakukan agar bisa memberikan hal-hal positif pada dirinya sendiri, sehingga ia bisa dengan mudah menghadapi berbagai situasi yang terjadi di dalam dirinya sendiri. Tenik dalam modifikasi perilaku ini juga merupakan salah satu cara yang paling lama diterapkan.


6. Mampu menunda kepuasan dirinya sendiri
Penerapan self control dalam modifikasi perilaku lainnya bisa kita lihat dari cara seseorang tersebut dalam menunda kepuasan untuk dirinya sendiri. Dengan mengatur adanya perilaku yang terjadi, cara ini juga bisa dicapai dengan hal-hal yang mudah di masyarakat. Sehingga dengan kemampuan seseorang menunda kepuasan untuk dirinya sendiri bisa dikatakan orang tersebut sudah mampu mengontrol dirinya sendiri.

7. Memberikan stimulus pengubahan pola pikir

Berbagai terapi memang telah dilakukan, salah satu self controling bisa diterapkan dengan memberikan berbagai stimulus yang ada. Hasilnya tidak akan langung terlihat dengan begitu saja, namun dengan pengubahan pola pikir dan memberikan berbagai stimulus, maka dalam hal ini bisa dikaitkan dengan berbagai aspek psikologi dalam cara berperilaku sehari-hari.

8. Memiliki inisiatif yang tinggi untuk dirinya sendiri

Salah satu cara penerapan self controling berikutnya adalah dengan melihat cara seseorang yang mampu membuat sebuah inisiatif untuk dirinya sendiri. Cara ini memang terlihat mudah, namun untuk memulainya membutuhkan berbagai perhatian khusus yang memang tidak mudah, khususnya dalam menemukan berbagai pemecahan masalah yang mana memang membutuhkan inisiatif dari dirinya sendiri, sehingga berpikir seefektif mungkin memang merupakan cara yang sangat tepat.


9. Penerapan terapi yang dilakukan sesuai dengan usia
Salah satu cara penerapan self control dalam modifikasi perilaku yang baik,  kita juga harus melihat dari sisi usia orang tersebut. Sehingga model terapi yang satu ini memang membutuhkan berbagai pola pikir dan juga harus lebih fokus terhadap tujuannya sendiri.

10. Dapat mengontrol keputusan

Cara lainnya yang bisa dilakukan adalah dengan cara mempunyai seseorang dalam mengontrol keputusan, dengan begitu dapat dilihat bagaimana seseorang mampu melakukan sebuah tindakan. Cara ini pun perlu mendapatkan berbagai persetujuan yang benar- benar memanfaatkan cara pola pikirnya.

11. Dapat mengantisipasi keadaan dengan baik

Penerapan lainnya yang bisa kita lihat dari kemampuan seseorang dalam mengantisipasi keadaan dengan sangat baik. Cara ini juga berkaitan dengan seseorang yang mampu menjaga kepercayaan dirinya sendiri melalui self controling yang baik pula.

12. Memberikan penghargaan pada hasil usaha sendiri
Seseorang terkadang memang lupa bahwa memberikan penghargaan pada hasil usaha sendiri adalah hal yang sangat baik. Cara ini juga bisa dijadikan sebagai perkembangan dalam sebuah proses penetapan cara menilai seseorang dimata orang lain.

Demikianlah 12 penerapan self control dalam modifikasi perilaku seseorang dalam kehidupan sehari-hari yang merupakan salah satu bentuk dari psikologi kepribadian.

Sponsors Link
, , ,